.mobile .content-outer, .mobile .main-outer , .mobile .post-outer { margin: 0pt auto; }

Saturday, June 9, 2018

Silabus Pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2016 Tematik SD MI Kelas 4


Silabus Kurikulum 2013 Revisi 2016 untuk SD/MI Kelas 4 Tematik
Mata pelajaran meliputi :  PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Satuan Pendidikan : SD  Kelas : 4
Tema  yang ada pada silabus ini terdiri dari beberapa tema 1 sampai dengan tema 8

Kompetensi Dasar  Silabus Pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2016

Tematik SD MI Kelas 4

  • Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung-jawab dalam mengerjakan tugas
  • Memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
  • Menerapkan penaksiran dalam melakukan penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperkirak-an hasil perhitungan
  • Menemukan bangun segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui pengamatan
  • Mengemuka-kan kembali dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal, dan persen, serta memeriksa kebenarannya
  • Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakan-nya, serta mewujudkan-nya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
Materi Pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang meliputi PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
  • Diskusi tentang rumah adat
  • Diskusi tentang atap rumah adat mengapa memiliki sudut yang berbeda
  • Mengukur sudut dari gambar
  • Menjawab pertanyaan dari tari kipas
  • Mempraktikan permainan tradisional
  • Diskusi tentang aturan dan manfaat dari permainan tradisional dihubungkan dengan nilai-nilai  Pancasila
  • Berdiskusi tentang gambar yang diamati (apa pesannya dan membuat kalimat ajakan)
  • Membuat poster “walaupun berbeda-beda tapi tetap satu’’
  • Menuliskan alat musik tradisional dan dari daerah asal
  • Berdiskusi tentang bagaimana benda yang dibunyikan menghasilkan bunyi yang harmonis
  • Melakukan percobaan tentang bunyi dari selang
  • Membuat rumah adat impian dengan menghias dan meronce
  • Menulis 5 kata baku dan tidak baku
  • Menjawab pertanyaan tentang keberagamaan
  • Melanjutkan cerita tentang perbedaan
  • Melancang pola bentuk-bentuk penyublinan
  • Membuat pola penyumblingan
  • Mempraktekan permainan engklek
  • Membuat model kain dari permainan engklek
  • Berdiskusi tentang hasil wawancara
  • Membuat percobaan tentang bunyi
  • Membuat rancangan tentang penyubliman
  • Mempraktekan konsep persatuan dengan sapu lidi
  • Membuat teks drama tenitang keragaman
  • Mempraktekan teks drama yang telah dibuat
  • Menjawab pertanyaan dari teks yang dibaca
  • Mencari kosakata baru
  • Membuat kalimat dari kosakata
  • Mengerjakan latihan pembulatan bilangan puluhan
  • Mendiskusikan jawaban teka-teki
  • Membuat teka-teki
  • Membuat ringkasan cerita
  • Membuat pertanyaan tentang teka-teki silang
  • Bernyanyi lagu daerah yako rambe yamko
  • Mempraktikan membunyikan botol yang diisi air berbeda-beda
  • Menaksirkan jumlah kue sesuai gambar
  • Mendata makanan daera di rumahmu
  • Mendiskusikan makanan khas daerah
  • Mendiskusikan tentang memecahkan masalah dalam memilih penyelesian
  • Membuat peta pikiran tentang manfaat kerja sama
Penilaian Observasi, Unjuk kerja, Hasil karya, Tes Lisan, Tes tertulis,
Alokasi Waktu dalam satu tema rata rata membutuhkan alokasi waktu 4 minggu (M) x 32 jam pelajaran (JP)

Sumber Belajar

Buku Teks Pelajaran Kelas IV, Media gambar, Casette tape recorder, Bahan daur ulang, Benda-benda yang berfungsi sebagai sumber energi dan penghantar panas Perlengkapan untuk eksperimen, Alat peraga
download disini Silabus Kurikulum 2013 Revisi 2016 untuk SD/MI Kelas 4 Tematik

No comments:

Post a Comment