Sekolah : SMP Negeri 160 Jakarta
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Bilangan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
- Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
- Kompetensi Dasar dan Indikator
No | Kompetensi Dasar | Indikator |
1 | 1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. | 1.1.1 Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika. 1.1.2 Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika. |
2 | 2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar. | 2.2.1 Suka bertanya selama proses pembelajaran.
2.2.2 Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan bilangan. 2.2.3 Tidak menggantungkan diri pada orang lain dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bilangan. 2.2.4 Berani presentasi di depan kelas. |
3 | 1.1. Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi | 1.1.1.Memberi contoh penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari.
1.1.2.Menentukan penjumlahan bilangan bulat. 1.1.3. Menentukan pengurangan bilangan bulat. |
- Tujuan Pembelajaran
KI 1 dan KI 2
Peserta didik:
- bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
2.2.1.1 suka bertanya selama proses pembelajaran.
2.2.2.1 suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan bilangan bulat yang ada.
2.2.3.1 tidak menggantungkan diri pada orang lain dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bilangan bulat.
2.2.4.1 berani presentasi di depan kelas.
KI 3 dan KI 4
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik:
3.1.1 Dapat memberikan contoh penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yang lain dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.2 Dapat menentukan penjumlahan bilangan bulat
3.1.3 Dapat menentukan pengurangan bilangan bulat
Materi Pembelajaran
- Penjumlahan pada bilangan bulat.
- Pengurangan pada bilangan bulat.
Berikut disajikan dua masalah dan contoh terkait penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Diskusikan pemecahan masalah berikut bersama teman kalian. Jika memungkinkan temukan pemecahannya.
- Penjumlahan bilangan bulat
Ani menggambar 3 buah jajargenjang, setelah melihat gambarnya bagus, Ani menggambar lagi 4 buah jajargenjang. Ada berapa jajargenjang yang di gambar Ani ?
Penyelesaiannya :
Pertama Ani menggambar 3 jajargenjang dan kedua menggambar 4 jajargenjang
Jadi kalau digambarkan :
3 + 4 = 7
Jadi jumlah jajargenjang yang di gambar Ani ada 7 gambar
2.Pengurangan bilangan bulat
Masalah 1.
Nila mempunyai 6 pasang sepatu di rumahnya. Nila memberikan 2 pasang sepatu kepada sepupunya. Tinggal berapa pasang sepatu yang dimiliki Nila sekarang?
Secara matematika soal tersebut dapat dinyatakan dengan 6 – 2 = 4
Masalah 2.
Seorang penyelam mula-mula menyelam 2 meter dibawah permukaan laut, kemudian ia turun lagi hingga kedalaman 5 meter di bawah permukaan laut. Berapakah selisih kedalaman pada dua kondisi tersebut?
Secara matematika soal tersebut dapat dinyatakan dengan -2 – (-5) = -2 + 5 = 3
- Pendekatan, Model,Metode Pembelajaran
2.Model : Discavery Learning
- Metode : Ekspositori, diskusi, penugasan
- Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
- Media
- Alat dan bahan
- Sumber belajar
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa;
2.Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita tentang manfaat belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari
3.Siswa menyimak tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai dalam pertemuan
4.Siswa menyimak informasi tentang cara belajar yang akan ditempuh
- Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab
- Kegiatan Inti (50 menit)
- Mengamati
- Menanya
- Mencoba/Mengumpulkan data atau informasi
- Mengasosiasi/Menganalisa data atau informasi
- Melalui diskusi dalam kelompok, siswa menganalisis, menalar, menyimpulkan, informasi yang telah diperoleh/dikumpulkan melalui LKS dalam rangka memahami cara menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Siswa mengembangkan sikap rasa tanggung jawab.
- Mengkomunikasikan
b.Peserta didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan, meliputi: bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
c.Guru memberi umpan balik atau konfirmasi.
- Penguatan
- Secara individu siswa berlatih menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat . Siswa mengembangkan sikap tanggungjawab (Soal latihan terlampir)
- Salah satu peserta didik mempresentasikan hasil latihan soal
- Peserta didik lain memberikan tanggapan atas presentasi temannya meliputi: bertanyajawab, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
- Guru memberi umpan balik atau konfirmasi.
- Penutup (10 menit)
- Secara klasikal dan melalui tanya jawab siswa dibimbing untuk merangkum isi pembelajaran yaitu tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Siswa mengembangkan sikap ingin tahu
- Guru menyampaikan bahwa pada pertemuan berikutnya akan dibahas tentang mengalikan dan membagi bilangan bulat,
- Jenis /teknik penilaian: tes lisan dan tulisan
No | Aspek yang diamati/dinilai | Tehnik Penilaian | Waktu Penilaian |
1. | Sikap bersyukur | Penilaian diri | |
2. | Sikap ingin tahu | Pengamatan, Penilaian Diri | Kegiatan Inti dan Penutup |
3. | Sikap ketertarikan | Pengamatan, Penilaian Diri | Kegiatan Inti dan Penutup |
4. | Pengetahuan: kemampuan menentukan luas permukaan kubus dan balok | Penugasan 1 (mengerjakan latihan) Penugasan 2 (mengerjakan mengambar jaring-jaring kubus dan balok yang berbeda) | Kegiatan Inti
Awal pertemuan berikutnya |
- Bentuk intrumen (terlampir )
- Pedoman penskoran (terlampir pada lampiran 4)
Mengetahui, Bakongan, Juli 2018
Kepala Sekolah Guru Pelajaran Matematika
- PENILAIAN
- Sikap Spiritual
- Teknik Penilaian: Observasi dan Penilaian Diri.
- Bentuk Instrumen: Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri.
- Kisi-kisi:
- Sikap Spiritual
No. | Butir Nilai | Indikator | Jumlah Butir Instrumen |
1. | Bersyukur atas anugrah Tuhan. | Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika. | 1 |
Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika. | 1 | ||
JUMLAH | 2 |
- Sikap Sosial
- Teknik Penilaian: Observasi dan Penilaian Diri.
- Bentuk Instrumen: Lembar Observasi dan Lembar Penilaian Diri.
- Kisi-kisi
No. | Butir Nilai | Indikator | Jumlah Butir Instrumen |
1. | Memiliki rasa ingin tahu dan percaya diri. | Suka bertanya selama proses pembelajaran | 1 |
Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan pola yang ada. | 1 | ||
Tidak menggantungkan diri pada orang lain dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pola bilangan. | 1 | ||
Berani presentasi di depan kelas. | 1 | ||
JUMLAH | 4 |
- Teknik Penilaian: Tes.
- Bentuk Instrumen: Uraian.
- Kisi-kisi
No. | Indikator | Jumlah butir soal | Nomor Butir Instrumen | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. | Menjumlahkan bilangan bulat | 3 | 1(a,b,c) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2. | Mengurangkan bilangan bulat | 3 | 2(a,b,c) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
JUMLAH | 6 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penilaian
Indikator :
Lembar Observasi
4 = selalu melakukan sesuai pernyataan 3 = sering melakukan sesuai pernyataan tapi kadang tidak melakukan 2 = kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan 1 = tidak pernah melakukan Nama Siswa / Kelas : ……………………………… Topik : Bilangan Hari / Tanggal Pengamatan :………………………….
Petunjuk Penskoran : Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4 Perhitungan skor akhir menggunakan rumus : Skor akhir = (skor yang diperoleh : skor maksimal) x 4 Peserta didik memperoleh nilai : Sangat Baik : apabila 3.33 < skor akhir < 4.00 Baik : apabila 2.33 < skor akhir < 3.33 Cukup : apabila 1.33 < skor akhir < 2.33 Kurang : apabila skor akhir< 1.33 LembarPenilaian Diri Nama / Kelas : ……………………………… Topik : Bilangan Hari / Tanggal Mengisi :………………………….
4 = selalu melakukan sesuai pernyataan 3 = sering melakukan sesuai pernyataan tapi kadang tidak melakukan 2 = kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan 1 = tidak pernah melakukan
Petunjuk Penskoran : Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4 Perhitungan skor akhir menggunakan rumus : Skor akhir = (skor yang diperoleh : skor maksimal) x 4 Peserta didik memperoleh nilai : Sangat Baik : apabila 3.33 < skor akhir < 4.00 Baik : apabila 2.33 < skor akhir < 3.33 Cukup : apabila 1.33 < skor akhir < 2.33 Kurang : apabila skor akhir< 1.33 LembarPenilaian Antar Siswa Nama penilai : ……………………………… Nama siswa yang dinilai : ……………………………… Kelas/ Mata Pelajaran : VII/Matematika Tanggal Mengisi :………………………….
4 = selalu melakukan sesuai pernyataan 3 = sering melakukan sesuai pernyataan tapi kadang tidak melakukan 2 = kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan 1 = tidak pernah melakukan
Petunjuk Penskoran : Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4 Perhitungan skor akhir menggunakan rumus : Skor akhir = (skor yang diperoleh : skor maksimal) x 4 Peserta didik memperoleh nilai : Sangat Baik : apabila 3.33 < skor akhir < 4.00 Baik : apabila 2.33 < skor akhir < 3.33 Cukup : apabila 1.33 < skor akhir < 2.33 Kurang : apabila skor akhir< 1.3 Alternatif pedoman penskoran jawaban soal:
LAMPIRAN Lampiran 1 LEMBAR KERJA SISWA ( LKS – 1 )
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah. 1.1. Menjumlahkan bilangan bulat 1.2. Mengurangkan bilangan bulat
L K S Permasalahan 1.Ani menggambar 3 buah jajargenjang, setelah melihat gambarnya bagus ani menggambar lagi 4 buah jajargenjang. 2.Nila mempunyai 6 pasang sepatu di rumahnya, Nila memberikan 2 pasang sepatunya kepada sepupunya 3.Seorang penyelam mula-mula menyelam 2 meter di bawah permukaan air laut, kemudian ia turun lagi menyelam hingga kedalaman 5 meter di bawah permukaan air laut. Berdasarkan permasalahan di atas : 1.Berapakah banyaknya jajargenjang yang digambar oleh Ani? 2.Tinggal berapa pasang sepatu yang dimiliki oleh Nila? 3.Berapa selisih kedalaman pada soal no. 3? Lampiran 2. Kerjakan soal berikut secara individu!
|
No comments:
Post a Comment