RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 : Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif
Nama Sekolah : SMPN 160 Jakarta
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi / siaran radio
Kompetensi Dasar : 1.1.Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi / siaran radio.
Alokasi waktu : 2 / 40 menit
- Tujuan Pembelajaran
- Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tekun ( diligence )
- Materi Pembelajaran
- Mendengarkan dialog interaktif
- Membuat kesimpulan isi dialog interaktif
- Metode Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal
- Peserta didik mencermati tampilan gambar yang sudah disediakan guru
- Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang gambar yang ditampilkan
Menyimpulkan isi dialog interaktif
- Kegiatan Inti.
- Eksplorasi
- mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
- memfasilitasi Peserta didik dapat membuat kesimpulan isi dialog interaktif beberapa narasumber.
- melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
- menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
- memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
- melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
- Elaborasi
- memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
- memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
- memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
- memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
- memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
- Konfirmasi
- memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
- memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
- memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
- memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
- berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
- membantu menyelesaikan masalah;
- memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
- memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
- memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Akhir
- bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
- melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
- Peserta didik dan guru menyimpulkan cara memberikan komentar yang baik
- Sumber Belajar
- Rekaman dialog interaktif
- Penilaian
- Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik Penilaian | Bentuk Penilaian | Instrumen | |
· Menentukan tema dialog interaktif· Menyimpulkan isi dialog interaktif dengan alasan yang logis | Tes tulis | Uraian | § Tulislah tema dialog interaktif yang diperdengarkan ini!§ Simpulkan isi dialog yang kamu dengar! |
Pedoman Penilaian
- Tuliskan hal-hal penting yang ada dalam dialog interaktif tersebut !
Kegiatan | Skor |
Peserta didik menulis hal-hal penting dengan lengkap | 2 |
Peserta didik menulis sebagian saja bagian penting dalam dialog | 1 |
Peserta didik tidak dapat menuliskan sama sekali |
- Tuliskan informasi yang terdapat dalam dialog interaktif !
Deskriptor | 1 | 2 | 3 | 4 |
Penyusunan struktur kalimat | ||||
Ketepatan penggunaan bahasa |
- Tuliskan kesimpulan setelahh mendengrkan dialog interaktif tersebut !
Deskriptor | 1 | 2 | 3 | 4 |
Ketepatan merumuskan kesimpulan | ||||
Kelogisan penulisan kesimpulan | ||||
Ketepatan penggunaan bahasa |
- Tuliskan komentarmu terhadap pendapat para narasumber dalam dialog
Deskriptor | 1 | 2 | 3 | 4 |
Ketepatan merumuskan komentar | ||||
Kelogisan penulisan komentar | ||||
Ketepatan penggunaan bahasa |
Skor maksimal :
No. 1 : 2
No. 2 : 8
No. 3 : 12
No. 4 : 12
34
Perhitungan nilai akhir
Nilai akhir : Skor yang diperoleh
X 100
Skor maksimak
Mengetahui,Kepala Sekolah, |
Jakarta, Juli 2014Guru Mapel Bahasa Indonesia, |
No comments:
Post a Comment