1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kegiatan sebelumnya yaitu Tell the names of the animals we can find near our school and our houses . ,
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Play the roles of the speakers in the conversation
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) |
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø Play the roles of the speakers in the conversation dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto tentang
Peserta didik diminta untuk mengamati Play the roles of the speakers in the conversation
v Mengamati
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
· Play the roles of the speakers in the conversation
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Play the roles of the speakers in the conversation
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : Play the roles of the speakers in the conversation |
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah) |
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø Apa informasi yang di dapat dari Play the roles of the speakers in the conversation
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø What Play the roles of the speakers in the conversation ? |
Data
collection
(pengumpulan
data) |
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
– It’s a beautiful day!
v Mempresentasikan ulang
v Aktivitas :
Ø Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini: We will learn
– Ask for and give information related to the qualities of people, animals and things, in order to identify, to criticize or
v to praise them. Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø Play the roles of the speakers in the conversation
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Data
processing
(pengolahan
Data) |
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø Play the roles of the speakers in the conversation
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Play the roles of the speakers in the conversation |
Verification
(pembuktian) |
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan : Play the roles of the speakers in the conversation antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
Generalizatio
(menarik
kesimpulan) |
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Play the roles of the speakers in the conversation
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø Play the roles of the speakers in the conversation
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
|
60
menit |
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit |
2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Play the roles of the speakers in the conversation
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Play the roles of the speakers in the conversation .
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) |
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø Play the roles of the speakers in the conversation dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang
disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku
siswa tentang Play the roles of the speakers in the conversation
v Mengamati
Ø Peserta didik diminta mengamati gambar /foto yang yang
terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh
guru seperti gambar dibawah ini
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Play the roles of the speakers in the conversation
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Play the roles of the speakers in the conversation
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : Play the roles of the speakers in the conversation |
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah) |
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø Play the roles of the speakers in the conversation .
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø How to Play the roles of the speakers in the conversation? |
Data
collection
(pengumpulan
data) |
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang Play the roles of the speakers in the conversation .
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang Play the roles of the speakers in the conversation
v Mempresentasikan ulang
v Aktivitas :
Ø Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini:
– It’s a beautiful day!
mendengarkan dengan cermat guru kami membaca pertanyaan dan yang Kami akan We will learn:
– Ask for and give information related to the qualities of people, animals and things, in order to identify, to criticize or
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø Play the roles of the speakers in the conversation .
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Data
processing
(pengolahan
Data) |
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø Play the roles of the speakers in the conversation .
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Play the roles of the speakers in the conversation . |
Verification
(pembuktian) |
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
Ø Play the roles of the speakers in the conversation .
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
Generalizatio
(menarik
kesimpulan) |
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Play the roles of the speakers in the conversation .
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø Play the roles of the speakers in the conversation .
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
|
60
menit |
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit |
3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Play the roles of the speakers in the conversation .
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Copy and handwrite them in our notebooks .
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) |
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø Copy and handwrite them in our notebooks dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Ø Menayangkan gambar/foto tentang
Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang
disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku
siswa tentang Copy and handwrite them in our notebooks
.
v Mengamati
Ø Peserta didik diminta mengamati gambar /foto yang yang
terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh
guru seperti gambar dibawah ini
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
· Copy and handwrite them in our notebooks
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
· Copy and handwrite them in our notebooks
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
· Copy and handwrite them in our notebooks |
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah) |
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø Copy and handwrite them in our notebooks
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø How Copy and handwrite them in our notebooks ? |
Data
collection
(pengumpulan
data) |
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
Tell the names of the things
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
– It’s a beautiful day!
v Mempresentasikan ulang
v Aktivitas :
Ø Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini: We will learn:
– Ask for and give information related to the qualities of people, animals and things, in order to identify, to criticize or
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø Copy and handwrite them in our notebooks
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Data
processing
(pengolahan
Data) |
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø Copy and handwrite them in our notebooks
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Copy and handwrite them in our notebooks |
Verification
(pembuktian) |
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
Ø Copy and handwrite them in our notebooks
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
Generalizatio
(menarik
kesimpulan) |
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Copy and handwrite them in our notebooks
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø Copy and handwrite them in our notebooks
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
|
60
menit |
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit |
4. Pertemuan Ke-4 ( 2 x 40 menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Copy and handwrite them in our notebooks
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø play the roles of the speakers in the pictures .
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) |
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø play the roles of the speakers in the pictures dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati gambar-gambar percakapan yang tersedia pada buku paket
v Mengamati
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
· play the roles of the speakers in the pictures
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
· play the roles of the speakers in the pictures
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
· play the roles of the speakers in the pictures |
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah) |
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø play the roles of the speakers in the pictures
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø How to play the roles of the speakers in the pictures? |
Data
collection
(pengumpulan
data) |
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
– It’s a beautiful day!
v Mempresentasikan ulang
v Aktivitas :
Ø Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini: We will learn:
– Ask for and give information related to the qualities of people, animals and things, in order to identify, to criticize or
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø play the roles of the speakers in the pictures
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Data
processing
(pengolahan
Data) |
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø play the roles of the speakers in the pictures
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø play the roles of the speakers in the pictures |
Verification
(pembuktian) |
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
Ø play the roles of the speakers in the pictures antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
Generalizatio
(menarik
kesimpulan) |
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø play the roles of the speakers in the pictures
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø play the roles of the speakers in the pictures
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
|
60
menit |
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
Menit |
5. Pertemuan Ke-5 ( 2 x 40 menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, play the roles of the speakers in the pictures
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø play the roles of the speakers in the conversation .
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) |
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø play the roles of the speakers in the conversation .
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati teks tentang play the roles of the speakers in the conversation .
v Mengamati
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
· play the roles of the speakers in the conversation .
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
· play the roles of the speakers in the conversation .
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
· play the roles of the speakers in the conversation |
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah) |
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø play the roles of the speakers in the conversation yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø What put play the roles of the speakers in the conversation ? |
Data
collection
(pengumpulan
data) |
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
– It’s a beautiful day!
v Mempresentasikan ulang
v Aktivitas :
Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini: We will learn:
– Ask for and give information related to the qualities of people, animals and things, in order to identify, to criticize or
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø play the roles of the speakers in the conversation
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Data
processing
(pengolahan
Data) |
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø play the roles of the speakers in the conversation
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø play the roles of the speakers in the conversation |
Verification
(pembuktian) |
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
Ø play the roles of the speakers in the conversation
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
Generalizatio
(menarik
kesimpulan) |
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø play the roles of the speakers in the conversation
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø play the roles of the speakers in the conversation
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
|
60
menit |
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit |
6. Pertemuan Ke-6 ( 2 x 40 menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, play the roles of the speakers in the conversation
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Discuss the right statement(s) and/question(s) to complete each conversation.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) |
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø Discuss the right statement(s) and/question(s) to complete each conversation . dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati teks Discuss the right statement(s) and/question(s) to complete each conversation
v Mengamati
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
· Discuss the right statement(s) and/question(s) to complete each conversation
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
· Discuss the right statement(s) and/question(s) to complete each conversation .
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
· Discuss the right statement(s) and/question(s) to complete each conversation . |
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah) |
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø Discuss the right statement(s) and/question(s) to complete each conversation
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø How to Discuss the right statement(s) and/question(s) to complete each conversation ? |
Data
collection
(pengumpulan
data) |
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
– It’s a beautiful day!
v Mempresentasikan ulang
v Aktivitas : Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini: We will learn:
– Ask for and give information related to the qualities of people, animals and things, in order to identify, to criticize or
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø Discuss the right statement(s) and/question(s) to complete each conversation
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Data
processing
(pengolahan
Data) |
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø Discuss the right statement(s) and/question(s) to complete each conversation
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Discuss the right statement(s) and/question(s) to complete each conversation |
Verification
(pembuktian) |
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
Ø Discuss the right statement(s) and/question(s) to complete each conversation
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
Generalizatio
(menarik
kesimpulan) |
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Discuss the right statement(s) and/question(s) to complete each conversation
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø Discuss the right statement(s) and/question(s) to complete each conversation
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
|
60
menit |
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit |
7. Pertemuan Ke-7 ( 2 x 40menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : Discuss the right statement(s) and/question(s) to complete each conversation
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materitema// projek ini kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang: Play the roles of the speakers in the pictures.
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Orientasi peserta didik kepada masalah |
Mengamati
v Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Play the roles of the speakers in the pictures.
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto tentang Play the roles of the speakers in the pictures.
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
v Mengamati
Ø lembar kerja
Ø pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Play the roles of the speakers in the pictures.
v Mendengar
Ø pemberian materi oleh guru tentang Play the roles of the speakers in the pictures.
v Menyimak,
Ø penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : Play the roles of the speakers in the pictures, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. |
Mengorganisasikan peserta didik |
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan
dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang : Play the roles of the speakers in the pictures.
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan Play the roles of the speakers in the pictures?
Ø Bagaimana Play the roles of the speakers in the pictures.? |
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok |
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
Ø mengamati dan memahami artikel Play the roles of the speakers in the pictures. dengan sungguh-sungguh
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø mengunjungi laboratorium computer sekolah untuk mencari dan membaca artikel Play the roles of the speakers in the pictures. yang dapt diperoleh di internet
v Mengumpulkan informasi
Ø menulis pada buku catatan informasi yang diperoleh tentang Play the roles of the speakers in the pictures.
Ø mendownload artikel Play the roles of the speakers in the pictures. yang lain di internet
v Saling tukar informasi tentang : Play the roles of the speakers in the pictures. dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya |
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Play the roles of the speakers in the pictures.
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang Play the roles of the speakers in the pictures.
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah |
Mengasosiasikan
v Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: Play the roles of the speakers in the pictures.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Play the roles of the speakers in the pictures.
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan : Play the roles of the speakers in the pictures. antara lain dengan : |
|
60
menit |
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit |
8. Pertemuan Ke-8 ( 2 x 40menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : Play the roles of the speakers in the pictures
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materitema// projek ini kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang: List the speakers’ statements about the things.
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Orientasi peserta didik kepada masalah |
Mengamati
v Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik List the speakers’ statements about the things dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto tentang List the speakers’ statements about the things
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
v Mengamati
Ø lembar kerja
Ø pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan List the speakers’ statements about the things
v Mendengar
pemberian materi oleh guru tentang List the speakers’ statements about the things
v Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : List the speakers’ statements about the things, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. |
Mengorganisasikan peserta didik |
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan
dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang : List the speakers’ statements about the things
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan List the speakers’ statements about the things?
Ø Bagaimana List the speakers’ statements about the things? |
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok |
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dan memahami artikel List the speakers’ statements about the things dengan sungguh-sungguh
v Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium computer sekolah untuk mencari dan membaca artikel List the speakers’ statements about the things yang dapt diperoleh di internet
v Mengumpulkan informasi
Ø menulis pada buku catatan informasi yang diperoleh tentang List the speakers’ statements about the things
Ø mendownload artikel List the speakers’ statements about the things yang lain di internet
v Saling tukar informasi tentang : List the speakers’ statements about the things
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya |
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : List the speakers’ statements about the things
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang List the speakers’ statements about the things
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah |
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai List the speakers’ statements about the things
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan : List the speakers’ statements about the things, antara lain dengan : |
|
60
menit |
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit |
9. Pertemuan Ke-9 ( 2 x 40menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : List the speakers’ statements about the things
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materitema// projek ini kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang: play the roles of the speakers in the conversation.
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Orientasi peserta didik kepada masalah |
Mengamati
v Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik play the roles of the speakers in the conversation.
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto tentang play the roles of the speakers in the conversation.
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
v Mengamati
Ø lembar kerja
Ø pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan play the roles of the speakers in the conversation.
v Mendengar
Ø pemberian materi oleh guru tentang play the roles of the speakers in the conversation.
v Menyimak,
Ø penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : play the roles of the speakers in the conversation., untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. |
Mengorganisasikan peserta didik |
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan
dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang : play the roles of the speakers in the conversation.
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan play the roles of the speakers in the conversation.?
Ø Bagaimana play the roles of the speakers in the conversation.? |
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok |
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dan memahami artikel play the roles of the speakers in the conversation. dengan sungguh-sungguh
v Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium computer sekolah untuk mencari dan membaca artikel play the roles of the speakers in the conversation. yang dapt diperoleh di internet
v Mengumpulkan informasi
Ø menulis pada buku catatan informasi yang diperoleh tentang play the roles of the speakers in the conversation.
Ø mendownload artikel play the roles of the speakers in the conversation. yang lain di internet
v Saling tukar informasi tentang : play the roles of the speakers in the conversation.
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya |
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : play the roles of the speakers in the conversation.
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang play the roles of the speakers in the conversation.
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah |
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: play the roles of the speakers in the conversation ……
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai play the roles of the speakers in the conversation.
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan : play the roles of the speakers in the conversation. antara lain dengan : |
|
60
menit |
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit |
No comments:
Post a Comment