.mobile .content-outer, .mobile .main-outer , .mobile .post-outer { margin: 0pt auto; }

Sunday, June 10, 2018

RPP K13 BAHASA INDONESIA KELAS 8 TEKS DISKUSI KD 3.4 DAN 4.1 LENGKAP DENGAN BAHAN AJAR

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan       : SMP Negeri 1
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : VIII/I ( satu )
Tema                           : Teks diskusi
Alokasi Waktu             : 2 pertemuan (4 x 40 menit)


  1. Kompotensi Inti
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4 Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

  1. Kompetensi Dasar Dan Indikator
1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
2.2 Memiliki perilaku peduli, cinta tanah air, dan semangat kebangsaan atas karya budaya yang penuh makna
3.4 Mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/fabel, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan

  1. Tujuan Pembelajaran :
Melalui pendekatan saintifik dan metode diskusi peserta didik dapat:
  1. Mendeskripsikan langkah-langkah menemukan kelebihan/kekurangan teks diskusi
  2. Menjelaskan kata, istilah dalam teks ulasan
  3. Menjelaskan isi teks ulasan


  1. Materi Pembelajaran
    1. Langkah-langkah menemukan kelebihan/kekurangan teks diskusi
    2. Kata, istilah dalam teks ulasan
    3. Isi teks ulasan

  1. Metode Pembelajaran
  2. Pendekatan : Scientific
  3. Model : Discovery Learning
  4. Metode : Diskusi Kelompok

  1. Media, alat dan sumber pembelajaran
  2. Media : Teks diskusi
  3. Alat/Bahan : Komputer, laptop , LCD
  4. Sumber Belajar :
    1. Contoh teks ulasan dari internet
    2. Contoh teks ulasan dari media cetak/elektronik
    3. Buku referensi tentang genre teks

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan 1.        Persiapan psikis dan fisik membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama 2.        Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran
3.        Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
4.        Menyambungkan materi sekarang dengan materi sebelumnya
5.        Memberi motivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dengan menyanyikan lagu
15
Inti Pertemuan 1 Mengamati
·         Membaca teks diskusi dengan cermat
·         Membaca contoh hasil  identifikasi  kelebihan/kekurangan teks diskusi
Menanya
·         Menanya tentang cara mengidentifikasi kekurangan/kelebihan teks diskusi
Meneksplorasikan
·         Menemukan teks diskusi
·         Mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks diskusi yang ditemukan secara jujur
Mengomunikasikan
·         Mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh rasa percaya diri
·         Menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
Pertemuan 2
Mengamati
·         Membaca teks diskusi
Menanya
·         Menanya tentang isi teks diskusi
Mengeskplorasikan
·         Mendiskusikan kata-kata sulit dan istilah dalam teks diskusi yang dibaca
·         Menjawab pertanyaan isi teks diskusi
(pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)
Mengasosiasikan
·         Mencari  padanan kata atau istilah dalam teks diskusi
Mengomunikasikan
·         Menjelaskan isi tek diskusi dengan percaya diri dan menggunakan kalimat efektif
·         Saling menilai kebenaran jawaban teman secara santun
90
Penutupan 1.        Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan 2.        Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
3.        Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4.        Diadakan Tes Tulis terhadap siswa
5.        Memberikan tugas individu  sebagai pekerjaan rumah.
6.        Doa Tutup.
20

  1. PENILAIAN
  2. Jenis/Teknik Penilaian
    1. Observasi Proses Pembelajaran
    2. Laporan Tugas (Individu/Kelompok)
    3. Tes Lisan/Tulis
  3. Bentuk Instrumen dan Instrumen
  4. Observasi Proses Pembelajaran
No. Nama Siswa Aspek yang diamati Jumlah Nilai Akhir
Sikap/ Perilaku Tanggung jawab Aktivitas Kerjasama Berpendapat/Menanggapi
































  1. Laporan Tugas (Individu/Kelompok)
No. Nama Siswa/ Kelompok Aspek yang dinilai Jumlah Nilai Akhir
Kerapihan KetepatanWaktu Kesesuaian Isi



































  1. Tes tulis
Terlampir
  1. Pedoman Penskoran:
Keterangan Skor: Masing-masing kolom  diisi dengan kriteria:
4  =  Baik Sekali
3  =  Baik
2  =  Cukup
1  =  Kurang
                ∑ Skor perolehan Nilai   =                               X 100
                 Skor Maksimal
Kriteria Nilai
A  =  80 – 100  :         Baik Sekali
B  =  70 – 79    :         Baik
C  =  60 – 69    :         Cukup
D  =  … <  60    :   Kurang     


Keterangan Nilai Akhir:
  1. Penilaian Observasi        :            Nilai        =          Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal (16)
  1. Penilaian Laporan Tugas : Nilai        =          Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal (12)
  1. Penilaian Tes Lisan/Tulis : Nilai        =          Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal (20)
Nilai akhir yang diperoleh siswa = Nilai observasi + nilai laporan tugas+ nilai tes lisan/tulis

LAMIRAN MATERI AJAR

Langkah – Langkah Menyusun Teks Diskusi

1. Menentukan topik perdebatan/isu
2. Menentukan tujuan (memberi penjelasan tentan pro kontra)
3. Mencari informasi/data tentang isu yang dipilih
>> misalnya kita memilih isu/topik tentang vandalisme, maka kita harus mencari informasi tentang vandalisme <<
4. Menyusun kerangka teks/karangan
5. Mengembangkan kerangka menjadi teks diskusi
6. Merivisi/menyunting teks diskusi

Pengertian Teks Diskusi

Diskusi adalah sebuah proses mencari titik temu, gagasan, pendapat antara dua orang atau lebih secara lisan.

Manfaat Diskusi

Kegiatan diskusi kelompok banyak manfaatnya. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.
1. Kegiatan diskusi lebih banyak melatih seseorang berfikir secara logis karena dalam diskusi ada proses adu argumentasi.

2. Argumentasi yang di kemukakan mendapat penilaian dari anggota lain sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir dalam memecahkan suatu masalah.

3. Umpan balik dapat diterima Secara langsung sehingga hal ini dapat memperbaiki cara berbicara si pembicara, baik yang menyangkut faktor kabahasaan maupun nonkebahasaan.


 

  1. Peserta yang pasif dapat dirangsang supaya aktif berbicara oleh moderator atau peserta lain.5. Para peserta diskusi turut mempertimbangkan gagasan yang berbeda-beda dan turut merumuskan persetujuan bersama tanpa emosi untuk menang sendiri

Macam-macam Teks Diskusi

  • Seminar
Pertemuan para pakar yang berusaha mendapatkan kata sepakat mengenai suatu hal.
  • Sarasehan
Pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat (perasaran) para ahli mengenai suatu hal/masalah dalam bidang tertentu.
  • Lokakarya
Pertemuan yang membahas suatu karya.
  • Simposium
Pertemuan yang diselenggarakan untuk memberikan pengarahan singkat menjalang pelaksanaan kegiatan.
  • Muktamar
Pertemuan para wakil organisasi mengambil keputusan mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.
  • Konferensi
Pertemuan untuk berdiskusi mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.
  • Diskusi panel
Diskusi yang dilangsungkan oleh panelis (peserta diskusi panel) dan disaksikan/dihadiri oleh beberapa pendengar, serta diatur oleh seorang moderator.
  • Diskusi kelompok
Penyelesaian masalah dengan melibatkan kelompok-kelompok kecil.

Struktur Teks Diskusi

     

  • Isu

Pada bagian isu, penulis teks akan memperkenalkan isu yang akan dibahas. Isu atau masalah di dalam teks diskusi berisi masalah yang akan didiskusikan lebih lanjut. Jika ingin menulis sebuah teks diskusi, sebaiknya kamu memilih topik permasalahan yang kontroversial sehingga nanti kamu memiliki banyak argumen, baik argumen yang mendukung maupun argumen yang menentang. 
Jika penulis akan menulis teks diskusi tentang membawa HP ke sekolah kira-kira Isu-nya seperti ini 
“Banyak sekolah, terutama sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, melarang siswannya membawa telepon seluler, tetapi banyak juga sekolah yang membolehkan siswanya membawa telepon seluler dengan berbagai persyaratan.”

  • Argumentasi
Pada bagian argumentasi terdapat dua argumen, yaitu argumen mendukung dan argumen menentang berikut penjelasannya:
Argumen mendukung:Pendapat yang mendukung berisi penjabaran lebih lanjut tentang isu yang sedang dibahas. Pada bagian ini penulis memaparkan argumen yang mendukung. Argumen ini didukung dengan fakta, data, pengalaman penulis, serta referensi yang berhubungan dengan isu yang dibahas. Jika kamu menulis teks diskusi tentang membawa HP kesekolah kira-kira isinya seperti ini telepon seluler dapat digunakan sebagai alat bantu, terutama telepon seluler yang dilengkapi dengan beberapa aksesoris, seperti kalkulator, kamera, dan internet. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk membantu dalam bidang akademik”
Argumen menentang:Pendapat yang menentang berisi argumen yang bertentangan dengan pendapat yang mendukung. Pada bagian ini penulis memaparkan argumen yang menentang. Argumen ini juga didukung dengan fakta, data, pengalaman penulis, serta referensi yang berhubungan dengan isu yang dibahas. Jika kamu menulis teks diskusi tentang membawa HP kesekolah kira-kira isinya seperti “ini aplikasi yang tersedia di telepon seluler dapat memengaruhi konsentrasi siswa dalam pembelajaran. Ketika telepon seluler berdering di kelas, meskipun hanya mode getar, kegiatan pembelajaran akan terganggu.”
Pada bagian simpulan, penulis menyimpulkan dan merekomendasikan posisi atau pendapat akhir penulis mengenai isu yang akan dibahas. Pada bagian ini, alangkah baiknya kamu mengambil jalan tengah mengenai masalah yang sedang dibahas agar simpulan yang kamu ambil tidak lagi menimbulkan masalah baru. Jika kamu menulis teks diskusi tentang membawa HP kesekolah kira-kira isinya seperti ini 

“Cara untuk mengatasi masalah ini adalah pihak sekolah berdiskusi dan bermusyawarah dengan orang tua agar menghasilkan kebijakan yang tepat. Yang paling penting apakah telepon seluler mempunyai dampak positif yang mengarah pada pendidikan atau hanya membawa dampak negatif belaka.”

Contoh Teks Diskusi 

Isu 
Banyak sekolah, terutama sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, melarang siswannya membawa telepon seluler, tetapi banyak juga sekolah yang membolehkan siswanya membawa telepon seluler dengan berbagai persyaratan.  Sebagian orang menganggap bahwa membawa telepon seluler ke sekolah diperbolehkan, tetapi banyak juga yang menganggap bahwa membawa telepon seluler ke sekolah tidak diperbolehkan. Dengan demikian, pelarangan siswa membawa telepon seluler ke sekolah menuai perdebatan.
Argumen Mendukung
Masyarakat yang setuju siswa boleh membawa telepon seluler ke sekolah memiliki alasan, yaitu orang tua dapat menghubungi anaknya baik secara langsung  maupun tidak langsung. Dengan membawa telepon seluler, setidaknya orang tua merasa nyaman karena dapat berkomunikasi dengan anaknya jika terjadi perubahan jadwal, kondisi darurat, dan sejenisnya. Jika siswa tidak membawa telepon seluler sedangkan orang tua perlu segera  menghubungi, orang tua harus menghubungi kantor sekolah. Akibatnya, waktu yang berharga bisa hilang. Apalagi, saluran telepon di kantor sekolah sedang sibuk. Sekolah juga harus mengirim seseorang untuk menghubungi siswa yang bersangkutan dan menyampaikan pesan atau memanggilnya ke kantor untuk menerima telepon. Di samping itu, salah satu keuntungan dari penggunaan telepon seluler di sekolah adalah telepon seluler dapat digunakan sebagai alat bantu, terutama telepon seluler yang dilengkapi dengan beberapa   aksesoris, seperti kalkulator, kamera, dan internet. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk membantu dalam bidang akademik.

Argumen Menentang
Sementara itu, masyarakat yang tidak setuju siswa membawa telepon seluler ke sekolah mengatakan bahwa aplikasi yang tersedia di telepon seluler dapat memengaruhi konsentrasi siswa dalam pembelajaran. Ketika telepon seluler berdering di kelas, meskipun hanya mode getar, kegiatan pembelajaran akan terganggu. Hal itu akan merugikan seluruh kelas. Di samping itu, siswa dapat menggunakan telepon seluler untuk kegiatan melawan hukum seperti transaksi narkoba, pencurian, dan sejenisnya. Aplikasi internet di telepon seluler memberikan kesempatan untuk melakukan kecurangan. Siswa dapat pergi ke internet untuk mencari jawaban pada saat ulangan. Siswa bisa membawa teks contekan dalam telepon seluler. Kadang-kadang, hanya anakanak dari keluarga mampu yang memiliki telepon seluler. Hal ini dapat menyebabkan banyak masalah sosial, seperti kecemburuan, pencurian, dan pelecehan. Proses penyesuaian di sekolah menjadi agak sulit karena adanya kesenjangan sosial.

Simpulan 
Cara untuk mengatasi masalah ini adalah pihak sekolah berdiskusi dan bermusyawarah dengan orang tua agar menghasilkan kebijakan yang tepat. Yang paling penting apakah telepon seluler mempunyai dampak positif yang mengarah pada pendidikan atau hanya membawa dampak negatif belaka.
Sumber Teks Diskusi: http://artikel 1.coffemix.com/7125/dampak-positif-dan-d-telepon seluler-ke sekolah)

No comments:

Post a Comment