( R P P )
Satuan Pendidikan : Direktorat PAI pada SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok : Hidup Jadi Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf
Alokasi Waktu : 3 pertemuan (9 x 40 menit)
- KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
NO. | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | |
1 | 1.1 | Menghayati Al-Qur’an sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman | |
2 | 2.4 | Menghargai perilaku ikhlas, sabar dan pemaaf sebagai implementasi surah an- Nis±/4:146, surah al-Baqarah/2:153, dan surah ²li-Imr±n/3:134, serta hadis terkait | 1. Menampilkan contoh perilaku ikhlas,sabar,dan pemaaf sebagai implementasi dari surah Q.S. An-Nisa (4) :146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 serta hadis terkait |
3.5 | Memahami isi kandungan surah an-Nis±/4:146, surah al-Baqarah/2:153, dan surah ²li-Imr±n/3:134, serta hadis yang terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf | 1. Menyebutkan arti Q.S. An-Nisa (4) :146 tentang ikhlas, Q.S. Al Baqarah (2):153 tentang sabar, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 tentang pemaaf. 2. Menjelaskan makna isi kandungan Q.S. An-Nisa (4) :146 tentang ikhlas, Q.S. Al Baqarah (2):153 tentang sabar, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 tentang pemaaf | |
3 | 4.5.1 | Membaca surah an-Nisa/4:146, surah al-Baqarah (2): 153, dan surah ali-Imran/3: 134 dengan tartil | 1. Menyebutkan arti Q.S. An-Nisa (4) :146 tentang ikhlas, Q.S. Al Baqarah (2):153 tentang sabar, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 tentang pemaaf. 2. Menjelaskan makna isi kandungan Q.S. An-Nisa (4) :146 tentang ikhlas, Q.S. Al Baqarah (2):153 tentang sabar, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 tentang pemaaf. |
4 | 4.5.2 | Menunjukkan hafalan an-Nisa/4:146, surah al- Baqarah/2:153, dan surah Ali Imran/3:134 dengan lancar | 1. Melafalkan hapalan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3):. |
- TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Diberikan kesempatan untuk mengkaji tentang hukum bacaan nun sukun dan tanwin dalam surah an-Nisa/4:153, surah al-Baqarah/2:153, dan surah Ali-Imran/3:134 . Peserta didik dapat menjelaskan hukum bacaan nun sukun dan tanwin dalam surah an-Nisa/4:153, surah al-Baqarah/2:153, dan surah Ali-Imran/3:134 dan hadis yang terkait dengan benar.
- Diberikan kesempatan untuk berdiskusi tentang hukum bacaan nun sukun dan tanwin dalam surah an-Nisa/4:153, surah al-Baqarah/2:153, dan surah Ali-Imran/3:134, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum bacaan nun sukun dan tanwin dalam surah an-Nisa/4:153, surah al-Baqarah/2:153, dan surah Ali-Imran/3:134 dengan benar.
- Diberikan kesempatan berlatih membaca surah an-Nisa/4:153, surah al-Baqarah/2:153, dan surah Ali-Imran/3:134, peserta didik dapat mendemontrasikan bacaan surah an-Nisa/4:153, surah al-Baqarah/2:153, dan surah Ali-Imran/3:134 serta hadis yang terkait dengan benar.
Pertemuan Kedua:
- Diberikan kesempatan berlatih menghafal surah an-Nisa/4:153, surah al-Baqarah/2:153, dan surah Ali-Imran/3:134 dan hadis yang terkait dengan lancar.
- Diberikan kesempatan berlatih dengan temannya, peserta didik dapat menyebutkan arti surah an-Nisa/4:153, surah al-Baqarah/2:153, dan surah Ali-Imran/3:134 dan hadis yang terkait dengan benar.
Pertemuan Ketiga:
- Diberikan kesempatan berdiskusi dengan temannya dalam satu kelompok, peserta didik dapat menjelaskan makna isi kandungan surah an-Nisa/4:153, surah al-Baqarah/2:153, dan surah Ali-Imran/3:134 dan Hadis yang terkait
- Diberikan kesempatan mencermati tayangan film, peserta didik dapat menampilkan contoh perilaku ikhlas, sabar, dan pema’af sebagai implementasi surah an-Nisa/4:153, surah al-Baqarah/2:153, dan surah Ali-Imran/3:134 dan hadis yang terkait
- MATERI PEMBELAJARAN:
- Hukum Bacaan Nun Sukun dan Tanwin
- Pengertian Hukum Bacaan Nun Sukun dan Tanwin
- Macam-Macam Hukum Bacaan Nun Sukun dan Tanwin
- Identifikasi Hukum Bacaan Nun Sukun dan Tanwin dalam surah an-Nisa/4:146, Al Baqarah/2:153, dan surah Ali Imron3/:134
- Bacaan Al Quran surah an-Nisa/4:146, Al Baqarah/2:153, dan surah Ali Imron3/:134
Pertemuan Kedua:
- Hafalan Al Quran surah an-Nisa/4:146, Al Baqarah/2:153, dan surah Ali Imron3/:134
- Arti surah an-Nisa/4:146, Al Baqarah/2:153, dan surah Ali Imron3/:134
Pertemuan Ketiga:
- Makna surah an-Nisa/4:146, Al Baqarah/2:153, dan surah Ali Imron3/:134
- Contoh perilaku ikhlas,sabar, dan pemaaf sebagai implementasi surah an-Nisa/4:146, Al Baqarah/2:153, dan surah Ali Imron3/:134, serta hadis
- METODE PEMBELAJARAN:
- Pendekatan Scientific
- Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Direct Instruction
- Metode diskusi, drill, dan demontrasi, matching card
- SUMBER BELAJAR
- Kitab al-Qur’anul Karim dan terjemahnya, Depag RI
- Mustahdi dan Sumiyati (2013), Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti , Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta.
- Buku lain yang memadai.
- Buku Tajwid
- MEDIA PEMBELAJARAN
- Media
- Video Pembelajaran
- CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
- Alat
- Komputer
- LCD Projector
- Kartu berpasangan (matching card) lafadz dan artinya.
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA
No. | Kegiatan | Waktu |
1. | Pendahuluan
a. Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat; b. Guru memulai pembelajaran dengan membaca Al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya); c. Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. d. Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan materi pelajaran. e. Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai. f. Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok. |
10 Menit |
2. | Kegiatan inti
a. Mengamati · Membaca bersama QS Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 dan hadits tentang ikhlas, pemaaf dan sabar. · Mengamati LCD tentang QS Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits tentang ikhlas, pemaaf dan sabar dari CD/Media Interaktif tentang bacaan dan tulisan, sambil mengevaluasi bacaanya · Mencatat hasil pengamatan terhadap hal-hal penting dari kekurangan bacaanya dibandingkan tayangan LCD b. Menanya · Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok dan guru tentang hal- hal yang belum jelas dari pengamatan terhadap tayangan LCD c. Explore · Peserta didik membaca mengulang bacaan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits tentang ikhlas, pemaaf dan sabar secara bersama · Secara berkelompok Peserta didik membaca mengulang bacaan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits tentang ikhlas, pemaaf dan sabar · Praktek membaca satu persatu yang diamati oleh anggota kelompok dan memberi penilaian, secara bergilir d. Asosiasi · Anggota yang lain mengamati dan mendiskusikan untuk memberi penilaian · Memilih diantara anggota kelompok yang paling bagus, fasih dan lancar untuk dijadikan model · Memilih diantara temannya untuk menjadi presenter, sekretaris dan pengamat e. Komunikasi. · Mempresentasikan Bacaan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits tentang ikhlas, sabar dan pemaaf di depan kelas · Masing-masing kelompok berdiskusi untuk mengidentifikasi hukum nun mati dan tanwin dari Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits tentang ikhlas, sabar dan pemaaf · Kelompok lain mengamati dan memberi penilaian hasil presentasi · Sekretaris menginventaris hasil penilaian masing–masing kelompok · Selama pembelajaran berlangsung guru mengadakan penilaian proses dengan rubrik observasi dan memberi penguat dari hasil presentasi · Guru memberi penghargaan pada kelompok yang hasil presentasinya terbagus |
100 menit |
3. | Penutup
a. Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis. b. Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. c. Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni: – Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi hukum bacaan Nun mati dan Tanwin. – Kelompok yang paling baik dalam membaca al- Qur’an atau hadts. d. Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur. e. Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa. |
10 Menit |
PERTEMUAN KEDUA
No. | Kegiatan | Waktu |
1. | Pendahuluan
a. Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat; b. Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya); c. Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk pesrta didik. d. Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan materi pelajaran. e. Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai. |
10 Menit |
2. | Kegiatan inti
a. Mengamati · Menyimak tayangan bacaan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 dan hadits · Secara bergantian peserta didik menghafal dan menyimak hafalan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 b. Menanya · Dibawah bimbingan guru, peserta didik mengartikan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadist terkait tentang ikhlas, sabar dan pemaaf secara per kata dan keseluruhan. c. Eksplore dan asosiasi Game “Make-Matc”, dengan cara: – Dengan bimbingan guru, peserta didik mengkondisikan kelas untuk game. – Guru membagikan secara acak kartu yang telah dipersiapkan yang berisi potongan-potongan ayat Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, atau hadits tentang ikhlas, sabar dan pemaaf dan arti dari potongan ayat atau hadits tersebut. – (Game Pertama) Dengan aba-aba guru, peserta didik diminta untuk mencari pasangan potongan-potongan kertas yang berisi potongan-potongan ayat tentang ikhlas, sabar dan pemaaf dan artinya yang tersebar di antara mereka – (Game Kedua) Dengan aba-aba guru, peserta didik diminta berpasang-pasangan sesuai ayat atau hadits masing-masing, dan membentuk satu ayat dan arti secara tepat. – (Game Ketiga) Peserta didik diminta melafadzkan potongan ayat / hadits dengan artinya sehingga terbaca potongan ayat / hadits yang utuh. – Dan seterusnya. d. komunikasi · Secara berpasangan peserta didik mendemontrasikan hafalan dan arti ayat Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, atau hadits tentang ikhlas, sabar dan pemaaf. |
100 menit |
3. | Penutup
a. Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran. b. Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. c. Guru memberikan reward kepada “pasangan terbaik” yang hafal ayat dan arti Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, atau hadits tentang ikhlas, sabar dan pemaaf d. Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. e. Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa. |
10 Menit |
PERTEMUAN KETIGA
No. | Kegiatan | Waktu |
1. | Pendahuluan
a. Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat; b. Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya); c. Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk peserta didik. d. Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan materi pelajaran. e. Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai. f. Guru mengkondisikan peserta didik untuk membentuk kelompok-kelompok kecil (terdiri 4 – 6 siswa) |
10 Menit |
2. | Kegiatan inti
a. Mengamati · Peserta didik menelaah berbagai sumber belajar, sebagai dasar memahami makna ayat Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits tentang ikhlas, sabar dan pemaaf. · Peserta didik memperhatikan tayangan film yang berkaitan dengan ikhlas, sabar dan pemaaf. b. Menanya · Peserta didik dengan dibantu motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tayangan film yang berkaitan dengan ikhlas, sabar dan pemaaf c. eksplore · Secara berkelompok peserta didik berdiskusi dengan tema-tema yang berkaitan dengan pemahaman makna ayat dan tayangan film, misalnya: 1) Akhlaq orang yang berikhlas, sabar dan pemaaf. 2) Manfaat dan hikmah mempunyai sifat ikhlas, sabar dan pemaaf. 3) Nilai-nilai positif yang terdapat pada ayat Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits tentang ikhlas, sabar dan pemaaf . 4) Contoh perilaku seseorang yang ikhlas, sabar dan pemaaf. d. Asosiasi · Memilih diantara temannya untuk menjadi Presenter, sekretaris dan pengamat e. Mengkomunikasikan · Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi kelompok lain. |
100 menit |
3. | Penutup
a. Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran. b. Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. c. Guru memberikan reward kepada “kelompok terbaik” hasil diskusi dan presentasinya. d. Guru menjelaskanmateri yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. e. Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa. |
10 Menit |
- PENILAIAN
- Sikap spiritual
- Teknik Penilaian : Penilaian diri
- Bentuk Instrumen : Lembar penilaian diri
- Kisi-kisi :
No. | Sikap/nilai | Butir Instrumen |
1. | Meyakini bahwa sikap ikhlas, sabar dan pemaaf adalah perintah Allah | Terlampir |
2. | Meyakini bahwa ikhlas, sabar dan pemaaf adalah sifat terpuji yang harus dimiliki oleh setiap muslim | Terlampir |
3. | Meyakini bahwa dengan memilki sifat ikhlas, sabar dan pemaaf manusia akan selamat dunia dan akhirat | Terlampir |
4. | Meyakini bahwa dengan memiliki sifat ikhlas, sabar dan pemaaf akan dimudahkan jalan hidupnya | Terlampir |
5 | Meyakini bahwa Allah swt memuliakan terhadap orang yang memiliki sifat ikhlas, sabar dan pemaaf | Terlampir |
- Sikap sosial
- Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
- Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
- Kisi-kisi:
No. | Sikap/nilai | Butir Instrumen |
Suka berbuat ikhlas, sabar, dan pemaaf kepada temannya. | Terlampir | |
Segera memberikan maaf ketika temannya berbuat salah dan minta maaf. | Terlampir | |
Tidak pamrih ketika temannya meminta tolong | Terlampir | |
Tidak mudah putus asa karena memiliki kesabaran | Terlampir |
Instrumen: Terlampir
- Pengetahuan
- Teknik Penilaian :Tes Lisan
- Bentuk Instrumen : Lembar penilaian tes lisan
- Kisi-kisi :
No. | Indikator | Butir Instrumen |
Dapat mengartikan Q.S.An-Nisa (4):146 | Artikan Q.S.An-Nisa (4):146 dengan benar! | |
Dapat mengartikan Q.S. Al Baqarah (2):153, | Artikan Q.S. Al Baqarah (2):153, dengan benar! | |
Dapat mengartikan Q.S. Ali Imran (3): 134 | Artikan Q.S. Ali Imran (3): 134 dengan benar! | |
Dapat mengartikan salah satu hadits yang berkaitan dengan ikhlas, sabar dan pemaaf | Artikan salah satu hadits yang berkaitan dengan ikhlas, sabar dan pemaaf ! |
- Keterampilan
- Teknik Penilaian : Performance
- Bentuk Instrumen : Praktik
- Kisi-kisi:
No. | Keterampilan | Butir Instrumen |
Dapat membaca Q.S.An-Nisa (4):146 | Bacalah Q.S.An-Nisa (4):146 dengan tartil! | |
Dapat membaca Q.S. Al Baqarah (2):153 | Bacalah Q.S. Al Baqarah (2):153 dengan tartil ! | |
Dapat membaca Q.S. Ali Imran (3): 134, | Bacalah Q.S. Ali Imran (3): 134! |
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
Nama Siswa Kelas / Semester | : : | …………………………………… VII / Ganjil | |||||||||
TeknikPenilaian | : | Penilaian diri. | |||||||||
Penilai | : | Lembar penilaian diri | |||||||||
NO. | PERNYATAAN | PILIHAN JAWABAN | SKOR | ||||||||
Sangat Setuju | Setuju | Ragu-Ragu | Tidak Setuju | ||||||||
1 | Bahwa sikap ikhlas, sabar dan pemaaf adalah perintah Allah yang membawa manusia kepada kebaikan. | ||||||||||
2 | Bahwa sifat ikhlas, sabar dan pemaaf adalah siafat terpuji yang harus dimiliki oleh setiap muslim. | ||||||||||
3 | Meyakini bahwa dengan sifat ikhlas, sabar dan pemaaf, manusia akan selamat dunia dan akhirat. | ||||||||||
4 | Meyakini bahwa dengan sifat ikhlas, sabar dan pemaaf, manusia akan akan dimudahkan jalan hidupnya. | ||||||||||
5 | Meyakini bahwa Allah swt memuliakan manusia yang ikhlas, sabar dan pemaaf | ||||||||||
JUMLAH SKOR | |||||||||||
KETERANGAN | NILAI | NILAI AKHIR | |||||||||
Sangat Setuju
Setuju Ragu-Ragu Tidak Setuju |
= Skor 4
= Skor 3 = Skor 2 = Skor 1 |
Skor yang diperoleh
————————- X 100 = ——— Skormaksimal |
|||||||||
CATATAN: ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… | |||||||||||
……………………., Tanggal : ……..………
Siswa yang bersangkutan
(……………………………………………….)
Lampiran 2 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Siswa yang dinilai Kelas / Semester | : : | …………………………………… VII / Ganjil | |||||||||
TeknikPenilaian | : | Penilaian antar teman . | |||||||||
Petunjuk: a. Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang b. Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain c. Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap Peserta didik |
|||||||||||
NO. | PERNYATAAN | PILIHAN JAWABAN | SKOR | ||||||||
Selalu | Sering | Kadang– kadang | TidakPernah | ||||||||
1 | Suka berbuat ikhlas, sabar, dan pemaaf kepada temannya. | ||||||||||
2 | Segera memberikan maaf ketika temannya berbuat salah dan minta maaf. | ||||||||||
3 | Tidak pamrih ketika temannya meminta tolong | ||||||||||
4 | Tidak mudah putus asa ketika mengahadapi kesulita belajar karena memiliki kesabaran | ||||||||||
JUMLAH SKOR | |||||||||||
KETERANGAN | NILAI | NILAI AKHIR | |||||||||
Selalu
Sering Kadang-kadang Tidak pernah |
= Skor 4
= Skor 3 = Skor 2 = Skor 1 |
Skor yang diperoleh
————————- X 100 = ——— Skormaksimal |
|||||||||
CATATAN: ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… | |||||||||||
……………………., Tanggal : ……..………
Ketua kelompok
(……………………………………………….)
Lampiran 3 : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Kelas / Semester | : | VII / Ganjil |
KompetensiDasar | : | 1. Memahamiisikandungan surah an-Nisa/4:146, Al Baqarah/2:153, dan surah Ali Imron3/:134 ser tahadis yang terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf. |
Indikator | : | 1. Menyebutkan arti surah an-Nisa/4:146, Al Baqarah/2:153, dan surah Ali Imron3/:134 serta hadis tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf. |
TeknikPenilaian | : | Lisan. |
Penilai | : | Guru |
No. | Indikator | Instrumen | |
1. | Mengartikan QS. an-Nisa/4:146
|
Artikan QS. an-Nisa/4:146 berikutini !
|
|
2. | Mengartikan QS. Al Baqarah/2:153
|
Artikan QS. Al Baqarah/2:153
|
|
3. | Mengartikan QS. Al Baqarah/2:153 | ciwM ojQ [Q ãp À cRË] oi gI | |
No | Jawaban | ||
1. | 146. Kecuali orang-orang yang taubat dan
Mengadakan perbaikan[369] dan berpegang teguh pada (agama) Allah dan
tulus ikhlas (mengerjakan) agama mereka karena Allah. Maka mereka itu
adalah bersama-sama orang yang beriman dan kelak Allah akan memberikan
kepada orang-orang yang beriman pahala yang besar.
[369] Mengadakan perbaikan berarti berbuat pekerjaan-pekerjaan yang baik untuk menghilangkan akibat-akibat yang jelek dan kesalahan-kesalahan yang dilakukan. |
||
2. | 153. Hai orang-orang yang beriman,
Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu[99], Sesungguhnya Allah
beserta orang-orang yang sabar.
[99] Ada pula yang mengartikan: mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. |
||
3. |
RUBRIK PENILAIAN | |||||||
No. | Nama Surat | Kriteria | Skor | ||||
Sangat Lancar | Lancar | Kurang Lancar | Tidak Lancar | ||||
1 | QS. an-Nisa/4:146 | ||||||
2 | QS. Al Baqarah/2:153 | ||||||
3 | QS. Al Baqarah/2:153 | ||||||
JUMLAH SKOR | |||||||
KETERANGAN | NILAI | NILAI AKHIR | |||||
Sangat Lancar
Lancar Kurang Lancar TidakLancar |
= Skor 4
= Skor 3 = Skor 2 = Skor 1 |
Skor yang diperoleh
————————- X 100 = ——— Skormaksimal |
|||||
Lampiran 4 : Instrumen Penilaian (Aspek Ketrampilan)
NamaPesertadidik | : | ………………………………………………… |
Kelas / Semester | : | VII / Ganjil |
KompetensiDasar | : | Membaca Q.S An Nisa :146, Q.S. Al Baqarah (2):153, tartil Q.S. Ali Imran (3): 134,dengantartil |
TeknikPenilaian | : | Performance |
Penilai | : | Guru |
No. | Indikator | Instrumen |
1. | Membaca QS. Q.S. an Nisa: 146 | Bacalah dengan tartil Q.S. an Nisa: 146 |
2. | Membaca Q.S. Al Baqarah (2):153 | Bacalah dengan tartilQ.S. Al Baqarah (2):153 |
3 | Dapat membaca Q.S. Ali Imran (3): 134, | Bacalah dengan tartilQ.S. Ali Imran (3): 134, |
RUBRIK PENILAIAN |
NO. | NAMA SURAT | KRITERIA | SKOR | |||||
FASIH | TARTIL | KURANG TARTIL | TIDAK TARTIL | |||||
1 | Membaca QS. Q.S. an Nisa: 146 | |||||||
2 | Q.S. Al Baqarah (2):153 | |||||||
3 | Q.S. Ali Imran (3): 134, | |||||||
JUMLAH SKOR | ||||||||
KETERANGAN | NILAI | NILAI AKHIR | ||||||
Fashih
Tartil Kurang Tartil TidakTartil |
= Skor 4
= Skor 3 = Skor 2 = Skor 1 |
Skor yang diperoleh
————————- X 100 = ——— Skor maksimal |
||||||
CATATAN GURU ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… |
||||||||
Jakarta, Juni 2013
Guru Pend. Agama Islam
(……………………………………………….)
Kelompok VII:
N0 | NAMA | Asal Sekolah | Kabupaten |
1 | Nura Aziz Djoko Siswanto | SMPN 1 Polokarto | Sukoharjo |
2 | Tasdiq | SMPN 2 Ketanggungan | Brebes |
3 | Basuki Supriyadi | SMPN 1 Cepiring | Kendal |
4 | Amam Rofiq | SMPN 1 Banjarnegara | Banjarnegara |
5 | Saeful Qodir Z | SMPN 8 Cimahi | Cimahi |
6 | M. Aminuddin | SMPN 1 Wiradesa | Pekalongan |
No comments:
Post a Comment