.mobile .content-outer, .mobile .main-outer , .mobile .post-outer { margin: 0pt auto; }

Sunday, June 10, 2018

RPP K13 BAHASA INDONESIA KELAS 8 TEKS DISKUSI KD 4.4 LENGKAP DENGAN MATERI AJAR

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMP Negeri 160 Jakarta
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : VIII/I ( satu )
Tema                           : Teks diskusi
Alokasi Waktu             : 1 pertemuan (2 x 40 menit)


  1. Kompotensi Inti
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4 Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

  1. Kompetensi Dasar Dan Indikator
1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
2.2 Memiliki perilaku peduli, cinta tanah air, dan semangat kebangsaan atas karya budaya yang penuh makna
4.4 Meringkas teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan

  1. Tujuan Pembelajaran :
Melalui pendekatan saintifik dan metode diskusi peserta didik dapat:
Mendeskripsikan langkah menyusun ringkasan

  1. Metode Pembelajaran
  2. Pendekatan : Scientific
  3. Model : Discovery Learning
  4. Metode : Diskusi Kelompok


  1. Media, alat dan sumber pembelajaran
  2. Media : Contoh ringkasan
  3. Alat/Bahan : Komputer, laptop , LCD
  4. Sumber Belajar :
    1. Contoh teks ulasan dari internet
    2. Contoh teks ulasan dari media cetak/elektronik
    3. Buku referensi tentang genre teks

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan 1.        Persiapan psikis dan fisik membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama 2.        Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran
3.        Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
4.        Menyambungkan materi sekarang dengan materi sebelumnya
5.        Memberi motivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dengan menyanyikan lagu
15
Inti Mengamati ·         Membaca teks diskusi yang telag disusun kelompok/teman
Menanya
·         Menanya tentang cara meringkas teks diskusi
Mengeksplorasikan
·         Membaca kembali teks diskusi yang telah dibuat dalam kelompok
·         Mencatat ide-ide pokok
·         Menuliskan ide pokok ke dalam beberapa kalimat
Mengomunikasikan
1)      Mengikuti kegiatan diskusi kelas
2)      Mencatat garis besar isi presentasi dan masukan-masukan (pertanyaan/pendapat) dalam diskusi kelas
·      Menyusun ringkasan hasil diskusi secara utuh dan kreatif
45
Penutupan 1.        Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan 2.        Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
3.        Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4.        Diadakan Tes Tulis terhadap siswa
5.        Memberikan tugas individu  sebagai pekerjaan rumah.
6.        Doa Tutup.
20

  1. PENILAIAN
  2. Jenis/Teknik Penilaian
    1. Observasi Proses Pembelajaran
    2. Laporan Tugas (Individu/Kelompok)
    3. Tes Lisan/Tulis
  3. Bentuk Instrumen dan Instrumen
  4. Observasi Proses Pembelajaran
No. Nama Siswa Aspek yang diamati Jumlah Nilai Akhir
Sikap/ Perilaku Tanggung jawab Aktivitas Kerjasama Berpendapat/Menanggapi

  1. Laporan Tugas (Individu/Kelompok)
No. Nama Siswa/ Kelompok Aspek yang dinilai Jumlah Nilai Akhir
Kerapihan KetepatanWaktu Kesesuaian Isi
  1. Tes tulis
Terlampir
  1. Pedoman Penskoran:
Keterangan Skor: Masing-masing kolom  diisi dengan kriteria:
4  =  Baik Sekali
3  =  Baik
2  =  Cukup
1  =  Kurang
                ∑ Skor perolehan Nilai   =                               X 100
                 Skor Maksimal
Kriteria Nilai
A  =  80 – 100  :         Baik Sekali
B  =  70 – 79    :         Baik
C  =  60 – 69    :         Cukup
D  =  … <  60    :   Kurang     

Keterangan Nilai Akhir:
  1. Penilaian Observasi        :            Nilai        =          Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal (16)
  1. Penilaian Laporan Tugas : Nilai        =          Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal (12)
  1. Penilaian Tes Lisan/Tulis : Nilai        =          Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal (20)
Nilai akhir yang diperoleh siswa = Nilai observasi + nilai laporan tugas+ nilai tes lisan/tulis
LAMPIRAN MATERI

CONTOH TEKS DISKUSI SINGKAT

CONTOH TEKS DISKUSI 1

Dampak Teknologi Elektronik Bagi Remaja Masa Kini
Pada zaman yang modern ini, banyak sekali perkembangan pada teknologi-teknologi yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah teknologi elektronik. Perkembangan pada teknologi elektronik kini berkembang sangat pesat di Indonesia. Namun, perkembangan tersebut memberi pengaruh atau dampak juga terhadap konsumennya, khususnya para remaja masa kini.


contoh teks diskusi Dampak Teknologi Elektronik
Contoh teknologi elektronik yang pasti disukai para remaja masa kini adalah handphone. Mereka  menyukai handphone karena teknologi elektronik yang satu ini berbeda dari yang lain. Mungkin karena bentuknya yang tidak terlalu besar sehingga mudah dibawa kemana-mana membuat daya tarik tersendiri bagi para remaja sekarang yang tidak ingin repot.
Tetapi, teknologi elektronik mempunyai dampak negatif dan dampak positif. Contoh dampak negatifnya adalah Remaja kecanduan menggunakan teknologi-teknologi tersebut sehingga mereka lupa akan kewajibannya untuk menuntut ilmu sebagaimana mestinya. Ada pula dampak positifnya , yaitu para remaja bisa mengenal lebih luas teknologi-teknologi yang ada dan memungkinkan mereka untuk memanfaatkan teknologi-tekologi tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat. Oleh karena itu, Kita sebagai Remaja atau pelajar harus bisa memanfaatkan teknologi elektronik dengan sebaik-baiknya, jangan digunakan untuk hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

CONTOH TEKS DISKUSI 2

Kenakalan Remaja
Dewasa ini, pergaulan bebas yang terjadi di kalangan remaja banyak berasal dari eksploitasi seksual pada media yang ada di sekeliling kita.
Eksploitasi seksual dalam video klip, majalah, televisi, dan film-film ternyata mendorong para remaja untuk melakukan aktivitas seks secara sembarangan di usia muda.
contoh teks diskusi kenakalan remaja
Dengan memilih tampilan atau tayangan seks di media, para remaja itu beranggapan bahwa seks adalah sesuatu yang bebas dilakukan oleh siapa, dan dimana saja.
Bahkan tidak sedikit para remaja yang terjerumus pergaulan bebas lain misalnya narkoba, rokok, dan minum minuman keras. Dapat diperkirakan setiap harinya lebih dari 2 juta remaja di negara kita telah mempergunakan rokok maupun narkoba.
Oleh karena itu, kami, memilih tema pergaulan bebas remaja untuk dikaji lebih lanjut sebagai informasi bagi kaum remaja.
Masalah ini kami buat berdasarkan sumber-sumber yang jelas dan akurat dengan harapan supaya remaja dapat mengatasi libidonya sehingga para remaja dapat terhindar dari akibat-akibat negatif dari pergaulan seperti pergaulan bebas. Dan menghimbau kepada para remaja untuk tidak salah langkah dalam mengambil keputusan oleh karena perubahan pola pikir yang terjadi pada dirinya.

CONTOH TEKS DISKUSI 3

Handphone dan Anak-Anak
Hand phone adalah salah satu alat tekhnologi yang bisa memudahkan manusia dalam hal komunikasi. Hampir semua manusia di dunia ini menggunakan Hand phone termasuk anak – anak.
Namun pemberian hand phone kepada anak – anak mendapatkan pro dan kontra di kalangan masyarakat.
contoh teks diskusi handphone dan anak
Pihak yang kontra sangat menyayangkan pemberian hand phone kepada anak – anak, khususnya anak yang belum cukup umur. Mereka berpendapat bahwa hand phone tersebut akan merusak masa kanak – kanak mereka yang seharusnya diisi dengan permaianan dan interaksi dengan sesama.
Dengan hadirnya hand phone, mereka akan semakin menjauh dari dunia mereka. Anak – anak akan menjadi pasif dan gampang terkena penyakit.
Namun, bagi yang pro dengan pemberian hand phone kepada anak  – anak menganggap hal tersebut akan membantu mereka, khususnya orang tua untuk memberikan pengawasan kepada anak – anaknya. Dengan begitu mereka bisa menghubungi anak – anaknya kapanpun dan dimanapun.
Terlebih lagi, mereka juga berpendapat bahwa hand phone bisa membuat anak mereka menjadi pintar karena aplikasi – aplikasi pembelajaran yang ada di dalamnya.
Berdasarkan dua pendapat yang telah dijabarkan di atas, dapat disimpulkan bahwa pemberian hand phone kepada anak – anak masih menimbulkan pro dan kontra di kalangan orang tua. Oleh
karena itu, sebagai orang tua kita harus memilih yang terbaik bagi anak – anak kita.

CONTOH TEKS DISKUSI 4

Dampak Perkembangan Mobile Phone
Pada zaman yang modern ini, Tekhnologi berkembang dengan pesat dalam berbagi bidang seperti komunikasi, medis, transportasi dan lain-lain. Namun, Perkembangan pada teknologi komunikasi adalah yang paling pesat. Contohnya adalah Handphone. Saat ini tekhnologi Handphone telah menjadi sangat modern. Handphone menjadi lebih praktis dan memiliki berbagai macam fitur yang sangat banyak dan menarik. Berkembangnya tekhnologi Handphone ini membuat para remaja menggandrunginya. Mereka mulai menggunakan handphone dengan berbagai macam keperluan seperti hiburan dan komunikasi. Namun, Perkembangan tekhnologi dalam bidang komunikasi ini memberi pengaruh atau dampak terhadap penggunanya, khususnya para remaja.
contoh teks diskusi Dampak Perkembangan Mobile Phone
Perkembangan tekhnologi handphone memiliki dampak positif bagi para remaja. Mereka bisa mengenal dan lebih luas tentang tekhnologi komunikasi ini dan juga mereka dapat memanfaatkan Handphone untuk memudahkan pekerjaan mereka.
Selain memiliki manfaat yang positif, perkembangan handphone juga berdampak buruk bagi para remaja. Contoh dampak negatifnya adalah Remaja dapat menjadi kecanduan menggunakan teknologi-teknologi tersebut sehingga mereka lupa akan kewajiban mereka untuk belajar.
Oleh karena itu, Kita sebagai Remaja atau pelajar harus bisa memanfaatkan teknologi elektronik dengan sebaik-baiknya. Kita harus menggunakan Handphone ini untuk hal-hal yang bermanfaat buat diri sendiri maupun orang lain bukan malah merugikan.

CONTOH TEKS DISKUSI 5

Perkembangan Teknologi di Mata Masyarakat
Dewasa ini, tekhnologi telah berkembang dengan sangat pesat dan cepat. Tekhnologi – tekhnologi tersebut mengisi semua sendi – sendi kehidupan manusia, seperti transportasi, pengobatan, komunikasi, dan masih banyak lagi. Perkembangan ini tidak bisa dibendung, sehingga menimbulkan beberapa pandangan – pandangan di masyarakat mengenai pekembangan tekhnologi ini. Beberapa pihak ada yang pro terhadap perkembangan tekhnologi, tetapi ada juga pihak yang kontra terhadap tekhnologi.
Mayarakat yang pro terhadap perkembangan tekhnologi beranggapan bahwa hal ini adalah suatu hal yang positif karena dengan begitu pekerjaan mereka akan menjadi lebih mudah. Bagi mereka tekhnologi ibarat dewa penyelamat yang bisa memudahkan bahkan memenuhi kebutuha mereka. Contohnya, pada tekhnologi transportasi, saat ini manusia tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menuju suatu tempat yang jauh. Mereka hanya membutuhkan hitungan jam untuk menyebarangi sebuah Negara. Bahkan kini mereka juga bisa menuju bulan, tempat yang tidak bisa mereka bayangkan sebelumnya untuk disinggahi.
contoh teks diskusi dampak perkembangan teknologi
Disamping mempercepat dan memudahkan dalam hal berpergian, Tekhnologi juga bisa menghubungkan manusia walupun dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh. Tekhnologi ini hadir dalam bentuk jaringan komunikasi atau sering disebut juga denagan Hand phone. Kini manusia bisa saling menghubungi kapanpun, dimanapun, dan dalam kondisi apapun berkat bantuan satelit yang mengorbit bumi.
Tidak hanya dalam bidang transportasi, dan komunikasi, tekhnologi juga turut berkembang dalam bidang pengobatan. Saat ini telah diciptakan berbagai macam pengobatan dan alat medis yang canggih, seperti donor organ, cuci darah, kemoterapi, dan lain – lain yang bisa membantu penderita penyakit – penyakit parah tersebut agar bisa sembuh. Bahkan kini tekhnologi juga bisa membantu pasangan yang tidak subur untuk bisa memiliki anak dengan tekhnologi bayi tabung.
Namun, di lain pihak ada juga masyarakat yang tidak setuju dengan perkembangan tekhnologi ini. Mereka menganggap bahwa perkembangan tekhnologi yang tidak terbatas ini bisa menyebabkan kehancuran bagi manusia. Tekhnologi – tekhnologi tersebut ibarat sebuah bom waktu yang siap meledak dan memebrikan dampak yang sangat buruk bagi kehidupan manusia. Pihak yang kontra terhadap perkembangan tekhnologi ini beralasan bahwa sudah banyak dampak buruk yang diciptakan oleh tekhnologi saat ini.
Diantaranya adalah tekhnologi menyebabkan manusia menjadi malas baik dalam kehidupannya maupun terhadap lingkungannya. Manusia yang telah dimanjakan dengan tekhnologi akan menyerahkan semua keperluannya untuk dikerjakan oleh tekhnologi. Mereka menjadi jarang bergerak dan menjadi pasif akan lingkungannya. Akibatnya, mereka menjadi gampang sakit dan kehilangan rasa kemanusian mereka.
Terlebih lagi, perkembangan tekhnologi yang tidak terbatas ini juga turut menciptakan senjata – senjata yang mematikan. Senjata ini digunakan oleh pihak militer untuk saling membunuh dengan dalih melindungi atau menolong, tetapi tetap saja yang menjadi korban adalah rakyat sipil yang tidak tahu apa – apa.  Bahkan kini, telah diciptkan senjata pemusnah massal yang dapat membunuh banyak manusia dalam sekejap. Contohnya bom atom yang menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki di Jepang. Ribuan nyawa korban melayang akibat dari perkembangan tekhnologi ini.
Yang lebih mengkhawatirkan adalah tekhnologi cloning yang sedang dikembangkan saat ini. Mereka mulai mencari cara untuk melebihi kekuatan sang pencipta yaitu dengan menciptakan manusia lainnya. Hal ini sangat dikhawatirkan membuat manusia semakin terjerumus ke dalam tekhnologi dan melupakan Sang Penciptanya.
Berdasarkan hal – hal di atas, dapat disimpulkan bahwa selain memberikan manfaat bagi kemaslahatan manusia, tekhnologi juga dapat menjerumuskan manusia. Oleh karena itu, sebaiknya kita bisa mengontrol dan menyaring perkembangan tekhnologi ini dengan mencari mana yang baik dan bermanfaat bagi kita.

No comments:

Post a Comment