Pelaksanaan Pembelajaran, Setelah melakukan kegiatan
perencanaan pembelajaran,
untuk melaksanakan perencanaan tersebut terdapat tahapan dalam
pelaksanaan pembelajaran, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan
kegiatan penutup.
- Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan
pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan
perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses
pembelajaran, bisa berupa apersepsi dan motivasi sebagai berikut.
- Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
- Mengajukan pertanyaan menantang.
- Menyampaikan manfaat pembelajaran.
- Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.
Penyampaian kompetensi dan rencana kegiatan dijabarkan sebagai berikut. pelaksanaan pembelajaran
- Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai peserta didik.
- Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.
Dari kegiatan pendahuluan tersebut, guru bisa melakukan hal-hal yaang
berkaitan dengan kegiatan apersepsi dan motivasi serta penyampaian
kompetensi dan rencana kegiatan, agar pembelajaran menjadi kondusif
sesuai dengan yang guru harapkan.
- Kegiatan Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi
dasar. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui
proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Kegiatan inti merupakan
kegiatan yang guru lakukan ketika proses pembelajaran dimulai, pada
kegiatan inti pembelajaran dilakukanuntuk mencapai tujuan yang dilakukan
secara aktif menjadi pencari informasi,
serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan
kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik
psikologis siswa. Dalam kegiatan inti pembelajaran yang diterapkan pada
kurikulum 2013 , guru
harus memperhatikan kompetensi yang terkait dengan sikap seperti
jujur, teliti, kerjasama, toleransi, disiplin, taat aturan, menghargai
pendapat orang lain yang
terdapat dalam silabus dan RPP. Kegiatan inti pembelajaran
menggunaakan pendekatan saintifik, yang meliputi mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Penjelasan sebagai
berikut. pelaksanaan pembelajaran
- Mengamati
Dalam kegiatan mengamati, guru membuka kesempatan secara luas dan
bervariasi. Kesempatan siswa untuk melakukan pengamatan melalui kegiatan
melihat, menyimak, mendengar, dan membaca. Guru memfasilitasi siswa
untuk melakukan pengamatan sesuai dengan materi yang diajarkan.
- Menanya
Dalam kegiatan menanya, guru membuka kesempatan secara luas kepada
siswa untuk bertanya mengenai materi pembelajaran yang sudah dilihat dan
diamati. Dalam kegiatan ini, guru perlu membimbing siswa untuk
mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatan objek materi yang
konkrit. Guru yang efektif mampu menginsipirasi siswa untuk meningkatkan
dan mengembangkan ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuannya. Pada
saat guru bertanya, pada saat itu pula dia membimbing atau memandu
siswanya belajar dengan baik. Ketika guru menjawab pertanyaan dari
muridnya, ketika itu pula guru mendorong siswanya untuk menjadi penyimak
dan pembelajar yang baik.
- Mengeksplorasi
Dalam mengeksplorasi, siswa secara aktif untuk menjelajah sekitar
kehidupan siswa yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Siswa
melakukan observasi untuk memeroleh pengetahuan dan siswa dapat berpikir
logis dan sistematis melalui fakta yang berkaitan dengan materi
pembelajaran.
- Mengasosiasikan
Tindak lanjut dari kegiatan bertanya dan observasi adalah siswa
menggali dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber melalui
cara-cara yang baik. Tindak lanjut yang dilakukan dapat berupa membaca
buku yang berkaitan dengan materi, memperhatikan fenomena atau objek
yang lebih teliti atau melakukan eksperimen. Dari menemukan informasi
tersebut, siswa menemukan keterkaitan informasi dengan informasi
lainnya, dan menyimpulkan.
- Mengomunikasikan
Mengomunikasikan yang dimaksud adalah siswa menyampaikan hasil
pengamatan, informasi, berdasarkan hasil observasi yang dilakukan siswa,
baik tertulis maupun tidak tertulis.
- Kegiatan Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas
pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau
kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, serta tindak lanjut.
No comments:
Post a Comment