RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
(KD 3.2)
Satuan Pendidikan : SMPN 160 Jakarta
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : VII/ Semester Genap
Materi Pokok : Teks Observasi
Alokasi Waktu : 1×6 JP
- Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
- Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No. | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
1. | 1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis. |
1.2.1 Terbiasa menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. |
2. | 2.1 Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab dan santun
dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil
observasi |
2.1.1 Terbiasa berperilaku jujur dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi. 2.1.2 Terbiasa berperilaku tanggung jawab dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi. 2.1.3 Terbiasa berperilaku jujur dan santundalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi. |
3. | 3.2 Membedakan
teks hasil observasi, tanggapan, deskripsi, eksposisi, eksplanasi, dan
cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan |
3.2.1 Mampu menjelaskan perbedaan teks hasil observasi dilihat dari struktur isi 3.2.2 Mampu menjelaskan perbedaan teks hasil observasi dari fitur bahasanya |
4. | 4.2 Menyusun teks hasil observasi, tanggapan, deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan | 4.1.1 Mampu menyusun teks hasil observasi secara berkelompok maupun secara mandiri berdasarkan pemahaman tentang teks (menentukan judul, menuliskan definisi umum, menguraikan deskripsi, dan menuliskan penutup) dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan EYD. |
- Materi Pembelajaran
- Perbedaan teks hasil observasi dengan teks deskripsi dilihat dari struktur isi
- Perbedaan teks hasil observasi dengan teks deskripsi dilihat dari fitur bahasanya
Pertemuan Ke-2
- Langkah-langkah menyusun teks hasil observasi
- Memilih objek pengamatan
- Mengamati objek
- Menentukan judul
- Menulis klasifikasi umum
- Menjabarkan deskripsi unsur-unsur penting dari objek yang diamati
- Media, Alat dan Sumber
- Media Pembelajaran
Power point pembelajaran
- Alat dan Bahan
Teks observasi karya kelompok lain
Teks observasi dari media internet
Teks observasi dari media cetak
- Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia:Wahana Pengetahuan: Buku Guru.Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia:Wahana Pengetahuan: Buku Siswa. Kelas VII Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.hlm
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2010. Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.
- Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Pendahuluan ( 10 menit)
- Perserta didik menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas.
- Perserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan yang dimilikinya melalui tugas pada pertemuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
- Perserta didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang teks observasi dengan menanyakan teks observasi yang pernah mereka baca.
- Perserta didik menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran
- Guru memotivasi peserta didik untuk mampu mencapai ketuntasan belajar, baik dalam aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.
- Kegiatan Inti (100 menit)
- Mengamati
- Peserta didik membaca contoh teks laporan observasi dengan cermat
- Peserta didik membaca contoh teks laporan deskripsi
- Menanya
- Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang perbedaan teks hasil observasi dan deskripsi dari segi struktur teks
- Mengumpulkan informasi
- Peserta didik mendiskusikan persamaan teks hasil observasidan deskripsi dari struktur isinya
- Peserta didik mendiskusikan perbedaan teks hasil observasi dan deskripsi dari ciri-ciri bahasanya
- Mengasosiasi
- Peserta didik membandingkan dan menyimpulkan struktur teks hasil observasi
- Peserta didik membandingkan teks yang disusun kelompok berdasarkan struktur teks
- Mengkomunikasikan
- Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang persamaan dan perbedaan teks hasil observasi dan deskripsi dalam bebagai bentuk (uraian, tabel, atau peta konsep)
- Menanggapi presentasi kelompok lain secara lugas dan santun
- Penutup
2) Guru memberikan umpan balik/refleksi tentang kekurangan dan kelebihan teks observasi.
3) Guru memberikan tugas untuk pengayaan dan remidi yang berkaitan dengan identifikasi kekurangan dan kelebihan teks observasi.
Pertemuan Kedua
- Pendahuluan ( 10 menit)
- Perserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas.
- Perserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan yang dimilikinya melalui tugas pada pertemuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
- Perserta didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang teks observasi dengan menanyakan teks observasi yang pernah mereka baca.
- Perserta didik menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran
- Guru memotivasi peserta didik untuk mampu mencapai ketuntasan belajar, baik dalam aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.
- Kegiatan Inti (100 menit)
- Mengamati
- Peserta didik membaca contoh teks laporan observasi dengan cermat
- Peserta didik membaca contoh teks laporan deskripsi
- Menanya
- Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya yang berkaitan dengan penyusunan teks hasil laporan observasi
- Mengumpulkan informasi
- Peserta didik memilih objek pengamatan dari lingkungan dan atau sumber lainnya untuk bahan penulisan laporan observasi
- Peserta didik mengasosiasikan atau bahan untun laporan hasil observasi melalui wawancara dengan lingkungan sekitar dengan penuh tanggung jawab
- Peserta didik menyusun teks hasil observasi secara berkelompok berdasarkan pemahaman tentang teks (menentukan judul, menulis definisi umum, deskripsi umum, deskripsi dan menuliskan penutup) dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan EYD dan menghargai pendapat temandalam kelompok
- Peserta didik menyusun teks hasil observasi secara mandiri berdasarkan pemahaman tentang teks (menentukan judul, menulis definisi umum, deskripsi umum, deskripsi dan menuliskan penutup) dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan EYD
- Mengasosiasi
- Peserta didik membandingkan teks yang disusun kelompok berdasarkan struktur teks
- Peserta didik membandingkan teks yang disususn sendiri dengan teks teman lain berdasarkan struktur teks
- Mengkomunikasikan
- Peserta didik mempresentasikan hasil penyususnan teks hasil observasi kelompok dengan percaya diri dan bahas lugas
- Memajang hasil kerja
- Penutup
2) Guru bersama peserta didik melakukan refleksi terkait pembelajaran menelaah dan merevisi teks observasi.
3) Guru memberikan tugas untuk pengayaan dan remidi.
- Penilaian
- Sikap Spiritual dan Sosial
- Teknik Penilaian : Observasi
- Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
Lembar Pengamatan/Observasi
Berikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan
- jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan
- jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
- jika sering berperilaku dalam kegiatan
- jika selalu berperilaku dalam kegiatan
No. | Nama Peserta didik | Jujur | Tanggung jawab | Santun | Jumlah Skor | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | |||
1. | ||||||||||||||
2. | ||||||||||||||
3. | ||||||||||||||
4. | ||||||||||||||
5. | ||||||||||||||
6. | ||||||||||||||
7. | ||||||||||||||
8. | ||||||||||||||
Penilaian sikap untuk setiap peserta didik dapat menggunakan rumus berikut
Dengan predikat:
PREDIKAT | NILAI |
Sangat Baik ( SB) | 80 ≤ AB ≤ 100 |
Baik (B) | 70 ≤ B ≤ 79 |
Cukup (C) | 60 ≤ C ≤ 69 |
Kurang (K) | <60 |
- Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri
Nama Peserta Didik : …………………………………………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………
Hari, tanggal : ……………………………………………
Kompetensi Dasar :
………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………….
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.
No | Pernyataan | YA |
TIDAK |
1 | Selama melakukan tugas kelompok saya bekerjasama dengan teman satu kelompok | ||
2 | Saya mencatat data dengan teliti dan sesuai dengan fakta | ||
3 | Saya melakukan tugas sesuai dengan jadwal yang telah dirancang | ||
4 | Saya membuat tugas terlebih dahulu dengan membaca literature yang mendukung tugas | ||
5 | ………………………………………. |
……………….., ……………………………………………
…………………………………………………………………
- Penilaian Sikap melalui Penilaian antar Peserta Didik
Penilaian antar Peserta Didik
Nama Peserta Didik : …………………………………………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………
Hari, tanggal : ……………………………………………
Kompetensi Dasar :
………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………….
Petunjuk
- Amati perilaku temanmu dengan cermat selama mengikuti pembelajaran.
- Berikan tanda v pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatannu.
- Serahkan hasil pengamatanmu kepada gurumu.
No | Perilaku | Dilakukan/muncul | |
YA | TIDAK | ||
1 | Mau menerima pendapat teman | ||
2 | mengambil keputusan secara cepat dan bisa dipertanggungjawabkan | ||
3 | Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan | ||
4 | Mengungkapkan informasi disertai dengan sumber rujukan | ||
5 | ……………………………….. |
Keterangan:
- Perilaku/sikap pada instrumen di atas ada yang positif (no 1.2dan 4) dan ada yang negatif (no 2) Pemberian skor untuk perilaku positif = 2, Tidak = 1. Untuk yang negatif Ya = 1 dan Tidak = 2
- Selanjutnya guru dapat membuat rekapitulasi hasil penilaian menggunakan format berikut.
Banjar, ………………………………..
Penilai,
……………………………………………………………………
REKAP PENILAIAN SIKAP
No | Nama | Skor perilaku/sikap | Jumlah | Nilai | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||
1 | ||||||||
2 | ||||||||
3 | ||||||||
4 | ||||||||
5 | ||||||||
6 | ||||||||
7 | ||||||||
8 |
Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus:
- Penilaian Sikap melalui Jurnal
Jurnal | |
Aspek yang diamati: ………………………………………………….. Kejadian : ……………………………………………………. …………………………………………………………….. Tanggal : ……………………………………………………. |
Nama Peserta Didik: …………………………………………………. Nomor peserta Didik: …………………………………………………. |
Catatan Pengamatan Guru: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….. Jakarta, ………………………………………… Guru Mata Pelajaran .................................... |
- Instrumen Penilaian Pengetahuan
- Tes Tertulis
- Berdasarkan teks laporan hasil observasi yang diberikan, identifikasikanlah dan jelaskan struktur teks laporan hasil observasi dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)!
- Berdasarkan teks laporan hasil observasi, identifikasi dan jelaskanlah ciri-ciri bahasa teks laporan hasil observasi dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)!
1) | Struktur Teks | Kalimat | |
Definisi umum | |||
Deskripsi bagian | |||
Deskripsi manfaat |
2) | Ciri-ciri Teks | Kalimat | |
Penggunaan kata sifat | |||
Penggunaan kata kerja aksi | |||
Penggunaan istilah-istilah teknis |
Pedoman Penskoran
No. | Aspek dan Kriteria | Skor |
1. | Kelengkapan a. Struktur dan ciri-ciri teks observasi lengkap b. Struktur dan ciri-ciri teks observasi kurang lengkap c. Struktur dan ciri-ciri teks observasi tidak lengkap |
3 2 1 |
2. | Kesesuaian a. Data (kalimat) mendukung atau sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks observasi dimaksud b. Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks observasi dimaksud c. Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks observasi dimaksud |
3 2 1 |
- Tes Unjuk Kerja
- Berdasarkan teks laporan hasil observasi, tentukan makna kata atau istilah yang digarisbawahi pada teks laporan tersebut!
- Berdasarkan teks laporan hasil observasi, tentukan makna teks laporan tersebut disertai dengan data yang mendukung!
Mengetahui Jakarta, Agustus 2014
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
No comments:
Post a Comment