Satuan Pendidikan : SMN 160 Jakarta
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Pemanasan Global
Alokasi Waktu : 3 x 40’ (1 pertemuan)
- KOMPETENSI INTI
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
- Memahami pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
- Mencoba, mengolah, danmenyajidalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi,dan membuat)dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
- KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
- Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,kehidupan dalam ekosistem, dan peranan dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
3.10 Mendeskripsikan tentang penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem.
Indikator:
- Menjelaskan konsep pemanasan global berdasarkan gejala alam yang terjadi dalam kehidupan sehari hari.
- Mengemukakan fakta adanya peristiwa pemanasan global
- Mengidentifikasi penyebab terjadinya pemanasan global.
Indikator :
Peserta didik memiliki keterampilan berbicara di muka kelas melalui kegiatan presentasi hasil proyek “Bagaimana Pemanasan global Mempengaruhi Ekosistem?”
- TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat menjelaskan konsep pemanasan global melalui gambar/video yang ditayangkan
- Siswa dapat mengemukakan 3 fakta pemanasan global dari pengamatan gejala alam yang ditemui dalam kehidupan sehari- hari. (berdasarkan hasil pengamatan video pembelajaran)
- Siswa dapat mengidentifikasi 3 penyebab terjadinya pemanasan global melalui tayangan video
- Siswa dapat mengemukakan 3 usaha untuk mengurangi laju pemanasan global melalui tayangan video
- Siswa memiliki keterampilan berbicara di muka kelas melalui kegiatan presentasi hasil proyek “Bagaimana Pemanasan global Mempengaruhi Ekosistem?”
- MATERI PEMBELAJARAN
Pemanasan global adalah indikasi naiknya suhu muka bumi secara global (meluas dalam radius ribuan kilometer) terhadap normal/rata-rata catatan pada kurun waktu standard (ukuran Badan Meteorologi Dunia/ WMO: minimal 30 tahun). Perubahan iklim global adalah perubahan unsur-unsur iklim (suhu, tekanan, kelembaban, hujan, angin, dsb) secara global terhadap normalnya. Iklim adalah rata-rata kondisi fisis udara (cuaca) pada kurun waktu tertentu (harian, mingguan, bulanan, musiman, dan tahunan yang diperlihatkan dari ukuran catatan unsur-unsurnya (suhu, tekanan, kelembaban, hujan, angin, dsbnya).
Atmosfer bumi terdiri atas bermacam-macam gas dengan fungsi yang berbeda-beda. Kelompok gas yang menjaga suhu permukaan bumi agar tetap hangat dikenal dengan istilah “gas rumah kaca”. Disebut gas rumah kaca karena sistem kerja gas-gas tersebut di atmosfer
bumi mirip dengan cara kerja rumah kaca yang berfungsi menahan panas matahari di dalamnya agar suhu di dalam rumah kaca tetap hangat. Dengan begitu tanaman di dalamnya pun akan dapat tumbuh dengan baik karena memiliki panas matahari yang cukup.Kontributor terbesar pemanasan global saat ini adalah karbon dioksida CO2, metana (CH4), Nitrogen Oksida (NO) dari pupuk, dan gas-gas yang digunakan untuk kulkas dan pendingin ruangan (CFC). Setiap gas rumah kaca memiliki efek pemanasan global yang berbeda-beda. Beberapa gas menghasilkan efek pemanasan lebih parah dari CO2. Sebagai contoh sebuah molekul metan menghasilkan efek pemanasan 23 kali dari molekul CO2. Molekul NO menghasilkan efek pemanasan sampai 300 kali dari molekul CO2. Gas-gas lain seperti chlorofluorocarbons (CFC) ada yang menghasilkan efek pemanasan hingga ribuan kali dari CO2.
Mekanisme dan Dampak Pemanasan Global
- PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
- Pendekatan : Scientific
- Metode : diskusi
- Model : Problem based Learning
- MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
- Media
- Sumber Belajar
Buku-buku, majalah, artikel dan sumber lain yang berhubungan dengan pemanasan global.
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Langkah langkah PBL | Deskripsi Kegiatan | Alokasi waktu |
Pendahuluan | Ø Pemusatan perhatian : guru menanyangkan/ memperlihatkan gambar beberapa fenomena alam
Ø Motivasi : jika mobil parkir ditempat panas selama 2 jam, menurut kamu bagaimanakah kondisi didalam mobil tersebut? Ø Guru memberikan informasi tujuan dan manfaat mempelajari pemanasan global |
10 m | |
Kegiatan inti | Orientasi siswa pada masalah | mengamati
Ø Guru menayangkan video tentang pemanasan global menanya Ø Siswa diminta untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan tayangan video tersebut. |
55 |
Mengorganisasikan siswa dalam belajar | Ø Siswa dikelompokkan dalam beberapa kelompok heterogen
Ø Guru membagikan LKS (tentang pemanasan Global) |
||
Membimbing siswa secara mandiri maupun kelompok | mencoba
Ø Siswa berdiskusi dalam kelompok mencari solusi terkait dengan masalah yang telah diidentifikasi dan mengisikannya dalam LKS mengasosiasi Ø Guru memfasilitasi dan membimbing kelompok belajar berdiskusi untuk menjawab permasalahan pemanasan global |
||
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | mengkomunikasikan
Ø Siswa menjawab pertanyaan pada LKS dan menyajikan dalam laporan tertulis Ø Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas. |
||
Penutup | Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah | Ø Siswa dibimbing guru melakukan analisis terhadap pemecahan pemecahan masalah yang telah ditemukan siswa
Ø Guru bersama siswa mengambil kesimpulan Ø Kelompok siswa yang berhasil memecahkan masalah diberi penghargaan (reward) Ø Guru melakukan evaluasi belajar mengenai meteri yang telah dipelajari siswa Ø Guru memberikan tugas rtumah untuk pelajaran berikutnya |
15 |
- PENILAIAN
- Jenis / Tehnik Penilaian dan Bentuk Instrumen
Jenis Penilaian | Tehnik Penilaian | Bentuk Instrumen |
· Sikap
· Pengetahuan |
· observasi
· Tes Tertulis |
· Lembar penilaian sikap
· Tes uraian |
- Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran
- Sikap
No | Nama | Skor Aspek | Jumlah Skor | Nilai Akhir | ||
A | B | C | ||||
Rubrik :
Aspek | Indikator | Skor |
A. Mengajukan pertanyaan | 4 – 5 kali | 3 |
2 – 3 kali | 2 | |
1 kali | 1 | |
B. Menjawab pertanyaan | 4 – 5 kali | 3 |
2 – 3 kali | 2 | |
1 kali | 1 | |
C. Mengemukakan Ide | 4 – 5 kali | 3 |
2 – 3 kali | 2 | |
1 kali | 1 |
Soal uraian
- Jelaskanlah pengertian pemanasan global?
- tuliskankanlah 3 contoh gejala alam yang menunjukkan adanya pemanasan global
- tulislah 3 faktor penyebab terjadinya peristiwa gejala alam
- jelaskanlah 3 usaha manusia untuk mengurangi laju pemanasan global
- Pemanasan Global : Merupakan proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi
- Gejala alam yang menunjukan adanya pemanasan global
- Es dikutup mencair
- Naiknya permukaan air laut
- Suhu sekitar semakin panas
- Penyebab terjadinya pemanasan global
- Efek rumah kaca
- CO2 hasil pembakaran bahan bakar fosil
- Penebangan hutan.
- Penggunaan CFC
- Usaha penanggulangan pemanasan global
- Mengganti bahan bakar fosil dengan bahan bakar yang berasal dari makhluk hidup
- Menggalakan program penanaman pohon (go green).
- Membuat UU tentang lingkungan hidup.
No comments:
Post a Comment