.mobile .content-outer, .mobile .main-outer , .mobile .post-outer { margin: 0pt auto; }

Monday, June 11, 2018

RPP PAI K13 SMP KELAS 7 Materi: Selamat Datang Nabi Kekasih Ku

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )


Satuan Pendidikan      :  Direktorat PAI pada SMP
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok              : Selamat Datang Nabi Kekasih Ku
Alokasi Waktu            : 2  pertemuan ( 6  x 40  menit)


  1. KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
NO. KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
  1   2.8   2.1       Meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah   2.1.1.Menjelaskan pengertian cara
meneladani perjuangan Nabi
Muhammad SAW periode Mekah
dan Madinah
2.1.2.Mendemontrasikan cara
meneladani perjuangan Nabi
Muhammad SAW periode
Mekah dan Madinah





  1. TUJUAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan Pertama:
  1. Diberikan kesempatan untuk mengkaji tentang sejarah perjuangan nabi muhammad sejak kecil sampai remaja di Mekkkah.
  2. Diberikan kesempatan untuk berdiskusi tentang sejarah perjuangan nabi muhammad sejak kecil sampai remaja di Mekkah.
  3. Diberikan kesempatan berlatih mengamati, bertanya, mengumpulkan data dan mengkomunikasikan materi  yang telah dipelajari.



Pertemuan Kedua:
  1. Diberikan  kesempatan    untuk     mengkaji    tentang sejarah  perjuangan   nabi
muhammad sejak remaja sampai diangkat menjadi rasu di Mekkah dan Medinah
  1. Diberikan kesempatan untuk berdiskusi tentang sejarah perjuangan nabi muhammad sejak remaja sampai diangkat menjadi rasul di Mekkah  dan Medinah




  1. MATERI PEMBELAJARAN:
Pertemuan Pertama:
  1. Kehadiran sang kekasih
Nabi Muhammad saw. lahir pada hari Senin, 12 Rabi’ul Awwal bertepatan dengan tanggal 20 April 571 Masehi.
Nabi Muhammad saw. lahir dalam keadaan yatim. Ayahnya, Abdullah bin Abdul Muthalib wafat saat Nabi Muhammad saw. masih berusia 6 bulan di dalam kandungan ibunya, Siti Aminah. Saat bayi, Nabi Muhammad saw. diasuh oleh Halimah Sa‘diyah dari Bani Saad, Kabilah Hawazin. Di perkampungan bani Saad inilah Nabi diasuh dan dibesarkan sampai usia 5 tahun.
Saat Nabi     Muhammad saw. Memasuki  usia 6 tahun, ibunya wafat. Ia pun diasuh oleh kakeknya, Abdul Muthalib. Kakeknya adalah seorang pemuka Quraisy yang sangat disegani. Nabi Muhammad saw. mendapatkan kasih sayang dan perhatian yang sangat besar dari sang kakek. Sayang, hanya dua tahun Nabi diasuh kakeknya. Abdul Muthalib meninggal saat Nabi Muhammad saw. berusia 8 tahun. Selanjutnya, Nabi Muhammad saw. diasuh oleh pamannya, Abu Thalib sampai menginjak remaja.

  1. Identifikasi sejarah perjuangan nabi muhammmad sejak kecil sampai dengan remaja di mekkkah dan medinah.








Pertemuan Kedua:
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  Ketika kafilah dagang mereka sampai di kota Basra di wilayah Syria Besar, seorang pendeta terkenal di masa itu, Buhairah, menghampiri Abu Thalib dan mengatakan, “Aku mengenali anak muda ini sebagai sosok yang kelak akan dinobatkan sebagai rahmat bagi semesta alam. Hal ini telah tertulis jelas dalam kitab-kitab kami.” Buhairah selanjutnya menyarankan kepada Abu Thalib, “Lindungi anak muda ini dari orang-orang Yahudi, lebih baik bawa ia kembali ke Mekah.” Abu Thalib pun menuruti saran pendeta tersebut.

  1. Dengan turunnya wahyu yang kedua, yaitu surah al-Muda£ir/74: 1-7, Rasulullah saw. mulai berdakwah secara sembunyi-sembunyi. Nabi mengajak orang-orang yang terdekat dengannya. Tujuannya, agar mereka lebih dulu percaya kepada seruannya dan mengikutinya. Tempat yang beliau pilih untuk berdakwah adalah rumah Al-Arq±m bin Abil Arq±m Al Akhzμm³. Orang-orang yang pertama kali memeluk Islam atau yang dikenal as-S±biqμn al-Awwalμn, Mereka adalah Siti Khadijah, Abu Bakar, Ali bin Abi Thalib, Zaid bin Harisah, dan Ummu Aiman.

  1. METODE PEMBELAJARAN:
  2. Pendekatan Scientific
  3. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Direct Instruction
  4. Metode diskusi, drill, dan sosiodrama

  1. SUMBER BELAJAR
  2. Buku teks Siswa PAI SMP Kelas VII
  3. Buku lain yang memadai.








  1. MEDIA PEMBELAJARAN
  2. Media
    1. Video Pembelajaran sejarah nabi Muhammmad saw
    2. CD Pembelajaran

  1. Alat
    1. Komputer
    2. LCD Projector

  1. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. PERTEMUAN PERTAMA

  1. Pendahuluan (  10 menit )
  1. Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
  2. Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/aya tpilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
  3. Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
  4. Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan  materi pelajaran.
  5. Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
  6. Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.





  1. Kegiatan inti ( 100 menit)
  1. Mengamati
  • Tayangan film sejarah nabi Muhammad Saw
  • Mengamati LCD Tentang Sejarah  Peerjuangan  Nabi  Muhammmad  sejak kecil  sampai  dengan  remaja   dan diangkat jadi rasul di Mekah Medinah.
  • Mencatat hasil      pengamatan  terhadap   hal- hal  penting dari   tayangan LCD

  1. Menanya
  • Melalui motivasi  dari   guru   mengajukan    pertanyaan     kepada    teman kelompok dan guru   tentang    hal- hal    yang belum jelas dari pengamatan terhadap tayangan LCD  film sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw .

  1. Explore
  • Peserta didik membaca buku teks siswa Pendidikan Agama islam dan Budi Pekerti Kelas VII semester 1  Bab VI.
  • Mendeskripsikan perjuangan     rasul     setelah  remaja dan menjadi rasul membaca satu persatu yang diamati oleh anggota   kelompok  dan memberi penilaian, secara bergilir
  • Meperagakan prilaku rasul yang harus dijadikan suritauladan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Asosiasi
  • Anggota yang lain mengamati dan mendiskusikan untuk memberi penilaian
  • Memilih diantara anggota kelompok yang paling benar dalam persentasi hasil diskusinya.
  • Memilih diantara   temannya  untuk     menjadi    Presenter, sekretaris   dan pengamat
  1. Komunikasi.
  • Mempresentasikan hasil diskusi sejarah  nabi muhammad sejak kecil sampai remajadi kota mekkah.
  • Kelompok lain   mengamati dan  memberi penilaian hasil presentasi Praktek kelompok
  • Sekretaris menginvenaris hasil penilaian masing –masing kelompok
  • Selama pembelajaran  berlangsung  guru   mengadakan    penilaian     proses dengan rubrik observasi dan   memberi   penguat  dari hasil presentasi.  Guru
Guru memberi penghargaan pada kelompok yang hasil presentasinya terbagus
  1. Penutup
  1. Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
  2. Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  3. Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
    • Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi hukum bacaan mad.
    • Kelompok yang paling baik m,ergakan prilaku rasull.
  4. Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
  5. Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
PERTEMUAN KEDUA:

  1. Pendahuluan (    10    menit )
  1. Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
  2. Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
  3. Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk pesrta didik.
  4. Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan  materi pelajaran.
  5. Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
  6. Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berpasangan (dalam jenis kelamin yang sama).

  1. Kegiatan inti ( 100     menit)
    1. Mengamati
  • Mengamati tayangan rasul dalam mendawahkan Islam
  • Secara bergantian peserta didik mendeskripsikan hasil-hasil pengamatan
    1. Menanya
  • Dibawah bimbingan guru, peserta didik menjelaskan perjuangan rasul setelah diangkat menjadi rasul dan menerima wahyu dari Allah Swt.




  1. Eksplore dan asosiasi
Game “Maching Card”, dengan cara:
  • Dengan bimbingan guru, peserta didik mengkondisikan kelas untuk game.
  • Guru membagikan secara acak kartu yang telah dipersiapkan yang berisi Sejarah ketika nabi masih kanak-kanak
  • (Game Pertama) Dengan aba-aba guru, peserta didik diminta untuk mencari pasangan jawaban yang cocok dalam lembaran kerja siswa untuk menjawab pertanyaan tetntang sejarah nabi ketika remaja.
  • (Game Ketiga) Peserta didik diminta mempresentasikan sejarah perjungan nabi muhammmmad ketika kecil sampai dengan remaja.

  1. komunikasi
  • Secara berpasangan peserta didik mendemontrasikan sejarah perjungan nabi muhammmmad ketika kecil sampai dengan remaja ketika dimekkah
  • Siswa memdemontrasikan perjungan nabi setelah dewasa dimedinah.


  1. Penutup
  1. Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran.
  2. Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  3. Guru memberikan reward kepada “pasangan terbaik” dalam menpresentasikan dan mendemontrasikan perjuangan nabi dari sejak kecil samapai beliau menjadi rasul.
  4. Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
  5. Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.




  1. PENILAIAN

  1. Sikap spiritual
    1. Teknik Penilaian : Penilaian diri
    2. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian diri
    3. Kisi-kisi :
No. Sikap/nilai Butir Instrumen

Meyakini  bahwa nabi muhammmad adalah manusia pilihan Alllah untuk semua umat

Meyakini bahwa nabi muhammmad adalah surituladan dalam perjungannya menegakan agama Islam

Meyakini bahwa umat Islam  wajib mentaati belau dalam segala hal

Meyakini bahwa perbuatan nabi perlu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari

Meyakini bahwa Allah swt memuliakan orang-orang yang beriman yang bertaqwa kepada Alllah swt

  1. Sikap sosial
    1. Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
    2. Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
    3. Kisi-kisi:
No. Sikap/nilai Butir Instrumen

Suka mengamalkan prilaku rasululllah dalam memperjuangkan agama Alllah.

Ber akhlakul karimah sebagai bentuk menteladani Rasululllah

Tidak pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran.

Tidak menyombongkan diri karena telah meneladani rasululllah

Diamalkan dalam kehidupan sehari-hari

  1. Pengetahuan
  2. Teknik Penilaian :Tes Tulis
  3. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian tes tulisan
  4. Kisi-kisi :
No. Indikator Butir Instrumen

Dapat menjelaskan pengertian sejarah perjuangan nabi sejak kecil sampai remaja di kota mekkah 1`. Jelaskanlah dengan singkat sejarah perjuangan rasul sejak kecil sampai dengan remaja

Dapat meleladani prilaku rasulullah dalam memperjuangkan agama islam 2. Buatlah deskripsi bentuk-bentuk  yang perlu diteladani dari rasulullah dalam memperjuangkan agama islam

Dapat menerapkan prilaku rasul dalam kehidupan sehari-hari 3. Tuliskanlah prilaku rasul yang telah kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Keterampilan
    1. Teknik Penilaian : Performance
    2. Bentuk Instrumen : Praktik
    3. Kisi-kisi:
No. Keterampilan Butir Instrumen

Dapat medeskripsikan prilaku rasul dalam memperjuangan agama Islam sejak masa kecil dan remaja 1. Deskripsikanlah perjuangan dawah agama Islam sejak kecil sampai remaja melalui bermain peran antar anggota kelompok.

Dapat Pergakanlah suritauladan rasul sebagai anutan umat bagi seluruh umat manusia dalam kehidupan sehari-hari 2. Peragkanlah dalam kelompok, peran rasulullah  sebagai anutan umat bagi seluruh umat manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Instrumen: Terlampir

Jakarta, 18   Juli  2013
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah                                                                       Pendidikan Agama Islam
________________                                                    ______________________
NIP. …                                                                                    NIP. …

No comments:

Post a Comment