.mobile .content-outer, .mobile .main-outer , .mobile .post-outer { margin: 0pt auto; }

Wednesday, June 13, 2018

RPP BAHASA INDONESIA MENELAAH TEKS OBSERVASI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
(KD 3.4)

Satuan Pendidikan           : SMPN 160 Jakarta
Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester                : VII/ Semester Genap
Materi Pokok                    : Teks Observasi
Alokasi Waktu                  : 1×6 JP


  1. Kompetensi Inti
  2. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  3. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  4. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  5. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No. Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
1. 1.3  Menghargai dan
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
1.3.1 Terbiasa menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
2. 2.1 Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
2.1.1 Terbiasa berperilaku jujur dalam   menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi.
2.1.2 Terbiasa berperilaku tanggung jawab dalam   menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi.
2.1.3 Terbiasa berperilaku jujur santun dalam   menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi.
3. 3.4  Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan. 3.4.1   Mampu menentukan kekurangan teks observasi berdasarkan kaidah-kaidah teks yang baik dari struktur teks.
3.4.2   Mampu menentukan kelebihan teks observasi berdasarkan kaidah-kaidah teks yang baik dari ciri/fitur bahasa.
4. 4.3 Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi,  dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan 4.3.1 Mampu mengoreksi  teks observasi yang ditulis  oleh kelompok lain dari segi struktur teks dan ciri/fitur bahasa berdasarkan kaidah penulisan teks observasi.
4.3.2  Mampu  merevisi  teks observasi  yang ditulis oleh kelompok lain dari segi struktur teks dan ciri/fitur bahasa berdasarkan kaidah penulisan teks observasi.

  1. Materi Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Kekurangan dan kelebihan teks berdasarkan kaidah penulisan teks observasi
Pertemuan Ke-2
Aspek penelahaan teks hasil observasi
  • Menelaah judul teks hasil observasi
  • Menelaah klasifikasi umum teks hasil observasi
  • Menelaah deskripsi teks hasil observasi
  • Menelaah bahasa teks hasil observasi: diksi, struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
  • Merevisi isi dan bahasa teks hasil observasi





  1. Media, Alat dan Sumber
  2. Media Pembelajaran
CD  tayangan berita(reportase)/rekaman berita
Power point pembelajaran

  1. Alat dan Bahan
Contoh teks observasi dari media massa
Teks observasi karya kelompok lain
Teks observasi dari media internet
Teks observasi dari media cetak

  1. Sumber Belajar
Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta:Balai Bahasa.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia:Wahana Pengetahuan: Buku Guru.Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia:Wahana Pengetahuan: Buku Siswa. Kelas VII Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.hlm
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2010. Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.  Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.

  1. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
  1. Pendahuluan (  10 menit)

  1. Perserta didik menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas.
  2. Perserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan yang dimilikinya melalui tugas pada pertemuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
  3. Perserta didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang teks observasi dengan menanyakan teks observasi yang pernah mereka baca.
  4. Perserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran.
  5. Perserta didik menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran
  6. Guru memotivasi peserta didik untuk mampu mencapai ketuntasan belajar, baik dalam aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.

  1. Kegiatan Inti (100 menit)
  • Mengamati :
  • Peserta didik mencermati tayangan/ rekaman reportasi(penyiaran berita) yang berkaitan dengan hasil observasi untuk  memberikan rangsangan  berkaitan dengan  hasil observasi.
  • Peserta didik mengamati  teks laporan hasil observasi

  • Menanya/Mengidentifikasi Masalah
  • Peserta didik bertanya jawab untuk mengungkapkan hal yang berkaitan dengan penayangan/rekaman (struktur dan ciri-ciri bahasa)
  • Peserta didik mengidentifikasi masalah yang ditemukan dalam teks yang dibaca.
  • Siswa merumuskan masalah yang ditemukan pada kedua teks tersebut di atas dikaitkan dengan kaidah struktur teks hasil observasi

  • Mengumpulkan Hasil Temuan

  • Peserta didik mengumpulkan hasil temuannya  ( kelebihan dan kekurangan) dari  teks observasi yang ditulis kelompok lain..
  • Peserta didik mencari sumber lain baik dari buku ataupun internet tentang kaidah penulisan teks hasil observasi yang baik.

  • Data processing (pengolahan Data)
  • Secara berkelompok peserta didik mengolah hasil temuannya tentang kekurangan teks observasi (yang ditulis kelompok lain) sebagai jawaban atas pertanyaan yang dibuatnya berdasarkan kaidah penulisan yang baik dan benar baik dari segi  struktur teks  maupun ciri bahasanya.

  • Verification (pembuktian)
  • Guru memfasilitasi siswa untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok  untuk membuktikan hasil  temuannya berkaitan dengan kekurangan teks observasi yang ditulis temannya  disertai bukti pendukung.
  • Kelompok lain menanggapi hasil kerja kelompok yang tampil dengan bimbingan guru.

  • Mengasosiasikan
  • Peserta didik mendiskusikan kelebihan teks observasi (yang dtulis oleh kelompok lain) sesuai hasil temuannya.
  • Peserta didik mendiskusikan kekurangan teks observasi yang ditemukan.

  1. Penutup
1)  Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran  tentang kekurangan dan kelebihan teks observasi
2)  Guru memberikan umpan balik/refleksi tentang kekurangan dan kelebihan teks observasi.
3)  Guru memberikan tugas untuk pengayaan dan remidi yang berkaitan dengan identifikasi kekurangan dan kelebihan teks observasi.
                 Pertemuan Kedua                
  1. Pendahuluan (  10 menit)
    • Perserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas.
    • Perserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan yang dimilikinya melalui tugas pada pertemuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
  • Perserta didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang teks observasi dengan menanyakan teks observasi yang pernah mereka baca.
  • Perserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran.
  • Perserta didik menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran
  • Guru memotivasi peserta didik untuk mampu mencapai ketuntasan belajar, baik dalam aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.

  1. Kegiatan Inti (100 menit)
  • Mengamati :
(Berkelompok)
  • Peserta didik dengan dipandu guru , membaca dengan cermat teks
Observasi yang ditulis kelompok lain.
  • Menanya
  • Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan cara
Cara menelaah teks observasi.

  • Mengeksplorasikan
  • Secara berkelompok, peserta didik membaca dengan cermat teks observasi yang sudah dikoreksi kekurangan dan kelebihannya pada pertemuan sebelumnnya baik dari segi struktur juga fitur bahasa untuk ditelaah dan direvisi/diperbaiki menjadi teks observasi yang sesuai kaidah penulisan yang baik dan benar.
  • Peserta didik membubuhkan tanda koreksi dari struktur, bahasa dan penulisan yang terdapat pada teks observasi.
  • Peserta didik merevisi setiap kekurangan/kesalahan yang ditemukan dan sudah ditandai sehingga menjadi teks observasi yang sesuai dengan kaidah penulisan teks observasi yang baik dan benar.

  • Mengomunikasikan
  • Peserta didik mempresentasikan hasil penelaahan dan revisi/perbaikan teks observasi yang telah ditulisnya   dengan kalimat lugas.
  • Peserta didik menerima masukan teman untuk perbaikan hasil telaah dan revisi teks observasi yang ditulisnya.
  • Secara individu, peserta didik menulis kembali teks observasi  yang telah direvisi menjadi teks observasi sesuai kaidah penulisan teks observasi yang baik dan benar.

  1.    Penutup
1)  Guru dan peserta didik menyimpulkan pembelajaran tentang menelaah dan merevisi teks observasi.
2)  Guru bersama peserta didik melakukan refleksi terkait pembelajaran menelaah dan merevisi teks observasi.
3)  Guru memberikan tugas untuk pengayaan dan remidi.





  1. Penilaian
  2. Sikap Spiritual dan Sosial
  3. Teknik Penilaian : Observasi
  4. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi


Lembar Pengamatan/Observasi
Berikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama   kegiatan
  1. jika  tidak pernah berperilaku  dalam kegiatan
  2. jika kadang-kadang  berperilaku dalam kegiatan
  3. jika  sering berperilaku  dalam kegiatan
  4. jika selalu  berperilaku  dalam kegiatan
No. Nama Peserta didik Jujur Tanggung jawab Santun Jumlah Skor
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.

Penilaian  sikap untuk setiap peserta didik dapat  menggunakan rumus berikut




Dengan predikat:
PREDIKAT NILAI
Sangat  Baik ( SB)  80 ≤ AB ≤ 100
Baik (B) 70 ≤ B ≤ 79
Cukup (C)  60 ≤ C  ≤ 69
Kurang (K) <60





  
  1. Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri
Format Penilaian Diri dalam Pembelajaran
     Nama Peserta Didik         :  …………………………………………………………………………..
     Kelas/Semester                 :  ……………………………………………
     Hari, tanggal                     :  ……………………………………………
     Kompetensi Dasar            :
     ………………………………………………………………………………………………………………………………….
     ………………………………………………………………………………………………………………………………….
     ………………………………………………………………………………………………………………………………….
    
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.
No Pernyataan YA
TIDAK
1 Selama   melakukan tugas kelompok saya bekerjasama dengan teman satu kelompok
2 Saya  mencatat data dengan teliti dan sesuai dengan fakta
3 Saya melakukan tugas sesuai dengan jadwal yang telah dirancang
4 Saya membuat tugas terlebih dahulu dengan membaca literature yang mendukung tugas
5 ……………………………………….

Banjar,              September 2014


Emmie Apriani, S.Pd.









  1. Penilaian Sikap melalui Penilaian antar Peserta Didik

Penilaian antar Peserta Didik
     Nama Peserta Didik         :  …………………………………………………………………………..
     Kelas/Semester                 :  ……………………………………………
     Hari, tanggal                     :  ……………………………………………
     Kompetensi Dasar            :
     ………………………………………………………………………………………………………………………………….
     ………………………………………………………………………………………………………………………………….
     ………………………………………………………………………………………………………………………………….
    Petunjuk
  1. Amati perilaku temanmu dengan cermat selama mengikuti pembelajaran.
  2. Berikan tanda v pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatannu.
  3. Serahkan hasil pengamatanmu kepada gurumu.
No Perilaku Dilakukan/muncul
YA TIDAK
1 Mau menerima pendapat teman
2 mengambil keputusan secara cepat dan bisa  dipertanggungjawabkan
3 Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan
4 Mengungkapkan informasi disertai dengan sumber rujukan
5 ………………………………..

Keterangan:
  1. Perilaku/sikap pada instrumen di atas ada yang positif (no 1.2dan 4)  dan ada yang negatif (no 2) Pemberian skor untuk perilaku positif = 2, Tidak = 1. Untuk yang negatif  Ya = 1  dan Tidak = 2
  2. Selanjutnya guru dapat membuat rekapitulasi  hasil penilaian menggunakan format berikut.


Banjar,             September 2014
Guru Mata Pelajaran,

Emmie Apriani, S.Pd.


REKAP PENILAIAN SIKAP
No Nama Skor perilaku/sikap Jumlah Nilai
1 2 3 4 5
1  
2
3
4
5
6
7
8
Nilai  peserta didik dapat menggunakan rumus:
  1. Penilaian Sikap melalui Jurnal
Jurnal

Jurnal
Aspek yang diamati: …………………………………………………..
Kejadian                : …………………………………………………….
……………………………………………………………..
Tanggal                     : …………………………………………………….
Nama Peserta Didik: ………………………………………………….
Nomor peserta Didik: ………………………………………………….
Catatan Pengamatan Guru:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………                                                                          Banjar, …………………………………………
Pengajar,
…………………………………………………….

  1. Instrumen Penilaian Pengetahuan
Indikator :
  • Peserta didik dapat menentukan kekurangan dari struktur isi secara jujur, percaya diri dengan  menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Peserta didik dapat menentukan kekurangan dilihat dari fitur bahasanya secara jujur, percaya diri dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Jenis Tes Tertulis
Uraian
  • Bacalah dengan cermat teks hasil observasi berikut!
  • Berikan tanggapan kamu tentang kekurangan/kelebihan dari kaidah penulisan  teks observasi di bawah ini!
  • Apakah struktur teks hasil observasi sudah tepat?
Jika “Ya”  Jelaskan disertai bukti pendukung
Jika “tidak” Jelaskan disertai bukti pendukung!
  • Apakah fitur/Ciri Bahasa yang digunakan pada teks hasil observasi di bawah ini sudah baik dan benar?
Jika “Ya”  Jelaskan disertai bukti pendukung!
Jika “tidak” Jelaskan disertai bukti pendukung!

Pemukiman Kumuh di Sekitar TPA Bantar Gebang

1)    Bantar Gebang merupakan daya tarik tersendiri bagi penduduk daerah lain.
2) Gejala ini juga diikuti oleh peningkatan jumlah pendatang yang mendirikan rumah liar di sekitar TPA. 3) Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya perusahaan-perusahaan yang dapat menyerap banyak tenaga kerja. 4) Mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan memiliki bertempat tinggal di sekitar permukiman kumuh untuk mendapatkan penghasilan.
1)     Banyak sekali para pemulung yang bermukim di sekitart TPA Bantar Gebang.
2) Tempat tinggal dana beberapa rumah petak di salah satu bagian kecil di Bantar Gebang sangat jauh dari standar kebersihan. 3) Tumpukan sampah plastik yang membentuk sebuah kolam besar menempati sebagian lahan di depaqn rumah oetak mereka. 4)  Berdasarkan survei, MCK penduduk masih jauh dari kriteria sehat karena jarak sumur sebagai sumber air dan kakus cukup dekat. 5) Air yang mengalir juga sangat sedikit dan rasanya asin.
1)                  Makanan bersih, rumah laayak, atau pakaian lumayan, semua bagai angan-angan yang sulit jadi kenyataan. 2) Hal itu ditandai dengaan banyaaknya keluhan penyakit yang dialami penduduk. 3) Keadaan ini memperparah kondisi lingkungan TPA. 4) Kemiskinan dan kurangnya pengetahuan, membuat masyarakat ini tidak sempat memperhatikan kesehatannya.
1)    Mengapa mereka memeilih bertempat tinggal di sekitar permukiman kumuh?
2) Sebagian besar yang menghuni di tempat itu ternyata berfrofesi sebagai pemulung. 3) Oleh karena itu, masyarakat di sekitar TPA rata-rata mencari penghasilan kerjanya di TPA Bantar Gebang. 4) Masalah ekonomilah yang menjadi salah satu faktor utama penyebaab mereka tinggal di sekitar TPA Bantar Gebang.
Sumber: http://tayerpups.wordpress.com (dengan pengubahan)

Rubrik Penilaian
No. Uraian Skor Maksimal Skor Capaian
1. Penjelasan tentang  kekurangan/kelebihan dari kaidah penulisan  teks observasi 0-20
2. Penjelasan struktur teks hasil observasi 0-40
3. Penjelasan ciri/fitur bahasa 0-40
Jumlah 100


  1. Instrumen Penilaian Keterampilan
        Indikator:
Menelaah dan merevisi teks hasil observasi , tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks, baik secara lisan meupun tulisan.
Pada  pembelajaran pertemuan sebelumnya, kalian telah mengidentifikasi data kekurangan/kelebihan teks obervasi yang dibuat temanmu.
1.    Lakukanlah  penyuntingan naskah secara  cermat dengan memberikan  tanda-tanda khusus  pada kata yang dianggap salah (tanda disosialisasikan kepada peserta didik).
2.    Apakah teks observasi tersebut memiliki struktur definisi umum/klasifikasi umum, deskripsi bagian dan deskripsi manfaat?
a.    Jika sudah ada, tulislah bagian yang merupakan definisi umum/klasifikasi umum, deskripsi bagian dan deskripsi manfaat.
b.    Jika belum, tulislah kalimat definisi umum/klasifikasi umum, deskripsi bagian dan deskripsi manfaat.
3.     Teks yang baik harus menggunakan kata dan istilah yang tepat.
a.    Apakah pemilihan kata pada teks di atas sudah tepat? Jika belum tepat,  tentukan perbaikan yang tepat!
b.    Apakah penulisan kata pada teks sudah menerapkan EYD? Jika belum, tulislah ejaan yang benarnya!
c.    Apakah penggunaan bahasa pada teks sudah menggunakan bahasa Indonesia baku?
Jika belum, tulislah bahasa bakunya!

Rubrik Penilaian
No. Uraian Skor Maksimal Skor Capaian
1. Tanggapan/penilaian  tentang  hasil telaah teks observasi dari kaidah penulisan  teks observasi dilengkapi bukti pendukung 0-20
2. Tanggapan/penilaian tentang struktur teks hasil observasi dilengkapi bukti pendukung 0-40
3.  Tanggapan/penilaian tentang fitur/ciri bahasa pada  teks hasil observasi dilengkapi bukti pendukung 0-40
Jumlah 100

                                                                                Jakarta,        September 2014


Mengetahui,                                                           Guru Mata Pelajaran,

No comments:

Post a Comment