RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
(KD 3.4)
Satuan Pendidikan : SMPN 160 Jakarta
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : VII/ Semester Genap
Materi Pokok : Teks Observasi
Alokasi Waktu : 1×6 JP
- Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
- Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No. | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
1. | 1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis. |
1.3.1 Terbiasa menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. |
2. | 2.1 Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab dan santun
dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil
observasi |
2.1.1 Terbiasa berperilaku jujur dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi. 2.1.2 Terbiasa berperilaku tanggung jawab dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi. 2.1.3 Terbiasa berperilaku jujur santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi. |
3. | 3.4 Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan. | 3.4.1 Mampu menentukan kekurangan teks observasi berdasarkan kaidah-kaidah teks yang baik dari struktur teks. 3.4.2 Mampu menentukan kelebihan teks observasi berdasarkan kaidah-kaidah teks yang baik dari ciri/fitur bahasa. |
4. | 4.3 Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan | 4.3.1 Mampu mengoreksi teks observasi yang ditulis
oleh kelompok lain dari segi struktur teks dan ciri/fitur bahasa
berdasarkan kaidah penulisan teks observasi. 4.3.2 Mampu merevisi teks observasi yang ditulis oleh kelompok lain dari segi struktur teks dan ciri/fitur bahasa berdasarkan kaidah penulisan teks observasi. |
- Materi Pembelajaran
Kekurangan dan kelebihan teks berdasarkan kaidah penulisan teks observasi
Pertemuan Ke-2
Aspek penelahaan teks hasil observasi
- Menelaah judul teks hasil observasi
- Menelaah klasifikasi umum teks hasil observasi
- Menelaah deskripsi teks hasil observasi
- Menelaah bahasa teks hasil observasi: diksi, struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
- Merevisi isi dan bahasa teks hasil observasi
- Media, Alat dan Sumber
- Media Pembelajaran
Power point pembelajaran
- Alat dan Bahan
Teks observasi karya kelompok lain
Teks observasi dari media internet
Teks observasi dari media cetak
- Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia:Wahana Pengetahuan: Buku Guru.Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia:Wahana Pengetahuan: Buku Siswa. Kelas VII Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.hlm
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2010. Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.
- Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Pendahuluan ( 10 menit)
- Perserta didik menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas.
- Perserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan yang dimilikinya melalui tugas pada pertemuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
- Perserta didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang teks observasi dengan menanyakan teks observasi yang pernah mereka baca.
- Perserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran.
- Perserta didik menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran
- Guru memotivasi peserta didik untuk mampu mencapai ketuntasan belajar, baik dalam aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.
- Kegiatan Inti (100 menit)
- Mengamati :
- Peserta didik mencermati tayangan/ rekaman reportasi(penyiaran berita) yang berkaitan dengan hasil observasi untuk memberikan rangsangan berkaitan dengan hasil observasi.
- Peserta didik mengamati teks laporan hasil observasi
- Menanya/Mengidentifikasi Masalah
- Peserta didik bertanya jawab untuk mengungkapkan hal yang berkaitan dengan penayangan/rekaman (struktur dan ciri-ciri bahasa)
- Peserta didik mengidentifikasi masalah yang ditemukan dalam teks yang dibaca.
- Siswa merumuskan masalah yang ditemukan pada kedua teks tersebut di atas dikaitkan dengan kaidah struktur teks hasil observasi
- Mengumpulkan Hasil Temuan
- Peserta didik mengumpulkan hasil temuannya ( kelebihan dan kekurangan) dari teks observasi yang ditulis kelompok lain..
- Peserta didik mencari sumber lain baik dari buku ataupun internet tentang kaidah penulisan teks hasil observasi yang baik.
- Data processing (pengolahan Data)
- Secara berkelompok peserta didik mengolah hasil temuannya tentang kekurangan teks observasi (yang ditulis kelompok lain) sebagai jawaban atas pertanyaan yang dibuatnya berdasarkan kaidah penulisan yang baik dan benar baik dari segi struktur teks maupun ciri bahasanya.
- Verification (pembuktian)
- Guru memfasilitasi siswa untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok untuk membuktikan hasil temuannya berkaitan dengan kekurangan teks observasi yang ditulis temannya disertai bukti pendukung.
- Kelompok lain menanggapi hasil kerja kelompok yang tampil dengan bimbingan guru.
- Mengasosiasikan
- Peserta didik mendiskusikan kelebihan teks observasi (yang dtulis oleh kelompok lain) sesuai hasil temuannya.
- Peserta didik mendiskusikan kekurangan teks observasi yang ditemukan.
- Penutup
2) Guru memberikan umpan balik/refleksi tentang kekurangan dan kelebihan teks observasi.
3) Guru memberikan tugas untuk pengayaan dan remidi yang berkaitan dengan identifikasi kekurangan dan kelebihan teks observasi.
Pertemuan Kedua
- Pendahuluan ( 10 menit)
- Perserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas.
- Perserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan yang dimilikinya melalui tugas pada pertemuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
- Perserta didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang teks observasi dengan menanyakan teks observasi yang pernah mereka baca.
- Perserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran.
- Perserta didik menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran
- Guru memotivasi peserta didik untuk mampu mencapai ketuntasan belajar, baik dalam aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.
- Kegiatan Inti (100 menit)
- Mengamati :
- Peserta didik dengan dipandu guru , membaca dengan cermat teks
- Menanya
- Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan cara
- Mengeksplorasikan
- Secara berkelompok, peserta didik membaca dengan cermat teks observasi yang sudah dikoreksi kekurangan dan kelebihannya pada pertemuan sebelumnnya baik dari segi struktur juga fitur bahasa untuk ditelaah dan direvisi/diperbaiki menjadi teks observasi yang sesuai kaidah penulisan yang baik dan benar.
- Peserta didik membubuhkan tanda koreksi dari struktur, bahasa dan penulisan yang terdapat pada teks observasi.
- Peserta didik merevisi setiap kekurangan/kesalahan yang ditemukan dan sudah ditandai sehingga menjadi teks observasi yang sesuai dengan kaidah penulisan teks observasi yang baik dan benar.
- Mengomunikasikan
- Peserta didik mempresentasikan hasil penelaahan dan revisi/perbaikan teks observasi yang telah ditulisnya dengan kalimat lugas.
- Peserta didik menerima masukan teman untuk perbaikan hasil telaah dan revisi teks observasi yang ditulisnya.
- Secara individu, peserta didik menulis kembali teks observasi yang telah direvisi menjadi teks observasi sesuai kaidah penulisan teks observasi yang baik dan benar.
- Penutup
2) Guru bersama peserta didik melakukan refleksi terkait pembelajaran menelaah dan merevisi teks observasi.
3) Guru memberikan tugas untuk pengayaan dan remidi.
- Penilaian
- Sikap Spiritual dan Sosial
- Teknik Penilaian : Observasi
- Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
Lembar Pengamatan/Observasi
Berikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan
- jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan
- jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
- jika sering berperilaku dalam kegiatan
- jika selalu berperilaku dalam kegiatan
No. | Nama Peserta didik | Jujur | Tanggung jawab | Santun | Jumlah Skor | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | |||
1. | ||||||||||||||
2. | ||||||||||||||
3. | ||||||||||||||
4. | ||||||||||||||
5. | ||||||||||||||
6. | ||||||||||||||
7. | ||||||||||||||
8. | ||||||||||||||
Penilaian sikap untuk setiap peserta didik dapat menggunakan rumus berikut
Dengan predikat:
PREDIKAT | NILAI |
Sangat Baik ( SB) | 80 ≤ AB ≤ 100 |
Baik (B) | 70 ≤ B ≤ 79 |
Cukup (C) | 60 ≤ C ≤ 69 |
Kurang (K) | <60 |
- Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri
Nama Peserta Didik : …………………………………………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………
Hari, tanggal : ……………………………………………
Kompetensi Dasar :
………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………….
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.
No | Pernyataan | YA |
TIDAK |
1 | Selama melakukan tugas kelompok saya bekerjasama dengan teman satu kelompok | ||
2 | Saya mencatat data dengan teliti dan sesuai dengan fakta | ||
3 | Saya melakukan tugas sesuai dengan jadwal yang telah dirancang | ||
4 | Saya membuat tugas terlebih dahulu dengan membaca literature yang mendukung tugas | ||
5 | ………………………………………. |
Banjar, September 2014
Emmie Apriani, S.Pd.
- Penilaian Sikap melalui Penilaian antar Peserta Didik
Penilaian antar Peserta Didik
Nama Peserta Didik : …………………………………………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………
Hari, tanggal : ……………………………………………
Kompetensi Dasar :
………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………….
Petunjuk
- Amati perilaku temanmu dengan cermat selama mengikuti pembelajaran.
- Berikan tanda v pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatannu.
- Serahkan hasil pengamatanmu kepada gurumu.
No | Perilaku | Dilakukan/muncul | |
YA | TIDAK | ||
1 | Mau menerima pendapat teman | ||
2 | mengambil keputusan secara cepat dan bisa dipertanggungjawabkan | ||
3 | Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan | ||
4 | Mengungkapkan informasi disertai dengan sumber rujukan | ||
5 | ……………………………….. |
Keterangan:
- Perilaku/sikap pada instrumen di atas ada yang positif (no 1.2dan 4) dan ada yang negatif (no 2) Pemberian skor untuk perilaku positif = 2, Tidak = 1. Untuk yang negatif Ya = 1 dan Tidak = 2
- Selanjutnya guru dapat membuat rekapitulasi hasil penilaian menggunakan format berikut.
Banjar, September 2014
Guru Mata Pelajaran,
Emmie Apriani, S.Pd.
REKAP PENILAIAN SIKAP
No | Nama | Skor perilaku/sikap | Jumlah | Nilai | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||
1 | ||||||||
2 | ||||||||
3 | ||||||||
4 | ||||||||
5 | ||||||||
6 | ||||||||
7 | ||||||||
8 |
- Penilaian Sikap melalui Jurnal
Jurnal | |
Aspek yang diamati: ………………………………………………….. Kejadian : ……………………………………………………. …………………………………………………………….. Tanggal : ……………………………………………………. |
Nama Peserta Didik: …………………………………………………. Nomor peserta Didik: …………………………………………………. |
Catatan Pengamatan Guru: …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… Banjar, ………………………………………… Pengajar, ……………………………………………………. |
- Instrumen Penilaian Pengetahuan
- Peserta didik dapat menentukan kekurangan dari struktur isi secara jujur, percaya diri dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
- Peserta didik dapat menentukan kekurangan dilihat dari fitur bahasanya secara jujur, percaya diri dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Uraian
- Bacalah dengan cermat teks hasil observasi berikut!
- Berikan tanggapan kamu tentang kekurangan/kelebihan dari kaidah penulisan teks observasi di bawah ini!
- Apakah struktur teks hasil observasi sudah tepat?
Jika “tidak” Jelaskan disertai bukti pendukung!
- Apakah fitur/Ciri Bahasa yang digunakan pada teks hasil observasi di bawah ini sudah baik dan benar?
Jika “tidak” Jelaskan disertai bukti pendukung!
Pemukiman Kumuh di Sekitar TPA Bantar Gebang 1) Bantar Gebang merupakan daya tarik tersendiri bagi penduduk daerah lain. 2) Gejala ini juga diikuti oleh peningkatan jumlah pendatang yang mendirikan rumah liar di sekitar TPA. 3) Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya perusahaan-perusahaan yang dapat menyerap banyak tenaga kerja. 4) Mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan memiliki bertempat tinggal di sekitar permukiman kumuh untuk mendapatkan penghasilan. 1) Banyak sekali para pemulung yang bermukim di sekitart TPA Bantar Gebang. 2) Tempat tinggal dana beberapa rumah petak di salah satu bagian kecil di Bantar Gebang sangat jauh dari standar kebersihan. 3) Tumpukan sampah plastik yang membentuk sebuah kolam besar menempati sebagian lahan di depaqn rumah oetak mereka. 4) Berdasarkan survei, MCK penduduk masih jauh dari kriteria sehat karena jarak sumur sebagai sumber air dan kakus cukup dekat. 5) Air yang mengalir juga sangat sedikit dan rasanya asin. 1) Makanan bersih, rumah laayak, atau pakaian lumayan, semua bagai angan-angan yang sulit jadi kenyataan. 2) Hal itu ditandai dengaan banyaaknya keluhan penyakit yang dialami penduduk. 3) Keadaan ini memperparah kondisi lingkungan TPA. 4) Kemiskinan dan kurangnya pengetahuan, membuat masyarakat ini tidak sempat memperhatikan kesehatannya. 1) Mengapa mereka memeilih bertempat tinggal di sekitar permukiman kumuh? 2) Sebagian besar yang menghuni di tempat itu ternyata berfrofesi sebagai pemulung. 3) Oleh karena itu, masyarakat di sekitar TPA rata-rata mencari penghasilan kerjanya di TPA Bantar Gebang. 4) Masalah ekonomilah yang menjadi salah satu faktor utama penyebaab mereka tinggal di sekitar TPA Bantar Gebang. Sumber: http://tayerpups.wordpress.com (dengan pengubahan) |
Rubrik Penilaian
No. | Uraian | Skor Maksimal | Skor Capaian |
1. | Penjelasan tentang kekurangan/kelebihan dari kaidah penulisan teks observasi | 0-20 | |
2. | Penjelasan struktur teks hasil observasi | 0-40 | |
3. | Penjelasan ciri/fitur bahasa | 0-40 | |
Jumlah | 100 |
- Instrumen Penilaian Keterampilan
Menelaah dan merevisi teks hasil observasi , tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks, baik secara lisan meupun tulisan.
Pada pembelajaran pertemuan sebelumnya, kalian telah
mengidentifikasi data kekurangan/kelebihan teks obervasi yang dibuat
temanmu. 1. Lakukanlah penyuntingan naskah secara cermat dengan memberikan tanda-tanda khusus pada kata yang dianggap salah (tanda disosialisasikan kepada peserta didik). 2. Apakah teks observasi tersebut memiliki struktur definisi umum/klasifikasi umum, deskripsi bagian dan deskripsi manfaat? a. Jika sudah ada, tulislah bagian yang merupakan definisi umum/klasifikasi umum, deskripsi bagian dan deskripsi manfaat. b. Jika belum, tulislah kalimat definisi umum/klasifikasi umum, deskripsi bagian dan deskripsi manfaat. 3. Teks yang baik harus menggunakan kata dan istilah yang tepat. a. Apakah pemilihan kata pada teks di atas sudah tepat? Jika belum tepat, tentukan perbaikan yang tepat! b. Apakah penulisan kata pada teks sudah menerapkan EYD? Jika belum, tulislah ejaan yang benarnya! c. Apakah penggunaan bahasa pada teks sudah menggunakan bahasa Indonesia baku? Jika belum, tulislah bahasa bakunya! |
Rubrik Penilaian
No. | Uraian | Skor Maksimal | Skor Capaian |
1. | Tanggapan/penilaian tentang hasil telaah teks observasi dari kaidah penulisan teks observasi dilengkapi bukti pendukung | 0-20 | |
2. | Tanggapan/penilaian tentang struktur teks hasil observasi dilengkapi bukti pendukung | 0-40 | |
3. | Tanggapan/penilaian tentang fitur/ciri bahasa pada teks hasil observasi dilengkapi bukti pendukung | 0-40 | |
Jumlah | 100 |
Jakarta, September 2014
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
No comments:
Post a Comment