.mobile .content-outer, .mobile .main-outer , .mobile .post-outer { margin: 0pt auto; }

Sunday, June 10, 2018

RPP K13 BAHASA INDONESIA KELAS 8 TEKS ULASAN KD 3.3 DAN 4.1 LENGKAP DENGAN MATERI AJAR

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         : SMP Negeri 1 Bakongan
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester               : VIII/I ( satu )
Tema                           : Teks ulasan
Alokasi Waktu               : 2 pertemuan (4 x 40 menit)


  1. KOMPOTENSI INTI
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4 Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

  1. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
2.2 Memiliki perilaku peduli, cinta tanah air, dan semangat kebangsaan atas karya budaya yang penuh makna
3.3 Mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan
4.1 Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Melalui pendekatan saintifik dan metode diskusi peserta didik dapat:
  1. Mendeskripsikan langkah-langkah menemukan kelebihan/kekurangan teks ulasan
  2. Mendeskripsikan kata, istilah dalam teks ulasan
  3. Mendeskripsikan isi teks ulasan

  1. MATERI PEMBELAJARAN:
    1. Langkah-langkah menemukan kelebihan/kekurangan teks ulasan
    2. Kata, istilah dalam teks ulasan
    3. Isi teks ulasan

  1. METODE PEMBELAJARAN:
  2. Pendekatan : Sceintifik
  3. Model : Discovery Learning

  1. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN :
  • Media             : Teks ulasan
  • Alat/Bahan         : Komputer/laptop, LCD,Power Point, Internet
  • Sumber Belajar        :
  • Contoh teks ulasan dari internet
  • Contoh teks ulasan dari media cetak/elektronik
  • Buku referensi tentang genre teks

  1. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU
  Pendahuluan a.       Persiapan psikis dan fisik dalam  membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama b.      Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran.
c.       Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
d.      Memberi motivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran
5 MENIT
Inti Pertemuan 1 Mengamati
·         Membaca teks ulasan dengan cermat
Menanya
·         Menanya tentang cara melihat mengidentifikasi dan kekurangan teks ulasan
Mengeksplorasikan
·         Membaca contoh hasil  identifikasi  kelebihan teks ulasan dengan data yang mendukung
·         Mendiskusikan kekurangan teks ulasan yang ditemukan dengan data yang mendukung
Mengasosiasikan
·         Mengidentifikasi kelebihan atau kekurangan teks ulasan yang pernah dibaca/didengar
Mengomunikasikan
·         Menjelaskan hasil pengidentifikasian tentang kelebihan/kekurangan teks ulasan
Pertemuan 2
Mengamati
·         Membaca teks ulasan
Menanya
·      Menanya tentang isi teks ulasan
Mengeksplorasikan
·         Mendiskusikan kata-kata sulit dan istilah dalam teks ulasan yang dibaca
·         Menjawab pertanyaan terkait dengan isi teks ulasan (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)
·         Saling menilai kebenaran jawaban teman secara santun
50 Menit

Penutup a.    Membuat  kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan dan analisis tentang materi ajar dalam pembelajaran yang dilakukan peserta didik bersama guru b.    Melaksanakan test secara lisan
c.    Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
5 menit

  1. PENILAIAN:
  2. Sikap Toleransi
  3. Teknik Penilaian : Observasi
  4. Bentuk Instrumen : Lembar observasi
  5. Sikap Santun
  6. Teknik Penilaian : Observasi
  7. Bentuk Instrumen : Lembar observasi

  1. Pengetahuan
  2. Teknik Penilaian
  • Tes : lisan
  • Non Tes : Penugasan kelompok
  1. Bentuk Instrumen
  • Soal tes lisan
  • Proyek
  1. Keterampilan
  2. Teknik : Observasi
  3. Bentuk Instrumen : Check list

LAMPIRAN
Rublik Penilaian Sikap Toleransi
Nama Peserta Didik                : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan               : …………………..
Materi Pokok                          : …………………..

No Aspek Pengamatan Skor
1 2 3 4
1 Menghormati pendapat teman
2 Menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender
3 Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
4 Menerima kekurangan orang lain
5 Memaafkan kesalahan orang lain
Jumlah Skor


Rublik Penilaian Sikap Santun
Nama Peserta Didik                : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan               : …………………..
Materi Pokok                          : …………………..

No Aspek Pengamatan Skor
1 2 3 4
1 Menghormati guru  atau guru /orang yang lebih tua
2 Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
3 Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat
4 Menggunakan bahasa santun saat mengkritik pendapat teman
5 Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain
Jumlah Skor

Rubrik Peniaian  Diskusi

  1. Tema      :
  2. Kelompok :           ……………..
  3. Kelas /Smt :           VIII/1

Berilah tanda check ( V ) pada kolom yang sesuai dengan penilaian Anda!



Keterangan: Skor 4: Baik Sekali, Skor 3: Baik, Skor 2: Cukup, Skor 1: Kurang.
KRITERIA:
45 ke atas          = A (Baik Sekali & Berkualitas)
30-44                 = B (Baik)
15-29                 = C (Cukup)
< 14                   = D (Kurang memenuhi syarat)
KOMENTAR   :………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Rubrik Penilaian Keterampilan (Presentasi)

Tema                           :
Sub Tema                    :
Sub sub Tema             :
Kelompok                   : ……………..
Kelas /Smt                  : VIII/1
Alokasi Waktu            : 10 menit

No Nama Peserta didik Kemampuan presentasi 1 – 4 Kemampuan berargumentasi 1 – 4 Kemampuan Menjawab 1 – 4 Penguasaan Materi 1 – 4 Jumlah Nilai
1.
2.
3.
4.
dst

Keterangan :
Skor rentang antara 1 – 4 dengan rincian :
4 = Amat baik
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  3,20 – 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor  2,80 – 3,19
Cukup             : apabila memperoleh skor  2.40 – 2,79
Kurang            : apabila memperoleh skor kurang  2.40

Teks Ulasan Bahasa Indonesia

TEKS ULASAN Teks ulasan adalah teks yang dihasilkan dari sebuah analisis terhadap berbagai karya sastra.Analisis tersebut berisi tinjauan terhadap isi karya sastra baik buku, cerpen, novel, film, drama, maupun puisi.Analisis atau tinjauan tersebut bertujuan mengetahui kualitas, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki karya sastra tersebut .Hasil analisis tersebut ditujukan kepada pembaca atau khalayak ramai.Struktur teks ulasan terdiri atas orientasi ( orientation ) , tafsiran ( interpretative recount ), evaluasi ( evaluation ), dan rangkuman ( evaluative summation )
➡ORIENTASI
➡TAFSIRAN
TEKS ULASAN     ➡EVALUASI
➡RANGKUMAN
~ ORIENTASI ➡ Gambaran umum karya sastra yang akan diulas.Gambaran umum karya sastra tersebut dapat berupa identitas dan gambaran umum karya sastra
~ TAFSIRAN ➡ Pandangan mengenai karya sastra yang diulas. Bagian ini dilakukan setelah mengevaluasi karya sastra tersebut. Pada bagian ini penulis biasanya membandingkan karya sastra tersebut dengan karya lain yang mirip. Penulis juga menilai kekurangan dan kelebihan karya sastra yang diulas.
~ EVALUASI ➡ Penulis mengevaluasi karya sastra, penampilan, dan juga produksi. Bagian evaluasi juga berisi gambaran secara detail suatu karya sastra yang diulas. Gambaran tersebut bisa berupa bagian, ciri-ciri, dan kualitas karya tersebut.
~RANGKUMAN ➡ Penulis memberikan ulasan akhir. Ulasan akhir tersebut berisi simpulan karya tersebut.
Salah satu jenis teks ulasan adalan resensi. Resensi diartikan sebagai penilaian terhadap orang lain dengan memberikan pertimbangan baik dan buruk karya tersebut secara objektif. Unsur-unsur tersebut meliputi judul resensi, data buku, pendahuluan, isi, dan penutup.
A . Judul resensi
Judul resensi harus sesuai dengan keseluruhan isi resensi.
B . Identitas buku
Identitas buku mencakup judul buku , jenis buku, jumlah halaman, dan harga buku. Penulis resensi harus menunjukkan jenis buku yang diresensi, termasuk fiksi atau non fiksi
C . Pendahuluan atau pembuka resensi
Bagian pendahuluan berisi landasan berpikir peresensi. Bagian pemdahuluan biasanya mengemukakan tema dan deskrisi buku secara singkat.
D . Isi resensi
Isi resensi merupakan bagian inti resensi. Bagian ini keliputi sinopsis atau isi buku secara ringkas, ulasan singkat buku dengan kutipan secukupnya , keunggulan buku, kelemahan buku, tinjauan bahasa, dan kesalahan cetak.
1). Sinopsis isi buku
Dalam bagian ini peresensi mengemukakan pokok-pokok isi buku. Jika yang diresensi buku-buku fiksi, peresensi harus mengemukakan unsur-unsur yang berhubungan dengan masalah, watak, dan latar cerita sehingga orang lain penasaran ingin membacanya.
2). Kelemahan dan keunggulan buku
Penulisan resensi harus mengemukakan segi-segi menarik dari buku tersebut. Penulis buku juga harus mengemukakan kekurangan dari buku tersebut.
E . Penutup
Unsur penutup resensi berisi buku itu penting untuk siapa dan mengapa. Peresensi juga mengemukakan simpulan dalam bagian penutup. Penulisan resensi harus mengemukakan nilai yang diperolehnya terhadap buku yang diresensi dan imbauan-imbauan untuk pembaca.












































































































No comments:

Post a Comment