.mobile .content-outer, .mobile .main-outer , .mobile .post-outer { margin: 0pt auto; }

Sunday, June 10, 2018

RPP K13 BAHASA INDONESIA KELAS 8 TEKS ULASAN KD 3.1 DAN 3.2 LENGKAP DENGAN MATERI AJAR

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan        : SMP Negeri 1
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : VIII/I ( satu )
Tema                           : Teks ulasan
Alokasi Waktu            : 2 pertemuan (4 x 40 menit)


  1. KOMPOTENSI INTI
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4 Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

  1. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
2.2 Memiliki perilaku peduli, cinta tanah air, dan semangat kebangsaan atas karya budaya yang penuh makna
3.1 Memahami teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membedakan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Melalui pendekatan saintifik dan metode diskusi peserta didik dapat:
  1. Mendeskripsikan struktur teks ulasan
  2. Mendeskripsikan isi teks ulasan
  3. Mendeskripsikan perbedaan teks ulasan dengan teks eksposisi dilihat dari struktur isi
  4. Mendeskripsikan perbedaan teks ulasan dengan teks eksposisi dilihat dari fitur bahasanya

  1. MATERI PEMBELAJARAN:
    1. Struktur teks ulasan
    2. Isi teks ulasan
    3. Perbedaan teks ulasan dengan teks eksposisi dilihat dari struktur isi
    4. Perbedaan teks ulasan dengan teks eksposisi dilihat dari fitur bahasanya

  1. METODE PEMBELAJARAN:
  2. Pendekatan : Sceintifik
  3. Model : Discovery Learning

  1. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN :
  • Media             : Teks ulasan
  • Alat/Bahan         : Komputer/laptop, LCD,Power Point, Internet
  • Sumber Belajar        :
  • Contoh teks ulasan dari internet
  • Contoh teks ulasan dari media cetak/elektronik
  • Buku referensi tentang genre teks

  1. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU
  Pendahuluan a.       Persiapan psikis dan fisik dalam  membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama b.      Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran.
c.       Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
d.      Memberi motivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran
5 MENIT
Inti Pertemuan 1 Mengamati
·         Membaca teks ulasan dengan cermat
Menanya
·         Menanya tentang ciri-ciri teks ulasan
Mengeksplorasikan
1.      Berkelompok
·         Menjawab pertanyaan isi teks ulasan (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)
·         Membaca contoh analisis struktur isi teks ulasan.
·         Membaca contoh analisis fitur bahasa/ciri bahasa teks ulasan
·         Mendiskusikan  struktur isi teks ulasan:
–          Judul
–          Paragraf pendahuluan yang menyatakan topik yang diulas/pokok persoalan
–          Paragraf yang menyatakan persetujuan/peno-lakan/ keberpihakan penulis
–          Simpulan yang menegaskan kembali keberpihakan penulis
·         Mendiskusikan  ciri bahasa teks ulasan:
–          Penggunakata-kata yang menyatakan sudut pandang penulis/keberpihakan penulis: berbeda dengan, di samping itu, selain itu, dengan kata lain, dll.
–          penggunaan kata yang menyatakan persetujuan/peno-lakan
Mengasosiasikan
·         Menemukan contoh teks ulasan
Mengomunikasikan
·         Mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh percaya diri
·         Menanggapi hasil presentasi secara santun
·         Saling menilai kebenaran jawaban teman
2.      Individu
·         Menjawab pertanyaan isi teks ulasan (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)
·         Mengidentifikasi  struktur isi teks ulasan:
–          Judul
–          Paragraf pendahuluan yang menyatakan topik yang diulas/pokok persoalan
–          Paragraf yang menyatakan persetujuan/peno-lakan/ keberpihakan penulis
–          Simpulan yang menegaskan kembali keberpihakan penulis
·         Mengidentifikasi ciri bahasa teks ulasan:
–          Penggunakata-kata yang menyatakan sudut pandang penulis/keberpihakan penulis: berbeda dengan, di samping itu, selain itu, dengan kata lain, dll.
–          penggunaan kata yang menyatakan persetujuan/peno-lakan
Mengasosiasikan
·         Menemukan contoh teks ulasan
Mengomunikasikan
·         Menjelaskan hasil pemahaman terhadap teks ulasan  dari segi struktur dan ciri bahasa dengan kalimat efektif
Pertemuan 2
Mengamati
·         Membaca teks ulasan dan teks dengan cermat
·         Membaca contoh teks eksposisi
Menanya
·         Menanya tentang perbedaan teks ulasan dengan teks eksposisi
Mengeksplorasikan
·         Mendiskusikan persamaan teks ulasan dan teks eksposisi dari struktur isnya
·         Mendiskusikan perbedaan teks ulasan dan teks eksposisi dari  fitur bahasanya
Mengomunikasikan
·         Mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh rasa percaya diri
·         Menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
100 Menit

Penutup a.    Membuat  kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan dan analisis tentang materi ajar dalam pembelajaran yang dilakukan peserta didik bersama guru b.    Melaksanakan test secara lisan
c.    Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
5 menit

  1. PENILAIAN:
  2. Sikap Toleransi
  3. Teknik Penilaian : Observasi
  4. Bentuk Instrumen : Lembar observasi
  5. Sikap Santun
  6. Teknik Penilaian : Observasi
  7. Bentuk Instrumen : Lembar observasi
  8. Pengetahuan
  9. Teknik Penilaian
  • Tes : lisan
  • Non Tes : Penugasan kelompok
  1. Bentuk Instrumen
  • Soal tes lisan
  • Proyek
  1. Keterampilan
  2. Teknik : Observasi
  3. Bentuk Instrumen : Check list






LAMPIRAN
Rublik Penilaian Sikap Toleransi
Nama Peserta Didik                : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan               : …………………..
Materi Pokok                          : …………………..

No Aspek Pengamatan Skor
1 2 3 4
1 Menghormati pendapat teman
2 Menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender
3 Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
4 Menerima kekurangan orang lain
5 Memaafkan kesalahan orang lain
Jumlah Skor


















Rublik Penilaian Sikap Santun
Nama Peserta Didik                : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan               : …………………..
Materi Pokok                          : …………………..

No Aspek Pengamatan Skor
1 2 3 4
1 Menghormati guru  atau guru /orang yang lebih tua
2 Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
3 Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat
4 Menggunakan bahasa santun saat mengkritik pendapat teman
5 Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain
Jumlah Skor




















Rubrik Penilaian  Diskusi

  1. Tema      :
  2. Kelompok :           ……………..
  3. Kelas /Smt :           VIII/1

Berilah tanda check ( V ) pada kolom yang sesuai dengan penilaian Anda!


Keterangan: Skor 4: Baik Sekali, Skor 3: Baik, Skor 2: Cukup, Skor 1: Kurang.
KRITERIA:
45 ke atas          = A (Baik Sekali & Berkualitas)
30-44                 = B (Baik)
15-29                 = C (Cukup)
< 14                   = D (Kurang memenuhi syarat)
KOMENTAR   :………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………..




Rubrik Penilaian Keterampilan (Presentasi)

Tema                           :
Sub Tema                    :
Sub sub Tema             :
Kelompok                   : ……………..
Kelas /Smt                  : VIII/1
Alokasi Waktu            : 10 menit

No Nama Peserta didik Kemampuan presentasi 1 – 4 Kemampuan berargumentasi 1 – 4 Kemampuan Menjawab 1 – 4 Penguasaan Materi 1 – 4 Jumlah Nilai
1.
2.
3.
4.
dst

Keterangan :
Skor rentang antara 1 – 4 dengan rincian :
4 = Amat baik
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  3,20 – 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor  2,80 – 3,19
Cukup             : apabila memperoleh skor  2.40 – 2,79
Kurang            : apabila memperoleh skor kurang  2.40


MATERI

Materi Teks Ulasan

1.      Pengertian Teks Ulasan
Pengertian teks ulasan adalah teks yang berisi tinjauan suatu karya baik berupa film, buku, benda dan lain sebagainya untuk mengetahui kualitas, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki karya tersebut yang ditujukan untuk pembaca atau pendengar khalayak ramai. Teks ulasan bertujuan sebagai media untuk menyampaikan ulasan dengan etika yang sopan, santun, dan tepat waktu. 2.      Struktur Teks Ulasan
Struktur teks ulasan terdiri dari bagian orientasi, tafsiran isi, evaluasi, dan rangkuman berikut penjelasan selengkapnya.
a.      Orientasi
Merupakan gambaran umum atas bahan atau karya sastra yang akan diulas. Gambaran umum karya atau benda tersebut bisa berupa paparan tentang nama, kegunaan, dan sebagainya.
b.      Tafsiran isi
Tafsiran isi memuat pandangan pengulasnya sendiri mengenai karya yang diulas. Pada bagian ini penulis biasanya membandingkan karya tersebut dengan karya lain yang dianggap mirip. Selain itu, penulis juga menilai kekurangan dan kelebihan karya yang diulas
c.       Evaluasi
Bagian evaluasi dilakukan penilaian terhadap karya, penampilan, dan produksi. Bagian tersebut berisi gambaran terperinci suatu karya atau benda yang diulas. Hal ini bisa berupa bagian, ciri, dan kualitas karya tersebut.
d.      Rangkuman
Memberikan ulasan akhir berupa simpulan karya tersebut.
3.      Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan
a.      Istilah
Kata/gabungan kata dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu.
b.      Verba/kata kerja
1)       Verba aktif, yaitu kata kerja yang subjeknya berperan sebagai pelaku atau menunjukkan tindakan/perbuatannya.
2) Verba pasif, yaitu kata kerja yang subjeknyanberperan sebagai penderita, sasaran tindakan/hasil.
3. Sinonim
Kata yang memiliki bentuk yang berbeda namun memiliki artiyang sama.
4.      Antonim
Kata yang artinya berlawanan satu dengan yang lainnya.
5.      Nomina
a. Nomina dasar, yaitu nomina yang terdiri atas satu morfem dan dapat dibagi menjadi nomina dasar.
b. Nomina turunan, yaitu nomina yang diturunkan melalui proses afiksasi, reduplikasi, atau pemajemukan.
6. Adjektiva
Kata yang menunjukkan sifat, atau keadaan orang, benda atau binatang.
7.      Konjungsi
a. Koordinatif, yaitu menghubungkan dua atau lebih yang sama pentingnya atau setara.
b. Subordinatif, yaitu menghubungkan dua atau lebih klausa yang tidak memiliki status sintaksis yang sama.
c. Koleratif, yaitu kata berpasangan untuk menghubungkan antara dua unsur kalimat yang kedudukannya setara.
d. Antarkalimat, yaitu kata yang menghubungkan antara kalimat satu dengan yang lain.
8.      Pronomina
Kata yang dipakai untuk mengacu pada nomina atau kata benda lain.
a. Pronomina persona, yaitu digunakan untuk acuan berupa manusia.
b. Pronomina petunjuk, yaitu dipakai untuk penunjuk umum, arah dan tempat.
c. Pronimina penanya, yaitu digunakan untuk menanyakan manusia, barang/pilihan.
9.  Preposisi
Kata-kata yang digunakan untuk merangkaikan nomina dengan verba di dalam suatu klausa.
10. Artikula
Kata tugas yang membatasi makna nomina atau kategori yang mendampingi nomina dasar.
11. Kalimat simpleks dan kompleks
a. Kalimat simpleks, yaitu kalimat yang terdiri dari satu verba utama yang menggambarkan aksi, peristiwa, atau keadaan.
b. Kalimat kompleks, yaitu kalimat yang terdiri lebih dari satu aksi, peristiwa/keadaan sehingga memiliki lebih dari satu verba utama dalam lebih dari satu struktur.
Contoh Teks Ulasan “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck”
Film “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk atau TKVDW merupakan adaptasi dari roman karya Buya roman karya Buya Hamka yang diangkat ke layar lebar dan dibintangi oleh Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan Reza Rahadian. TKVDW mulai diputar di bioskop Indonesia pada tanggal 19 Desember 2013. Film arahan Sunil Soraya ini menurut situs filmindonesia.or.id berhasil menduduki peringkat teratas sebagai film paling banyak ditonton sepanjang tahun 2013. Di film ini, rangkaian kata-kata indah dari Buya Hamka bisa kita nikmati melalui karakter Zainuddin dan Hayati.
Dikisahkan, tahun 1930, dari tanah kelahirannya Makasar, Zainuddin (Herjunot Ali) berlayar menuju tanah kelahiran ayahnya di Batiputih, Padang Panjang. Diantara keindahan ranah negeri Minangkabau ia bertemu Hayati (Pevita Pearce), gadis cantik jelita, bunga di persukuannya. Zainuddin yang memendam perasaan pada Hayati seketika menjadi pujangga dengan memberikan kata-kata yang mampu menusuk perasaan wanita yang memiliki kecantikan alami tersebut melalui rangkaian kalimat indah yang ia karang sendiri.
Setelah disuguhi oleh alur romantisme, penonton kemudian diajak memasuki wilayah konflik, yaitu ketika hubungan berbeda budaya ini ditentang oleh orang tua atau keluarga besar Hayati dan juga para tetua suku karena Zainuddin dianggap bukan seorang yang berdarah Minang. Selain itu, Zainuddin bukan termasuk seorang pria mapan sehingga dianggap tidak cocok untuk dijadikan sandaran hidup Hayati. Lalu, pada akhirnya para tetua memutuskan agar Zainuddin segera angkat kaki dari Batipuh agar tidak berhubungan dengan Hayati lagi.
Sebelum meninggalkan Balipuh, Zainuddin dan Hayati mengucapkan janji setia akan menjalani hidup bersama di suatu saat nanti. Mereka menelurkan ikrar di sebuah danau tempat Zainuddun biasa menulis.
Tetapi sebuah kenyataan kembali datang kepada diri seorang Zainuddin, di tengah gelimang harta dan kemashyurannya. Dalam sebuah pertunjukan opera, Zainuddin kembali bertemu dengan Hayati, kali ini bersama Aziz, suaminya. Perkawinan harta dan kecantikan bertemu dengan cinta suci yang tak lekang waktu. Pada akhirnya kisah cinta Zainuddin dan Hayati menemui ujian terberatnya, dalam sebuah tragedi pelayaran kapal Van Der Wijck.
Film berdurasi 165 menit ini menyuguhkan artistik dan properti ala tahun 1930an yang terkesan berbau kekinian, kurang meyakinkan untuk mendukung  suasana 1930an. Tak cukup sekadar mobil kuno yang masih kinclong, latar Batavia juga hanya mengambil seadanya dari setting kota tua.
Hal yang paling terasa adalah alur ceritanya yang cukup lambat diperparah lagi dengan benyaknya dialog surat-menyurat antara Zainuddin dan Hayati, seolah tidak ada cara lain yang lebih kreatif dalam menyampaikan adegan surat-menyurat. Akibatnya konflik tidak menarik, naik sebentar setelah itu datar Backsound lagu-lagunya Nidji pun terkesan mengganggu adegan demi adegan, entah karena warna musik pop dan instrumen musik modern mereka atau karena kurang pas masuk ke plot film.
Kekurangan lainnya adalah tenggelamnya kapal tidak jelas apa penyebabnya (ingat kapal Titanic, tenggelam karena menabrak karang). Terkesan dipaksakan, seolah hanya mau tenggelam saja, biar sesuai judul, kurang dramatis.
Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan tadi, film ini tetap memiliki daya tarik dan segi dialog yang dipilih dan kostum yang apik dari Samuel Wattimena, selain kepopuleran para pemainnya. Dialog yang cenderung puitis, tidak jauh berbeda dari novel aslinya, menjadi enghibur buat penonton. Tidak begitu mengecewakan dibanding kalau kita menonton film dengan tema yang menonjolkan kemewahan atau hantu-hantuan yang sempat ramai di film kita. Setidaknya, film ini menumbuhkan asa bagi perkembangan film Indonesia yang sempat mati suri agar semakin berkembang lebih baik lagi.
Struktur Teks:
Bagian Orientasi: “Fim tnggelamnya kapal…
Bagian Tafsiran: “Dikisahkan…
Bagian Evaluasi: “Film berdurasi…
Bagian Rangkuman: “Dengan mengesampingkan…
No. Urut Kategori Skor
Baik sekali Baik Sedang Kurang
A. KUALITAS
1. Persiapan baik
2. Organisasi jelas
3. Memberikan informasi yang didukung oleh fakta / buku
4. Informasi disampaikan dengan jelas
5. Argumentasi
6. Pernyataan (statement)  bersifat persuasif
B. ETIKA
1. Menghormati argumentasi teman dan tidak emosional
2. Saling mendengarkan dan merespon
3. Tidak menghina (menyela pembicaraan)
4. Tidak mendominasi pembicaraan
5. Secara aktif ikut terlibat
C. LAIN-LAIN
1. Cara mengevaluasi atau mengkritik teman
2. Membuat kesimpulan sementara berdasarkan bukti yang disampaikan kedua pihak
Jumlah Keseluruhan

No comments:

Post a Comment