.mobile .content-outer, .mobile .main-outer , .mobile .post-outer { margin: 0pt auto; }

Tuesday, June 12, 2018

RPP BAHASA INGGRIS K13 KELAS VII (TERBARU) 3.1 Good morning. How are You?

Satuan Pendidikan    : SMPN 160 Jakarta
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Chapter                      : 1 – Good morning. How are You?
Kelas/Semester          : VII/Ganjil
Tahun Pelajaran       : 2016/2017
Alokasi Waktu           : 12 JP (6 Pertemuan)


  1. Kompetensi Inti:
  2. Menghayati ajaran agama yang dianutnya
  3. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  4. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  5. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori KI 1

  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1     Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya 3.1.1     Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis dengan teman dan guru. 3.1.2     Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan teks interaksi interpersonal.
4.1  Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai 4.1.1     Menyajikan informasi terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang diperoleh dari teks interaksi interpersonal. 4.1.2     Menyajikan informasi terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang diperoleh dari teks interaksi interpersonal.
4.1.3     Mendeskripsikan secara lisan, pendek dan sederhana dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan interaksi interpersonal
4.1.4     Menulis deskripsi pendek dan sederhana dengan meminta dan memberi informasi terkait dengan teks interaksi interpersonal

  1. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi sapaan, fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
  • mengucapkan ungkapan-ungkapan menyapa dengan ucapan dan intonasi yang tepat.
  • menggunakan ungkapan sapaan dengan benar dan dengan cara yang santun dan berterima.
  • merespon ungkapan sapaan dengan benar.

  1. Metode Pembelajaran
  • Pendekatan :   Scientific Approach
  • Model :   –    Problem Based Learning
–    Communicative Language Teaching
  • Metode :   Tanya jawab, wawancara, koperatif, role play

  1. Materi Pembelajaran
    1. Materi pembelajaran regular
  • Fungsi sosial
Menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
  • Struktur teks
  • Memulai
  • Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
  • Unsur kebahasaan
  • Ungkapan-ungkapan yang lazim digunakan
  • Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
  • Topik
Interaksi antara peserta didik di dalam di luar kelas yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI.
  1. Materi pembelajaran remedial
  • Teks deskriptif lisan dan tulis untuk memberi dan meminta informasi terkait dengan teks interaksi interpersonal hubungan dengan sesame teman dan guru.
    1. Materi pembelajaran pengayaan
  • Fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan, teks descriptif lisan dan tulis

  1. Langkahlangkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit ) Waktu
Kegiatan Pendahuluan Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kelas VI
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  How to greet
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10 menit
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
Stimulation (stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Ø  Sing a song
dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati teks lagu “Good Morning” dan “How are you”
Mengamati
Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
·         Cara menyapa dan berhubungan dengan guru, teman dan orang lain
Mendengar
Ø  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
·         Cara merubah teks lagu “How are you” pada halaman 3 buku siswa pada bagian Note.
Menyimak,
Ø  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
·         Cara merubah teks lagu “ How are you”
Problem statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : v  Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø   What is good morning
Ø  Apa informasi yang di dapat dari lirik lagu “ Good morning” dan “How are you”
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Ø  Good morning itu apa?
Data collection (pengumpulan data) Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v  Mengamati obyek/kejadian,
Wawancara dengan nara sumber
Mengumpulkan informasi
Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
v How to greet baik melalui teks deskriptif atau melalui teks lagu
Mempresentasikan ulang
Aktivitas :
Ø  Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini:
–          Menyanyikan lagu “Good morning”
–          Menyalin lagu “How are you” dan menggantinya sesuai dengan perintah pada bagian Note pada halaman 3 buku siswa
–          Menerjemahkan lirik lagu “Good Morning”
Mendiskusikan
Mengulang
Saling tukar informasi tentang  :
Ø   How to greet
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : v  Berdiskusi tentang data :
Ø  Bagaimana cara mengambil informasi pada lirik lagu
Ø  Bagaimana cara mengganti kata-kata yang tersedia pada halaman 3 buku siswa dengan arahan bagian note pada halaman 3 pada buku siswa
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Lagu “good Morning”
Verification (pembuktian) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Menyanyikan lagu “good Morning di depan kelas
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio (menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Lagu “good morning” dan terjemahnya
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Lagu “Good Morning” dan terjemahnya
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60 menit
Kegiatan Penutup Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
10 menit
2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit ) Waktu
Kegiatan Pendahuluan Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kelas VI
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Cara menyapa dalam bahasa inggris
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10 menit
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
Stimulation (stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Ø  Cara menyapa dalam bahasa inggris
dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa tentang how to greet
Mengamati
Ø  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru seperti gambar dibawah ini

Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
·         Bagaimana cara menyapa dan menanggapinya
Mendengar
Ø  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
·         Cara menyapa dan menanggapinya
Menyimak,
Ø  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
·         Cara menyapa dan menanggapinya
Problem statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : v  Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø    Bagaimana cara menyapa dan menanggapinya
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Ø  Bagaimana cara melafalkan good morning dengan baik dan benar
Data collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v  Mengamati obyek/kejadian,
Wawancara dengan nara sumber
Mengumpulkan informasi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
v Bagaimana cara menyapa teman dan guru
Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
v Cara menyapa dan menanggapinya
Mempresentasikan ulang
Aktivitas :
Ø  Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini:
Mempraktekkan gambar pada halaman 4, 5 dan 6 pada buku siswa di depan kelas
Mendiskusikan
Mengulang
Saling tukar informasi tentang  :
Ø   Menyapa dalam berbahasa inggris dan menanggapinya
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : v  Berdiskusi tentang data :
Ø  menyapa dan menanggapinya
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  menyapa dan menanggapinya
Verification (pembuktian) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  menyapa dan menanggapinya
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio (menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  menyapa dan menanggapinya
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  menyapa dan menanggapinya
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60 menit
Kegiatan Penutup Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
10 menit
3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit ) Waktu
Kegiatan Pendahuluan Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kelas VI
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Cara menyapa dan menanggapinya
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10 menit
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
Stimulation (stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Ø  Cara menyapa dan menanggapinya
dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa tentang  cara menyapa dan menanggapinya
Mengamati
Ø  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru seperti gambar dibawah ini

Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
·         Menyapa dan menanggapinya
Mendengar
Ø  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
·         Menyapa dan menanggapinya
Menyimak,
Ø  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
·         Menyapa dan menanggapinya
Problem statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : v  Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø    Bagaimana cara menyapa dan menanggapinya
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Ø  Bagaimana cara melafalkan good morning dengan baik dan benar
Data collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v  Mengamati obyek/kejadian,
Wawancara dengan nara sumber
Mengumpulkan informasi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
v Bagaimana cara menyapa teman dan guru
Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
v Cara menyapa dan menanggapinya
Mempresentasikan ulang
Aktivitas :
Ø  Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini:
–          Mempraktekkan gambar pada halaman 7 dan 8 pada buku siswa di depan kelas
–          Melakukan kegiatan halaman 9dan 10  pada buku siswa
Mendiskusikan
Mengulang
Saling tukar informasi tentang  :
Ø   Menyapa dalam berbahasa inggris dan menanggapinya
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : v  Berdiskusi tentang data :
Ø  menyapa dan menanggapinya
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  menyapa dan menanggapinya
Verification (pembuktian) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  menyapa dan menanggapinya
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio (menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  menyapa dan menanggapinya
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  menyapa dan menanggapinya
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60 menit
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)  
Kegiatan Penutup Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
10 menit
4. Pertemuan Ke-4 ( 2 x 40 menit ) Waktu
Kegiatan Pendahuluan Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kelas VI
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  How to say goodbye
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10 menit
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
Stimulation (stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Ø  How to say goodbye
dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati gambar-gambar percakapan yang tersedia pada buku paket
Mengamati

Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
·         Cara berpamitan
Mendengar
Ø  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
·         Cara berpamitan.
Menyimak,
Ø  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
·         Cara berpamitan
Problem statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : v  Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø  Apa saja kata untuk berpamitan
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Ø  How to say goodbye
Data collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v  Mengamati obyek/kejadian,
Wawancara dengan nara sumber
Mengumpulkan informasi
Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
v Cara berpamitan
Mempresentasikan ulang
Aktivitas :
Ø  Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini:
–          Siswa mempraktekkan yang sesuai pada gambar di halaman 11 dan 12 pada buku siswa di depan kelas
–          Melakukan kegiatan yang ada pada halaman 11
–          Melakukan kegiatan pada halaman 13
–          Mengisi table di halaman 13
Mendiskusikan
Mengulang
Saling tukar informasi tentang  :
Ø    Cara berpamitan
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : v  Berdiskusi tentang data :
Ø  Cara berpamitan yang baik dan sesuai
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Cara berpamitan
Verification (pembuktian) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Cara berpamitan
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio (menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Cara berpamitan
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Cara berpamitan
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60 menit
Kegiatan Penutup Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
10 menit
5. Pertemuan Ke-5 ( 2 x 40 menit ) Waktu
Kegiatan Pendahuluan Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kelas VI
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  How to say sorry and thank
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10 menit
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
Stimulation (stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Ø  How to say sorry and thank
dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati teks tentang meminta maaf dan berterima kasih
Mengamati

Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
·         Cara meminta maaf dan berterima kasih
Mendengar
Ø  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
·         Cara meminta maaf dan berterima kasih .
Menyimak,
Ø  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
·         Cara meminta maaf dan berterima kasih
Problem statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : v  Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø   How to say sorry and thank
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Ø
Data collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v  Mengamati obyek/kejadian,
Wawancara dengan nara sumber
Mengumpulkan informasi
Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
v Cara meminta maaf dan berterima kasih
Mempresentasikan ulang
Aktivitas :
Ø  Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini:
–          Mempraktekkan gambar di halaman 14 dan 15 pada buku siswa
Mendiskusikan
Mengulang
Saling tukar informasi tentang  :
Ø    Cara meminta maaf dan berterima kasih
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : v  Berdiskusi tentang data :
Ø  Cara meminta maaf dan berterima kasih
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Cara meminta maaf dan berterima kasih
Verification (pembuktian) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Cara meminta maaf dan berterima kasih
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio (menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Cara meminta maaf dan berterima kasih
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Cara meminta maaf dan berterima kasih
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60 menit
Kegiatan Penutup Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
10 menit
6. Pertemuan Ke-6 ( 2 x 40 menit ) Waktu
Kegiatan Pendahuluan Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kelas VI
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Cara berterima kasih dan meminta maaf
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10 menit
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
Stimulation (stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Ø  Cara berterima kasih dan meminta maaf
dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati teks  Cara berterima kasih dan meminta maaf
Mengamati

Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
·         Cara berterima kasih dan meminta maaf
Mendengar
Ø  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
·         Cara berterima kasih dan meminta maaf .
Menyimak,
Ø  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
·         Cara berterima kasih dan meminta maaf 
Problem statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : v  Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø    Cara berterima kasih dan meminta maaf
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Ø
Data collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v  Mengamati obyek/kejadian,
Wawancara dengan nara sumber
Mengumpulkan informasi
Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
v Cara berterima kasih dan meminta maaf
Mempresentasikan ulang
Aktivitas :
Ø  Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini:
–          Mempraktekkan percakapan yang ada pada gambar di halaman 16 dan 17
–          Melakukan kegiatan pada halaman 18 pada buku siswa
Mendiskusikan
Mengulang
Saling tukar informasi tentang  :
Ø  Cara berterima kasih dan meminta maaf
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : v  Berdiskusi tentang data :
Ø  Cara berterima kasih dan meminta maaf
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Cara berterima kasih dan meminta maaf
Verification (pembuktian) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Cara berterima kasih dan meminta maaf
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio (menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Cara berterima kasih dan meminta maaf
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Cara berterima kasih dan meminta maaf
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60 menit
Kegiatan Penutup Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
10 menit

  1. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  2. Teknik Penilaian
  3. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
  • Tes Tertulis
  • Uraian/esai
  • Tes Lisan
  • Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
  1. Penilaian Kompetensi Keterampilan
  • Proyek, pengamatan, wawancara’
  • Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
  • Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
  • Portofolio / unjuk kerja
  • Produk,
  1. Instrumen Penilaian
  2. Pertemuan Pertama (Terlampir)
  3. Pertemuan Kedua (Terlampir)
  4. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
  5. Pertemuan Keempat (Terlampir)
  6. Pertemuan Kelima (Terlampir)
  7. Pertemuan Keenam (Terlampir)
  8. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  9. Remedial
  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Membuat kalimat atau percakapan berisi tentang how to greet, how to leave, how to say goodbye, how to say sorry and thank.

  1. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  • Perbedaan cara menyapa, berpamitan, meminta maaf dan berterima kasih

  1. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
  • Media :
    • Worksheet atau lembar kerja (siswa)
    • Lembar penilaian
    • Laboratorium komputer sekolah atau warnet
    • Perpustakaan sekolah
  • Alat/Bahan :
    • Penggaris, spidol, papan tulis
    • Laptop & infocus
    • Slde presentasi (ppt)
  • Sumber Belajar :
    • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
    • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


……………, ……………….. 20…..

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Mata Pelajaran



……………………………………                             …………………………………….
NIP/NRK.                                                                   NIP/NRK.


LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
PENILAIAN OBSERVASI

Rubrik:
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
  1. Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
  2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
  3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
  4. Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten

Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
  1. Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
  2. Cukupjika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
  3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
  4. Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
  1. Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
  2. Cukup jika menunjukkan  ada sedikit usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten
  3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
  4. Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No Nama Siswa Sikap
Tanggung Jawab Jujur Peduli Kerjasama Santun Percaya diri Disiplin
KR CK BA SB KR CK BA SB KR CK BA SB KR CK BA SB KR CK BA SB KR CK BA SB KR CK BA SB
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1 Sultan Haykal                                                        
2                                                          
3                                                          
4                                                          
5                                                          
dst                                                          
K  : Kurang          C: Cukup               B:    Baik           SB  : Baik Sekali

REKAPITULASI PENILAIAN SIKAP – OBSERVASI
No Nama Siswa SIKAP Skor Rata-rata
Tanggung Jawab Jujur Pedul Kerja Sama Santun Percaya Diri Disiplin
1 Sultan Haykal                
2 Aisy Anindya                
3                  
4                  
5                  
dst ……………                


Lembar Penilaian Sikap – Observasi pada Kegiatan Praktikum

Mata Pelajaran     : …………..
Kelas/Semester    : …………..
Topik/Subtopik    : …………..
Indikator             : Peserta didik menunjukkan perilaku ilmiah disiplin, tanggung jawab, jujur, teliti dalam melakukan percobaan ……………………………………..
No Nama Siswa Disiplin Tanggung Jawab Kerja sama Teliti Kreatif Peduli Lingkungan Ket.
1 Sultan Haykal              
2 Aisy Anindya              
3                
4                
5                
dst ……………              
Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang

Lembar Penilaian Sikap – Observasi pada Kegiatan Diskusi

Mata Pelajaran     : …………..
Kelas/Semester    : …………..
Topik/Subtopik    : …………..
Indikator             : Peserta didik menunjukkan perilaku kerja sama, santun, toleran, responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
No Nama Siswa Kerja sama Rasa Ingin Tahu Santun Komunikatif Keterangan
1 Sultan Haykal          
2 Aisy Anindya          
3            
4            
5            
dst ……………          
Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
4 = sangat baik            3 = baik           2 = cukup        1 = kurang


LEMBAR PENILAIAN SIKAP – DIRI (PENILAIAN DIRI)

Nama :
Kelas :
Kelompok :………………………………………
Untuk pertanyaan 1 sampai dengan 6,tulismasing-masing huruf sesuai dengan pendapatmu!
A = Selalu            B = Sering              C = Jarang       D = Tidak pernah
1 Saya memiliki motivasi dalam diri saya sendiri selama proses pembelajaran
2 Saya bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok
3 Saya menunjukkan sikap konsisten dalam proses pembelajaran
4 Saya menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
5 Saya menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi
6 Saya menunjukkan sikap toleransi dan saling menghargai terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah
7 Saya menunjukan sikap positip (individu dan social) dalam diskusi kelompok
8 Saya menunjukkan sikap ilmiah pada saat melaksanakan studi literatur atau pencarian informasi
9 Saya menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan kejujuran, kerja keras, disiplin dan tanggung jawab
10 Selama kegiatan pembelajaran, tugas apa yang kamu lakukan? ……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………….
Pedoman Penskoran:        Skor 4, jika A = Selalu
Skor 3, jika B = Sering
Skor 2, jika C = Jarang
Skor 1, jika D = Tidak pernah

          Skor Perolehan  =

Penilaian Sikap – Diri
setelah peserta didik selesai belajar satu KD

Topik       :   ………………………………………………………….
Nama       :   …………………                  Kelas      : …………………

Setelah mempelajari materi ……………………., Anda dapat melakukan penilaian diri dengan cara memberikan tanda ü pada kolom yang tersedia sesuai dengan kemampuan
No Pernyataan Sudah Memahami Belum Memahami
1 Memahami ……………………………………..    
2 Memahami ……………………………………..    
3 Memahami ……………………………………..    
4 Memahami ……………………………………..    

REKAPITULASI PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK

Mata Pelajaran     :  …………………………………….
Topik/Materi        :  …………………………………….
Kelas                   :  …………………………………….
No Nama Skor Pernyataan penilaian Diri Jumlah Nilai
1 2 3 …. ….
1 Sultan Haykal 2 1 2 …. ….    
2 Aisy Anindya 2 2 1 …. ….    
3                
4                
5                
dst ……………              
1 Sultan Haykal              
Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus:
Skor Perolehan =   x100

Penilaian Sikap – Diri (setelah melaksanakan suatu tugas)

Topik       :   ………………………………………………………….
Nama       :   …………………                  Kelas      : …………………

Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.
No Pernyataan Sudah Memahami Belum Memahami
1 Selama melakukan tugas kelompok saya bekerjasama dengan teman satu kelompok    
2 MemahaSaya mencatat data dengan teliti dan sesuai dengan fakta    
3 Saya melakukan tugas sesuai dengan jadwal yang telah dirancang    
4 Saya membuat tugas terlebih dahulu dengan membaca literatur yang mendukung tugas    
5 …………………………    
Skor : Ya = 2     Tidak =1

REKAPITULASI PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK

Mata Pelajaran     :  …………………………………….
Topik/Materi        :  …………………………………….
Kelas                   :  …………………………………….
No Nama Skor Pernyataan penilaian Diri Jumlah Nilai
1 2 3 …. ….
1 Sultan Haykal 2 1 2 …. ….    
2 Aisy Anindya 2 2 1 …. ….    
3                
4                
5                
dst ……………              
Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus:
Nilai =   x100

Penilaian Sikap – Antar Peserta Didik

Mata Pelajaran     : …………..
Kelas/Semester    : …………..
Topik/Subtopik    : …………..
Indikator             : Peserta didik menunjukkan perilaku kerja sama, santun, toleran, responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.

Penilaian antar Peserta Didik

Topik/Subtopik: ………………………………….                 Nama Teman yang dinilai: ……………………
Tanggal Penilaian: ……………………………….                 Nama Penilai:……………………………………..

Amati perilaku temanmu dengan cermat selamat mengikuti pembelajaran
– Berikan tanda v pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatannu.
– Serahkan hasil pengamatanmu kepada gurumu
No Perilaku Dilakukan / Muncul
Ya Tidak
1 Mau menerima pendapat teman    
2 Memaksa teman untuk menerima pendapatnya    
3 Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan    
4 Mau bekerjasama dengan semua teman    
5 …………………………    
Pemberian skor untuk perilaku positif = 2, Tidak = 1. Untuk yang negatif Ya = 1  Tidak = 2

Rekapitulasi Penilaian antar Peserta Didik
No Nama Skor Perilaku Jumlah Nilai
1 2 3 4 5
1 Sultan Haykal 2 1 2 2 2 9  
2 Aisy Anindya 2 2 1 …. …. ….  
3                
dst ……………              
Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus:
Skor Perolehan =   x100

LEMBAR PENILAIAN SIKAP – TEMAN SEBAYA
Instrumen
Petunjuk:
Berilah tanda (x) pada pilihan yang paling menggambarkan kondisi teman sejawat kamu dalam kurun waktu 1 (satu) minggu terakhir.
Nama Teman yang Dinilai    :   ……………………..
Kelas                                     :   ……………
No. Aspek Penilaian Keterangan
4 3 2 1
1. Siswa  bertanya kepada teman ketika mengerjakan tugas individu        
2. Siswa  meniru/menyontek pekerjaan teman pada saat ulangan        
3. Siswa tidak mengeluh ketika menyelesaikan tugas individu atau kelompok        
4. Siswa menuntaskan tugas yang diberikan guru        
5. Siswa bertanya kepada guru atau teman ketika proses pembelajaran berlangsung        
6. Siswa mengumpulkan tugas tepat waktu        
Jumlah        
Total Skor  
Keterangan:
4  : Tidak Pernah (intensitas sikap yang diamati tidak muncul)
3  : Jarang (intensitasnya sikap yang diamati sebagian kecil muncul)
2  : Sering (intensitasnya sikap yang diamati sebagian besar muncul)
1  : Selalu (intensitasnya  sikap yang diamati selalu muncul)

Nilai =
Kategori:           86 – 100     :  Sangat Baik                     71 – 85       : Baik
55 – 70      : Cukup                             < 55            : Kurang
LEMBAR PENILAIAN SIKAP  – JURNAL

Nama Siswa    : ………………..
Kelas               : ………………
No. Hari/Tanggal Sikap/Perilaku Keterangan
Positif Negatif
         
         
         
         
         
Kesimpulan :
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………


Penilaian Sikap – Jurnal

Nama Peserta Didik    :   ……………………………………………….……..
Kelas                            :   ……………………………………………….……..
Aspek yang diamati     :   ……………………………………………….……..
No Hari/tanggal Kejadian Keterangan / Tindak Lanjut
1      
2      
3      
dst      
Nilai jurnal menggunakan skala Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K)

LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN TERTULIS
(Bentuk Uraian)
Soal Tes Uraian
  1. ………………………………………………………………………………….
  2. ………………………………………………………………………………….
  3. ………………………………………………………………………………….
  4. ………………………………………………………………………………….
  5. ………………………………………………………………………………….

Kunci Jawaban Soal Uraian dan Pedoman Penskoran
Alternatif jawaban Penyelesaian Skor
1   2
2   2
3   2
4   2
5   2
  Jumlah 10
Nilai =

Penilaian Pengetahuan – Tes Tulis Uraian
Topik         :   ………………….
Indikator    :   …………………..
Soal            : ………………….
  1. ………………….
  2. ………………….
Jawaban     :
  1. …………………
  2. …………………

Pedoman Penskoran
No Jawaban Skor
1    
2    
3    
Skor maksimal  

LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN -TERTULIS
 (Pilihan Ganda)
Pilih Satu Jawaban yang paling tepat !
1.
a.
b.
c.
d.
dst.
Kunci Jawaban Piliahan Ganda dan Pedoman Penskoran
Alternatif  Jawaban Penyelesaian Skor
1   1
2   1
3   1
4   1
….   1
20   1
  Jumlah 20
Nilai =


Penilaian Pengetahuan – Tes Tulis Pilihan Ganda
Topik             :   …………………………………………………………………. Indikator       :   ………………………………………………………………….
Soal               :   ………………………………………………………………….
Jawaban        :
a.   ………………………………………………………………
b.   ………………………………………………………………
c.   ………………………………………………………………
d.  ………………………………………………………………
e.   ………………………………………………………………

LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN (ANALISIS)- TES TERTULIS

No Nama Siswa Pilihan ganda Essay Skor Nilai
01 02 03 04 05 06 07 08 09 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 01 02 03 04 05 PG E
1 Sultan Haykal                                                        
2 Aisy Anindya                                                        
3                                                          
4                                                          
5                                                          
dst                                                          

LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan

KELAS : .……………..
No Nama Peserta Didik Pernyataan
Pengungkapan gagasan yang orisinil Kebenaran Konsep Ketepatan penggunaan istilah Dan lain sebaginya
Ya Tidak Ya Tidak Ya Tidak Ya Tidak
1 Sultan Haykal                
2 Aisy Anindya                
3                  
4                  
5                  
dst ……………                


Penilaian pengetahuan – Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
No Nama Peserta Didik Pernyataan Jumlah
Pengungkapan gagasan yang orisinil Kebenaran konsep Ketepatan penggunaan istilah
Ya Tidak Ya Tidak Ya Tidak Ya Tidak
1 Sultan Haykal                
2 Aisy Anindya                
3                  
4                  
5                  
dst ……………                


LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
PENILAIAN PENUGASAN

Penilaian Pengetahuan – Penugasan
Mengidentifikasi ……………………. Tugas       : Menyusun laporan hasil percobaan tentang cara kerja …………………….secara tertulis dengan berbagai media.
Indikator :  membuat laporan hasil percobaan cara kerja …………………….

Langkah Tugas :
1.   Lakukan observasi ke pasar atau tempat lainnya untuk mendapatkan informasi mengenai …………………….
2.   Datalah yang kamu dapatkan dalam bentuk tabel yang berisi ……………………., ……………………..
3.   Diskusikan hasil observasi yang kamu lakukan beersama teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan berikut:
a.   Jenis …………………….apa yang paling banyak kamu temukan dipasaran?
b.   Bagaimana yang terjadi?
c.   Keuntungan apa yang diperoleh dalam kehidupan?
4.   Tuliskan hasil kegiatannmu dalam bentuk laporan dan dikumpulkan serta dipresentasikan pada kegiatan pembelajaran berikutnya

Rubrik Penilaian
No. Kriteria Kelompok
9 8 7 6 5 4 3 2 1
1 Kesesuaian dengan konsep dan prinsip bidang studi                  
2 Ketepatan memilih bahan                  
3 Kreativitas                  
4 Ketepatan waktu pengumpulan tugas                  
5 Kerapihan hasil                  
  Jumlah skor                  
Keterangan:            4 = sangat baik,           3 = baik,          2 = cukup baik,                       1 = kurang baik
NilaiPerolehan =


LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN – UNJUK KERJA

Pekerjaan :
  • ……………………………………………………………………………………………………………………
  • ……………………………………………………………………………………………………………………
  • ……………………………………………………………………………………………………………………
  • ……………………………………………………………………………………………………………………
  • ……………………………………………………………………………………………………………………

Tabel : Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Tingkat Kriteria
4 Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungandengan tugas ini. Ciri-ciri: Semua jawaban benar,sesuai dengan prosedur operasi dan penerapan konsep yang berhubungandengan tugas ini
3 Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungandengan tugas ini. Ciri-ciri: Semua jawaban benar tetapi ada cara yang tidak sesuai atau ada satu jawaban salah. Sedikitkesalahanperhitungandapatditerima
2 Jawaban menunjukkan keterbatasan atau kurang memahami masalah yang berhubungan dengan tugas ini. Ciri-ciri:
Ada jawaban yang benar dan sesuai dengan prosedur, dan ada jawaban tidak sesuai dengan permasalahan yang ditanyakan.
1 Jawaban hanya menunjukkan sedikit atau sama sekali tidak ada pengetahuanbahasa Inggris yang berhubungan dengan masalah ini. Ciri-ciri:
Semua jawaban salah, atau
Jawaban benar tetapi tidak diperoleh melalui prosedur yangbenar.
0 Tidak ada jawaban atau lembar kerja kosong


LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN- UNJUK KERJA

KELAS : .…………..
No Nama Siswa Tingkat Nilai Ket.
4 3 2 1
1 Sultan Haykal            
2 Aisy Anindya            
3              
4              
5              
dst ……………            


Lembar Pengamatan
Penilaian Keterampilan – Unjuk Kerja/Kinerja/Praktik

Topik       :  ………………………..
KI            :  ………………………..
KD           :  ………………………..
Indikator  :  ………………………..
No Nama Persiapan Percobaan Pelaksanaan Percobaan Kegiatan Akhir Percobaan Jumlah Skor
1 Sultan Haykal        
2 Aisy Anindya        
3          
4          
5          
dst ……………        

No Keterampilan yang dinilai Skor Rubrik
1 Persiapan Percobaan (Menyiapkan alat Bahan) 30 –   Alat-alat tertata rapih sesuai dengan keperluannya –   Rangkaian alat percobaan tersusun dengan benar dan tepat
–   Bahan-bahan tersedia di tempat yang sudah ditentukan.
20 Ada 2 aspek yang tersedia
10 Ada 1 aspek yang tersedia
2 Pelaksanaan Percobaan
30 –   Menggunakan alat dengan tepat –   Membuat bahan percobaan yang diperlukan dengan tepat
–   Menuangkan / menambahkan bahan yang tepat
–   Mengamati hasil percobaan dengan tepat
20 Ada 3 aspek yang tersedia
10 Ada 2 aspek yang tersedia
3 Kegiatan akhir praktikum 30 –   Membuang larutan atau sampah ketempatnya –   Membersihkan alat dengan baik
–   Membersihkan meja praktikum
–   Mengembalikan alat ke tempat semula
20 Ada 3 aspek yang tersedia
10 Ada 2 aspek yang tersedia

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN – PROYEK

Proyek :                    
  • ……………………………………………………………………………………………………………………
  • ……………………………………………………………………………………………………………………
  • ……………………………………………………………………………………………………………………
  • ……………………………………………………………………………………………………………………
  • ……………………………………………………………………………………………………………………

Orientasi Masalah:
Bentuklah tim kelompokmu, kemudian pergilah ke ……………… yang ada di ……………..mu. Ambil alat …………….. yang digunakan untuk ……………….. terhadap ……………. ……………… antara …………… terhadap ………….yang berada di ………….., lakukan berulang-ulang sehingga kamu menemukan …………….yang ……………… antara ……………. dengan …………… tersebut!

Langkah-langkah Pengerjaan:
  1. Kerjakan tugas ini secara kelompok. Anggota tiap kelompok paling banyak 4 orang.
  2. Selesaikan masalah terkait ……………
  3. Cari data …………… dengan ……………….. tersebut
  4. Bandingkan untuk mencari ………….. umum jumlah ……………………..pertahun
4    Lakukan prediksi …………….. dengan ……………… tersebut
  1. Hasil pemecahan masalah dibuat dalam laporan tertulis tentang kegiatan yang dilakukan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan pemecahan masalah, dan pelaporan hasil pemecahan masalah
  2. Laporan bagian perencanaan meliputi: (a) tujuan kegiatan, (b) persiapan/strategi untuk pemecahan masalah
  3. Laporan bagian pelaksanaan meliputi: (a) pengumpulan data, (b) proses pemecahan masalah, dan (c) penyajian data hasil
  4. Laporan bagian pelaporan hasil meliputi: (a) kesimpulan akhir, (b) pengembangan hasil pada masalah lain (jika memungkinkan)
  5. Laporan dikumpulkan paling lambat …………… minggu setelah tugas ini diberikan



Rubrik Penilaian Proyek:
Kriteria Skor
·     Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah ·     Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
·     Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang benar dan tepat
·     Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti
·     Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
·     Kerjasama kelompok sangat baik
4
·     Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah ·     Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
·     Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang benar dan tepat
·     Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti
·     Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
·     Kerjasama kelompok sangat baik
3
·     Jawaban benar tetapi kurang sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah ·     Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
·     Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang kurang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat
·     Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data kurang berbasis bukti
·     Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang kurang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
·     Kerjasama kelompok baik
2
·     Jawaban tidak benar ·     Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
·     Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang tidak jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat
·     Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data tidak berbasis bukti
·     Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang tidak sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
·     Kerjasama kelompok kurang baik
1
Tidak melakukan tugas proyek 0

Penilaian Keterampilan – Proyek

Mata Pelajaran    :   ……………                            Guru Pembimbing  :   ……………
Nama Proyek      :   ……………                            Nama                      :   ……………
Alokasi Waktu    :   ……………                            Kelas                      :   ……………
No Aspek Skor (1 – 5)
1 Perencanaan : a. Rancangan Alat
– Alat dan bahan
– Gambar rancangan/desain
b. Uraian cara menggunakan alat
 
2 Pelaksanaan : a. Keakuratan Sumber Data / Informasi
b. Kuantitas dan kualitas Sumber Data
c. Analisis Data
d. Penarikan Kesimpulan
 
3 Laporan Proyek : a. Sistematika Laporan
b. Performans
c. Presentasi
 
Total Skor  

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN PRODUK

Nama Produk                     :  ………………………………..
Nama Peserta Didik           :  ………………………………..
No Aspek Skor
1 Perencanaan Bahan 1 2 3 4
2 Proses Pembuatan –      Persiapan Alat dan Bahan
–      Teknik Pengolahan
–      K3 ( Keamanan, Keselamatan, dan Kebersihan)
       
3 Hasil Produk –      Bentuk Fisik
–      Bahan
–      Warna
–      Pewangi
–      ……..
       
Total Skor          
  • Aspek yang dinilai disesuaikan dengan jenis produk yang dibuat
  • Skor diberikan tergantung dari ketepatan dan kelengkapan jawaban yang diberikan. Semakin lengkap dan tepat jawaban, semakin tinggi perolehan skor.

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN PORTOFOLIO
Tugas
  • ……………………………………………………………………………………………………………………
  • ……………………………………………………………………………………………………………………
  • ……………………………………………………………………………………………………………………
  • ……………………………………………………………………………………………………………………
  • ……………………………………………………………………………………………………………………

Rubrik Penilaian

Nama siswa        :    ………………….
Kelas                   :    ………………….
No Kategori Skor Alasan
1 Apakah portofolio lengkap dan sesuai dengan rencana?    
2 Apakah lembar isian dan lembar kuesioner yang dibuat sesuai?    
3 Apakah terdapat uraian tentang prosedur pengukuran/pengamatan yang dilakukan?    
4 Apakah isian hasil pengukuran/pengamatan dilakukan secara benar?    
5. Apakah data dan fakta yang disajikan akurat?    
6. Apakah interpretasi dan kesimpulan yang dibuat logis?    
7. Apakah tulisan dan diagram disajikan secara menarik?    
8. Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD?    
Jumlah    
Kriteria :   5 = sangatbaik,                        4 = baik,                      3 = cukup,                                           2 = kurang, dan                      1 = sangat kurang

Penilaian Keterampilan – Produk

Mata Pelajaran    :   ……………                     Nama Peserta Didik   : ……………
Nama Produk     :   ……………                     Kelas                          : ……………
Alokasi Waktu    :   ……………

No Aspek Skor (1 – 5)
1 Tahap Perencanaan Bahan  
2 Tahap Proses Pembuatan : a. Persiapan alat dan bahan
b. Teknik Pengolahan
c. K3 (Keselamatan kerja, keamanan dan kebersihan)
 
3 Tahap Akhir (Hasil Produk) a. Bentuk fisik
b. Inovasi
 
Total Skor  

Penilaian Keterampilan – Portofolio

Mata Pelajaran     : …………………………..
Kelas/Semester    : …………………………..
Peminatan            : …………………………..
Tahun Ajaran       : 2015/2016
Judul portofolio   : Pelaporan merancang /perakitan alat praktikum dan Penyusunan laporan praktikum
Tujuan                 : Peserta didik dapat merancang/merakit alat dan menyusun laporan praktikum bidang studi sebagai tulisan ilmiah
Ruang lingkup     :  Karya portofolio yang dikumpulkan adalah laporan seluruh hasil rancangan/rakitan alat dan laporan praktikum bidang studi semester 1

Uraian tugas portofolio
  1. Buatlah laporan kegiatan merancang/merakit alat, laporan praktikum bidang studi sebagai tulisan ilmiah
  2. Setiap laporan dikumpulkan selambat-lambatnya seminggu setelah peserta didik melaksanakan tugas



Penilaian Portofolio Penyusunan Laporan Perancangan Percobaan dan Laporan Praktik

Mata Pelajaran                      :   …………………
Alokasi Waktu                      :
Sampel yang dikumpulkan   :   Laporan
Nama Peserta didik              :   …………………
Kelas                                     :   …………………

No Indikator Periode Aspek yang dinilai Catatan / Nilai
Kebenaran Konsep Kelengkapan gagasan Sistematika Tata Bahasa
1 …. ….          
2 Menyusun laporan perancangan percobaan            
3 Menyusun laporan praktikum            
4 …. ….          

Rubrik Penilaian portofolio Laporan Praktikum
No Komponen Skor
1 Kebenaran Konsep Skor 25 jika seluruh konsep bidang studi pada laporan benar Skor 15 jika sebagian konsep bidang studi pada laporan benar
Skor 5 jika semua konsep bidang studi pada laporan salah
2 Kelengkapan gagasan Skor 25 jika kelengkapan gagasan sesuai konsep Skor 15 jika kelengkapan gagasan kurang sesuai konsep
Skor 5 jika kelengkapan gagasan tidak sesuai konsep
3 Sistematika Skor 25 jika sistematika laporan sesuai aturan yang disepakati Skor 15 jika sistematika laporan kuang sesuai aturan yang disepakati
Skor 5 jika sistematika laporan tidak sesuai aturan yang disepakati
4 Tatabahasa Skor 25 jika tatabahasa laporan sesuai aturan Skor 15 jika tatabahasa laporan kuang sesuai aturan
Skor 5 jika tatabahasa laporan tidak sesuai aturan
Keterangan:
Skor maksimal = jumlah komponen yang dinilai x 25 = 4 x 25 = 100
Nilai portofolio = Nilai =  x 4

Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.)
Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.)
J U D U L ………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………………

……………, ……………….. 20…..

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Mata Pelajaran


……………………………………                             …………………………………….
NIP/NRK.                                                                   NIP/NRK.


Catatan Kepala Sekolah
……………………………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………………

No comments:

Post a Comment