SILABUS BAHASA INDONESIA
|
||
Nama
Sekolah
|
:
SMP Negeri 160 Jakarta
|
|
Kelas
|
:
VIII
|
|
Tahun
Pelajaran
|
||
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
3.1
Mengidentifikasi unsurunsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang
didengar dan dibaca
4.1
Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan
didengar
|
Pengertian teks berita
Unsur-unsur berita (5 W + 1H)
Ringkasan dan penyimpulan berita
Langkah-langkah menyimpulkan pokok-pokok
berita
Tanggapan terhadap isi berita
|
Mengamati teks berita baik yang diperdengarkan atau ditayangkan
Mendiskusikan hasil membaca untuk
memeroleh pemahaman tentang unsur-unsur berita
Mendiskusikan langkahlangkah menentukan
pokokpokok/unsur-unsur berita
Merumuskan ringkasan/kesimpulan unsurunsur
teks berita yang dibaca
Menanggapi berita
|
3.2
Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi)
yang didengar dan dibaca berita
4.2 Menyajikan data, informasi dalam bentuk
berita secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur, kebahasaan,
atau aspek lisan (lafal,
intonasi, mimik, kinesik)
|
Struktur teks berita - Kepala berita (lead) - Tubuh berita - Ekor berita
Kaidah-kaidah kebahasaan teks berita
Bahasa baku dan tidak baku (pengayaan)
|
Membaca berbagai sumber untuk memahami struktur teks berita, kaidah
kebahasaan (bahasa baku, kalimat langsung, konjungsi bawah, konjungsi
temporal dan kronologis, keterangan waktu, kata kerja mental) yang digunakan
dalam menulis bagian-bagian teks berita
Mendata objek dari berbagai sumber tentang berita, bahan, dan
cara/langkah-langkah kegiatan yang disusun menjadi teks berita
Menulis teks berita dengan memperhatikan unsur-unsur berita dan pola
penyajiannya
Membacakan teks berita yang ditulis
|
3.3
Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat
bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.3
Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi)
dari berbagai sumber
|
Pengertian dan Teks iklan, slogan, poster
Unsur-unsur teks Iklan, slogan, poster Penyimpulan maksud suatu iklan
Menceritakan kembali iklan
|
Mendata informasi isi dan unsur–unsur yang terdapat pada iklan, slogan, atau
poster
Menelaah dan membedakan unsur-unsur iklan, slogan, dan poster
Mendiskuskan simpulan isi teks iklan, slogan, atau poster
Mempresentasikan isi teks iklan, slogan, atau poster
|
3.4
Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang
membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.4
Menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster
secara lisan dan tulis
|
Unsur-unsur iklan, slogan, dan poster
Cara menyusun teks iklan, slogan, poster
|
Mendiskusikan ciri-ciri atau komponen dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau
poster berdasarkan teks iklan, slogan,
atau poster yang dibaca/didengar/disaksikan
Menganalisis langkah-langkah
penulisan iklan, slogan atau poster
Merumuskan konteks iklan, slogan, atau poster sesuai dengan keperluan untuk
bahan penulisan slogan dan/poster
Menulis iklan, slogan, atau poster berdasarkan konteks yang telah dirumuskan
Mempresentasikan iklan, slogan, dan/atau poster yang ditulis dengn berbagai
variasi
|
3.5
Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari
koran/majalah) yang didengar dan dibaca yang didengar dan dibaca
4.5
Menyimpulkan isi teks eksposisi (artikel ilmiah populer dari koran dan
majalah) yang diperdengarkan dan dibaca
|
Pengertian teks eksposisi Unsur-unsur teks eksposisi: gagasan dan
fakta-fakta
Pola-pola pengembangan teks eksposisi
Simpulan teks eksposisi berdasarkan gagasan utamanya
Jenis-jenis paragraf dalam teks eksposisi
|
Mengamati teks eksposisi untuk merumuskan pengertiannya
Mendata dan merumuskan unsur-unsur teks eksposisi yang meliputi gagasan dan
fakta dan pola pengembangannya
Mengakaji hubungan bagianbagian
struktur dan kebahasaan teks eksposisi
Menelaah dan informasi isi teks sesuai dengan bagian-bagian teks eksposisi
Menyimpulkan isi teks eksposisi hasil diskusi
|
3.6
Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari
koran/majalah) yang diperdengarkan atau dibaca
4.6 Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam
bentuk teks eksposisi berupa yang artikel ilmiah populer (lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis
dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan
|
Struktur teks eksposisi
Kaidah teks ekposisi
Langkah-langkah menyusun teks eksposisi
Menyanting teks eksposisi
|
Mendiskusikan struktur dan penggunaan kaidah bahasa teks ekspoisi
Menyusun kerangka teks ekspoisi berdasarkan struktu, kaidah bahasa, ciri
kebahasaan, dan pola pengembangan kebahasaan berdasarkan objek yang akan
ditulis
Menulis teks eksposisi
Mempresentasikan teks eksposisi
|
3.7
Mengidentifikasi unsurunsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau
dibaca
4.7
Menyimpulkan unsurunsur pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan
atau dibaca
|
Pengertian teks puisi
Unsur-unsur pembentuk teks puisi
Simpulan isi, unsur-unsur pembangun teks puisi, dan jenis-jenisnya
Periodesasi puisi (Pengayaan)
|
Mengamati model-model teks puisi
Merumuskan pengertiaan puisi
Mendiskusikan isi teks puisi yang dibaca
Mendiskusikan unsur-unsur pembangun puisi dan jenisjenisnya
Mempresentasikan hasil diskusi
|
3.8
Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca 4.8 Menyajikan
gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan
unsurunsur pembangun puisi
|
Unsur lahir (bentuk) dan batin (makna) puisi.
Pengungkapan gagasan, perasaan, pandangan penulis Pembacaan puisi
(ekspresi, lafal, tekanan, intonasi)
|
Merumuskan unsur-unsur pembentuk teks puisi
Mengidentifikasi isi, penggunaan bahasa, kata-kata (konotasi dan denotasi)
dalam teks puisi
Menulis puisi berdasarkan konteks
Membacakan puisi yang ditulis dan menanggapinya
|
3.9
Mengidentifikasi informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu
fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca dengan memperhatikan struktur,
unsur kebahasaan, dan isi secara tertulis
4.9
Meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena
dari beragam sumber yang didengar dan dibaca
|
Pengertian teks eksplanasi Ciri-ciri teks eksplanasi berdasar-kan
pola/struktur teks eksplanasi
Gagasan umum dalam teks eksplanasi
Langkah-langkah meringkas isi teks
eksplanasi berdasar-kan gagasan umumnya
|
Mengamati
suatu model teks eksplanasi
Menyimpulkan
pengertian, ciriciri berdasarkan pola/struktur teks eksplanasi
Mendata
gagasan umum dam teks eksplanasi
Meringkas isi
teks eksplanasi
Memajang
ringkasan teks eksplanasi
|
3.10
Menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang
diperdengarkan atau dibaca
4.10
Menyajikan informasi, data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya
suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur
kebahasaan, atau aspek lisan
|
Ragam isi teks eksplanasi Struktur teks eksplanasi
Kaidah teks eksplanasi
Pola-pola pengembangan teks eksplanasi
|
Mengamati
model-model teks eksplanasi
Mendata isi,
struktur, dan kaidah teks eksplanasi
Mendata
peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan siswa tinggal sebagai bahan
menulis teks eksplanasi
Menulis teks
eksplanasi sesuai dengan kerangka/pola
yang telah dirancang
Memajang teks
eksplanasi yang disusun dan ringkaannya
|
3.11
Mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya (film,
cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan
4.11
Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen,
puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar
|
Pengertian teks ulasan
Macam-macam teks ulasan berdasar-kan isinya
Maksud/arti penting teks
ulasan
Kelebihan/kelemahan dalam teks ulasan.
|
Mengamati
suatu model teks ulasan
Berdiskusi
tentang pengertian dan macam-macam isi teks ulasan
Mendiskusikan
maksud dan cara mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan
Menuliskan
informasi berupa pernyataan kelebihan dan kekurangan benda yang terdapat pada
teks ulasan
Membacakan
kelebihan produk, karya, benda pada teks ulasan yang diidentifikasi
|
3.12
Menelaah struktur dan kebahasaan teks
ulasan (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan
dan dibaca 4.12 Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen,
puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan
struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
|
Struktur teks ulasan:
1.
orientasi
2.
tafsiran
3.
rangkuman
4.
evaluasi
Kaidah kebahasaan teks ulasan
Cara menulis teks ulasan
|
Mendiskusikan
struktur, bahasaan, dan isi teks ulasan produk, karya, atau benda
Mendata
keunggulan dan kelemahan/kekurangan produk, karya, atau benda tertentu
sebagai bahan menulis teks ulasan
Menulis teks
ulasan dengan memperhatikan struktur, kaidah-kaidah bahasa, dan data produk,
karya, atau benda
Memajang teks
ulasan untuk dikomentari siswa lain (perorangan/kelompok)
|
3.13
Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang
berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca
4.13 Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai
hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca
|
Pengertian dan is teks persuasi
Ajakan-ajakan dalam teks persuasi • Langkah-langkah penyusunan kesimpulan
|
Mengamati
model-model teks persuasi
Berdiskusi
tentang informasi pada teks persuasi yang didengarkan/dibaca dan cara
menyajikan ulang isinya
Merumuskan
informasi yang terdapat pada teks persuasi sesuai dengan bagian-bagian teks
persuasi
Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi teks persuasi
|
3.
14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan,
dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang
didengar dan dibaca
4.14
Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara
tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan
|
Struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi
Menggunakaan konjungsi supaya dan selagi (pengayaan)
Cara menyajikan teks persuasi
Penyiapan bujukan/ajakan Memper-hatikan struktur/kaidah teks ulasan
|
Mendiskusikan
struktur, kebahasaan, dan isi teks persuasi
Mendata
permasalahan aktual yang perlu diangkat untuk diberi masukan sebagai bahan menulis
teks persuasi
Mendiskusikan
cara menyusun teks persuasi tentang masalah aktual tertentu dengan
memperhatikan gagasan utama, alasan dan bukti, saran, arahan, atau ajakan,
serta unsur kebahasaan yang digunakan
Menulis teks
persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks
persuasi
Mempresentasikan teks persuasi yang ditulis
|
3.15
Mengidentifikasi unsurunsur drama (tradisional dan modern) yang disajikan
dalam bentuk pentas atau naskah
4.15
Menginterprestasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan
ditonton/didengar
|
Pengertian/ karakteris-tik teks drama
Unsur-unsur teks drama Penjelasan
isi drama
Tanggapan atas drama
|
Memperhatikan
suatu model teks drama
Merumuskan
pengertian/karakteristik drama
Mendiskusikan
unsur-unsur dan isi drama
Mengidentifikasi isi drama
Menanggapi dan
melaporkan secara lisan dan/atau tulis isi drama yang ditonton
|
3.16
Menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang
berbentuk naskah atau pentas
4.16
Menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah
|
Karakteristik teks drama berdasar-kan struktur dan kaidahnya
Cara menulis naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinal
Langkah-langkah pementasan drama
|
Mendiskusikan
karakteristik unsur drama dan kaidah kebahasaan teks drama
Mendiskusikan
cara menulis teks drama dan penyajiannya
Menulis teks
drama
Mementaskan
drama secara berkelompok
|
3.17
Menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.17
Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
Literasi buku fiksi dan non fiksi
Keragaman informasi dalam buku fiksi/nonfiksi
Informasi buku melalui indeks
Catatan tentang isi buku Teknik-teknik
membaca
|
Mendiskusikan
informasi dan peta konsep alur dalam buku fiksi dan nonfiksi
Membuat peta
konsep alur dari buku fiksi dan nonfiksi
Mempresentasikan informasi peta
konsep alur buku fiksi dan nonfiksi
|
3.18
Menelaah unsur buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.18
Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca secara
lisan/tertulis
|
Ungkapan dalam buku fiksi
Unsur-unsur menarik dalam buku fiksi.
Daya tarik bacaan
Mendiskusi-kan isi buku.
|
Mendiskusikan
unsur kebahasaan dalam buku fiksi Membuat tanggapan terhadap buku fiksi
Menyajikanan
tanggapan terhadap buku fiksi
Memberikan
komentar terhadap tanggapan terhadap buku fiksi
|
Jakarta, Juli 2018
Mengetahui
Kepala
Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Herda Linda Sirait, M.Pd. Sri
Budi Sukiyanto, S.Pd.
NIP 196206301987032006 NIP 196601101996031001
No comments:
Post a Comment