.mobile .content-outer, .mobile .main-outer , .mobile .post-outer { margin: 0pt auto; }

Saturday, June 30, 2018

SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMPN 160 JAKARTA - 2018/2019 - Kurtilas


SILABUS BAHASA INDONESIA

Nama Sekolah
: SMP Negeri 160 Jakarta

Kelas
: VIII

Tahun Pelajaran
: 2018/2019




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
3.1 Mengidentifikasi unsurunsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
4.1 Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar
 Pengertian teks berita
 Unsur-unsur berita (5 W + 1H)
 Ringkasan dan penyimpulan berita
  Langkah-langkah menyimpulkan pokok-pokok berita
 Tanggapan terhadap isi berita
 Mengamati teks berita baik yang diperdengarkan atau ditayangkan
  Mendiskusikan hasil membaca untuk memeroleh pemahaman tentang unsur-unsur berita
  Mendiskusikan langkahlangkah menentukan pokokpokok/unsur-unsur berita
  Merumuskan ringkasan/kesimpulan unsurunsur teks berita yang dibaca
 Menanggapi berita
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca berita
 4.2 Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan,  atau  aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, kinesik)
 Struktur teks berita - Kepala berita (lead) - Tubuh berita - Ekor berita
 Kaidah-kaidah  kebahasaan teks berita
  Bahasa baku dan tidak baku (pengayaan)
 Membaca berbagai sumber untuk memahami struktur teks berita, kaidah kebahasaan (bahasa baku, kalimat langsung, konjungsi bawah, konjungsi temporal dan kronologis, keterangan waktu, kata kerja mental) yang digunakan dalam menulis bagian-bagian teks berita
 Mendata objek dari berbagai sumber tentang berita, bahan, dan cara/langkah-langkah kegiatan yang disusun menjadi teks berita
 Menulis teks berita dengan memperhatikan unsur-unsur berita dan pola penyajiannya
 Membacakan teks berita yang ditulis

3.3 Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.3 Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
 Pengertian dan Teks iklan, slogan, poster
 Unsur-unsur teks Iklan, slogan, poster  Penyimpulan maksud suatu iklan
 Menceritakan kembali iklan
 Mendata informasi isi dan unsur–unsur yang terdapat pada iklan, slogan, atau poster
 Menelaah dan membedakan unsur-unsur iklan, slogan, dan poster
 Mendiskuskan simpulan isi teks iklan, slogan, atau poster
 Mempresentasikan isi teks iklan, slogan, atau poster
3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar

4.4 Menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis
 Unsur-unsur iklan, slogan, dan poster
  Cara menyusun teks iklan, slogan, poster
 Mendiskusikan ciri-ciri atau komponen dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster berdasarkan teks  iklan, slogan, atau poster yang dibaca/didengar/disaksikan
  Menganalisis langkah-langkah penulisan iklan, slogan atau poster
 Merumuskan konteks iklan, slogan, atau poster sesuai dengan keperluan untuk bahan penulisan slogan dan/poster
 Menulis iklan, slogan, atau poster berdasarkan konteks yang telah dirumuskan
 Mempresentasikan iklan, slogan, dan/atau poster yang ditulis dengn berbagai variasi
3.5 Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang didengar dan dibaca yang didengar dan dibaca
4.5 Menyimpulkan isi teks eksposisi (artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang diperdengarkan dan dibaca
 Pengertian teks eksposisi  Unsur-unsur teks eksposisi: gagasan dan fakta-fakta
 Pola-pola pengembangan teks eksposisi
 Simpulan teks eksposisi berdasarkan gagasan utamanya
 Jenis-jenis paragraf dalam teks eksposisi
 Mengamati teks eksposisi untuk merumuskan pengertiannya
 Mendata dan merumuskan unsur-unsur teks eksposisi yang meliputi gagasan dan fakta dan pola pengembangannya
 Mengakaji  hubungan bagianbagian struktur dan kebahasaan teks eksposisi
 Menelaah dan informasi isi teks sesuai dengan bagian-bagian teks eksposisi 
 Menyimpulkan isi teks eksposisi hasil diskusi
3.6 Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang diperdengarkan atau dibaca
 4.6 Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupa yang artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan
 Struktur teks eksposisi
 Kaidah  teks ekposisi
 Langkah-langkah menyusun teks eksposisi
 Menyanting teks eksposisi
 Mendiskusikan struktur dan penggunaan kaidah bahasa teks ekspoisi
 Menyusun kerangka teks ekspoisi berdasarkan struktu, kaidah bahasa, ciri kebahasaan, dan pola pengembangan kebahasaan berdasarkan objek yang akan ditulis
 Menulis teks eksposisi
  Mempresentasikan teks eksposisi
3.7 Mengidentifikasi unsurunsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca
4.7 Menyimpulkan unsurunsur pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca
 Pengertian teks puisi
 Unsur-unsur pembentuk  teks puisi
 Simpulan isi, unsur-unsur pembangun teks puisi, dan jenis-jenisnya
 Periodesasi puisi (Pengayaan)
 Mengamati model-model teks puisi
 Merumuskan pengertiaan puisi
 Mendiskusikan isi teks puisi yang dibaca
 Mendiskusikan unsur-unsur pembangun puisi dan jenisjenisnya
 Mempresentasikan hasil diskusi
3.8 Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca 4.8 Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi  secara tulis/lisan dengan memperhatikan unsurunsur pembangun puisi
 Unsur lahir (bentuk) dan batin (makna) puisi.
 Pengungkapan gagasan, perasaan, pandangan penulis  Pembacaan puisi (ekspresi, lafal, tekanan, intonasi)
 Merumuskan unsur-unsur pembentuk teks puisi
 Mengidentifikasi isi, penggunaan bahasa, kata-kata (konotasi dan denotasi) dalam teks puisi
 Menulis puisi berdasarkan konteks 
 Membacakan puisi yang ditulis dan menanggapinya
3.9 Mengidentifikasi informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara tertulis
4.9 Meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari  beragam  sumber yang didengar  dan dibaca

 Pengertian teks eksplanasi  Ciri-ciri teks eksplanasi berdasar-kan pola/struktur teks eksplanasi
 Gagasan umum dalam teks eksplanasi
 Langkah-langkah  meringkas isi teks eksplanasi berdasar-kan gagasan umumnya

 Mengamati suatu model teks eksplanasi
 Menyimpulkan pengertian, ciriciri berdasarkan pola/struktur teks eksplanasi
 Mendata gagasan umum dam teks eksplanasi
 Meringkas isi teks eksplanasi
 Memajang ringkasan teks eksplanasi

3.10 Menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca
4.10 Menyajikan informasi, data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan

 Ragam isi teks eksplanasi  Struktur teks eksplanasi
 Kaidah teks eksplanasi
 Pola-pola pengembangan teks eksplanasi
 Mengamati model-model teks eksplanasi
 Mendata isi, struktur, dan kaidah teks eksplanasi
 Mendata peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan siswa tinggal sebagai bahan menulis teks eksplanasi
 Menulis teks eksplanasi sesuai dengan kerangka/pola  yang telah dirancang
 Memajang teks eksplanasi yang disusun dan ringkaannya
3.11 Mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan
4.11 Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar
 Pengertian teks ulasan
 Macam-macam teks ulasan berdasar-kan isinya
 Maksud/arti penting teks
ulasan
 Kelebihan/kelemahan dalam teks ulasan.
 Mengamati suatu model teks ulasan
 Berdiskusi tentang pengertian dan macam-macam isi teks ulasan
 Mendiskusikan maksud dan cara mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan
 Menuliskan informasi berupa pernyataan kelebihan dan kekurangan benda yang terdapat pada teks ulasan
 Membacakan kelebihan produk, karya, benda pada teks ulasan yang diidentifikasi
3.12 Menelaah struktur  dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca 4.12 Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan

 Struktur teks ulasan:
1. orientasi
2. tafsiran                    
3. rangkuman
4. evaluasi                    
 Kaidah kebahasaan teks ulasan
 Cara menulis teks ulasan
 Mendiskusikan struktur, bahasaan, dan isi teks ulasan produk, karya, atau benda
 Mendata keunggulan dan kelemahan/kekurangan produk, karya, atau benda tertentu sebagai bahan menulis teks ulasan
 Menulis teks ulasan dengan memperhatikan struktur, kaidah-kaidah bahasa, dan data produk, karya, atau benda
 Memajang teks ulasan untuk dikomentari siswa lain (perorangan/kelompok)
3.13 Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca 4.13 Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca
 Pengertian dan is teks persuasi
 Ajakan-ajakan dalam teks persuasi • Langkah-langkah penyusunan kesimpulan
 Mengamati model-model teks persuasi
 Berdiskusi tentang informasi pada teks persuasi yang didengarkan/dibaca dan cara menyajikan ulang isinya
 Merumuskan informasi yang terdapat pada teks persuasi sesuai dengan bagian-bagian teks persuasi 
 Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi teks persuasi
3. 14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca
4.14 Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan
 Struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi
 Menggunakaan konjungsi supaya dan selagi (pengayaan)
 Cara menyajikan teks persuasi
 Penyiapan bujukan/ajakan  Memper-hatikan struktur/kaidah teks ulasan
 Mendiskusikan struktur, kebahasaan, dan isi teks persuasi
 Mendata permasalahan aktual yang perlu diangkat untuk diberi masukan sebagai bahan menulis teks persuasi
 Mendiskusikan cara menyusun teks persuasi tentang masalah aktual tertentu dengan memperhatikan gagasan utama, alasan dan bukti, saran, arahan, atau ajakan, serta unsur kebahasaan yang digunakan
 Menulis teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi
 Mempresentasikan teks persuasi yang ditulis
3.15 Mengidentifikasi unsurunsur drama (tradisional dan modern) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah
4.15 Menginterprestasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/didengar

 Pengertian/ karakteris-tik  teks drama
 Unsur-unsur  teks drama  Penjelasan isi drama
 Tanggapan atas drama
 Memperhatikan suatu model teks drama
 Merumuskan pengertian/karakteristik drama
 Mendiskusikan unsur-unsur dan isi drama
 Mengidentifikasi isi drama
 Menanggapi dan melaporkan secara lisan dan/atau tulis isi drama yang ditonton
3.16 Menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau pentas
4.16 Menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah
 Karakteristik teks drama berdasar-kan struktur dan kaidahnya
 Cara menulis naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinal
 Langkah-langkah pementasan drama

 Mendiskusikan karakteristik unsur drama dan kaidah kebahasaan teks drama
 Mendiskusikan cara menulis teks drama dan penyajiannya
 Menulis teks drama
 Mementaskan drama secara berkelompok
3.17 Menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.17 Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
 Literasi buku fiksi dan non fiksi
 Keragaman informasi dalam buku fiksi/nonfiksi
 Informasi buku melalui indeks
  Catatan tentang isi buku  Teknik-teknik membaca
 Mendiskusikan informasi dan peta konsep alur dalam buku fiksi dan nonfiksi
 Membuat peta konsep alur dari buku fiksi dan nonfiksi 
 Mempresentasikan informasi peta konsep alur buku fiksi dan nonfiksi
3.18 Menelaah unsur buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.18 Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca secara lisan/tertulis
 Ungkapan dalam buku fiksi
 Unsur-unsur menarik dalam buku fiksi.
 Daya tarik bacaan 
 Mendiskusi-kan isi buku.
 Mendiskusikan unsur kebahasaan dalam buku fiksi  Membuat tanggapan terhadap buku fiksi
 Menyajikanan tanggapan terhadap buku fiksi
 Memberikan komentar terhadap tanggapan terhadap buku fiksi



Jakarta,     Juli 2018

Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran,





Herda Linda Sirait, M.Pd.                                                   Sri Budi Sukiyanto, S.Pd.
NIP 196206301987032006                                                    NIP 196601101996031001

No comments:

Post a Comment