.mobile .content-outer, .mobile .main-outer , .mobile .post-outer { margin: 0pt auto; }

Monday, June 11, 2018

ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD MATEMATIKA KELAS VII K13 REVISI TERBARU

ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD

MATEMATIKA VII


MATA PELAJARAN          : MATEMATIKA
KELAS                                   : VII
MATERI  AJAR                   : HIMPUNAN


Domain Standar Kompetensi Lulusan Kompetensi Inti Kompetensi Dasar Lingkup Materi Aktivitas/Kegiatan Belajar Siswa untuk Mencapai  Kompetensi  Teknik dan Bentuk Instrumen Penilaian
Sikap Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya Himpunan Mengamati §  Mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep himpunan, seperti kumpulan hewan, kumpulan alat tulis, kumpulan tumbuhan, dan lain sebagainya
§  Mengamati tayangan gambar/video.
Menanya
§  Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya
§  Siswa termotivasi untuk berdiskusi dan mempertanyakan tentang himpunan
Mengeksplorasi
§  Menjelaskan, menguraikan, mendeskripsikan kriteria yang digunakan untuk mengkalisifikasi dan mengelompokkan benda-benda
§  Menjelaskan himpunan melalui contoh dengan bantuan diagram, gambar atau cara lainnya
§  Menyebut dan menuliskan mana yang merupakan himpunan dan bukan himpunan atau kumpulan benda dari berbagai kumpulan benda atau gambar benda dari hasil pengamatan
§  Berdiskusi, membahas, menjelaskan dan menuliskan cara menyajikan himpunan
§  Berdiskusi, membahas, dan memilih cara penyjian himpunan berdasarkan karakteristik anggotanya
§  Menentukan anggota dan banyak anggota himpunan dari kelompok tertentu berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§  Menjelaskan, mencontohkan dan menyatakan himpunan kosong, nol, berhingga, tak berhingga menggunakan konteks nyata
§  Menjelaskan, mencontohkan dan menyatakan jenis, cakupan dan karakteristik himpunan semesta dari kelompok benda/ himpunan bilangan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§  Menjelaskan karakteristik dan menentukan himpunan bagian dan banyaknya himpunan bagian dari kelompok benda/ himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§  Mendeskripsikan dan menentukan komplemen dari kelompok benda/ himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§  Menjelaskan karakteristik keanggotaan dan menentukan karakteristik keanggotaan dan hasil irisan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Menjelaskan karakteristik keanggotaan dan menuliskan hasil gabungan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Menjelaskan karakteristik keanggotaan  dan menuliskan hasil pengurangan atau selisih dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Menggambar berbagai bentuk diagram venn dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Menjelaskan dan menyebutkan hubungan himpunan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Diskusi menyelesaikan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan permasalahan dalam keseharian yang melibatkan konsep himpunan
Mengasosiasi
§  Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan konsep himpunan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh
§  Menganalisis, mengkaitkan, dan mendeskripsikan perbedaan yang merupakan himpunan dan bukan himpunan
Mengomunikasikan
§  Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan
§  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§  Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
Tugas §  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan himpunan
§  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar sejarah tokoh teori himpunan
Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§  ketelitian
§  rasa ingin tahu
§  dll.
Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan himpunan kemudian didskusikan dan direfleksikan

Tes
Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan himpunan:
§  himpunan bagian
§  komplemen
§  operasi himpunan
§  diagram Venn
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.1      Menunjukkan perilaku konsisten dan teliti dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi pemahaman tentang operasi hitung bilangan bulat dan pecahan Himpunan Mengamati §  Mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep himpunan, seperti kumpulan hewan, kumpulan alat tulis, kumpulan tumbuhan, dan lain sebagainya
§  Mengamati tayangan gambar/video.
Menanya
§  Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya
§  Siswa termotivasi untuk berdiskusi dan mempertanyakan tentang himpunan
Mengeksplorasi
§  Menjelaskan, menguraikan, mendeskripsikan kriteria yang digunakan untuk mengkalisifikasi dan mengelompokkan benda-benda
§  Menjelaskan himpunan melalui contoh dengan bantuan diagram, gambar atau cara lainnya
§  Menyebut dan menuliskan mana yang merupakan himpunan dan bukan himpunan atau kumpulan benda dari berbagai kumpulan benda atau gambar benda dari hasil pengamatan
§  Berdiskusi, membahas, menjelaskan dan menuliskan cara menyajikan himpunan
§  Berdiskusi, membahas, dan memilih cara penyjian himpunan berdasarkan karakteristik anggotanya
§  Menentukan anggota dan banyak anggota himpunan dari kelompok tertentu berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§  Menjelaskan, mencontohkan dan menyatakan himpunan kosong, nol, berhingga, tak berhingga menggunakan konteks nyata
§  Menjelaskan, mencontohkan dan menyatakan jenis, cakupan dan karakteristik himpunan semesta dari kelompok benda/ himpunan bilangan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§  Menjelaskan karakteristik dan menentukan himpunan bagian dan banyaknya himpunan bagian dari kelompok benda/ himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§  Mendeskripsikan dan menentukan komplemen dari kelompok benda/ himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§  Menjelaskan karakteristik keanggotaan dan menentukan karakteristik keanggotaan dan hasil irisan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Menjelaskan karakteristik keanggotaan dan menuliskan hasil gabungan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Menjelaskan karakteristik keanggotaan  dan menuliskan hasil pengurangan atau selisih dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Menggambar berbagai bentuk diagram venn dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Menjelaskan dan menyebutkan hubungan himpunan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Diskusi menyelesaikan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan permasalahan dalam keseharian yang melibatkan konsep himpunan
Mengasosiasi
§  Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan konsep himpunan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh
§  Menganalisis, mengkaitkan, dan mendeskripsikan perbedaan yang merupakan himpunan dan bukan himpunan
Mengomunikasikan
§  Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan
§  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§  Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
Tugas §  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan himpunan
§  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar sejarah tokoh teori himpunan
Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§  ketelitian
§  rasa ingin tahu
§  dll.
Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan himpunan kemudian didskusikan dan direfleksikan

Tes
Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan himpunan:
§  himpunan bagian
§  komplemen
§  operasi himpunan
§  diagram Venn
Pengetahuan Memiliki pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.1      Membandingkan dan mengurutkan berbagai jenis bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi Himpunan Mengamati §  Mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep himpunan, seperti kumpulan hewan, kumpulan alat tulis, kumpulan tumbuhan, dan lain sebagainya
§  Mengamati tayangan gambar/video.
Menanya
§  Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya
§  Siswa termotivasi untuk berdiskusi dan mempertanyakan tentang himpunan
Mengeksplorasi
§  Menjelaskan, menguraikan, mendeskripsikan kriteria yang digunakan untuk mengkalisifikasi dan mengelompokkan benda-benda
§  Menjelaskan himpunan melalui contoh dengan bantuan diagram, gambar atau cara lainnya
§  Menyebut dan menuliskan mana yang merupakan himpunan dan bukan himpunan atau kumpulan benda dari berbagai kumpulan benda atau gambar benda dari hasil pengamatan
§  Berdiskusi, membahas, menjelaskan dan menuliskan cara menyajikan himpunan
§  Berdiskusi, membahas, dan memilih cara penyjian himpunan berdasarkan karakteristik anggotanya
§  Menentukan anggota dan banyak anggota himpunan dari kelompok tertentu berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§  Menjelaskan, mencontohkan dan menyatakan himpunan kosong, nol, berhingga, tak berhingga menggunakan konteks nyata
§  Menjelaskan, mencontohkan dan menyatakan jenis, cakupan dan karakteristik himpunan semesta dari kelompok benda/ himpunan bilangan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§  Menjelaskan karakteristik dan menentukan himpunan bagian dan banyaknya himpunan bagian dari kelompok benda/ himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§  Mendeskripsikan dan menentukan komplemen dari kelompok benda/ himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§  Menjelaskan karakteristik keanggotaan dan menentukan karakteristik keanggotaan dan hasil irisan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Menjelaskan karakteristik keanggotaan dan menuliskan hasil gabungan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Menjelaskan karakteristik keanggotaan  dan menuliskan hasil pengurangan atau selisih dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Menggambar berbagai bentuk diagram venn dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Menjelaskan dan menyebutkan hubungan himpunan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Diskusi menyelesaikan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan permasalahan dalam keseharian yang melibatkan konsep himpunan
Mengasosiasi
§  Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan konsep himpunan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh
§  Menganalisis, mengkaitkan, dan mendeskripsikan perbedaan yang merupakan himpunan dan bukan himpunan
Mengomunikasikan
§  Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan
§  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§  Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
Tugas §  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan himpunan
§  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar sejarah tokoh teori himpunan
Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§  ketelitian
§  rasa ingin tahu
§  dll.
Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan himpunan kemudian didskusikan dan direfleksikan

Tes
Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan himpunan:
§  himpunan bagian
§  komplemen
§  operasi himpunan
§  diagram Venn
Keterampilan Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang dipelajari di sekolah atau sumber lain yang sama dengan yang diperoleh dari sekolah. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 4.1      Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana Himpunan Mengamati §  Mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep himpunan, seperti kumpulan hewan, kumpulan alat tulis, kumpulan tumbuhan, dan lain sebagainya
§  Mengamati tayangan gambar/video.
Menanya
§  Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya
§  Siswa termotivasi untuk berdiskusi dan mempertanyakan tentang himpunan
Mengeksplorasi
§  Menjelaskan, menguraikan, mendeskripsikan kriteria yang digunakan untuk mengkalisifikasi dan mengelompokkan benda-benda
§  Menjelaskan himpunan melalui contoh dengan bantuan diagram, gambar atau cara lainnya
§  Menyebut dan menuliskan mana yang merupakan himpunan dan bukan himpunan atau kumpulan benda dari berbagai kumpulan benda atau gambar benda dari hasil pengamatan
§  Berdiskusi, membahas, menjelaskan dan menuliskan cara menyajikan himpunan
§  Berdiskusi, membahas, dan memilih cara penyjian himpunan berdasarkan karakteristik anggotanya
§  Menentukan anggota dan banyak anggota himpunan dari kelompok tertentu berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§  Menjelaskan, mencontohkan dan menyatakan himpunan kosong, nol, berhingga, tak berhingga menggunakan konteks nyata
§  Menjelaskan, mencontohkan dan menyatakan jenis, cakupan dan karakteristik himpunan semesta dari kelompok benda/ himpunan bilangan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§  Menjelaskan karakteristik dan menentukan himpunan bagian dan banyaknya himpunan bagian dari kelompok benda/ himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§  Mendeskripsikan dan menentukan komplemen dari kelompok benda/ himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§  Menjelaskan karakteristik keanggotaan dan menentukan karakteristik keanggotaan dan hasil irisan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Menjelaskan karakteristik keanggotaan dan menuliskan hasil gabungan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Menjelaskan karakteristik keanggotaan  dan menuliskan hasil pengurangan atau selisih dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Menggambar berbagai bentuk diagram venn dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Menjelaskan dan menyebutkan hubungan himpunan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Diskusi menyelesaikan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan permasalahan dalam keseharian yang melibatkan konsep himpunan
Mengasosiasi
§  Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan konsep himpunan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh
§  Menganalisis, mengkaitkan, dan mendeskripsikan perbedaan yang merupakan himpunan dan bukan himpunan
Mengomunikasikan
§  Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan
§  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§  Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
Tugas §  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan himpunan
§  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar sejarah tokoh teori himpunan
Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§  ketelitian
§  rasa ingin tahu
§  dll.
Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan himpunan kemudian didskusikan dan direfleksikan

Tes
Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan himpunan:
§  himpunan bagian
§  komplemen
§  operasi himpunan
§  diagram Venn

Mengetahui,                                                                                                                                                                                                     Jakarta,     Januari 2018
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                          Guru Mata Pelajaran Matematika

No comments:

Post a Comment