.mobile .content-outer, .mobile .main-outer , .mobile .post-outer { margin: 0pt auto; }

Monday, June 11, 2018

RPP TERBARU K13 PAI SMP KELAS VIII SEMESTER 2 8.4 DISERTAI LAMPIRAN MATERI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         : SMP Negeri 160 Jakarta
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Smester             : VIII/2 ( Dua )
Materi Pokok                : Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan dari masa Umayah hingga masa
Abbasiyah
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit


  1. KOMPOTENSI INTI
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya..
KI.3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

  1. KOMPETENSI DASAR
1.3 Meyakini Nabi Muhammad SAW sebagai nabi akhir zaman
2.7 Menghargai perilaku semangat menumbuh kembangkan ilmu pengetahuan sebagai implementasi dari pemahaman
3.10 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah
4.10 Merekonstruksi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah untuk kehidupan sehari-hari

  1. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
  2. Mendeskripsikan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah
  3. Menguraikan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah untuk kehidupan sehari-hari

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Melalui pendekatan saintifik dan metode diskusi peserta didik dapat:
  1. Mendeskripsikan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah
  2. Menguraikan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah untuk kehidupan sehari-hari

  1. MATERI PEMBELAJARAN:
  2. Sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah
  3. Sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah untuk kehidupan sehari-hari

  1. METODE PEMBELAJARAN:
  2. Pendekatan : Sceintifik
  3. Model : Discovery Learning

  1. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN :
  • Media : Gambar-gambar
  • Alat/Bahan : Komputer/laptop, LCD,Power Point, Internet
  • Sumber Belajar   :
  • Al Qur’an dan terjemahnya Depag RI
  • Buku Teks PAI kelas VIII
  • Buku-buku Penunjang PAI kelas VIII
  • CD/Video Pembelajaran Interaktif

  1. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU
  Pendahuluan a.       Persiapan psikis dan fisik dalam  membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama b.      Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran.
c.       Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
d.      Memberi motivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran
5 MENIT
Inti Mengamati ·   Membaca dan mencermati teks atau bacaan tentang sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan dari masa Umayah sampai Abbasiyah.
·   Menonton film atau tayangan yang terkait dengan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah.
·   Menyimak dan membaca penjelasan mengenai sejarah sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah.
Menanya
·   Mengajukan pertanyaan tentang sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah..
·   Mengajukan pertanyaan tentang faktor-faktor yang mendukung terjadinya pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah.
Eksperimen/explore
·   Mencari bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah.
·   Menggali bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Abbasiyah.
·   Mengelompokkan tokoh-tokoh ilmuwan muslim masa Umayah.
·   Mengelompokkan tokoh-tokoh ilmuwan muslim masa Abbasiyah.
Asosiasi
·   Membuat gambaran/deskripsi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Umayah.
·   Menganalisis hubungan antara pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Umayah dengan Abbasiyah.
·   Membuat skema hubungan antara pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Umayah dengan masa Abbasiyah.
Komunikasi
·   Memaparkan bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Umayah.
·   Memaparkan bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Abbasiyah.
·   Menyajikan kesimpulan hasil analisis hubungan pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Umayah dengan masa Abbasiyah.
50 Menit

Penutup
a.    Membuat  kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan dan analisis tentang materi ajar dalam pembelajaran yang dilakukan peserta didik bersama guru b.    Melaksanakan test secara lisan
c.    Menugaskan peserta didik untuk mengerjakan pekerjaan rumah
d.   Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
5 menit
  1. PENILAIAN:
  2. Sikap Toleransi
  3. Teknik Penilaian : Observasi
  4. Bentuk Instrumen : Lembar observasi
  5. Sikap Santun
  6. Teknik Penilaian : Observasi
  7. Bentuk Instrumen : Lembar observasi
  8. Pengetahuan
  9. Teknik Penilaian
  • Tes : lisan
  • Non Tes : Penugasan kelompok
  1. Bentuk Instrumen
  • Soal tes lisan
  • Proyek
  1. Keterampilan
  2. Teknik : Observasi
  3. Bentuk Instrumen : Check list

LAMPIRAN
Rublik Penilaian Sikap Toleransi
Nama Peserta Didik                : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan               : …………………..
Materi Pokok                          : …………………..

No Aspek Pengamatan Skor
1 2 3 4
1 Menghormati pendapat teman



2 Menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender



3 Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya



4 Menerima kekurangan orang lain



5 Memaafkan kesalahan orang lain



Jumlah Skor




Rublik Penilaian Sikap Santun
Nama Peserta Didik                : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan               : …………………..
Materi Pokok                          : …………………..

No Aspek Pengamatan Skor
1 2 3 4
1 Menghormati guru  atau guru /orang yang lebih tua



2 Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain



3 Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat



4 Menggunakan bahasa santun saat mengkritik pendapat teman



5 Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain



Jumlah Skor




Rubrik Penilaian  Diskusi

  1. Tema      :
  2. Kelompok :           ……………..
  3. Kelas /Smt :           VIII/1

Berilah tanda check ( V ) pada kolom yang sesuai dengan penilaian Anda!
No. Urut Kategori Skor
Baik sekali Baik Sedang Kurang
A. KUALITAS



1. Persiapan baik



2. Organisasi jelas



3. Memberikan informasi yang didukung oleh fakta / buku



4. Informasi disampaikan dengan jelas



5. Argumentasi



6. Pernyataan (statement)  bersifat persuasif



B. ETIKA



1. Menghormati argumentasi teman dan tidak emosional



2. Saling mendengarkan dan merespon



3. Tidak menghina (menyela pembicaraan)



4. Tidak mendominasi pembicaraan



5. Secara aktif ikut terlibat



C. LAIN-LAIN



1. Cara mengevaluasi atau mengkritik teman



2. Membuat kesimpulan sementara berdasarkan bukti yang disampaikan kedua pihak




Jumlah Keseluruhan




Keterangan: Skor 4: Baik Sekali, Skor 3: Baik, Skor 2: Cukup, Skor 1: Kurang.
 



Rubrik Penilaian Keterampilan (Presentasi)

Tema                           :
Sub Tema                    :
Sub sub Tema             :
Kelompok                   : ……………..
Kelas /Smt                  : VIII/1
Alokasi Waktu            : 10 menit

No Nama Peserta didik Kemampuan presentasi 1 – 4 Kemampuan berargumentasi 1 – 4 Kemampuan Menjawab 1 – 4 Penguasaan Materi 1 – 4 Jumlah Nilai
1.





2.





3.





4.





dst






Keterangan :
Skor rentang antara 1 – 4 dengan rincian :
4 = Amat baik
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  3,20 – 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor  2,80 – 3,19
Cukup             : apabila memperoleh skor  2.40 – 2,79
Kurang            : apabila memperoleh skor kurang  2.40

LAMPIRAN MATERI

Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Islam Sampai Masa Abbasiyah

A. Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Islam Masa Abbasiyah
Kemajuan peradaban islam mulai tampak sejak pemerintahan Bani Umayyah, yakni pada masa Walid bin Abdul Malik dan diteruskan oleh Umar bin Abdul Azis. Al Walid adalah khalifah pertama Bani Umayyah yang memperhatikan seni dan budaya islam. Dialah yang pertama mendirikan rumah sakit umum, rumah sakit khusus kusta, dan panti tuna netra.
Peradaban dan ilmu pengetahuan islam mencapai puncaknya pada masa pemerintahan “Abbasiyah”, yakni pada masa khalifah Al Mansur. Pada masa Harun Ar Rasyid telah berdiri Baitul Hikmah atau lembaga ilmu pengetahuan. Berbagai disiplin ilmu pengetahuan maupun ilmu islam berkembang pesat, seperti : filsafah, fikih, tasawuf, kedokteran, sejarah, geografi, geometri, kesenian, dan sebagainya. Tokoh-tokohnya pun sampai sekarang masih tetap dikenal, baik di barat maupun di negeri-negeri islam.
B. Tokoh-tokoh Ilmuan Muslim
Filsafat
Munculnya filsafat islam dimulai dari penerjemahan filsafat Yunani kedalam bahasa arab. Penerjemahan secara besar-besaran dilakukan pada masa khalifah Harun Ar Rasyid setelah umat islam memahami filsafat yang bersumber dari Yunani. Kemudian disesuaikan dengan ajaran islam. Dengan demikian, umat islam tidak begitu saja menerima apa yang mereka dapatkan dari Yunani.
Mereka yang mengadakan penyesuaian dengan ajaran islam itu kemudian dikenal dengan filosof islam yang kemudian menjadi tokoh terkemuka dunia filsafat. Adapun para tokoh filsafat islam yang terkenal antara lain:
a). Al Kindi
Nama asli Al Kindi adalah Abu Yusuf Yakub Al Kindi. Merupakan ilmuan yang menguasai ilmu fisika. Al Kindi dibarat dikenal dengan nama Al Kindus. Dialah yang pertama membahas tentang optik. Berkat jasa Al Kindi sekarang ini kita mengenal adanya kacamata, televisi, mikroskop, proyektor, foto dan lainnya. Selain itu Al Kindi juga seorang ahli ilmu matematika atau mantiq, filsafat, musik, bahasa, dan kedokteran. Tetapi ilmu filsafatlah yang paling mahir.
Ilmu fikih
Fikih islam mulai berkembang pada masa keemasan peradaban islam, yakni pada masa Daulah Abbasiyah. Pada saat itu lahir ahli-ahli hukum islam (fuqaha) dengan kitab-kitab fikihnya yang terkenal sampai sekarang. Adapun para ahli fikih yang pendapatnya sampai sekarang masih diikuti oleh umat islam adalah:
a). Imam Abu Hanifah
Beliau lahir di Kufah pada tahun 80 H dan meninggal di Bagdad pada tahun 150 H. Kitabnya yang terkenal adalah Fiqhul Akbar. Mazabnya dikenal dengan nama mazab Hanafi.
b). Imam Malik bin Anas Al Asbani
Malik bin Anas bin Abi Amir Al Asbani dilahirkan di Hijaz pada tahun 93 H. Beliau dibesarkan di kota Madinah, dengan kegigihannya dalam menimba ilmu beliau menjadi orang yang terpandang dalam bidang ilmu agama.
Sejak usia 17 tahun Malik bin Anas telah menguasai ilmu Al Quran dan Hadis, berkat ilmunya itu beliau mengembangkan pemikirannya dibidang hukum islam. Hasil karyanya adalah kitab Al Muwatta’. Mazabnya diberi nama mazab Maliki.
c). Muhammad bin Idris Syafi’i
Beliau lahir di Palestina pada tahun 150 H. Pada usia 13 tahun beliau telah hafal kitab Al Muwatta’ karangan Imam Malik. Karya beliau adalah kitab Al Um, yaitu sebuah kitab yang membahas hukum islam secara logis dan sistematis. Mazabnya terkenal dengan mazab Syafi’i.
d). Ahmad bin Muhammad bin Hambal
Beliau lahir di Bagdad pada tahun 241 H. Beliau adalah salah satu murid dari Imam Syafi’i yang sangat pandai. Karyanya adalah :
  1. Al Musnad merupakan ensiklopedi yang memuat sekitar 2900 hadis
  2. An Nasikh Wal Mansukh
Mazabnya terkenal dengan nama Mazab Hambali. Kelebihan Ahmad bin Hambali adalah:
  1. Dalam usia 10 tahun telah hafal Al Quran
  2. Dapat Menulis 300.000 hadis
Ilmu Kedokteran
Ilmu kedokteran dalam islam dikenal dengan nama “Attib”. Ilmu ini mulai berkembang dengan pesat pada akhir Daulah Abbasiyah I. Kemudian mencapai kemajuannya pada masa Daulah Abbasiyah II, III, dan IV. Pada masa ini telah banyak melahirkan dokter kenamaan, rumah sakit besar, dan sekolah tinggi kedokteran. Mahasiswanya tidak hanya dari islam, tetapi juga dari bangsa barat. Perguruan tinggi kedokteran terdapat di kota Bagdad, Damaskus, dan Cordoba. Diantara tokoh-tokoh dibidang kedokteran, adalah :
a). Ar Razi
Beliau terkenal sebagai dokter pertama dalam pengobatan secara ilmu jiwa, yakni pengobatan yang dilakukan dengan memberi sugesti bagi para penderitanya. Beliau juga orang pertama yang menulis tentang masalah pengobatan/medis secara ilmiah.
Nama lengkapnya adalah Abu Bakar Muhammad bin Zakaria Ar Razi, didunia barat dikenal dengan nama Razes. Ar Razi dilahirkan di Ray dekat Teheran pada tahun 251 H dan wafat pada tahun 320 H. Karya tulisnya yang terkenal adalah “Al Hawi”, buku ini menjadi buku induk kedokteran modern. Ia juga penemu jenis penyakit cacar atau campak.
b). Ibnu Sina
Beliau menyusun buku Al Qanun Fi At Tibb (Canon Medicene), artinya dasar-dasar ilmu kedokteran. Buku tersebut dianggap sebagai induknya ilmu kedokteran dan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Nama lengkapnya adalah Abu Ali al Husain Ibnu Abdullah Ibnu Sina, lahir tahun 320 H di Bukhara, dan wafat tahun 428 H di Hamazan. Orang barat mengenalnya dengan menyebutnya Avicena. Karya tulisnya adalah :
  1. Al Majmu’ (compedium) yang memuat berbagai ilmu pengetahuan secara lengkap
  2. Qanun fi At Tibb (canon medicine) artinya dasar-dasar ilmu kedokteran
  3. Asy Syifa’ yaitu buku tentang penyembuhan
c). Ibnu Rusyd
Beliau ahli dan tokoh dalam bidang ilmu kedokteran dengan bukunya “Kulliyat Fi at Tibb”. Beliau juga ahli dalam bidang fisika, karya yang berhubungan dengan fisika adalah At Tabiah (fisika). Nama lengkapnya adalah Abdul Walid Muhammad bin Ahmad bin Rusyd, dinegara barat dikenal dengan nama Averous. Beliau lahir pada tahun 520 H di Kordova (Spanyol), wafat tahun 595 H di Marakesy. Selain Kulliyat Fi at Tibb, masih banyak karyanya yang lain, yaitu :
  1. Bidayatul Mujtahid adalah buku fikih perbandingan yang dipakai para fuqaha
  2. Ma Ba’ad At Tabi’ah adalah buku pertanyaan-pertanyaan metafisik (mortaphisical question)
  3. Tahafutut Tahafut adalah buku tentang kekacauan kitab tahafut
Selain nama-nama tersebut diatas masih ada lagi tokoh-tokoh yang lain dibidang ini, seperti Abu Mahasin, Ibnu Sina, dan Ibnu Masykawaih.
Sejarah
Sejarah dalam islam disebut tarikh, yaitu ilmu yang mempelajari keadaan suatu negeri, kisah suatu bangsa, peristiwa yang terjadi pada suatu tempat dan waktu. Tokoh-tokoh dalam bidang sejarah antara lain:
a). Ibnu Khaldun
Beliau adalah seorang ilmuan dari Universitas Edinburg. Selain ahli ilmu sejarah Ibnu Khaldun juga seorang ahli sosiologi, dan ekonomi. Karya tulisnya yang terkenal adalah Al ‘Ibar dan Al Muqadimah.
b). Ibnu Qutaibah
Nama lengkapnya adalah Abu Muhammad Abdullah bin Muslim bin Qutaibah Ad Dainuri. Karyanya yang terkenal adalah Uyunul Akbar
c). Ibnu Jarir at Tabari
Beliau terkenal sebagai ahli tafsir dan sejarah. Salah satu karyanya adalah Al Ahbarul Rusul wal Muluk.
d). Al Mas’udi
Karya-karyanya, antara lain :
  1. Kitab Akbar Az Zaman 30 jilid yang memuat sejarah universal
  2. Al Ausat tentang teknologi sejarah umum
Geografi
Sarjana geografi dari kalangan muslimin yang telah banyak menyusun buku yang terkenal, antara lain :
a). Ibnu Khardazabah
Kitabnya yang terkenal adalah Kitabul Masalik wal Mamalik.
b). Al Muqaddasy
Kitabnya yang terkenal adalah Ahsanut Taqasim fi Ma’rifatil Aqalim.
c). Yaqud Al Hamawy
Kitab karanyanya yaitu Mu’jamul Buldan dan Mu’jamul Udabi
Ilmu Geometri
Geometri merupakan cabang matematika. Dalam islam ilmu ini disebut “Ilmu Riyadiyah”. Ilmu Riyadiyah adalah ilmu pasti (berhitung, aljabar, dan teknik). Para sarjana ilmu geometri ini antara lain :
a). Sabin bin Qurrah al Hirary
Karyanya yaitu Hisabul Ahillah dan Kitabul Adab
b). Al Khawarizmi
Beliau adalah penemu angka nol dan dikenal sebagai bapak Aljabar. Al Khawarizmi  juga berhasil merumuskan aljabar, geometri, daftar logaritma, dan tabel astronomi.
c). Ali Muhammad bin Hasan, beliau juga seorang sarjana dan tokoh ilmu pasti pada saat itu.
Ilmu Akhlak
Imam Gazali adalah seorang ahli ilmu akhlak, nama lengkapnya adalah Abu Hamid bin Muhammad Al Gazali. Lahir di Iran pada tahun 450 H. Al Gazali juga seorang ahli ilmu fikih, tauhid, filsafat, matematika, fisika, Al Quran, dan Al Hadis. Setelah beliau tua bersungguh-sungguh dalam bidang tasawuf yaitu penghayatan dan pengamatan yang mendalam dalam melaksanakannya syariat islam. Karya Imam Gazali yang terkenal adalah kitab Tahafut Al Falasifah, yaitu buku tentang kekacauan pemikiran para filosof.
Kesenian
Kesenian islam bersumber pada Al Quran dan sunah rasul serta asimilasi dari berbagai seni yang dihasilkan oleh ahli sebelumnya, yang tidak bertentangan dengan ajaran islam. Dengan demikian, segala hasil seni yang bertentangan dengan ajaran islam, bukan kesenian islam, sekalipun yang menciptakan orang islam sendiri. Hasil kesenian islam itu beragam, yakni yang berbentuk arsitektur bangunan, sastra, seni suara, seni tari, dan sebagainya. Hasil karya seni, islam yang bernilai dunia, antara lain :
  1. Istana Al Hambra di Spanyol
  2. Istana Tajmahal di India, hasil karya kaum muslim India
  3. Cerita seribu satu malam atau Alfu Lailalah Walailah, ini merupakan hasil karya Abu Nawas.
KRITERIA:
45 ke atas          = A (Baik Sekali & Berkualitas)
30-44                 = B (Baik)
15-29                 = C (Cukup)
< 14                   = D (Kurang memenuhi syarat)
KOMENTAR   :………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………..

No comments:

Post a Comment