.mobile .content-outer, .mobile .main-outer , .mobile .post-outer { margin: 0pt auto; }

Sunday, June 10, 2018

RPP TERBARU K13 PAI SMP KELAS VIII SEMESTER 1 8.3 DISERTAI LAMPIRAN MATERI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan       : SMP Negeri 160 Jakarta
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Smester             : VIII/I ( satu )
Materi Pokok               :  Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta Hadis terkait tentang
perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit



  1. Kompotensi Inti
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya..
KI.3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

  1. KOMPETENSI DASAR
1.1 Meyakini Kitab suci Al-Quran sebagai pedoman hidup sehari-hari
2.1 Menghargai perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 8 dan hadits terkait
3.3 Memahami makna Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta Hadis terkait
4.2 4.3.1  Membaca Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32  dengan tartil 4.3. 2 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32  serta Hadits terkait



  1. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Melalui pendekatan saintifik dan metode diskusi peserta didik dapat;
  1. Membaca Q. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 dengan tartil
  2. Menunjukkan hafalan Q. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta Hadits terkait

  1. MATERI AJAR:
  2. Membaca Q. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 dengan tartil
  3. Menunjukkan hafalan Q. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta Hadits terkait

  1. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN:
Pendekatan           :  Saintifik
Metode                  :  Diskusi
Model                    :  Discovery Learning

  1. SUMBER BELAJAR
    1. Al Qur’an dan terjemahnya Depag RI
    2. Buku Teks PAI kelas VIII
    3. Buku-buku Penunjang PAI kelas VIII
    4. CD/Video Pembelajaran Interaktif

  1. MEDIA PEMBELAJARAN
  2. Media             : Al Qur’an dan terjemahnya Depag RI
  3. Alat dan bahan : Komputer, laptop , LCD

  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU
Pendahuluan a.       Membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama ( menghayati ajaran agama ) b.      Memeriksa kehadiran peserta didik
c.       Apersepsi
d.      Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran.
e.       Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran (rasa ingin tahu )
10 menit
Kegiatan Inti Mengamati ·   Mencermati bacaan Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32; serta hadits terkait tentang perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran.
·   Mengidentifikasi hukum tajwid yang terkandung dalam Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32;
·   Menyimak dan membaca Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32; serta hadits terkait.
·   Menyimak penjelasan tentang hukum bacaan qalqalah dan ra
·   Membaca dan menghafal arti Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32.
·   Mencermati isi kandungan ayat Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32.
Menanya
·         Mengajukan beberapa pertanyaan tentang perilaku perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran
·         Mengajukan pertanyaan mengenai hukum bacaan qalqalah dan ra yang terkandung dalam Al-Maidah (5): 90–91 dan 32.
Eksperimen/explore
·   Menentukan dan mengelompokkan hukum bacaan yang terkandung dalam Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32.
·   Mengidentifikasi lafadz-lafadz yang mengandung hukum bacaan qalqalah dan ra dalam Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32.
·   Membaca dan mencermati arti Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32. dan hadis terkait.
Asosiasi
·   Menyusun dan mengelompokkan lafadz-lafadz yang mengandung hukum bacaan qalqalah sughra dan kubra serta ra tafkhim dan tarqiq.
·   Menyimpulkan isi kandungan Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32.
·   Membuat mind mapping keterkaitan antara perilaku perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran
Komunikasi
·    Memaparkan hasil temuan tentang hukum bacaan qalqalah dan ra dalam Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32.
·   Menyajikan kesimpulan kandungan Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32.
·   Memaparkan hasil analisis keterkaitan antara perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran
25 menit
Penutup a.       Peserta didik dan guru bersama-sama membuat kesimpulan tentang materi pembelajaran hari itu b.      Evaluasi dengan melaksanakan test secara lisan
c.       Peserta didik melakukan refleksi manfaat dari kegiatan pembelajaran  dengan menjawab pertanyaan :
Pengetahuan berharga apa yang dapat kamu peroleh pada pembelajaran kita hari ini?
d.      Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing (religius)
10 menit

  1. PENILAIAN HASIL BELAJAR
  2. Sikap Spiritual
  3. Teknik Penilaian : Observasi
  4. Bentuk Instrumen : Lembar observasi
  5. Sikap Sosial
  6. Teknik Penilaian : Observasi
  7. Bentuk Instrumen : Lembar observasi
  8. Pengetahuan
  9. Teknik Penilaian
  • Tes : lisan
  • Non Tes : Penugasan kelompok
  1. Bentuk Instrumen
  • Soal tes lisan
  • Proyek
  1. Keterampilan
  2. Teknik : Observasi
  3. Bentuk Instrumen : Check list


Lampiran 1 : Instrumen Penilaian Sikap Spiritual

No Nama Peserta Didik Indikator : Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran  (1 – 4)

Petunjuk penyekoran :
Skor 4 = Baik Sekali ; selalu berdoa dengan sungguh-sungguh
Skor 3 = Baik; sering berdoa dengan sungguh-sungguh
Skor 2 = Cukup; kadang-kadang berdoa dengan sungguh-sungguh
Skor 1 = Kurang ; berdoa dengan tidak sungguh-sungguh

Lampiran 2 : Instrumen Penilaian Sikap Sosial
No Peserta Didik Indikator Jumlah Skor
Menghargai setiap orang yang ada di kelas Menjaga kebersihan lingkungan kelas (1-4) Memelihara hubungan baik dengan teman sekelas
Senyum (1-4) Sapa (1-4) Salam (1-4) Tingkat keramahan (1-4) Tingkat toleransi (1-4)

Petunjuk Penyekoran :
Skor 1 = tidak pernah
Skor 2= kadang-kadang
Skor 3 = sering
Skor 4 = selalu

Lampiran 3

  1. Model diskusi
Siswa dikelompokan dengan anggota 4 orang dengan kemampuan Heterogen
  • Anggota tim menggunakan lembar kegiatan atau perangkat tugas yang lain
  • Setiap anggota saling membantu memahami bahan pelajaran

Rubrik Penilaian Diskusi
No. Nama Siswa A s p e k    P e n i l a i a n Jumlah Skor Nilai Ket.
Gagasan Kerja sama Inisiatif Keaktifan Bahasa
1
2
3
4

              
Keterangan Skor :                                           Kriteria Nilai
Baik sekali    =    4                                              A      =    80 – 100       :  Baik Sekali
Baik              =    3                                              B      =    70 – 79         :  Baik
Cukup          =    2                                              C      =    60 – 69         :  Cukup
Kurang         =    1                                              D      =    ‹ 60               :  Kurang

Skor perolehan
Nilai     =                                      X  100
                 Skor Maksimal

Rubrik  Penilaian Presentasi

NO NAMA SISWA ASPEK JUMLAH SKOR NILAI KET
GAGASAN INISIATIF KERJASAMA KREATIF KEDISIPLINAN

Keterangan Skor :                                           Kriteria Nilai


Baik sekali       = 4                                           A         = 80 – 100 : Baik Sekali
Baik                 = 3                                          B         = 70 – 79 : Baik
Cukup             = 2                                           C        = 60 – 69 : Cukup
Kurang            = 1                                            D        = ‹ 60 : Kurang

Skor perolehan

Nilai =—————————-  X 100

Skor maksimal










Instrumen Tes Lisan
No IPK No soal Butir instrumen penilaian Kunci jawaban Bobot nilai
1 1
 






Pedoman Penilaian
  1. Setiap pertanyaan yang dijawab dengan benar diberi skor 5
  2. Skor Maksimal = 20
Skor perolehan
Nilai     =                                      X  100
                                  Skor Maksimal

Penilaian akhir = Nilai Hasil lembar observasi diskusi + Nilai Hasil tes tertulis   

LAMPIRAN MATERI
Terjemah QS Al-Maidah [5] : 90-91 dan Ayat 32
  1. QS Al-Maidah [5] : 90-91
Wahai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.  Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu)”. (QS Al-Maidah, 5 : 90 – 91)
  1. QS Al-Maidah [5] : 32
Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa barang siapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia. Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia. Sesungguhnya Rasul Kami telah datang kepada mereka dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas. Tetapi kemudian banyak di antara mereka setelah itu melampaui batas di bumi.” (Q.S. Al-Māidah /5 : 32)
  1. Pesan Kandungan QS Al-Maidah [5] : 90-91 dan Ayat 32
  1. Pesan Kandungan QS Al-Maidah [5] : 90-91
Allah menghendaki kebaikan hidup orang mukmin. Setiap perintah dan larangan Allah dimaksudkan untuk mengatur kehidupan orang beriman supaya mencapai kebahagiaan dan keselamatan hidup dunia dan akhirat. Di antara contoh perintah tersebut adalah perintah untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang halal. Contoh larangan Allah adalah larangan mengonsumsi makanan dan minuman yang haram. Allah menghalalkan segala jenis makanan dan minuman yang mendatangkan manfaat. Sebaliknya, Allah mengharamkan segala jenis makanan dan minuman yang mendatangkan madharat.
Pada kedua ayat (QS Al-Maidah : 90-91) ini Allah menegaskan larangan-Nya terhadap 4 hal, yaitu :
1) minuman keras & memabukkan (الخمر);
2) berjudi (الميسر);
3)  mempersembahkan kurban untuk patung atau segala sesuatu yang dipertuhankan (الأنصاب);
4) mengundi nasib (الأزلام), dan berbagai bentuk ramalan nasib
Apa itu Khamr ?
Menurut bahasa, ”الخَمْرُ” (Khamr) dari kata “خَمَرَ” (Khamara) yang  artinya penutup”. Jadi Khamr adalah hal-hal yang bisa menutupi akal fikiran.
Apa saja yang bisa menutup, merusak & menghilangkan akal dapat dikategorikan sebagai khomr, baik berasal dari benda cair seperti tuwak, bir, wiski, dan berbagai minuman lain yang beralkohol, dll, maupun benda padat, seperti ganja, morfin, opium, marijuana, sabu-sabu, extacy, serta beraneka jenis obat yang tergolong psikotropika & narkotika. dll.
Khomr hukumnya haram, sebagaimana hadis Nabi SAW :
كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ وَ كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ.  وَمَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ فِى الدُّنْيَا فَمَاتَ وَهُوَ يُدْمِنُهَا لَمْ يَتُبْ لَمْ يَشْرَبْهَا فِى الْآخِرَةِ  . ( رواه مسلم)
Artinya : ”Setiap yang memabukkan adalah khomer (minuman keras), dan setiap yang memabukkan adalah haram. Barangsiapa yang meminum khomer di dunia, la dia mati dalam keadaan terbiasa meminumnya (tidak bertaubat), maka dia tidak akan meminum khomer besok di akhirat”. (H.R. Muslim, dari Abnu Umar r.a.)
Meminum Khomr, meskipun sedikit & tidak menyebabkan mabuk, hukumnya tetap  haram, sebagaimana hadis Nabi SAW :
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: مَا اَسْكَرَ كَثِيْرُهُ فَقَلِيْلُهُ حَرَامٌ.   (احمد و ابن ماجه و الدارقطنى)
Artinya : Dari Ibnu Umar, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Minuman yang dalam jumlah banyak memabukkan, maka sedikitpun juga haram”. [HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Daruquthni, dan dia menshahihkannya]
Rosululloh melaknat 10 orang yang berkaitan dengan Khomr, sebagaimana dalam hadis Nabi SAW:
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: لَعَنَ رَسُوْلُ اللهِ فِى اْلخَمْرِ عَشْرَةً: عَاصِرَهَا وَ مُعْتَصِرَهَا وَ شَارِبَهَا وَ حَامِلَهَا وَ اْلمَحْمُوْلَةَ اِلَيْهِ وَ سَاقِيَهَا وَ بَائِعَهَا وَ آكِلَ ثَمَنِهَا وَ اْلمُشْتَرِيَ لَهَا وَ اْلمُشْتَرَاةَ لَهُ.   (رواه الترمذى و ابن ماجه)
Artinya :  Dari Anas ia berkata, “Rasulullah SAW melaknat sepuluh orang yang berkaitan dengan khomer : 1). Orang yang memerasnya (produsen), 2). Pengepul (distributor), 3). peminumnya, 4). Orang yang membawanya (pengedar), 5). Pengirimnya (kurir), 6). pelayan, penuang mkinuman, 7. Penjualnya, 8). Orang yang memetik dari hasil penjualan, 9). Pembeli / pembayar, 10. Orang yang minta dibelikannya (pemesan)”. [HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)
Berjudi ?
Berjudi amat besar bahayanya bagi perorangan dan masyarakat. Judi dapat merusak pribadi dan moral seseorang, karena seorang penjudi selalu berangan-angan akan mendapat keuntungan besar tanpa bekerja dan berusaha, dan menghabiskan umurnya di meja judi tanpa menghiraukan kesehatannya, keperluan hidupnya dan hidup keluarganya yang menyebabkan runtuhnya sendi-sendi rumah tangga.
Judi akan menimbulkan permusuhan antara sesama penjudi dan mungkin pula permusuhan ini dilanjutkan dalam pergaulan sehingga merusak masyarakat. Berapa banyak rumah tangga yang berantakan, harta yang musnah karena judi. Tidak ada seorang yang kaya semata-mata karena berjudi.
Rasulullah SAW menjelaskan dalam hadisnya:
عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بُرَيْدَةَ ,  عَنْ أَبِيْهِ . أَنَّ  رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  قَالَ: مَنْ لَعِبَ بِالنَّرْدِشِيْرٍ فَكَأَنَّمَا صَنَعَ يَدَهُ   فِيْ لَحْمِ حِنْزِيْرٍ. ( رواه مسلم)
Artinya :  Dari Sulaiman bin Buraidah, dari bapaknya. Bahwa Rasululloh saw bersabda : ”Barangsiapa yang bermain dadu (judi), maka seakan-akan dia telah membenamkan tangannya kedalam daging babi”. (H.R. Muslim)
Allah secara tegas melarang orang-orang beriman untuk meminum khomer dan berjudi, kemudian dinyatakan sebagai perbuatan dosa besar,perbuatan keji, perbuatan setan, dan berdampak negatif/berakibat buruk bagi pelakunya. Diantara dampak negatifnya adalah bisa menimbulkan :
1) terjadinya permusuhan (العَدَاوَة);
2) terjadinya kebencian satu sama lain (البَغْضَاء);
3) menghalangi ingat kepada Allah (يَصُدَّ عَنْ ذِكْرِ اللَّه);
4) mengganggu / membuat kacau ketika shalat (يَصُدَّ عَنْ الصَّلاَة)
Selain dampak negative di atas, Rasululloh menjelaskan akibat buruk lainnya bagi peminum khomer, jika dia tidak segera bertaubat, sebagaimana Hadis Nabi :
مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ لَمْ يَرْضَ اللهُ عَنْهُ أَرْبَعِيْنَ لَيْلَةً، فَإِنْ مَاتَ مَاتَ كَافِرًا  وَإِنْ تَابَ تَابَ اللهُ عَلَيْهِ، وَإِنْ عَادَ كَانَ حَقّـَا عَلَى اللهِ أَنْ يَّسْقِيـَهُ مِنْ طِيْنَةِ الْخَبَالِ قَلَتْ : يَا رَسُوْلَ اللهِ وَمَا طِيْنَةُ الْخَبَالِ؟ قَالَ : صَدِيْدُ أَهْلِ النَّارِ (رواه أحمد(
Artinya : “Siapa saja yang minur khamar, maka Allah tidak akan ridho kepadanya selama empat puluh malam. Bila ia mati saat itu, maka matinya dalam keadaan kafir. Dan bila ia bertobat, maka Allah akan menerima tobatnya. Kemudian jika ia mengulang kembali (meminum khamar), maka Allah memberinya minuman dari “thinatil khabal”. (Asma’ bertanya, “Ya Rasulullah, apakah thinatil khabali itu?. (Rasulullah) menjawab, “Darah bercampur nanah ahli neraka. (HR Ahmad)
  1. Pesan Kandungan QS Al-Maidah [5] : 32
Dalam ayat ini Allah menegaskan laranganNya terhadap berbagai tindakan kekerasan seperti pemerasan, pemaksaan, tawuran, pertengkaran, perkelahian dll, yang bisa berakibat kepada pembunuhan.
Meskipun dalam ayat ini disebutkan bahwa larangan membunuh tersebut ditujukan kepada Bani Israil, tetapi pada hakikatnya larangan ini berlaku untuk seluruh manusia di dunia. Segala tindakan yang dapat menghilangkan nyawa orang lain sangat berat dosanya di sisi Allah Swt. Bahkan ditegaskan bahwa membunuh seseorang adalah seperti membunuh semua manusia. Sebaliknya, pahala memelihara kehidupan seseorang seperti pahala memelihara kehidupan semua manusia.
Ketahuilah bahwa orang yang mati karena dibunuh oleh seseorang tanpa ada alasan yang dibenarkan oleh agama (bighoiri haqq, seperti perang jihad, melaksanakan hukuman, dll), maka kelak di akhirat tangan kanannya memegang kepalanya sendiri dengan urat leher mengeluarkan darah. Sedangkan tangan kirinya menyeret orang yang membunuhnya untuk dihadapkan kepada Allah Swt. Orang yang dibunuh ini kemudian berkata, “Wahai Tuhanku, orang inilah yang telah membunuhku”, lalu Allah berfirman kepada pembunuh itu, “Celakalah engkau!” lalu pembunuh itu diseret ke neraka. Sungguh kita berlindung kepada Allah agar dijauhkan dari perbuatan keji ini.
Rasulullah saw. :
عَنِ الْبَرَّاءِ بْنِ عَازِبٍ,  أَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ    قَالَ : لَزَوَالُ الدُّنْيَا أَهْوَنُ عَلَى اللَّهِ مِنْ  قَتْلِ  مُؤْمِنٍ بِغَيْرِ حَقٍّ.  (رواه ابْنُ مَاجَه)
Artinya Dari Al Bara bin Azib, sesungguhnya Rasulullah saw. pernah bersabda: “Kehancuran dunia (nilainya) lebih ringan di sisi Allah dari pada seseorang membunuh seorang mukmin tanpa hak.” (H.R. Ibnu Majah)
Bagaimana resiko dan dampak negative bagi orang yang dengan sengaja terlibat ikut tawuran, perkelahian massal, saling membunuh, carok, dan sejenisnya?. Dalam hal ini, Rasululloh bersabda:
عَنْ أَبِيْ بَكْرَةَ نُفَيْعِ بْنِ الْحَارِثِ الثَّقَفِي رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ,  أَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ    قَالَ: إِذَا الْتَقَى المُسْلِمَانِ بِسَيْفِهِمَا,  فَالْقَاتِلُ وَ الْمَقْتُوْلُ فِى النَّارِ, قُلْتُ :  يَا رَسُوْلَ اللَّهِ,  هَذَا الْقَاتِلُ,  فَمَأ بَالُ الْمَقْتُوْلِ؟  إِنَّهُ كَانَ حَرِيْصًا عَلَى قَتْلِ صَاحِبِهِ .  (متّفق عليه)
Artinya“Dari Abi Bakrah, Nufai’ bin al-Harits r.a., bahwa Nabi SAW bersabda : Apabila ada dua orang muslim bertemu dengan memanggul pedangnya, maka pembunuh dan yang terbunuh sama-sama masuk neraka. Saya bertanya: Wahai Rasulullah, kalau ini pembunuh, lalu bagaimana yang yang terbunuh?. Beliau menjawab: sesungguhnya yang terbunuh pun juga ingin membunuh temannya”. (HR Muttafaq ‘alaih, Bukhari-Muslim).
Jadi, sekarang kalian menjadi semakin tahu dan jelas mengenai hukum dan ketentuan bagi siapa saja yang terlibat dalam pertikaian, pertengkaran, perkelahian, tawuran, dan sejenisnya. Semua ini dilarang keras dan pertanggungjawabannya sangat berat baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia, mereka tentu akan berurusan dengan pihak yang berwajib. Sedangkan di akhirat, ancaman hukumannya juga sangat berat.
’Perlu disadari, mereka yang terlibat dalam pertikaian, pertengkaran, perkelahian, tawuran, dan sejenisnya pada umumnya hanya dipicu oleh permasalahan yang sepele seperti saling mengejek atau karena cemburu. Sungguh sayang jika masalah yang sepele itu berujung pada pertikaian yang nantinya ada yang cidera, dirawat di rumah sakit, bahkan sampai ada yang meninggal dunia. Untuk itu jauhilah perbuatan keji ini mulai dari diri kita masing-masing dan mulai dari sekarang.

No comments:

Post a Comment