.mobile .content-outer, .mobile .main-outer , .mobile .post-outer { margin: 0pt auto; }

Tuesday, June 12, 2018

RPP PKN K13 KELAS VII TERBARU 1.1 (Bhineka Tunggal Ika)

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

(RPP)
BAB 4 ( Pertemuan 1)

Sekolah                                :  SMP NEGERI 160 Jakarta
Mata Pelajaran                    :  Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Kelas/Semester                   :  VII (Tujuh) / 1 (Satu)
Materi Pokok                        :  Keberagaman  Suku, agama , Ras dan Antargolongan dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika
  • Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia
–  Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia
–  Keberagaman Suku

Alokasi Waktu                      :  1  pertemuan x 3 jp (120 menit)

  1. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu menghargai norma-norma, memahami dan melaksanakan tanggung jawab terkait
keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
1 1.4   Menghargai norma-norma suku, agama, ras dan antargolongan
dalam bingkai Bhineka Tunggal
Ika secara adil sebagai sesame
ciptaan Tuhan
1.4.1 Bersyukur atas keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia. 1.4.2 Menghargai keberagaman norma, suku, agama, ras, dan antargolongan
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
2 2.4   Menghargai keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan
dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika.
2.4.1 Memiliki keinginan kuat untuk mempelajari keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
2.4.2 Memiliki sikap tidak membedakan teman yang berbeda suku, agama,
dan ras.
3 3.4  Memahami keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan
dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika.
3.4.1 Mendeskripsikan keberagaman masyarakat Indonesia. 3.4.2 Menganalisis faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia.
3.4.3 Mendeskripsikan keberagaman suku dalam masyarakat Indonesia.
3.4.4 Mendeskripsikan keberagaman ras dalam masyarakat Indonesia.
3.4.5 Menganalisis keberadaan antargolongan dalam masyarakat Indonesia.
3.4.6 Mendeskripsikan makna Bhinneka Tunggal Ika.
3.4.7 Menunjukkan arti penting keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika.
4 4.4  Melaksanakan tanggung jawab terkait keberagaman suku, agama,
ras, dan antargolongan dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
4.4.1 Menyusun laporan hasil telaah keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
4.4.2 Menyajikan laporan hasil telaah keberagaman suku, agama, ras, dan
antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.


  1. Materi Pembelajaran

Keberagaman Suku, Agama , Ras dan Antargolongan dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika
  1. Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia
  2. Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, terdiri atas 34 provinsi dengan ribuan pulau yang ada di dalamnya.
Luas wilayah negara  berpengaruh terhadap  banyaknya keberagaman yang  dimiliki bangsa  Indonesia.   Keberagaman
adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang.   Perbedaan  tersebut
dalam hal suku bangsa,  ras,  agama, keyakinan,  ideologi politik,  sosial-budaya, dan ekonomi.  Keanekaragaman  yang
dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan wilayah negara Indonesia.
Keberagaman dalam masyarakat Indonesia sudah menjadi ketetapan Tuhan Yang Maha Kuasa. Keberagaman
merupakan anugerah yang patut disyukuri karena tidak mudah mengelola keberagaman di Indonesia. Pemerintah dan
seluruh warga negara Indonesia sebaiknya mendorong
Keragaman itu menjadi sebuah kekuatan  guna  mewujudkan  persatuan  dan  kesatuan bangsa.  Menghormati
Keberagaman   adalah  sikap   terpuji   sebagaimana  Tuhan   menciptakan  makhluknya  yang  beraneka  ragam  pula.
Keberagaman dalam masyarakat menjadi tantangan  karena  tumbuhnya  Perasaan  kedaerahan  dan  kesukuan  yang
berlebihan dapat mengancam keutuhan bangsa  dan  Negara  Kesatuan  Republik  Indonesia.  Oleh  karena itu,  upaya
meningkatkan kerukunan antar suku, pemeluk agama, dan  kelompokkelompok sosial  lainnya dapat  dilakukan  melalui
dialog dan kerja sama dengan prinsip kebersamaan, kesetaraan, toleransi, dan saling menghormati.
Keberagaman masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang datang dari dalam maupun luar
masyarakat. Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor alam, diri sendiri, dan masyarakat.
Secara umum keberagaman masyarakat Indonesia disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut.
  1. Letak strategis wilayah Indonesia
  2. Kondisi negara kepulauan
  3. Perbedaan kondisi alam
  4. Keadaan transportasi dan komunikasi
  5. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan

  1. Keberagaman Suku
Suku bangsa sering juga disebut etnik. Menurut Koentjaraningrat, suku bangsa berarti sekelompok manusia yang
memiliki kesatuan budaya dan terikat oleh kesadaran dan  identitas tersebut. Kesadaran  dan identitas biasanya dikuatkan
oleh kesatuan bahasa. Jadi, suku bangsa merupakan  gabungan  sosial  yang  dibedakan  dari  golongan-golongan  sosial
karena mempunyai ciri-ciri paling mendasar dan umum  berkaitan dengan asal  usul  dan  tempat asal  serta  kebudayaan.
Ciri-ciri mendasar yang membedakan suku bangsa satu dengan lainnya, antara lain bahasa daerah, adat istiadat,
sistem kekerabatan, kesenian daerah,  dan tempat  asal.  Keberagaman bangsa  Indonesia, diakibatkan oleh jumlah  suku
bangsa yang mendiami wilayah  Indonesia sangat banyak dan tersebar  di seluruh wilayah Indonesia. Setiap suku bangsa
mempunyai  ciri  atau  karakter   tersendiri,  baik  dalam  aspek  sosial  maupun  budaya. Menurut penelitian Badan  Pusat
Statistik  yang    dilaksanakan tahun 2010,  di Indonesia terdapat  1.128 suku bangsa.     Antarsuku  bangsa  di  Indonesia
memiliki berbagai perbedaan dan itulah yang membentuk keanekaragaman di Indonesia.
Beberapa   suku   bangsa di Indonesia   berdasarkan asal daerah tempat tinggal   antara  lain di Pulau   Sumatera
terdapat suku Aceh, Gayo Alas, Batak, Minangkabau, dan Melayu.     Di Pulau Jawa terdapat  suku   Jawa, Sunda, Badui,
Samin, sedangkan di Kalimantan terdapat  suku  Dayak. Di Sulawesi  terdapat  suku Bugis, Manado, Gorontalo, Makasar.
Kawasan Maluku terdapat suku Ambon, Sangir Talaud, Ternate.  Kawasan Bali dan Nusa Tenggara  antara lain suku Bali,
Lombok, Bima, dan Timor. Sedangkan di Papua terdapat suku Asmat, dan suku Dani.
.Kehidupan sosial budaya masyarakat  Indonesia  sangat  beragam. Hal itu  dibentuk  oleh  kondisi  geografis  dan
kondisi sosial di setiap daerah di seluruh  Indonesia.  Kondisi   suatu  daerah  dengan  daerah  lainnya   memiliki  berbagai
perbedaan.
Keberagaman suku bangsa dan   budaya tidak menghalangi terwujudnya persatuan dan kesatuan  bangsa. Hal itu
akan terwujud  apabila  ada  sikap  toleran  yang  dimiliki  oleh  setiap  warga  negara.  Mereka  harus   menyadari  bahwa
keberagaman  suku bangsa dan budaya merupakan salah  satu  kekayaan  bangsa  yang  menjadi  dasar  persatuan  dan
kesatuan. Harapannya,  semoga di  dalam  perbedaan  suku  bangsa  dan  budaya,  seluruh   warga  negara  tetap  dapat
menjalin persahabatan.

  1. Metode Pembelajaran
  2. Pendekatan : Saintifik (Discovery Learning)
  3. Metode : Diskusi
  4. Model                 : Discovery Learning/ Jigsaw

  1. Media Pembelajaran
  2. Media Pembelajaran: LCD, Netbook, Kitab Suci Alqur,an, Senyum ceria anak Indonesia dalam
keberagaman,Keberagaman bangsa Indonesia, Suku Dayak di Kalimantan, dan Lompat
Batu Suku Nias
  1. Alat/ Bahan :   Papan tulis, Spidol, Panduan Lagu Nasional

  1. Sumber Pembelajaran
  2. Kitab Suci Alqur’an
  3. Buku Guru dan Buku Siswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk SMP/MTs Kelas VII, Kementerian
Pendidikan dan  Kebudayaan Republik Indonesia 2016;
  1. Internet




  1. Langka-langkah Pembelajaran
      
Pertemuan Kesatu (120 menit )
No Kegiatan Proses Pembelajaran Alokkasi Waktu
1 Pendahuluan Persiapan 1
2
Guru menyampaikan ucapan  salam dan selamat kepada peserta didik dan  diskusi seputar liburan semrster Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan diawali pembacaan Alqur’an QS Al-Ikhlas 5 menit
5 menit
Absensi 3 Guru menanyakan kehadiran peserta didik serta kebersihan  dan kerapihan  kelas , kesiapan  buku tulis  dan sumber belajar 5 menit
Motivasi 4 Guru memberikan motivasi  dengan membimbing siswa untuk menyanyikan lagu wajib nasional  ” Hari Merdeka” 5 menit
Apersepsi 5

Guru  melakukan tanya  jawab seputar pemahaman peserta didik terhadap Semboyan  Bhineka tunggal Ika dan menjajagi pemahaman tentang Keberagaman Suku, Agama,Ras dan Antargolongan dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika  dan  memberikan apresiasi atas jawaban peserta didik 5 menit
6 Guru menyampaikan  kompetensi dasar , indikator pencapaian  kompetensi yang akan dicapai, manfaat pembelajaran, cara penilaian dalam pembelajaran serta peta konsep dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. 5 menit
2 Inti Mengamati 1
2
Guru membimbing peserta didik untuk membagi diri  menjadi 6 kelompok Guru meminta peserta didik mengamati gambar Berbagai Keberagaman Masyarakat Indonesia dan   mencatat hal-hal yang penting atau yang ingin diketahui dalam gambar  tersebut. Guru dapat memberi penjelasan singkat tentang gambar, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik berkaitan dengan Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia 5 menit
10 menit



Menanya 3










4
Guru meminta peserta didik secara kelompok menyusun pertanyaan dari  wacana yang berkaitan dengan Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia Guru  membimbing  peserta didik menyusun pertanyaan  : a. Jelaskan bahwa luas wilayah negara berpengaruh terhadap   keberagaman  yang dimiliki bangsa
Indonesia ! Hal: 84
b. Jelaskan bahwa keberagaman dalam masyarakat menjadi  tantangan karena tumbuhnya
perasaan kedaerahan dan  kesukuan yang berlebihan ! Hal : 85
c. Sebutkan 5 hal yang secara umum mempengaruhi   keberagaman masyarakat Indonesia ! Hal
:85-86
d. Jelaskan pengertian Suku bangsa menurut Koentjaraningrat dan ciri-ciri mendasar  yang
membedakan suku bangsa yang  satu dengan lainnya ! Hal: 87
e. Jelaskan bahwa keberagaman bangsa Indonesia diakibatkan  oleh jumlah suku bangsa   yang
tersebar di wilayah Indonesia ! Hal: 88
f. Jelaskan bahwa keberagaman suku bangsa dan budaya tidak menghalang    terwujudnya
persatuan dan kesatuan bangsa ! Hal: 89
Guru mengamati keterampilan peserta didik secara perorangan   dan kelompok   dalam menyusun pertanyaan.
10 menit







Mencari Informasi 5 Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi dengan melakukan kajian dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun, juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain atau  internet. 15 menit
Mengasosiasi 6 Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hubungan atas   berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya 5 menit
Mengomunikasikan 7
8







9

10
Guru membimbing kelompok untuk mempersentasikan  hasil informasi  kelompok Guru mendiskusikan dan membuat kesepakatan tentang tata tertib selama penyajian materi oleh kelompok:
a)  Setiap peserta didik saling menghormati pendapat orang lain.
b)  Mengangkat tangan sebelum memberikan pertanyaanatau menyampaikan
pendapat.
c)  Menyampaikan pertanyaan atau pendapat setelah dipersilahkan oleh guru
(moderator).
d)  Menggunakan bahasa yang sopan saat menyampaikan pertanyaan ata pendapat.
e)  Berbicara secara bergantian dan tidak memotong pembicaraan orang lain.
Guru membimbing sebagai moderator kegiatan penyajian kelompok secara bergantian sesuai tata cara yang disepakati sebelumnya.
Guru memberikan konfirmasi terhadap jawaban peserta didik dalam diskusi, dengan meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan  penghargaan bila jawaban benar dengan pujian atau tepuk tangan bersama.
20 menit
3 Penutup Menyimpul Kan 1 Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal. 5 menit
Refleksi 2



3
Guru melakukan refleksi  pembelajarandengan peserta didik tentang : a. Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari  tentang  keberagaman suku di Indonesia
b. Sikap apa yang kalian peroleh dan harus dimanifestasikan dalam  kehidupan sehari-
hari dari pembelajaran ini ?
c.  Ketrampilan apa yang kalian peroleh dalam pembelajaran ini ?
d.  Renungkan Kembali  apa yang akan terjadi jika tiap suku bangsa merasa lebih baik
dari suku bangsa lainnya
Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
5 menit
Post Test/ Tes Akhir 4 Guru memberikan pertanyaan tes akhir secara tertulis : 1.  Apa yang dimaksud dengan keberagaman ?



  1. Penilaian Hasil Pembelajaran

  1. Penilaian Kompetensi Sikap
  2. Teknik Penilaian : Pengamatan/Observasi
  3. Prosedur Penilaian :
  4. Instrumen Penilaian
1) Jenis/ Teknik Penilaian                             : Pengamatan Sikap
2) Bentuk Instrumen dan Instrumen             :

  Kelas                : VII (  )
Hari/Tanggal    : Senin/ 29 Agustus 2016
Pertemuan Ke  : 1 (satu)
Materi Pokok    : Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara

No Nama Peserta Didik Aspek Penilaian
Kompetensi Spiritual Kompetensi Sosial
Mensyukuri Pancasila Menghargai Pahlawan Peduli Disiplin Tanggung jawab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10




         3) Pedoman Penskoran
Skor penilaian menggunakan skala 1-4, yaitu :
Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai dengan aspek sikap yang dinilai.
Jika contoh penilaian terjadi seperti yang ditampilkan di atas, nilai untuk Ani adalah berdasarkan modus
(skor yang paling banyak muncul), yakni 4 atau Sangat Baik.

  1. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Teknik                                     : Observasi Selama Diskusi
2)  Bentuk Instrumen :

  Kelas            : VII (  )
Semester      :  1 (satu)
Materi Pokok : Permunusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
No Nama Peserta Didik Jawaban
Menjawab Saja Mendefinisikan Mendefinisikan dengan  Uraian Mendefinisikan dengan Penjelasan Logis
1 2 3 4
1
2
3
4
5
6

3)  Pedoman Penskoran          :
Penskoran aktivitas diberi skor rentang 1-4, dan nilai maksimal 100. Adapun kriteria skor diantaranya sebagai
berikut.
Skor 1 jika jawaban hanya berupaya menjawab saja.
Skor 2 jika jawaban berupa mendefinisikan.
Skor 3 jika jawaban berupa mendefinisikan dan sedikit uraian.
Skor 4 jika jawaban berupa mendefinisikan dan penjelasan logis.
Nilai = Skor Perolehan × 25

  1. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Teknik                                     : Observasi Dalam Presentasi
2)  Bentuk Instrumen :

  Materi: Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
No Nama Peserta Didik Kemampuan Bertanya Kemampuan Berargumentasi Memberi Masukan Mengapresiasi
4   3   2   1 4   3   2   1 4   3   2   1 4   3   2   1
1
2
3
4
5
6











3)  Pedoman Penskoran          :

No Aspek Penskoran
1 Kemampuan Bertanya Skor 4 apabila selalu bertanya. Skor 3 apabila sering bertanya.
Skor 2 apabila kadang-kadang bertanya.
Skor 1 apabila tidak pernah bertanya.
2 Kemampuan Berargumentasi Skor 4 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas. Skor 3 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas.
Skor 2 apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
Skor 1 apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
3 Memberi Masukan Skor 4 apabila selalu memberi masukan. Skor 3 apabila sering memberi masukan.
Skor 2 apabila kadang-kadang memberi masukan.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi masukan.
4 Mengapresiasi Skor 4 apabila selalu memberikan pujian. Skor 3 apabila sering memberikan pujian.
Skor 2 apabila kadang-kadang memberi pujian.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi pujian.

Keterangan : Diisi dengan tanda ceklist
Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang
Nilai = Skor Perolehan × 50
2

                Pembelajaran Pengayaan dan Remedial

                         Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan  diberikan  kepada  siswa  yang  telah  menguasai  materi  dan  secara pribadi
sudah  mampu  memahami  keberagaman dalam masyarakat Indonesia Bentuk  pengayaan
sebagai berikut:
  1. Guru memberikan tugas untuk  mempelajari  lebih  lanjut tentang materi pokok dari berbagai sumber dan mencatat
hal-hal penting. Selanjutnya menyajikan dalam bentuk laporan tertulis atau membacakan di depan kelas.
  1. Peserta didik membantu peserta didik lain yang belum tuntas dengan pembelajaran tutor sebaya.

Remedial
Remedial dilaksanakan untuk siswa yang  belum  menguasai  materi dan belum mampu  memahami  keberagaman dalam masyarakat Indonesia Kegiatan remedial dilakukan dengan  mengulang  materi pembelajaran apabila peserta didik yang sudah tuntas di bawah 75%. Sedangkan apabila peserta didik yang sudah tuntas lebih dari 75% maka kegiatan remedial dilakukan dengan :
(1)  Mengulang materi pokok di luar jam tatap muka bagi peserta didik yang belum tuntas,
(2)  Memberikan penugasan kepada peserta didik yang belum tuntas,
(3)  Memberikan kesempatan untuk tes perbaikan. Perlu diperhatikan bahwa materi yang diulang atau dites kembali
adalah materi pokok atau keterampilan yang berdasarkan analisis belumdikuasai oleh peserta didik.      Kegiatan
remedial  bagi  kompetensi  sikap  dilakukan  dalam  bentuk  pembinaan  secara  holistis,  yang  melibatkan  guru
bimbingan konseling dan orang tua.

Interaksi Guru dan Orang Tua
Interakasi guru dengan orang tua sebagai berikut;
  1. Guru meminta kerjasama dengan orang tua untuk mendampingi peserta didik mempersiapkan sosiodrama.
  2. Guru meminta peserta didik memperlihatkan hasil pekerjaan yang telah dinilai/ dikomentari guru kepada orang
tuanya. Kemudian orang tua mengomentari hasil pekerjaan siswa. Orang tua dapat menuliskan apresiasi kepada
anak sebagai bukti perhatian mereka agar anak senantiasa meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap
.    Hasil penilaian yang telah diparaf guru dan orang tua kemudian disimpan dan menjadi portofolio siswa.












Catatan  Kepala Sekolah :
    
    _________________________________________________________________________________________
    _________________________________________________________________________________________
    _________________________________________________________________________________________
    _________________________________________________________________________________________
    _________________________________________________________________________________________ 


Lampiran :
  1. Daftar Gambar :
  • Gambar senyum ceria anak Indonesia
  • Keberagaman bangsa Indonesia
  • Suku dayak di Kalimantan
  • Lompat Batu Suku Nias
  1. Video Nusantara
  2. Lembar soal :
  3. Apa yang dimaksud dengan keberagaman ?
  4. Sebutkan 3 (tiga) faktor yang mempengaruhi  keberagaman  di Indonesia !
  5. Sebutkan  5 (lima) hal yang secara umum menjadi penyebab  keberagaman masyarakat Indonesia !
  6. Sebutkan 5(lima) ciri mendasar yang membedakan suku  bangsa yang satu dengan lainnya di Indonesia !
  7.   Sebutkan  masing-masing  2 suku bangsa yang mendiami  Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi,
Maluku, Bali dan  Papua !

  1. Kunci Jawaban :
  2. Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai
bidang. Perbedaan tersebut dalam hal suku bangsa, ras, agama, keyakinan,ideologi politik, sosial-budaya,
dan ekonomi.
  1. 1) Faktor alam 2) Diri sendiri    3) masyarakat
  2. Secara umum keberagaman masyarakat Indonesia disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut.
1)    Letak strategis wilayah Indonesia
  • Kondisi negara kepulauan
  • Perbedaan kondisi alam
  • Keadaan transportasi dan komunikasi
  • Penerimaan masyarakat terhadap perubahan
  1. Ciri-ciri mendasar yang membedakan suku bangsa satu dengan lainnya, antara lain :
– bahasa daerah, adat istiadat, sistem kekerabatan, kesenian daerah, dan tempat asal.
  1. Beberapa suku bangsa di Indonesia berdasarkan asal daerah tempat tinggal antara lain :
– Di Pulau  Sumatra terdapat suku Aceh, Gayo Alas, Batak, Minangkabau, dan Melayu.
– Di Pulau Jawa terdapat suku Jawa, Sunda, Badui, Samin,
– Di Kalimantan terdapat suku Dayak.
– Di Sulawesi terdapat suku  Bugis, Manado, Gorontalo, Makasar.
– Di Maluku terdapat suku Ambon, Sangir Talaud, Ternate.
– Di Bali dan Nusa Tenggara antara lain suku Bali, Lombok, Bima, dan Timor.
– Di Papua   terdapat suku Asmat, dan suku Dani


  1. Format Penilaian dan Absensi.
2.  Sebutkan 3 (tiga) faktor yang mempengaruhi  keberagaman
di Indonesia !
3.  Sebutkan  5 (lima) hal yang secara umum menjadi penyebab
keberagaman masyarakat Indonesia !
4.  Sebutkan 5(lima) ciri mendasar yang membedakan suku
bangsa yang satu dengan lainnya di Indonesia !
5. Sebutkan  masing-masing  2 suku bangsa yang mendiami
Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Bali dan
Papua !
10 menit
Penugasan 5
6
Coba  kalian amati keberagaman masyarakat sekitar kalian ,! Jelaskan hubungan faktor penyebab keberagaman tersebut !
Untuk minggu yang akan datang  Bacalah Buku Paket PPKn tentang  “ Keberagaman Agama dan Kepercayaan, Ras dan Antargolongan   “ Hal: 91
5 menit

No comments:

Post a Comment