.mobile .content-outer, .mobile .main-outer , .mobile .post-outer { margin: 0pt auto; }

Wednesday, June 13, 2018

RPP BAHASA INDONESIA TEKS OBSERVASI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(KD 3.1)


Satuan Pendidikan                : SMPN 160 Jakarta
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester                     : VII/ Semester Genap
Materi Pokok                         : Teks Observasi
Alokasi Waktu                       : 1×6 JP


  1. Kompetensi Inti
  2. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  3. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  4. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  5. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No. Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
1. 1.2  Menghargai dan
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
1.2.1 Terbiasa menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
2. 2.1 Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
2.1.1 Terbiasa berperilaku jujur dalam   menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi.
2.1.2 Terbiasa berperilaku tanggung jawab dalam   menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi.
2.1.3 Terbiasa berperilaku jujur dan santundalam   menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi.
3. 3.1  Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
3.1.1   Mampu mengidentifikasi bagian klasifikasi umum, definisi, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat teks hasil observasi.
3.1.2  Mampu menjelaskan struktur teks hasil laporan observasi
4. 4.1  Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan ceria pendek baik secara lisan maupun tulisan. 4.1.1 Mampu mengidentifikasi penerapan kaidah kebahasaan dalam teks observasi (kata rujukan, kalimat rincian, kalimat definisi, konjungsi, dan tetapi, sehingga, atau, dan kata baku/penggunaan istilah)

  1. Materi Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
  1. Pengenalan struktur teks hasil observasi.
  • Struktur isi :
  • Judul
  • Pembukaan/definisi umum
  • Isi : deskripsi khusus
  • Penutup
  • Ciri bahasa
  • Penggunaan kata sifat
  • Penggunaan kata kerja aksi

Pertemuan Ke-2
  1. Pemahaman isi teks hasil observasi
  2. Pemahaman kata, istilah dalam teks hasil observasi

  1. Media, Alat dan Sumber
  2. Media Pembelajaran
CD  tayangan berita(reportase)/rekaman berita
Power point pembelajaran

  1. Alat dan Bahan
Contoh teks observasi dari media massa
Teks observasi karya kelompok lain
Teks observasi dari media internet
Teks observasi dari media cetak

  1. Sumber Belajar
Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta:Balai Bahasa.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia:Wahana Pengetahuan: Buku Guru.Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia:Wahana Pengetahuan: Buku Siswa. Kelas VII Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.hlm
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2010. Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.  Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.

  1. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
  1. Pendahuluan (  10 menit)

  1. Perserta didik menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas.
  2. Perserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan yang dimilikinya melalui tugas pada pertemuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
  3. Perserta didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang teks observasi dengan menanyakan teks observasi yang pernah mereka baca.
  4. Perserta didik menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran
  5. Guru memotivasi peserta didik untuk mampu mencapai ketuntasan belajar, baik dalam aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.

  1. Kegiatan Inti (100 menit)
  2. Mengamati
  • Peserta didik membaca teks laporan observasi dengan apa adanya melalui pemodelan teks

  1. Menanya
  • Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang struktur teks hasil observasi

  1. Mengumpulkan informasi
  • Peserta didik membangun konteks dengan bertanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan tema
  • Peserta didik mengenal dan mendiskusikan struktur  teks hasil observasi

  1. Mengasosiasi
    • Peserta didik melabeli gambar dengan kata yang tepat dan mendeskripsikan berdasarkan bentuk, warna, dan kegunaan
    • Peserta didik mengurutkan unsur teks hasil laporan observasi

  1. Mengkomunikasikan
  • Peserta didik menjelaskan struktur teks hasil laporan observasi
  • Peserta didik mendeskripsikan gambar dari hasil melabeli secara lisan atau tertulis

  1. Penutup
1)  Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran  tentang kekurangan dan kelebihan teks observasi
2)  Guru memberikan umpan balik/refleksi tentang kekurangan dan kelebihan teks observasi.
3)  Guru memberikan tugas untuk pengayaan dan remidi yang berkaitan dengan identifikasi kekurangan dan kelebihan teks observasi.

                 Pertemuan Kedua
                
  1. Pendahuluan (  10 menit)
    • Perserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas.
    • Perserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan yang dimilikinya melalui tugas pada pertemuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
  • Perserta didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang teks observasi dengan menanyakan teks observasi yang pernah mereka baca.
  • Perserta didik menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran
  • Guru memotivasi peserta didik untuk mampu mencapai ketuntasan belajar, baik dalam aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.

  1. Kegiatan Inti (100 menit)
  1. Mengamati
  • Peserta didik membaca teks laporan observasi melalui pemodelan teks

  1. Menanya
  • Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang ciri-ciri bahasa teks hasil observasi.

  1. Mengumpulkan informasi
  • Peserta didik mengenal dan mendiskusikan ciri bahasa teks hasil observasi
  • Peserta didik memahami dan menerapkan penggunaan kata dalam kalimat
  • Peserta didik mengenal unsur kebahasaan (kata rujukan, frasa, imbuhan, konjungsi dan, tetapi, sehingga, atau, dan kata baku)
  • Peserta didik membaca dan mendiskusikan cerita sastra yang berkaitan dengan tema

  1. Mengasosiasi
    • Peserta didik menemukan dan memperbaiki kata tak baku dalam teks di sekitar

  1. Mengkomunikasikan
  • Peserta didik menjawab pertanyaan tentang teks sastra yang berkaitan dengan tema

  1.    Penutup
1)  Guru dan peserta didik menyimpulkan pembelajaran tentang menelaah dan merevisi teks observasi.
2)  Guru bersama peserta didik melakukan refleksi terkait pembelajaran menelaah dan merevisi teks observasi.
3)  Guru memberikan tugas untuk pengayaan dan remidi.
  1. Penilaian
  2. Sikap Spiritual dan Sosial
  3. Teknik Penilaian : Observasi
  4. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
Lembar Pengamatan/Observasi
Berikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama   kegiatan
  1. jika  tidak pernah berperilaku  dalam kegiatan
  2. jika kadang-kadang  berperilaku dalam kegiatan
  3. jika  sering berperilaku  dalam kegiatan
  4. jika selalu  berperilaku  dalam kegiatan
No. Nama Peserta didik Jujur Tanggung jawab Santun Jumlah Skor
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.

Penilaian  sikap untuk setiap peserta didik dapat  menggunakan rumus berikut

Dengan predikat:
PREDIKAT NILAI
Sangat  Baik ( SB)  80 ≤ AB ≤ 100
Baik (B) 70 ≤ B ≤ 79
Cukup (C)  60 ≤ C  ≤ 69
Kurang (K) <60



  1. Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri
Format Penilaian Diri dalam Pembelajaran
     Nama Peserta Didik         :  …………………………………………………………………………..
     Kelas/Semester                 :  ……………………………………………
     Hari, tanggal                     :  ……………………………………………
     Kompetensi Dasar            :
     ………………………………………………………………………………………………………………………………….
     ………………………………………………………………………………………………………………………………….
     ………………………………………………………………………………………………………………………………….
    
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.
No Pernyataan YA
TIDAK
1 Selama   melakukan tugas kelompok saya bekerjasama dengan teman satu kelompok
2 Saya  mencatat data dengan teliti dan sesuai dengan fakta
3 Saya melakukan tugas sesuai dengan jadwal yang telah dirancang
4 Saya membuat tugas terlebih dahulu dengan membaca literature yang mendukung tugas
5 ……………………………………….

……………….., ……………………………………………


…………………………………………………………………










  1. Penilaian Sikap melalui Penilaian antar Peserta Didik

Penilaian antar Peserta Didik
     Nama Peserta Didik         :  …………………………………………………………………………..
     Kelas/Semester                 :  ……………………………………………
     Hari, tanggal                     :  ……………………………………………
     Kompetensi Dasar            :
     ………………………………………………………………………………………………………………………………….
     ………………………………………………………………………………………………………………………………….
     ………………………………………………………………………………………………………………………………….
    Petunjuk
  1. Amati perilaku temanmu dengan cermat selama mengikuti pembelajaran.
  2. Berikan tanda v pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatannu.
  3. Serahkan hasil pengamatanmu kepada gurumu.
No Perilaku Dilakukan/muncul
YA TIDAK
1 Mau menerima pendapat teman
2 mengambil keputusan secara cepat dan bisa  dipertanggungjawabkan
3 Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan
4 Mengungkapkan informasi disertai dengan sumber rujukan
5 ………………………………..

Keterangan:
  1. Perilaku/sikap pada instrumen di atas ada yang positif (no 1.2dan 4)  dan ada yang negatif (no 2) Pemberian skor untuk perilaku positif = 2, Tidak = 1. Untuk yang negatif  Ya = 1  dan Tidak = 2
  2. Selanjutnya guru dapat membuat rekapitulasi  hasil penilaian menggunakan format berikut.

Banjar, ………………………………..
Penilai,

……………………………………………………………………





REKAP PENILAIAN SIKAP
No Nama Skor perilaku/sikap Jumlah Nilai
1 2 3 4 5
1  
2
3
4
5
6
7
8

Nilai  peserta didik dapat menggunakan rumus:


















  1. Penilaian Sikap melalui Jurnal
Jurnal

Jurnal
Aspek yang diamati: …………………………………………………..
Kejadian                : …………………………………………………….
……………………………………………………………..
Tanggal                     : …………………………………………………….
Nama Peserta Didik: ………………………………………………….
Nomor peserta Didik: ………………………………………………….
Catatan Pengamatan Guru:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Jakarta, …………………………………………
Guru Mata Pelajaran

.......................................












  1. Instrumen Penilaian Pengetahuan
    1. Tes Tertulis
Tes Uraian
  • Berdasarkan teks laporan hasil observasi yang diberikan, identifikasikanlah dan jelaskan struktur teks laporan hasil observasi dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)!
  • Berdasarkan teks laporan hasil observasi, identifikasi dan jelaskanlah ciri-ciri bahasa teks laporan hasil observasi dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)!
Kunci
1) Struktur Teks Kalimat
Definisi umum
Deskripsi bagian
Deskripsi manfaat
Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks

2) Ciri-ciri Teks Kalimat
Penggunaan kata sifat
Penggunaan kata kerja aksi
Penggunaan istilah-istilah teknis
Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks
Pedoman Penskoran
No. Aspek dan Kriteria Skor
1. Kelengkapan
a.       Struktur dan ciri-ciri teks observasi  lengkap
b.      Struktur dan ciri-ciri teks observasi  kurang lengkap
c.       Struktur dan ciri-ciri teks observasi  tidak  lengkap

3
2
1
2. Kesesuaian
a.       Data (kalimat) mendukung atau sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks observasi dimaksud
b.      Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks observasi dimaksud
c.       Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks observasi dimaksud

3

2

1

  1. Tes Unjuk Kerja
Tes uji petik kerja
  • Berdasarkan teks laporan hasil observasi, tentukan makna kata atau istilah yang digarisbawahi pada teks laporan tersebut!
  • Berdasarkan teks laporan hasil observasi, tentukan makna teks laporan tersebut disertai dengan data yang mendukung!

Mengetahui                                                                             Jakarta,        Agustus  2014

Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran

No comments:

Post a Comment