1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kegiatan sebelumnya yaitu Similar facts about ourselves in real,
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø What does Edo do on one Sunday?
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) |
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø What does Edo do on one Sunday?dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto tentang
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati What does Edo do on one Sunday?
v Mengamati
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Ø What does Edo do on one Sunday?
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan What does Edo do on one Sunday?
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : What does Edo do on one Sunday? |
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah) |
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø Apa informasi yang di dapat dari What does Edo do on one Sunday?
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø What does Edo do on one Sunday? |
Data
collection
(pengumpulan
data) |
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
– What Time Is It
v Mempresentasikan ulang
v Aktivitas :
Ø Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini: We will learn
– to tell time,
– to tell dates,
– to tell days, and
– to tell months
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø What does Edo do on one Sunday?
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Data
processing
(pengolahan
Data) |
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø What does Edo do on one Sunday?
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø What does Edo do on one Sunday? |
Verification
(pembuktian) |
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
What does Edo do on one Sunday? antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
Generalizatio
(menarik
kesimpulan) |
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø What does Edo do on one Sunday?
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø What does Edo do on one Sunday?
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
|
60
menit |
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit |
2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
Ø Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, What does Edo do on one Sunday?
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Find out and tell our daily activities and daily activities of a classmate.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) |
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø Find out and tell our daily activities and daily activities of a classmate dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang
disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku
siswa tentang Find out and tell our daily activities and daily activities of a classmate.
v Mengamati
Ø Peserta didik diminta mengamati gambar /foto yang yang
terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh
guru seperti gambar dibawah ini
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Find out and tell our daily activities and daily activities of a classmate.
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Find out and tell our daily activities and daily activities of a classmate.
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : Find out and tell our daily activities and daily activities of a classmate. |
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah) |
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø Find out and tell our daily activities and daily activities of a classmate.
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø How to Find out and tell our daily activities and daily activities of a classmate. |
Data
collection
(pengumpulan
data) |
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang Find out and tell our daily activities and daily activities of a classmate.
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang Find out and tell our daily activities and daily activities of a classmate.
v Mempresentasikan ulang
v Aktivitas :
Ø Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini:
mendengarkan dengan cermat guru kami membaca pertanyaan dan yang Kami akan We will learn:
– to tell time,
– to tell dates,
– to tell days, and
– to tell months
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø Find out and tell our daily activities and daily activities of a classmate.
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Data
processing
(pengolahan
Data) |
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø Find out and tell our daily activities and daily activities of a classmate.
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Find out and tell our daily activities and daily activities of a classmate. |
Verification
(pembuktian) |
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
Ø Find out and tell our daily activities and daily activities of a classmate.
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
Generalizatio
(menarik
kesimpulan) |
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Find out and tell our daily activities and daily activities of a classmate.
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø Find out and tell our daily activities and daily activities of a classmate.
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
|
60
menit |
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit |
3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
Ø Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Find out and tell our daily activities and daily activities of a classmate.
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø In writing and orally.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) |
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø In writing and orally. dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Ø Menayangkan gambar/foto tentang
Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang
disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku
siswa tentang In writing and orally .
v Mengamati
Ø Peserta didik diminta mengamati gambar /foto yang yang
terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh
guru seperti gambar dibawah ini
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
· In writing and orally
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
· In writing and orally
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
· In writing and orally |
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah) |
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø In writing and orally
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø How In writing and orally? |
Data
collection
(pengumpulan
data) |
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
In writing and orally
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang In writing and orally
v Mempresentasikan ulang
v Aktivitas :
Ø Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini: In writing and orally
– to tell time,
– to tell dates,
– to tell days, and
– to tell months
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø In writing and orally
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Data
processing
(pengolahan
Data) |
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø In writing and orally
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø In writing and orally |
Verification
(pembuktian) |
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
Ø In writing and orally
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
Generalizatio
(menarik
kesimpulan) |
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø In writing and orally
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø In writing and orally
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
|
60
menit |
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit |
4. Pertemuan Ke-4 ( 2 x 40 menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, In writing and orally
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø This is the calendar of 2016.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) |
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø This is the calendar of 2016 dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati gambar-gambar percakapan yang tersedia pada buku paket
v Mengamati
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
· This is the calendar of 2016
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
· This is the calendar of 2016
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
· This is the calendar of 2016 ) |
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah) |
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø What This is the calendar of 2016?
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø How to This is the calendar of 2016? |
Data
collection
(pengumpulan
data) |
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
· This is the calendar of 2016
v Mempresentasikan ulang
v Aktivitas :
Ø Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini: We will learn:
– to tell time,
– to tell dates,
– to tell days, and
– to tell months
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø This is the calendar of 2016
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Data
processing
(pengolahan
Data) |
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø This is the calendar of 2016
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø This is the calendar of 2016 |
Verification
(pembuktian) |
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
Ø This is the calendar of 2016 antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
Generalizatio
(menarik
kesimpulan) |
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø This is the calendar of 2016
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø This is the calendar of 2016
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
|
60
menit |
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
Menit
|
5. Pertemuan Ke-5 ( 2 x 40 menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, This is the calendar of 2016
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Learn to say the date, in writing and orally. Here are what we will do.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) |
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø Learn to say the date, in writing and orally. Here are what we will do.
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati teks tentang Learn to say the date, in writing and orally. Here are what we will do.
v Mengamati
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
· Learn to say the date, in writing and orally. Here are what we will do.
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
· Learn to say the date, in writing and orally. Here are what we will do.
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
· Learn to say the date, in writing and orally. Here are what we will do |
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah) |
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø How to Learn to say the date, in writing and orally. Here are what we will do yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø What put Learn to say the date, in writing and orally. Here are what we will do |
Data
collection
(pengumpulan
data) |
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
Learn to say the date, in writing and orally. Here are what we will do Mempresentasikan ulang
v Aktivitas :
Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini: We will learn:
– to tell time,
– to tell dates,
– to tell days, and
– to tell months
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø Learn to say the date, in writing and orally. Here are what we will do
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Data
processing
(pengolahan
Data) |
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø Learn to say the date, in writing and orally. Here are what we will do
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Learn to say the date, in writing and orally. Here are what we will do |
Verification
(pembuktian) |
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
Ø Learn to say the date, in writing and orally. Here are what we will do
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
Generalizatio
(menarik
kesimpulan) |
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Learn to say the date, in writing and orally. Here are what we will do Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø Learn to say the date, in writing and orally. Here are what we will do Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
|
60
menit |
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit |
6. Pertemuan Ke-6 ( 2 x 40 menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Learn to say the date, in writing and orally. Here are what we will do
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Learn to say the time.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) |
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø Learn to say the time . dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati teks Learn to say the time
v Mengamati
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
· Learn to say the time
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
· Learn to say the time .
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
· Learn to say the time . |
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah) |
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø What is Learn to say the time ?
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø How to Learn to say the time ? |
Data
collection
(pengumpulan
data) |
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
· Learn to say the time
v Mempresentasikan ulang
v Aktivitas : Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini: We will learn:
– to tell time,
– to tell dates,
– to tell days, and
– to tell months
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø Learn to say the time
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Data
processing
(pengolahan
Data) |
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø Learn to say the time
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Learn to say the time |
Verification
(pembuktian) |
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
Ø Learn to say the time
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
Generalizatio
(menarik
kesimpulan) |
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Learn to say the time
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø Learn to say the time
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
|
60
menit |
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit |
No comments:
Post a Comment