RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SDN ………………………………
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : II/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar : 1.1 Merespon dengan mengulang kosakata atau kalimat baru dengan ucapan lantang
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan suara lantang
- Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
- Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
- Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
- Guru bertanya pada siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar.
- Kegiatan Inti
- Eksplorasi
- Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
- Elaborasi
- Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
- Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
- Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
- Guru menunjuk setiap siswa secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan ini dilakukan dengan cepat).
- Guru meminta siswa Sugi dan Siswa lainnya untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
- Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
- Rekaman kaset/CD
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
§ Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang § Merespon dengan meng-ulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar | Tes lisan | Merespon dengan mengulang secara lisan | Listen to the sentences and repeat.
Guru: I get up at 5 o’clock Murid: (mengulang dengan ucapan lantang) |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
- Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar
* sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4
3 2 1 |
- Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1.
2. 3. |
Pengetahuan
Praktek Sikap |
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap |
4
2 1 4 2 1 4 2 1 |
- LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1.
2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
- Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bandung, ……………………..
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris
……………………………… ………………………………
NIP : ………………………..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SDN ………………………………
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : II/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar : 1.2 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai
instruksi secara berterima
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat memperagakan instruksi-instruksi yang didengar dengan benar
- Siswa dapat melengkapi kalimat yang kosong berdasarkan instruksi dengan benar
- Siswa dapat mewarnai gambar berdasarkan instruksi dengan benar
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD bersama-sama
- Siswa melengkapi kalimat berdasarkan apa yang dikatakan guru atau yang didengar dari kaset/CD
- Siswa mewarnai gambar berdasarkan apa yang dikatakan guru atau yang didengar dari kaset/CD
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
- Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
- Guru bertanya pada siswa kegiatan apa saja yang ada dalam gambar.
- Kegiatan Inti
- Eksplorasi
- Siswa diminta mewarnai gambar berdasarkan apa yang dikatakan guru atau yang didengar dari kaset/CD (selama kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah siswa mewarnai gambar dengan warna yang benar).
- Elaborasi
- Siswa diminta memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD secara bersama-sama (sebagai permulaan, guru dapat memberi contoh dalam memperagakan instruksi yang diberikan).
- Siswa diminta melengkapi kalimat berdasarkan apa yang dikatakan oleh guru atau yang didengar dari kaset/CD (siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual).
- Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
- Guru menunjuk siswa secara acak untuk memperagakan instruksi yang diberikan.
- Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi kalimat dan mewarnai gambar.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
- Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
- Rekaman kaset/CD
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
§ Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar
§ Merespon dengan melengkapi kalimat yang kosong § Merespon dengan mewarnai gambar |
· Unjuk kerja
· Tes tulis · Tes tulis |
· Responding
· Melengkapi · Mewarnai |
Listen to the instructions and follow them.
Guru: Say, “Happy birthday!” Listen to the sentences and complete them. It is ___ ________. Listen to the speaker and colour the picture. (terdapat gambar yang harus diwarnai siswa) |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
- Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar
* sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4
3 2 1 |
- Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1.
2. 3. |
Pengetahuan
Praktek Sikap |
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap |
4
2 1 4 2 1 4 2 1 |
- LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1.
2. 3. 4. 5. |
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
- Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bandung, ……………………..
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris
……………………………… ………………………………
NIP : ………………………..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : SDN ………………………………
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : II/1
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar : 2.1 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan suatu benda, menanyakan dimana suatu benda berada, dan menanyakan jumlah benda
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menanyakan suatu benda
- Siswa dapat bercakap-cakap untuk menanyakan di mana suatu benda berada
- Siswa dapat bercakap-cakap untuk menanyakan jumlah benda
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan materi
- Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
- Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
- Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog
- Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
- Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan bab yang dibahas.
- Guru bertanya pada siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
- Kegiatan Inti
- Eksplorasi
- Guru memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
- Elaborasi
- Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
- Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temanya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
- Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
- Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
- Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
- Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
- Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
- Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
- Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
- Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Menanyakan suatu benda § Menanyakan di mana suatu benda berada § Menanyakan jumlah benda |
· Tes lisan
· Unjuk kerja |
· Pertanyaan
· Performance |
· Answer the questions orally!
· Do You have a candy? · When is your birthday? · Act out the dialogue in front of the class! · (siswa secara berpasangan atau berkelompok mempraktikkan dialog-dialog yang sudah dipelajari) |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
- Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar
* sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4
3 2 1 |
- Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1.
2. 3. |
Pengetahuan
Praktek Sikap |
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap |
4
2 1 4 2 1 4 2 1 |
- LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1.
2. 3. 4. 5. 6. |
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
- Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bandung, ……………………..
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris
……………………………… ………………………………
NIP : ………………………..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : SDN ………………………………
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : II/1
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar : 2.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menyebutkan usia dan tanggal lahir serta menyebutkan waktu
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menyebutkan usia dan tanggal lahir
- Siswa dapat bercakap-cakap untuk menyebutkan waktu
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan materi
- Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
- Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
- Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog
- Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
- Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan bab yang dibahas.
- Guru bertanya pada siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
- Kegiatan Inti
- Eksplorasi
- Guru memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
- Elaborasi
- Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
- Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
- Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
- Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
- Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
- Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
- Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
- Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
- Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
- Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku lain yang relevan
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Menyebutkan usia dan tanggal lahir § Menyebutkan waktu |
Tes lisan | Tanya jawab | Ask and answer the questions based on the situation or picture given. (siswa secara berpasangan melakukan tanya jawab dengan menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari) |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
- Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar
* sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4
3 2 1 |
- Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1.
2. 3. |
Pengetahuan
Praktek Sikap |
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap |
4
2 1 4 2 1 4 2 1 |
- LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1.
2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
- Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bandung, ……………………..
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris
NIP : ………………………..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SDN ………………………………
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : II/1
Standar Kompetensi : 3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar : 3.1 Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
- Siswa dapat membaca kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar
- Siswa dapat membaca nyaring dengan baik dan benar
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation dan intonation
- Siswa mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
- Siswa menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
- Siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
- Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa pernah mengunjungi Dunia Fantasi ketika akan membahas bacaan mengenai seorang anak dan keluarganya yang mengunjungi Dunia Fantasi.
- Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bacaan.
- Kegiatan Inti
- Eksplorasi
- Guru membaca teks secara lantang dengan pengucapan dan intonasi yang sesuai sementara siswa mendengar.
- Elaborasi
- Guru membaca teks secara lantang untuk kedua kalinya dan kali ini meminta siswa untuk menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai dengan yang guru contohkan.
- Masing-masing siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar (sementara siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan membetulkan apabila terdapat siswa yang melakukan kesalahan dalam membaca).
- Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
- Guru bertanya apakah siswa memahami teks yang dibaca.
- Guru mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: bila teks yang dibaca tentang Dunia Fantasi, guru bertanya apakah siswa senang pergi ke Dunia
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
§ Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
§ Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar § Membaca nyaring dengan baik dan benar |
· Tes unjuk kerja
· Observasi |
· Uji petik membaca nyaring
· Lembar observasi |
§ Read the sentences aloud.
1. The elephant is grey. 2. The monkey is brown. 3. The parrot is green. 4. The duck is yellow. 5. The zebra is black and white § Read all the sentences loudly and carefully. There are twelve months in a year. There are seven days in a week. |
- Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar
* sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4
3 2 1 |
- Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1.
2. 3. |
Pengetahuan
Praktek Sikap |
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap |
4
2 1 4 2 1 4 2 1 |
- LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1.
2. 3. 4. 5. |
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
- Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bandung, ……………………..
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris
……………………………… ………………………………
NIP : ………………………..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SDN ………………………………
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : II/1
Standar Kompetensi : 3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar : 3.2 Memahami kalimat dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
- Siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
- Siswa mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan
- Siswa melakukan tanya jawab dengan guru mengenai bacaan yang sedang dibahas
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
- Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa pernah mengunjungi Dunia Fantasi ketika akan membahas bacaan mengenai seorang anak dan keluarganya yang mengunjungi Dunia Fantasi.
- Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bacaan.
- Kegiatan Inti
- Eksplorasi
- Siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
- Elaborasi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari tiga siswa dalam setiap kelompoknya.
- Siswa membaca teks secara individual.
- Setelah selesai membaca, guru meminta siswa bersama-sama dengan teman satu kelompoknya mencocokkan gambar dengan deskripsi yang ada dalam teks.
- Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
- Guru memeriksa hasil pekerjaan kelompok siswa dan membahasnya secara bersama-sama.
- Guru mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: bila teks yang dibaca tentang Dunia Fantasi, guru bertanya apakah siswa senang pergi ke Dunia
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
§ Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§ Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar |
Tes unjuk kerja | Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks | Point to the correct objects in the pictures based on the text.
On Sunday, Lulu and her family go to the Dreamland. (gambar 1) She rides on a roller coaster and a ferris wheel (gambar 2 dan 3) Her brother says, “Let’s go on the bumper cars.” (gambar 4) “No, let’s go on the merry-go-round,” Lulu says. (gambar 5) They really have a great time. |
- Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar
* sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4
3 2 1 |
- Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1.
2. 3. |
Pengetahuan
Praktek Sikap |
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap |
4
2 1 4 2 1 4 2 1 |
- LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1.
2. 3. 4. 5. |
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
- Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bandung, ……………………..
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris
……………………………… ………………………………
NIP : ………………………..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SDN ………………………………
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : II/1
Standar Kompetensi : 4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar : 4.1 Mengeja kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa dapat mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan
ejaan yang benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa mengeja kosakata materi terkait berdasarkan gambar yang terdapat dalam buku teks
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
- Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa pernah mengunjungi Dunia Fantasi ketika akan membahas tentang Dreamland.
- Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bahasan.
- Kegiatan Inti
- Eksplorasi
- Siswa dapat mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan ejaan yang benar
- Elaborasi
- Guru meminta siswa mengerjakan latihan memberi nama benda-benda yang terdapat pada gambar.
- Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
- Pada saat siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah setiap siswa sudah menulis nama-nama benda dengan ejaan yang benar.
- Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
- Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
- Sebagai latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta siswa menulis nama benda berdasarkan benda yang guru pegang di papan tulis.
- Guru mengingatkan siswa kembali mengenai ejaan yang benar yang berkaitan dengan kosakata yang dipelajari siswa.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
- Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan ejaan yang benar
|
Tes tulis
|
Menulis kosakata dengan ejaan yang benar
|
Write names of certain objects with the correct spelling.
(gambar bumper cars) (gambar tea cups) (gambar a ferris wheel) (gambar a roller coaster) (gambar a merry-go-round) |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
- Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar
* sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4
3 2 1 |
- Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1.
2. 3. |
Pengetahuan
Praktek Sikap |
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap |
4
2 1 4 2 1 4 2 1 |
- LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1.
2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
- Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bandung, ……………………..
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris
……………………………… ………………………………
NIP : ………………………..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SDN ………………………………
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : II/1
Standar Kompetensi : 4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar : 4.2 Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai
- Siswa dapat menulis nama-nama benda, hewan, waktu, atau materi terkait dengan benar dan sesuai gambar yang tepat
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa menyalin dan mencocokkan kosakata dengan gambar
- Siswa menulis nama-nama benda, hewan, waktu, materi terkait sesuai dengan gambar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
- Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa pernah mengunjungi Dunia Fantasi ketika akan membahas tentang Dreamland.
- Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bahasan.
- Kegiatan Inti
- Eksplorasi
- Siswa dapat menulis nama-nama benda, hewan, waktu, atau materi terkait dengan benar dan sesuai gambar yang tepat
- Elaborasi
- Guru meminta siswa mengerjakan latihan memberi nama benda-benda yang terdapat pada gambar.
- Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
- Pada saat melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah siswa sudah menulis dengan benar.
- Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
- Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
- Sebagai latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta siswa menulis nama-nama benda, hewan, atau waktu berdasarkan apa yang guru ucapkan.
- Guru mengingatkan siswa agar mereka mengingat kosakata yang dipelajari.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
- Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
§ Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai
§ Menulis nama-nama benda, hewan, waktu atau materi terkait dengan benar dan sesuai gambar yang tepat |
Tes tulis | · Menyalin kosakata sesuai dengan gambar
· Menulis kosakata dengan benar dan sesuai dengan gambar |
Write names of the animals by choosing the correct name in the box.
(gambar gajah, singa, unta, zebra, dan monyet) (di bawah gambar-gambar ini terdapat nama-nama hewan tersebut dalam bahasa Inggris) Write names of the objects in the pictures. (gamba-gambar nama-nama permainan di Dunia Fantasi dan siswa harus menuliskan nama-nama permainan tersebut dalam bahasa Inggris) |
- Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar
* sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4
3 2 1 |
- Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1.
2. 3. |
Pengetahuan
Praktek Sikap |
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap |
4
2 1 4 2 1 4 2 1 |
- LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1.
2. 3. 4. 5. |
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
- Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bandung, ……………………..
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris
……………………………… ………………………………
NIP : ………………………..
BERITA LEBIH LANJUT