1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kegiatan sebelumnya yaitu In Indonesia, there are several National Days. ,
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Tell what the people do in different places
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) |
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø Tell what the people do in different places dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto tentang
Peserta didik diminta untuk mengamati Tell what the people do in different places
v Mengamati
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
· Tell what the people do in different places
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Tell what the people do in different places
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : Tell what the people do in different places |
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah) |
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø Apa informasi yang di dapat dari Tell what the people do in different places
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø What Tell what the people do in different places? |
Data
collection
(pengumpulan
data) |
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
– This is my word
v Mempresentasikan ulang
v Aktivitas :
Ø Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini: We will learn
– to state things, animals, and public places around us
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø Tell what the people do in different places
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Data
processing
(pengolahan
Data) |
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø Tell what the people do in different places
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Tell what the people do in different places |
Verification
(pembuktian) |
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan : Tell what the people do in different places antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
Generalizatio
(menarik
kesimpulan) |
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Tell what the people do in different places
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø Tell what the people do in different places
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
|
60
menit |
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit |
2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Tell what the people do in different places
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Tell the names of the public buildings and other facilities in our town or village and their locations.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) |
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø Tell the names of the public buildings and other facilities in our town or village and their locations dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang
disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku
siswa tentang Tell the names of the public buildings and other facilities in our town or village and their locations
v Mengamati
Ø Peserta didik diminta mengamati gambar /foto yang yang
terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh
guru seperti gambar dibawah ini
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Tell the names of the public buildings and other facilities in our town or village and their locations
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Tell the names of the public buildings and other facilities in our town or village and their locations
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : Tell the names of the public buildings and other facilities in our town or village and their locations |
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah) |
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø Tell the names of the public buildings and other facilities in our town or village and their locations .
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø How to Tell the names of the public buildings and other facilities in our town or village and their locations |
Data
collection
(pengumpulan
data) |
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang Tell the names of the public buildings and other facilities in our town or village and their locations .
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang Tell the names of the public buildings and other facilities in our town or village and their locations
v Mempresentasikan ulang
v Aktivitas :
Ø Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini:
– This is my word
mendengarkan dengan cermat guru kami membaca pertanyaan dan yang Kami akan We will learn:
– to state things, animals, and public places around us
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø Tell the names of the public buildings and other facilities in our town or village and their locations .
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Data
processing
(pengolahan
Data) |
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø Tell the names of the public buildings and other facilities in our town or village and their locations .
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Tell the names of the public buildings and other facilities in our town or village and their locations . |
Verification
(pembuktian) |
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
Ø Tell the names of the public buildings and other facilities in our town or village and their locations .
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
Generalizatio
(menarik
kesimpulan) |
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Tell the names of the public buildings and other facilities in our town or village and their locations .
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø Tell the names of the public buildings and other facilities in our town or village and their locations .
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
|
60
menit |
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit |
3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Tell the names of the public buildings and other facilities in our town or village and their locations .
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Tell the names of the things .
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) |
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø Tell the names of the things dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Ø Menayangkan gambar/foto tentang
Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang
disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku
siswa tentang Tell the names of the things .
v Mengamati
Ø Peserta didik diminta mengamati gambar /foto yang yang
terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh
guru seperti gambar dibawah ini
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
· Tell the names of the things
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
· Tell the names of the things
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
· Tell the names of the things |
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah) |
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø Tell the names of the things
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø How Tell the names of the things ? |
Data
collection
(pengumpulan
data) |
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
Tell the names of the things
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
– This is my word
v Mempresentasikan ulang
v Aktivitas :
Ø Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini: We will learn:
– to state things, animals, and public places around us
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø Tell the names of the things
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Data
processing
(pengolahan
Data) |
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø Tell the names of the things
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Tell the names of the things |
Verification
(pembuktian) |
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
Ø Tell the names of the things
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
Generalizatio
(menarik
kesimpulan) |
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Tell the names of the things
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø Tell the names of the things
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
|
60
menit |
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit |
4. Pertemuan Ke-4 ( 2 x 40 menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Tell the names of the things
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Tell the names of ten things that we really have in our classroom .
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) |
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø Tell the names of ten things that we really have in our classroom dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati gambar-gambar percakapan yang tersedia pada buku paket
v Mengamati
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
· Tell the names of ten things that we really have in our classroom
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
· Tell the names of ten things that we really have in our classroom
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
· Tell the names of ten things that we really have in our classroom |
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah) |
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø Tell the names of ten things that we really have in our classroom
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø How to Tell the names of ten things that we really have in our classroom ? |
Data
collection
(pengumpulan
data) |
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
– This is my word
v Mempresentasikan ulang
v Aktivitas :
Ø Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini: We will learn:
– to state things, animals, and public places around us
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø Tell the names of ten things that we really have in our classroom
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Data
processing
(pengolahan
Data) |
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø Tell the names of ten things that we really have in our classroom
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Tell the names of ten things that we really have in our classroom |
Verification
(pembuktian) |
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
Ø Tell the names of ten things that we really have in our classroom antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
Generalizatio
(menarik
kesimpulan) |
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Tell the names of ten things that we really have in our classroom
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø Tell the names of ten things that we really have in our classroom
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
|
60
menit |
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan) |
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
Menit
|
5. Pertemuan Ke-5 ( 2 x 40 menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Tell the names of ten things that we really have in our classroom
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Report our findings to the class, orally .
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) |
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø Report our findings to the class, orally .
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati teks tentang Report our findings to the class, orally .
v Mengamati
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
· Report our findings to the class, orally .
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
· Report our findings to the class, orally .
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
· Report our findings to the class, orally |
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah) |
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø Report our findings to the class, orally yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø What put Report our findings to the class, orally? |
Data
collection
(pengumpulan
data) |
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
– This is my word
v Mempresentasikan ulang
v Aktivitas :
Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini: We will learn:
– to state things, animals, and public places around us
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø Report our findings to the class, orally
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Data
processing
(pengolahan
Data) |
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø Report our findings to the class, orally
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Report our findings to the class, orally |
Verification
(pembuktian) |
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
Ø Report our findings to the class, orally
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
Generalizatio
(menarik
kesimpulan) |
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Report our findings to the class, orally
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø Report our findings to the class, orally
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
|
60
menit |
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit |
6. Pertemuan Ke-6 ( 2 x 40 menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Report our findings to the class, orally
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø We will learn to ask and answer questions of the number of things in the kitchen and at the dining table.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) |
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø We will learn to ask and answer questions of the number of things in the kitchen and at the dining table. dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati teks We will learn to ask and answer questions of the number of things in the kitchen and at the dining table
v Mengamati
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
· We will learn to ask and answer questions of the number of things in the kitchen and at the dining table
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
· We will learn to ask and answer questions of the number of things in the kitchen and at the dining table.
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
· We will learn to ask and answer questions of the number of things in the kitchen and at the dining table. |
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah) |
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø What is We will learn to ask and answer questions of the number of things in the kitchen and at the dining table ?
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø How to We will learn to ask and answer questions of the number of things in the kitchen and at the dining table ? |
Data
collection
(pengumpulan
data) |
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
– This is my word
v Mempresentasikan ulang
v Aktivitas : Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini: We will learn:
– – to state things, animals, and public places around us
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø We will learn to ask and answer questions of the number of things in the kitchen and at the dining table
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Data
processing
(pengolahan
Data) |
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø We will learn to ask and answer questions of the number of things in the kitchen and at the dining table
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø We will learn to ask and answer questions of the number of things in the kitchen and at the dining table |
Verification
(pembuktian) |
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
Ø We will learn to ask and answer questions of the number of things in the kitchen and at the dining table
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
Generalizatio
(menarik
kesimpulan) |
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø We will learn to ask and answer questions of the number of things in the kitchen and at the dining table
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø We will learn to ask and answer questions of the number of things in the kitchen and at the dining table
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
|
60
menit |
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan) |
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit |
7. Pertemuan Ke-7 ( 2 x 40menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : We will learn to ask and answer questions of the number of things in the kitchen and at the dining table
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materitema// projek ini kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang: Learn to say the names of the things in the classroom.
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Orientasi peserta didik kepada masalah |
Mengamati
v Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Learn to say the names of the things in the classroom.
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto tentang Learn to say the names of the things in the classroom.
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
v Mengamati
Ø lembar kerja
Ø pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Learn to say the names of the things in the classroom.
v Mendengar
Ø pemberian materi oleh guru tentang Learn to say the names of the things in the classroom.
v Menyimak,
Ø penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : Learn to say the names of the things in the classroom., untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta didik |
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan
dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang : Learn to say the names of the things in the classroom.
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan Learn to say the names of the things in the classroom.?
Ø Bagaimana Learn to say the names of the things in the classroom.? |
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok |
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
Ø mengamati dan memahami artikel Learn to say the names of the things in the classroom. dengan sungguh-sungguh
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø mengunjungi laboratorium computer sekolah untuk mencari dan membaca artikel Learn to say the names of the things in the classroom. yang dapt diperoleh di internet
v Mengumpulkan informasi
Ø menulis pada buku catatan informasi yang diperoleh tentang Learn to say the names of the things in the classroom.
Ø mendownload artikel Learn to say the names of the things in the classroom. yang lain di internet
v Saling tukar informasi tentang : Learn to say the names of the things in the classroom. dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya |
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Learn to say the names of the things in the classroom.
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang Learn to say the names of the things in the classroom.
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah |
Mengasosiasikan
v Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: Learn to say the names of the things in the classroom.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Learn to say the names of the things in the classroom.
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan : Learn to say the names of the things in the classroom. antara lain dengan : |
|
60
menit |
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit |
8. Pertemuan Ke-8 ( 2 x 40menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : Learn to say the names of the things in the classroom
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materitema// projek ini kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang: Learn to tell locations of the public buildings.
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Orientasi peserta didik kepada masalah |
Mengamati
v Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Learn to tell locations of the public buildings dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto tentang Learn to tell locations of the public buildings
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
v Mengamati
Ø lembar kerja
Ø pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Learn to tell locations of the public buildings
v Mendengar
pemberian materi oleh guru tentang Learn to tell locations of the public buildings
v Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : Learn to tell locations of the public buildings, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta didik |
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan
dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang : Learn to tell locations of the public buildings
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan Learn to tell locations of the public buildings?
Ø Bagaimana Learn to tell locations of the public buildings? |
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok |
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dan memahami artikel Learn to tell locations of the public buildings dengan sungguh-sungguh
v Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium computer sekolah untuk mencari dan membaca artikel Learn to tell locations of the public buildings yang dapt diperoleh di internet
v Mengumpulkan informasi
Ø menulis pada buku catatan informasi yang diperoleh tentang Learn to tell locations of the public buildings
Ø mendownload artikel Learn to tell locations of the public buildings yang lain di internet
v Saling tukar informasi tentang : Learn to tell locations of the public buildings
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya |
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Learn to tell locations of the public buildings
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang Learn to tell locations of the public buildings
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah |
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Learn to tell locations of the public buildings
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan : Learn to tell locations of the public buildings, antara lain dengan : |
|
60
menit |
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit |
9. Pertemuan Ke-9 ( 2 x 40menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : Learn to tell locations of the public buildings
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materitema// projek ini kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang: Tell the names of the things in our living rooms, their numbers and their locations.
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit |
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Orientasi peserta didik kepada masalah |
Mengamati
v Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Tell the names of the things in our living rooms, their numbers and their locations.
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto tentang Tell the names of the things in our living rooms, their numbers and their locations.
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
v Mengamati
Ø lembar kerja
Ø pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Tell the names of the things in our living rooms, their numbers and their locations.
v Mendengar
Ø pemberian materi oleh guru tentang Tell the names of the things in our living rooms, their numbers and their locations.
v Menyimak,
Ø penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : Tell the names of the things in our living rooms, their numbers and their locations., untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta didik |
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan
dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang : Tell the names of the things in our living rooms, their numbers and their locations.
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan Tell the names of the things in our living rooms, their numbers and their locations.?
Ø Bagaimana Tell the names of the things in our living rooms, their numbers and their locations.? |
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok |
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dan memahami artikel Tell the names of the things in our living rooms, their numbers and their locations. dengan sungguh-sungguh
v Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium computer sekolah untuk mencari dan membaca artikel Tell the names of the things in our living rooms, their numbers and their locations. yang dapt diperoleh di internet
v Mengumpulkan informasi
Ø menulis pada buku catatan informasi yang diperoleh tentang Tell the names of the things in our living rooms, their numbers and their locations.
Ø mendownload artikel Tell the names of the things in our living rooms, their numbers and their locations. yang lain di internet
v Saling tukar informasi tentang : Report our findings in a good sentence.
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya |
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Tell the names of the things in our living rooms, their numbers and their locations.
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang Tell the names of the things in our living rooms, their numbers and their locations.
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah |
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru
terkait pembelajaran tentang: Tell the names of the things in our living
rooms, their numbers and their locations ……
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Tell the names of the things in our living rooms, their numbers and their locations.
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan : Tell the names of the things in our living rooms, their numbers and their locations. antara lain dengan : |
|
60
menit |
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit |
No comments:
Post a Comment