Sekolah : SMPN 160 Jakarta
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VII/Genap
Materi Pembelajaran : Sistem Organisasi Kehidupan
Alokasi Waktu : 15 JP
- KOMPETENSI INTI
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
- KOMPETENSI DASAR
- Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama penyusun sel
- Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan
- INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
- Menjelaskan tentang penyusun tubuh organisme
- Menyebutkan bagian-bagian sel
- Membedakan sel hewan dan sel tumbuhan
- Menjelaskan tentang jaringan pada makhluk hidup
- Menjelaskan organ pada makhluk hidup
- Membedakan antara jaringan, organ dan sistem organ
- Menjelaskan sistem organ
- Menjelaskan konsep organisme
- Menyebutkan 3 contoh sistem organ yang menyusun organisme
- Melakukan pengamatan dari hasil pembedahan hewan
- Melakukan pengamatan sel dengan menggunakan mikroskop
- Menggunakan model sel
- Melakukan pengamatan jaringan pada makhluk hidup dengan menggunakan mikroskop
- TUJUAN PEMBELAJARAN
- Peserta didik dapat tentang penyusun tubuh organisme
- Peserta didik dapat menyebutkan bagian bagian sel
- Peserta didik dapat membedakan sel hewan dan sel tumbuhan
- Peserta didik dapat Menjelaskan tentang jaringan pada makhluk hidup
- Peserta didik dapat menjelaskan organ pada makhluk hidup
- Peserta didik dapat membedakan antara jaringan, organ dan sistem organ
- Peserta didik dapat menjelaskan sistem organ
- Peserta didik dapat menjelaskan konsep organisme
- Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh sistem organ yang menyusun organisme
- Peserta didik dapat melakukan pengamatan dari hasil pembedahan hewan
- Peserta didik dapat melakukan pengamatan sel dengan menggunakan mikroskop
- Peserta didik dapat menggunakan model sel
- Peserta didik dapat melakukan pengamatan jaringan pada makhluk hidup dengan menggunakan mikroskop
- MATERI PEMBELAJARAN
- Struktur Hierarki organisasi kehidupan dimulai dari atom yang berukuran mikro sampai yang berukuran makro dan sangat kompleks, yaitu biosfer.
- Sel merupakan unit terkecil kehidupan. Di dalam sel, terdapat organel sel. Namun organel tidak disebut sebagai unit terkecil kehidupan sebab organel tidak mampu hidup mandiri.
- Setiap organisme tersusun atas salah satu dari dua jenis sel yang secara struktural berbeda: sel prokariotik dan sel eukariotik.
- Makhluk hidup bersel satu dapat hidup mandiri, dan mencukupi kebutuhan hidupnya sendiri seperti energi, mineral, dan sebagainya. Organel tidak mampu hidup mandiri.
- Umumnya, sel berukuran mikroskopis. Namun, ada sel yang berukuran besar, yaitu telur burung onta dan sel saraf jerapah panjangnya lebih dari 1 meter.
- Jaringan adalah kumpulan dari beberapa sel yang mempunyai fungsi dan bentuk yang sama.
- Tumbuhan mempunyai bermacam-macam jaringan. Jaringan pembuluh kayu (xilem) berfungsi mengangkut air dan unsur hara dari akar ke daun, sedangkan jaringan pembuluh tapis (floem) mengangkut zat makanan dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.
- Hewan maupun manusia mempunyai bermacam-macam jaringan juga. Ada jaringan epitel, jaringan otot, jaringan tulang rawan, jaringan saraf, dan sebagainya.
- Organ adalah Kumpulan dari beberapa macam jaringan yang berbeda dan membentuk satu kesatuan untuk melakukan fungsi tertentu.
- Sistem organ adalah Beberapa organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi kerja tertentu
- Sistem organ pada manusia meliputi :
- Sistem pencernaan
- Sistem pernafasan
- Sistem gerak (rangka)
- Sistem transportasi/sirkulasi/peredaran darah
- Sistem ekskresi
- Sistem reproduksi
- METODE PEMBELAJARAN
- Discovery Learning
- MEDIA PEMBELAJARAN
- Pertemuan Pertama
2). Alat
- Pisau
- Katak
- Pertemuan Kedua
2). Alat
- Mikroskop
- Sel Hewan
- Sel Tumbuhan
- Pertemuan Ketiga
2). Alat
- Mikroskop
- Sel Hewan
- Sel Tumbuhan
- Pertemuan Ke Empat
2). Alat
- Mikroskop
- Sel Hewan
- Sel Tumbuhan
- e. Pertemuan Ke Lima
2). Alat
- Mikroskop
- Sel Hewan
- Sel Tumbuhan
- SUMBER PEMBELAJARAN
- Buku IPA kelas VII Kemdikbud rev 2016
- Buku IPA relevan lainnya.
- internet
- LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan (10 menit)
Apersepsi:
Masih ingatkah kalian tentang klasifikasi makhluk hidup.
Apa perbedaan ciri tumbuhan dikotil dan monokotil..?
Motivasi:
Pernahkah kalian perhatikan posisi kalian didalam kelas….?
Bagaimana keberadaan kalian didalam kelas …..?
coba kalian menganalisis suatu bangunan sekolah yang terdiri atas ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah,pustaka, labor dll, peran serta fungsi keberadaan ruang-ruang tersebut serta apa jadinya bila ruang tersebut tidak tersedia.
Guru menyampaikan manfaat dan tujuan pelajaran kepada peserta didik.
Guru menginformasikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran.
Kegiatan Inti (90 menit)
Mengamati :
- Peserta didik melakukan pengamatan bagian tubuh katak.
- Peserta didik melakukan pengamatan tentang struktur sel pada daun adam hawa, sel bawang dan sel pipi
Menanya :
- Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang bagian bagian tubuh katak
- Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang pengamatan mereka pada sel daun adam hawa, sel bawang dan sel pipi
- Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang sel dan letaknya dalam tubuh kita.
Mengumpulkan informasi :
- Peserta didik membedah katak untuk mengamati organ penyusun sistem pada hewan.
- Peserta didik membaca teks tentang sel sebagai unit terkecil kehidupan.
- Peserta didik menggambar hasil pengamatan mereka dengan menunjukkan pembesarannya.
Menalar/mengasosiasi :
- Peserta didik menyimpulkan tentang organ penyusun pada hewan.
- Peserta didik menyimpulkan tentang sel, dan beda sel hewan dan sel tumbuhan.
Mengomunikasikan :
- Peserta didik menyampaikan hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis.
- Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan mereka secara berkelompok
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Peserta didik dan guru merefleksi kegiatan pembelajaran.
- Peserta didik dan guru menarik kesimpulan dari hasil kegiatan Pembelajaran.
- Memberikan penghargaan( misalnya Pujian atau bentuk penghargaan lain yang Relevan kepada kelompok yang kinerjanya
- Menugaskan Peserta didik untuk terus mencari informasi dimana saja yang berkaitan dengan materi/pelajaran yang sedang atau yang akan
Pertemuan ke-2
Pendahuluan (10 menit)
Apersepsi :
Apa yang akan terbentuk bila sel-sel yang sama berkumpul menjadi satu?
Motivasi :
Guru menunjukkan gambar jaringan dan organ.
Apa yang kalian dilihat?
Guru menyampaikan manfaat dan tujuan pelajaran kepada peserta didik.
Guru menginformasikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran.
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati :
- Peserta didik melakukan pengamatan tentang struktur sel.
- Peserta didik melakukan pengamatan pada sel tumbuhan (bawang merah) dan sel hewan (pipi/epitel mulut).
Menanya :
- Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang jaringan.
Mengumpulkan informasi :
- Peserta didik menggambar hasil pengamatan dengan menunjukkan pembesaran sel.
- Peserta didik membaca tentang sel dan jaringan untuk pembahasan pada buku laporan.
Menalar :
- Peserta didik menyimpulkan bagaimana struktur jaringan tumbuhan dan bagimana struktur jaringan hewan.
- Peserta didik menyimpulkan tentang perbedaan jaringan sel tumbuhan dengan jaringan sel hewan.
Mengomunikasikan :
- Peserta didik menyampaikan hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis.
- Peserta didik mengumpulkan hasil pengamatannya dan meminta pendapat guru.
Kegiatan Penutup (10 menit)
- Peserta didik dan guru merefleksi hasil pembelajaran
- Menarik kesimpulan dari hasil Pembelajaran
- Memberikan penghargaan( misalnya Pujian atau bentuk penghargaan lain yang Relevan kepada kelompok yang kinerja Baik
- Memberikan tugas pada siswa untuk mencari informasi tambahan tentang materi yang akan dipelajari
Pertemuan ke-3
Pendahuluan (10 menit)
Apersepsi :
- Apakah hewan dan tumbuhan memiliki organ?
Motivasi :
- Tunjukanlah organ tubuh manusia yang terdapat pada torso manusia.
- Minta pada siswa untuk mendiskusikan apakah ini organ atau bukan dan apa nama serta bagaimana fungsinya…..?.
Guru menginformasikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran.
Kegiatan Inti (90 menit)
Mengamati :
- Peserta didik melakukan pengamatan pada tanaman pacar air untuk mengetahui organ apa saja yang terdapat pada tumbuhan.
Menanya :
- Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang organ apa saja yang dapat mereka lihat pada tanaman pacar air.
Mengumpulkan informasi :
- Peserta didik mengamati secara cermat tumbuhan pacar air, serta mengamati sayatan melintang akar, batang, dan daunnya dengan mikroskop.
- Peserta didik mengindentifikasi berbagai sistem organ pada tumbuhan.
Menalar :
- Peserta didik menyimpulkan tentang organ dan sistem organ.
Mengomunikasikan :
- Peserta didik menyampaikan hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis.
- Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
Kegiatan Penutup (20 menit)
- mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
- memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
- Menarik kesimpulan hasil pembelajaran
- menginformasikan materi pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan ke-4
Pendahuluan (10 menit)
Apersepsi :
- apa yang dimaksud dengan sistem organ?
Motivasi :
- guru memperlihatkan beberapa macam gambar organ penyusun tubuh manusia. Organ apa saja yang dapat kalian lihat dan apa kegunaannya..?
- Guru menyampaikan manfaat dan tujuan pelajaran kepada peserta didik.
- Guru menginformasikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran.
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati :
- Peserta didik melakukan pengamatan tentang organ dan sistem organ pada torso/model tubuh manusia yang ada di sekolah.
Menanya :
- Peserta didik menanyakan pertanyaan tentang organ dan sistem organ suatu organisme.
Mengumpul informasi :
- Peserta didik mengindentifikasi berbagai organ pada manusia.
- Peserta didik mengindentifikasi keterkaitan antara organ dan sistem organ.
Menalar/mengasosiasi :
- Peserta didik menyimpulkan hubungan antara system organ dan organism dan contohnya.
Mengomunikasikan :
- Peserta didik menyampaikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis.
- Peserta didik mempresentasikan tentang system organisasi kehidupan.
Kegiatan Penutup (10 menit)
- Peserta didik dan guru mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
- Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
- Guru bersama peserta didik menarik kesimpulan hasil pembelajaran
- Guru menginformasikan materi pembelajaran bab berikutnya
- PENILAIAN
No. | Kompetensi | Teknik | Instrumen | Bentuk instrukmen |
1. | KI 1 dan KI 2 | Observasi | · Lembar observasi | Rubrik penilaian sikap |
2. | KI 3 | Tes tertulis | · Lembar tes tertulis | uraian |
3. | KI 4 | Unjuk Kerja | · Lembar laporan tugas praktik | Penilaian tugas praktik |
- PENILAIAN PADA PERTEMUAN 1
- Penilaian sikap
Instrukmen : lembaran observasi
Bentuk Instrukmen : rubrik penilaian sikap tanggung jawab
NO | Kriteria | Skor | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
K | C | B | SB | ||
1. | Bertanggungjawab dalam melakukan Pengamatan pada organisasi kehidupan | ||||
2. | Bertanggungjawab menggunakan alat-alat yang digunakan untuk mengamati organisasi kehidupan | ||||
3. | Bertanggungjawab terhadap hasil laporan pengamatan |
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang
- PENILAIAN PENGETAHUAN
Instrumen : lembaran tes tertulis
Bentuk instrukmen :Uraian
- jelaskan tentang bagian-bagian penyusun tubuh organisme..?
- Perhatikan gambar sel di bawah ini!
Kunci jawaban:
- Inti sel ER kasar i. kloroplas m. sentrosom
- Protoplasma ER halus j. dinding sel n. badan golgi
- Anak inti vakuola k. membran sel
- Membran inti ribosom l. mitokondria
- sebutkan perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan…?
Skor Akhir =
- PENILAIAN KETRAMPILAN
Instrumen : Lembar laporan tugas praktik
Bentuk instrukmen : rubrik penilaian tugas praktik
No. | Aspek yang Dinilai | Skala Nilai | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. | Melakukukan percobaan secara sistematis | ||||
2. | Melakukan pengamatan dari hasil pembedahan pada hewan | ||||
3. | Teliti dalam menggunakan mikroskop | ||||
4. | Teliti dalam mengamati objek/ preparat | ||||
5. | Terampil dalam merapikan alat dan bahan yang sudah digunakan | ||||
Keterangan:
Sempurna : 4 Kurang Sempurna : 2 – 3 Tidak Sempurna : 1 |
- PENILAIAN PADA PERTEMUAN KE 2
- PENILAIAN SIKAP
Instrukmen : Lembar observasi
Bentuk instrukmen : rubrik penilaian teliti
NO | Kriteria | Skor | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
K | C | B | SB | ||
1 | Teliti dalam melakukan Pengamatan pada organisasi kehidupan | ||||
2 | Teliti dalam menggunakan alat-alat yang digunakan untuk mengamati organisasi kehidupan | ||||
3 | Teliti terhadap hasil laporan pengamatan |
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang
- PENILAIAN PENGETAHUAN
Instrumen : lembaran tes tertulis
Bentuk instrukmen : Uraian
- Jelaskan pengertian jaringan pada makhluk hidup…?
- Bagaimana cara melakukan pengamatan jaringan dengan menggunakan mikroskop….?
Pada hewan, Siapkan preparat awetan hewan, amati di bawah mikroskop
Skor Akhir =
- Penilaian keterampilan
intrukmen : Lembar laporan tugas praktik
bentuk instrument : rubrik laporan praktik
No. | Aspek yang Dinilai | Skala Nilai | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. | Membuat Model Sel | ||||
2. | Terampil dalam menggunakan alat dan bahan laboratorium | ||||
3. | Terampil dalam merapikan alat dan bahan yang sudah digunakan | ||||
Keterangan:
Sempurna : 4 Kurang Sempurna : 2 – 3 Tidak Sempurna : 1 |
- Penilaian pada pertemuan ketiga
- Penilaian sikap
Instrumen : Lembar observasi
Bentuk instrument : Rubrik Penilaian Sikap Kritis
No | Aspek Pengamatan | Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | |||
K | C | B | SB | |||
1 | Melaksanakan tugas kelompok dengan baik dalam membandingkan energi panas benda | |||||
2 | Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan baik dalam membandingkan energi panas benda | |||||
3 | Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat baik dalam membandingkan energi panas benda | |||||
4 | Mengembalikan barang yang dipinjam saat percobaan baik dalam membandingkan energi panas benda | |||||
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang
- Penilaian pengetahuan
Instrumen : lembaran tes tertulis
Bentuk instrument :uraian
- Jelaskan pengertian organ pada makhluk hidup.?
- Sebutkan perbedaan antara jaringan, organ, dan sistem organ..?
Skor Akhir =
- Penilaian Keterampilan
Instrumen : Lembar laporan tugas praktik
Bentuk Instrumen : rubrik penilaian tugas praktik
No. | Aspek yang Dinilai | Skala Nilai | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. | Melakukan pengamatan jaringan pada makhluk hidup | ||||
Terampil dalam menggunakan alat dan bahan di laboratorium | |||||
2. | Terampil dalam merapikan alat dan bahan yang sudah digunakan | ||||
3. | Mempresentasikan hasil pengamatan | ||||
Keterangan:
Sempurna : 4 Kurang Sempurna : 2 – 3 Tidak Sempurna : 1 |
- PENILAIAN PADA PERTEMUAN KE 4
- PENILAIAN SIKAP
Instrumen : Lembar observasi
Bentuk instrument :rubrik penilaian sikap tanggungjawab
NO | Kriteria | Skor | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
K | C | B | SB | ||
1. | Bertanggungjawab dalam melakukan Pengamatan pada organisasi kehidupan | ||||
2. | Bertanggungjawab menggunakan alat-alat yang digunakan untuk mengamati organisasi kehidupan | ||||
3. | Bertanggungjawab terhadap hasil laporan pengamatan |
Ket: SB = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang
- Penilaian pengetahuan
Instrumen : lembaran tes tertulis
Bentuk instrument : Uraian
- jelaskan pengertian sistem organ…?
- Jelaskan penggertian dari organisme….?
- sebutkan 3 contoh sistem organ yang menyusun organisme….?
Skor Akhir =
- Penilaian Keterampilan
Instrukmen :lembaran laporan pratik
Bentuk instrumen :rubrik penilaian pratik
No. | Aspek yang Dinilai | Skala Nilai | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. | Melakukan pengamatan pada torso manusia | ||||
2. | Menggambar hasil pengamatan | ||||
3. | Mengkomunikasikan hasil pengamatan | ||||
Nilai Total | |||||
Keterangan:
Sempurna : 4 Kurang Sempurna : 2 – 3 Tidak Sempurna : 1 |
Mengetahui, Jakarta, 18 Oktober 2013
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran IPA
No comments:
Post a Comment