.mobile .content-outer, .mobile .main-outer , .mobile .post-outer { margin: 0pt auto; }

Monday, June 11, 2018

RPP K13 MATEMATIKA 1.1 KELAS VII SMP SEMESTER 1 TERBARU 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAB I

Satuan Pendidikan                :  SMP Negeri 160 Jakarta
Mata Pelajaran                     :  Matematika
Kelas/semester                       :  VII/1
Materi Pokok                         :  Himpunan
Alokasi Waktu                      :  4 x 5JP (8 pertemuan)


  1. Kompetensi Inti
1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan roced dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3 : Memahami pengetahuan (rocedu, konseptual, dan rocedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
1. 1.1   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 1.1.1  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. 2.1  Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah. 2.2   Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar. 2.1.1 Aktif bertanya selama proses pembelajaran    disajikan; 2.1.2 Membantu sesama anggota kelompok untuk memahami masalah selama proses diskusi kelompok

2.2.1 Memiliki rasa ingin tahu tentang irisan dan gabungan dua himpunan atau lebih kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.2.2 Mengajukan pendapat selama proses diskusi.

3. 3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh. 3.2.1        Membedakan kelompok yang merupakan himpunan dan yang bukan himpunan. 3.2.2        Menyebutkan pengertian himpunan.
3.2.3        Menyebutkan  contoh himpunan dan bukan himpunan.
3.2.4        Menyajikan himpunan dengan menyebutkan anggotanya.
3.2.5        Menyajikan himpunan dengan menyatakan sifat yang dimiliki anggotanya.
3.2.6        Menyajikan himpunan dengan notasi pembentuk himpunan.
3.2.7        Menentukan banyak anggota himpunan.
3.2.8        Menemukan himpunan kosong.
3.2.9        Menentukan himpunan bagian.
3.2.10    Menentukan kesamaan dua himpunan.
3.2.11    Memahami definisi tentang irisan dua himpunan atau lebih.
3.2.12    Menjelaskan keanggotaan dan menentukan hasil irisan dua himpunan atau lebih.
3.2.13    Membuat diagram Venn untuk menggambarkan irisan dua himpunan atau lebih.
3.2.14    Memahami definisi tentang gabungan dua himpunan atau lebih.
3.2.15    Menjelaskan keanggotaan dan menentukan hasil gabungan dua himpunan atau lebih.
3.2.16    Membuat diagram Venn untuk menggambarkan gabungan dua himpunan atau lebih.
3.2.17    Mengidentifikasi konsep komplemen dari suatu himpunan.
3.2.18    Mengidentifikasi konsep selisih dari suatu himpunan.
3.2.19    Menyelesaikan masalah tentang komplemen dan selisih himpunan dari diagram venn.
3.2.20    Menemukan sifat-sifat oprasi pada himpunan:
ü  Idempoten
ü  Identitas
ü  Komutatif
ü  Assosiatif
ü  Distributif
4. Mencoba, mengolah, dan menyajikan   dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori Membuktikan hukum De Morgan  menggunakan sifat-sifat operasi himpunan


  1. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
  1. Melalui kegiatan mandiri, peserta didik dapat mengelompokkan hewan atau benda berdasarkan ciri-cirinya.
  2. Melalui kegiatan mandiri, peserta didik dapat menyebutkan definisi himpunan.
  3. Melalui kegiatan kelompok, peserta didik dapat menyebutkan contoh himpunan dan bukan himpunan.
  4. Melalui kegiatan kelompok, peserta didik dapat Menyajikan himpunan dengan menyebutkan anggotanya.
  5. Melalui kegiatan kelompok, peserta didik dapat Menyajikan himpunan dengan menyatakan sifat yang dimiliki anggotanya.
  6. Melalui kegiatan kelompok, peserta didik dapat Menyajikan himpunan dengan notasi pembentuk himpunan.

Pertemuan Ke-2
  1. Melalui pengamatan, peserta didik dapat menyebutkan himpunan yang lebih besar dari suatu himpunan.
  2. Peserta didik dapat menyebutkan pengertian Himpunan Semesta.
  3. Peserta didik dapat menyebutkan himpunan semesta yang mungkin dari suatu himpunan.
  4. Peserta didik dapat menyajikan himpunan dalam bentuk Diagram Venn.

Pertemuan Ke-3
  1. Diberikan pemahaman bahwa manusia itu sama dihadapan Tuhan yang membedakan adalah iman dan taqwa.
  2. Diberikan masalah yang terkait himpunan yang ada di kehidupan sehari hari, peserta didik dapat menyelesaikannya.
  3. Menunjukkan ingin tahu selama mengikuti proses pembelajaran
  4. Bertanggung terhadap kelompoknya dalam menyelesaikan tugas
  5. Menentukan banyak anggota himpunan
  6. Menyebutkan contoh-contoh himpunan yang tidak memiliki anggota

Pertemuan Ke-4
  1. Diberikan soal cerita, peserta didik dapat menentukan banyaknya anggota himpunan.
  2. Menunjukkan ingin tahu selama mengikuti proses pembelajaran
  3. Bertanggung terhadap kelompoknya dalam menyelesaikan tugas
  4. Menentukan himpunan bagian
  5. Menentukan himpunan kuas
  6. Menentukan kesamaan dua himpunan

Pertemuan Ke-5
  1. Melalui diskusi kelompok,siswa dapat mendefinisikan tentang irisan dua himpunan atau lebih.
  2. Melalui kegiatan mandiri, sisiwa dapat menentukan hasil irisan dua himpunan atau lebih.
  3. Melalui diskusi kelompok,siswa dapat mendefinisikan tentang gabungan dua himpunan atau lebih.
  4. Melalui kegiatan mandiri, sisiwa dapat menentukan hasil gabungan dua himpunan atau lebih.

Pertemuan Ke-6
  1. mengidentifikasi konsep komplemen dari suatu himpunan dan konsep selisih dua himpunan;
  2. mengamati suatu komplemen dan selisih dari himpunan yang diberikan dalam diagram venn ;
  3. membuat/menggambar diagram venn berkaitan dengan komplemen dan selisih yang melibatkan peristiwa sehari-hari;
  4. mengomunikasikan pengetahuannya mengenai permasalahan yang mengandung konsep komplemen dan selisih dua himpunan.
  5. berpikir kritis menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang mengandung konsep komplemen dan selisih suatu himpunan.

Pertemuan Ke-7
  1. Diberikan pemahaman bahwa bahwa manusia itu sama dihadapan Tuhan yang membedakan adalah iman dan taqwa.
  2. Bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas diberikannya ketidaksamaan yang satu dengan yang lainnya
  3. Melalui kegiatan mandiri dilanjutkan dengan diskusi kelompok , peserta didik dapat menemukan sifat-sifat operasi himpunan (LK terlampir)
  4. Melalui penugasan individu peserta didik dapat membuktikan hukum De Morgan

Pertemuan Ke-8
  1. Diberikan pemahaman bahwa bahwa manusia itu sama dihadapan Tuhan yang membedakan adalah iman dan taqwa.
  2. Bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas diberikannya ketidaksamaan yang satu dengan yang lainnya.
  3. Peserta didik diberi soal, peserta didik siap mengikuti test formatif tentang PSLV dan PtLSV.


  1. Materi Pembelajaran
    1. Pertemuan ke-1
  • Pengertian Himpunan
  • Menyajikan himpunan

  1. Pertemuan ke-2
  • Himpunan semesta
  • Diagram venn
    1. Pertemuan ke-3
  • Himpunan Kosong

  1. Pertemuan ke-4
  • Himpunan bagian

  1. Pertemuan ke-5
  • Relasi Himpunan (irisan dan gabungan)

  1. Pertemuan ke-6
  • Operasi Himpunan (komplemen dan selisih)

  1. Pertemuan ke-7
  • Sifat-sifat Operasi Himpunan

  1. Pertemuan ke-8
  • Test formatip

  1. Metode Pembelajaran
    1. Pendekatan : Saintifik
    2. Metode : pengamatan, diskusi, penugasan


  1. Sumber Belajar
Sinaga, Bornok, dkk2013. Matematika. SMP/MTs Kelas VII. Hal 276 – 285 Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Politeknik Negeri Media Kreati

  1. Media Pembelajaran
  1. Media
Slide power point, Lembar Kerja Siswa.
  1. Alat dan bahan
komputer, infocus

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
  1. Dimulai dengan berdoa, mengecek kehadiran, dan menyiapkan peserta didik untuk  mengikuti pembelajaran.
  1. Apersepsi: Menanyakan kepada peserta didik tentang:
* benda-benda atau hewan-hewan peliharaan disekitar kita.
* hewan yang dipelihara orang tua siswa
Motivasi : teori himpunan banyak digunakan pada kehidupan sehari-hari misalnya untuk mengelompokkan objek sesuai dengan ciri-cirinya..
  1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.


Kegiatan Inti (100 menit)
Mengamati
  1. Peserta didik melakukan pengamatan terhadap benda-benda yang berada di dalam kelas.
  2. Peserta didik melakukan pengamatan terhadap benda-benda yang berada di lingkungan rumahnya.
  3. Peserta didik melakukan pengamatan objek pada buku paket.
Menanya
  1. Guru dapat memotivasi peserta didik dengan bertanya: misal bagaimana mengelompokkan suatu benda? Apa kriteria yang digunakan? Mana yang masuk anggota kelompok dan mana bukan?               
  2. Peserta didik termotivasi untuk berdiskusi dan mempertanyakan tentang himpunan, missal: apa kriteria untuk mengelompok benda telah jelas? Adakah kelompok benda tanpa kriteria yang jelas? Bagaimana kaitannya dengan himpunan?

Mengeksplorasi
  1. Menjelaskan, menguraikan, mendeskripsikan kriteria yang digunakan untuk mengkalisifikasi dan mengelompokkan benda-benda
  2. Menjelaskan himpunan melalui contoh dengan bantuan diagram, gambar atau cara lainnya
  3. Menyebut dan menuliskan mana yang merupakan himpunan dan bukan himpunan atau kumpulan benda dari berbagai kumpulan benda atau gambar benda dari hasil pengamatan
  4. Berdiskusi, membahas, menjelaskan dan menuliskan cara menyajikan himpunan: dengan mendaftar anggota-anggotanya, dengan kata-kata, diagram dan dengan notasi pembentuk himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan.
Mengasosiasi 
  1. Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan konsep himpunan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh
  2. Menganalisis, mengkaitkan, dan mendeskripsikan perbedaan yang merupakan himpunan dan bukan himpunan
Mengomunikasi
  1. Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran yang telah dipelajari pada tingkat kelas mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan.
  2. Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

Kegiatan Penutup (10 menit)
  1. Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
  2. Setiap kelompok diberikan perolehan penghargaan berkaitan dengan aktivitas kelompok.
  3. Untuk memberi penguatan, peserta didik diminta untuk konsep himpunan dalam kehidupan sehari-hari
Pertemuan Ke-2
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
  1. Dimulai dengan berdoa, mengecek kehadiran, dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran.
  2. Apersepsi: * Menanyakan apakah ada materi atau tugas yang belum dipahami.
Motivasi: Materi tentang Himpuna banyak manfaatnya dalam kehidupan kita sehari-hari,
  1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
  2. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati
  1. Guru menyajikan contoh sebuah himpunan, Masing-masing peserta didik mengamati kemungkinan himpunan yang lebih luas dari himpunan tersebut.
  2. Peserta didik membaca masalah 3 dan 1.4 halaman 11dan 12 dan definisi diagram Venn halaman 13, kemudian menuliskan hasil yang diperoleh pada buku latihan.
Menanya
  1. Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang beberapa hal yang belum dipahami berkaitan dengan himpunan semesta dan diagram Venn.

Mengeksplorasi
  1. Berdiskusi, membahas, dan memilih himpunan yang lebih besar dari suatu himpunan.
  1. Berdiskusi, membahas, dan memilih cara penyjian himpunan dengan diagram venn.
Mengasosiasi
  1. Untuk mengetahui pemahaman materi yang dipelajari, siswa dapat menyelesaikan Uji Kompetensi 6.1 no. 2 dan 3 buku paket 2013 hal.276. Peserta didik mengerjakan tugas latihan soal dari buku teks Matematika SMP, Kemendikbud halaman 296
  1. Melalui kegiatan diskusi kelompok, peserta didik membuat catatan tentang informasi yang diperolehnya ketika: mengamati buku paket halaman 11 s.d 14.
Mengomunikasi
  1. Salah satu siswa diminta   untuk mempresentasikan hasil  pekerjaan.
  2. Siswa memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

Kegiatan Penutup (10 menit)
  1. Siswa bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai himpunan semesta dan diagram venn.
  2. Setiap siswa diberikan perolehan penghargaan berkaitan dengan aktivitasnya.
  3. Siswa diberikan tugas untuk menemukan fakta-fakta dari setiap himpunan semesta.
Pertemuan Ke-3
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
  1. Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa;
  2. Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa, mengisi agenda kegiatan harian
  3. Guru menjajagi kemampuan dasar siswa dengan tanya jawab mengingatkan kembali materi tentang penyajian himpunan
  4. Guru mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa;
  5. Guru menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pengamatan dan demonstrasi disertai tanya jawab, latihan individu dilanjutkan kelompok, pembahasan latihan secara klasikal, latihan berpasangan, pembahasan secara klasikal, pemajangan hasil latihan).


Kegiatan inti (100 Menit )
Mengamati
  1. Siswa secara berkelompok mengamati,mencermati dan menjawab pertanyaan terkait materi himpunan pada  buku siswa hal 14-16.
Menanya
  1. Guru menfasilitasi siswa untuk bertanya berdasarkan hasil pengamatannya dan dijawab dengan santun oleh kelompok lain.
Mengeksplorasi
  1. Menjelaskan, mencontohkan dan menyatakan himpunan kosong, nol, berhingga, tak berhingga menggunakan konteks nyata.

Mengasosiasi
  1. Secara individu, siswa dengan penuh tanggung jawab menyelesaikan latihan tentang kardinalitas himpunan dan himpunan kosong.

Mengomunikasi
  1. Setiap kelompok dengan penuh tanggung jawab mempersentasikan hasil diskusi kelompok dengan santun
  2. Dengan ketelitian siswa diberikan penguatan atas hasil tampilan kelompoknya
  3. Guru dengan jujur memberikan penilaiannya merujuk pada format penilaian sikap dan hasil.
  4. Hasil pekerjaan dimasukkan kedalam kedalam folder fortopolio dengan penuh tanggung jawab.

Kegiatan Penutup (10 menit)
  1. Dengan teliti siswa diarahkan membuat kesimpulan kardinalitas himpunan dan himpunan kosong.
  2. Siswa diarahkan dengan penuh tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru (PR) halaman 29.
  3. Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya, yakni himpunan bagian, himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan.

Pertemuan Ke – 4
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
  1. Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa;
  2. Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa, mengisi agenda kegiatan harian
  3. Guru menjajagi kemampuan dasar siswa dengan tanya jawab mengingatkan kembali materi tentang penyajian himpunan
  4. Guru mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa;
  5. Guru menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pengamatan dan demonstrasi disertai tanya jawab, latihan individu dilanjutkan kelompok, pembahasan latihan secara klasikal, latihan berpasangan, pembahasan secara klasikal, pemajangan hasil latihan).

Kegiatan inti (60 Menit )
Mengamati
  1. Siswa secara berkelompok mengamati,mencermati dan menjawab pertanyaan terkait materi himpunan pada  buku siswa hal 17-28.
Menanya
  1. Guru menfasilitasi siswa untuk bertanya berdasarkan hasil pengamatannya dan dijawab dengan santun oleh kelompok lain

Mengeksplorasi
  1. Secara individu, siswa dengan penuh tanggung jawab menyelesaikan latihan tentang himpunan bagian, himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan
  2. Secara berkelompok, siswa dengan penuh tanggung jawab membahas hasil tugas
  3. Menjelaskan karakteristik dan menentukan himpunan bagian dan banyaknya himpunan bagian dari kelompok benda/ himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan

Mengasosiasi 
  1. Siswa menganalisis, menalar, mencoba dan menyimpulkan himpunan bagian, himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan.
  2. Menganalisis, merumuskan dan menyimpulkan himpunan kosong merupakan himpunan bagian dari setiap kelompok himpunan manapun
Komunikasi
  1. Setiap kelompok dengan penuh tanggung jawab mempersentasikan hasil diskusi kelompok dengan santun
  2. Dengan ketelitian siswa diberikan penguatan atas hasil tampilan kelompoknya
  3. Guru dengan jujur memberikan penilaiannya merujuk pada format penilaian sikap dan hasil.
Kegiatan Penutup (10 menit)
  1. Dengan teliti siswa diarahkan membuat kesimpulan himpunan bagian, himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan.
  2. Siswa diarahkan dengan penuh tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru (PR) halaman 29.
  3. Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya, yakni Operasi himpunan.

Pertemuan Ke-5
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
  1. Dimulai dengan berdoa, mengecek kehadiran, dan menyiapkan peserta didik  untuk mengikuti pembelajaran.
  2. Apersepsi: Menanyakan kepada peserta didik tentang:
  • Menyebutkan anggota himpunan dengan cara mendaftar
  • Membuat diagram Venn
Motivasi : Memberi contoh tentang kegunaan materi irisan dan gabungan dalam  kehidupan sehari-hari.
  1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

Kegiatan Inti (100 menit)
Mengamati
  1. Peserta didik melakukan pengamatan terhadap tayangan untuk menentukan irisan dan gabungan dengan berupa contoh dalam bentuk diagram Venn dan yang bukan diagram Venn.

Menanya
  1. Peserta didik termotivasi untuk mempertanyakan tentang irisan
  2. Peserta didik termotivasi untuk mempertanyakan tentang gabungan
Mengeksplorasi
  1. Peserta didik mendefisikan apa yang disebut irisan himpunan.
  2. Peserta didik mendefisikan apa yang disebut gabungan himpunan
  3. Peserta didik mengisi LK tentang irisan dan gabungan
  4. Peserta didik mengerjakan tugas latihan tentang irrisan dan gabungan
  5. Mencatat informasi yang diperoleh ketika mengisi LK maupun dalam mengerjakan soal .
Mengasosiasi
  1. Menganalisis dan membandingkan operasi-operasi yang berlaku pada himpunan dengan operasi aljabar pada bilangan

Mengomunikasi
  1. Salah satu anggota kelompok mempresentasikan hasil diskusi kegiatan sebelumnya.
  2. Peserta didik memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
Kegiatan Penutup (10 menit)
  1. Dengan bimbingan pendidik, peserta didik diminta membuat rangkuman
  2. Peserta didik dan pendidik melakukan refleksi tentang kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada hari ini.
  3. Pendidik memberikan tugas (PR) dari buku teks Matematika SMP
  4. Pendidik menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan yang akan datang akan membahas tentang sifat-sifat oprasi pada himpunan


Pertemuan Ke-6
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
  1. Dimulai dengan berdoa, mengecek kehadiran, dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran.
  2. Apersepsi: Menanyakan kepada peserta didik tentang:
  • Menyebutkan anggota himpunan dengan cara mendaftar
  • Membuat diagram Venn
Motivasi : Memberi contoh tentang kegunaan materi komplemen dan selisih dua himpunan.
  1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

Kegiatan Inti (100 menit)
Mengamati
  1. Peserta didik melakukan pengamatan terhadap tayangan untuk menentukan komplemen dan selisih dengan berupa contoh dalam bentuk diagram Venn dan yang bukan diagram Venn.

Menanya
  1. Peserta didik termotivasi untuk mempertanyakan tentang komplemen.
  2. Peserta didik termotivasi untuk mempertanyakan tentang selisih dua himpunan.

Mengeksplorasi
  1. Peserta didik mendefisikan apa yang disebut komplemen himpunan.
  2. Peserta didik mendefisikan apa yang disebut selisih himpunan
  3. Peserta didik mengisi LK tentang komplemen dan selisih.
  4. Peserta didik mengerjakan tugas latihan tentang komplemen dan selisih.
  5. Mencatat informasi yang diperoleh ketika mengisi LK maupun dalam mengerjakan soal .

Mengasosiasi
  1. Menganalisis dan membandingkan operasi-operasi yang berlaku pada himpunan dengan operasi aljabar pada bilangan

Mengomunikasi
  1. Salah satu anggota kelompok mempresentasikan hasil diskusi kegiatan sebelumnya.
  2. Peserta didik memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

Kegiatan Penutup (10 menit)
  1. Dengan bimbingan pendidik, peserta didik diminta membuat rangkuman
  2. Peserta didik dan pendidik melakukan refleksi tentang kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada hari ini.
  3. Pendidik memberikan tugas (PR) dari buku teks Matematika SMP
  4. Pendidik menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan yang akan datang akan membahas tentang sifat-sifat oprasi pada himpunan

Pertemuan Ke-7
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
  1. Dimulai dengan berdoa, mengecek kehadiran, dan menyiapkan peserta didik untuk    mengikuti pembelajaran.
  1. Apersepsi: Menanyakan kepada peserta didik tentang jenis-jenis operasi pada himpunan.
Motivasi :  Materi sifat-sifat operasi himpunan banyak manfaatnya dalam materi selanjutnya
  1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan kegiatan yang akan dilaksanakan.

       Kegiatan inti (60 menit)
  1. Peserta didik secara individu membaca informasi pada LK mengerjakan tugas yang ada pada LK ( Mencoba )
  2. Peserta didik membaca dan menyimpulkan hasil pekerjannya ( Mengamati )
  3. Peserta didik secara individu menuliskan hasil kesimpulan pada kertas plano yang telah di sediakan ( Mengumpulkan data )
  4. Peserta didik dalam kelompoknya membuat kesepakatan dari hasil pekerjaaan masing-  masing untuk dijadikan kesimpulan akhir ( Menanya )
  5. Setiap kelompok melakukan kunjung karya untuk mengamati persamaan  dan  perbedaan hasil kerja  dengan kelompoknya ( Mengkomunikasikan   )
  6. Setiap kelompok kembali ke kelompok semula untuk merevisi hasil pekerjaannya
( Menalar) .
  1. Setiap kelompok menginformasikan temuan dari hasil kunjung karya (Mengkomunikasikan)

Penutup (10 menit)
  1. Dengan bimbingan pendidik, peserta didik diminta membuat rangkuman
  2. Peserta didik dan pendidik melakukan refleksi tentang kegiatan pembelajaran yang baru selesai di laksanakan .
  3. Pendidik memberikan tugas (PR) untuk membuktikan hukum  De Morgan
  4. Pendidik menginformasikan bahwa pertemuan berikutnya akan dilaksanakan ulangan harian.

Pertemuan Ke-8
Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
  1. Guru memberi salam dan mengajak siswa berdo’a sebelum test dimulai.
  1. Guru memotivasi agar peserta didik dapat menyelesaikan test dengan maksimal.
  2. Guru mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa.
Kegiatan Inti (65 menit)
Mengamati
  1. Peserta didik mengamati soal-soal yang ada di lembaran soal.
Menanya
  1. Peserta didik menanyakan soal yang penulisannya kurang jelas.
Mengeksplorasi
  1. Peserta didik mengerjakan soal dengan teliti.
  1. Peserta didik menyelesaikan soal tes tepat pada waktunya.
Mengasosiasi
  1. Peserta didik mengumpulkan hasil pekerjaannya.
Mengomunikasi
  1. Peserta didik memberikan tanggapan hasil pekerjaannya.
Kegiatan Penutup (5 menit)
  1. Peserta didik bersama-sama dengan guru membahas soal yang dirasa sulit.
  1. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
  2. Peserta didik dan guru mengakhiri perbelajaran dengan do’a.

  1. Penilaian
    1. Sikap spiritual
      1. Teknik Penilaian: Observasi
      2. Bentuk Instrumen: Lembar observasi
      3. Kisi-kisi:

No. Sikap/nilai Butir Instrumen

Mempertebal keyakinan terhadap kebesaran Tuhan SWT setelah melihat keseimbangan yang ada di alam sekitar. 1-2

Bersyukur atas kebesaran Tuhan dengan adanya interaksi sosial dalam kelangsungan hidup manusia. 3
Instrumen: lihat Lampiran 1
  1. Sikap sosial
    1. Teknik Penilaian : Tes
    2. Bentuk Instrumen: Angket
    3. Kisi-kisi:

No. Sikap/nilai Butir Instrumen

Berfikir logis dan analisis 1

Bertanggungjawab 2

Tidak mudah menyerah 3

Menunjukkan rasa ingin tau 4
Instrumen: lihat Lampiran 2
  1. Pengetahuan
  1. Teknik Penilaian: Tes
  2. Bentuk Instrumen: Uraian
  3. Kisi-kisi:
No. Indikator Butir Instrumen
1. Memberi contoh kalimat tertutup dan kalimat terbuka 1
2. Membedakan kalimat tertutup dan kalimat terbuka 2
3. Memberikan contoh PLSV 3
4. Menentukan nilai variabel 4
5. Menyelesaikan soal tentang PLSV yang ekuivalen 5
6 Memberi contoh pertidaksamaan linear satu variable 6
7 Menyelesaikan soal PtLSV dengan memperhatikan sifat-sifatnya 7
8 Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variable bentuk biasa 8
9 Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variable bentuk pecahan 9
10 Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variable dalam bentuk soal cerita 10
Instrumen: lihat Lampiran 3

  1. Keterampilan
    1. Teknik Penilaian: Observasi
    2. Bentuk Instrumen: Lembar Observasi
    3. Kisi-kisi:
No. Indikator Butir Instrumen
1. Membuat model matematika yang berkaitan dengan PLSV dari kejadian sehari-hari 1
2 Membuat model matematika yang berkaitan dengan PtLSV dari kejadian sehari-hari 2
3 Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan PLSV dengan model matematika 3
4 Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan PtLSV dengan model matematika 4
Instrumen: lihat Lampiran 4.

Mengetahui,                                                                            Bakongan,     Juli 2018
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran Matematika



Lampiran 1
Instrumen Sikap Spiritual

No N a m a peserta didik Mempertebal keyakinan terhadap Allah SWT  setelah melihat keseimbangan yang ada di alam sekitar. Menyadari adanya keseimbangan alam Bersyukur atas kebesaran Allah SWT  adanya  keseimbangan dalam penciptaan alam semesta  
Total Skor
4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1
1













2













3













      Keterangan Nilai
              Selalu                        = 4
Sering                       = 3
Jarang                       = 2
Tidak Pernah             = 1

Kriteria
A = Total Skor   9 <  X  ≤ 12
B  = Total Skor  6 <  X  ≤ 9
C  = Total Skor  3 <  X  ≤ 6
D  = Total Skor  3



Lampiran 2
Instrumen Sikap Sosial

No N a m a peserta didik Memiliki kemampuan berfikir logis dan analisis dengan menafsirkan PLSV dan PtLSV dari kejadian interaksi sosial sehari-hari Bertanggung jawab menyelesaikan masalah sehar-hari yang terkait dengan konsep PLSV dan PtLSV. Menunjukan sikap tidak mudah menyerah dalam menyampaikan gagasan pada kehidupan sehari-hari terkait konsep PLSV dan PtLSV. Menunjukkan rasa ingin tahu dan percaya diri dalam kelompok belajarnya. Total Skor
4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1
1

















2

















3

















      Keterangan Nilai
              Selalu                        = 4
Sering                       = 3
Jarang                       = 2
Tidak Pernah             = 1

Kriteria
A = Total Skor 13-16
B  = Total Skor  9-12
C  = Total Skor  5-8
D  = Total Skor  4

Lembar penilaian antar teman dalam kerja kelompok
Nilailah setiap anggota dalam kelompokmu! Berilah nilai 10 bila sangat baik, sebaliknya berilah nilai 0 bila sangat jelek! Selanjutnya jumlahkan hasil penilaianmu untuk memperoleh nilai masing-masing anggota dalam kelompokmu!
No Nama Siswa No Presensi Hal yang dinilai
1 2 3 4 5 Jumlah
1
2
3
4

Keterangan : Hal yang dinilai
No Hal yang dinilai
1 Mendengarkan pendapat teman lainnya
2 Mengajukan usul, atau memberikan pendapat
3 Menyelesaikan tugas dengan baik
4 Membantu teman lain yang membutuhkan
5 Selalu fokus saat menyelesaikan tugas

Angket Penilaian Kepercayaan Diri
No Pernyataan 1 2 3 4
1 Mampu menjalin kerjasama dengan orang lain



2 Menempatkan diri dengan baik dalam berbagai situasi



3 Aktif dalam diskusi di kelas



4 Mendapatkan nilai yang baik



5 Memiliki peran dalam lingkungan sekolah



6 Teliti dalam mengerjakan soal



7 Menjadi penengah dalam perdebatan dalam diskusi di kelas




              Keterangan Nilai
              Selalu                        = 4
Sering                       = 3
Jarang                       = 2
Tidak Perna               = 1

       Kriteria
       A = Total Skor   21 <  X  ≤ 28
       B  = Total Skor  14 <  X  ≤ 21
       C  = Total Skor  7  <  X  ≤ 14
       D  = Total Skor  7

Lampiran 3
Instrumen Pengetahuan
Petunjuk:
  1. Berdoalah sebelum mengerjakan soal
  2. Jawablah pada lembar jawaban yang telah disediakan
  3. Selesaikan soal berikut dengan singkat dan jelas

Soal:
  1. Himpunan K = { 2,4,6,8,10}
Himpunan L = {p, q, r, s}
Himpunan M = { 10,11,12,13,14,15,16}
N adalah himpunan bulan yang dimulai dengan huruf D
O adalah himpunan bilangan asli yang kurang dari 1
  1. Berapakah banyak anggota himpunan K?
  2. Berapakah banyak anggota himpunan L?
  3. Berapakh banyak anggota himpunan M?
  4. Tuliskan anggota himpunan N!
  5. Tuliskan anggota himpunan O!
  1. Diketahui : A = {1,2,3,4,5,6,7}
B = {2,3,5,7,11}
A ∩ B =
A U B =
  1. P = {x/x≤5,xϵbilangan prima}
Q = {x/3 ≤ x ≤ 9,xϵbilangan ganjil}
  1. Tulislah himpunan P dan himpunan Q dengan mendaftar anggota-anggotanya !
  2. Tentukan P ∩ Q dan P U Q !
  3. Gambarlah diagram Venn untuk P ∩ Q dan P U Q !
  1. Diketahui : S={1,2,3,4,5,6,7,8,9,10}
A={1,3,5,7,9}
B=={2,3,5,7}
Tentukan: a. Himpunan komplemen A
  1. Himpunan komplemen B
  2. A-B
  3. B-A

  1.      Dari diagram venn di atas tentukan (P ∩ Q)c.!


Pedoman Penilaian Instrumen Pengetahuan

Soal Jawaban Skor
1.    Kuis (Waktu: maksimal 10 menit) Himpunan K = { 2,4,6,8,10}
Himpunan L = {p, q, r, s}
Himpunan M = { 10,11,12,13,14,15,16}
N adalah himpunan bulan yang dimulai dengan huruf D
O adalah himpunan bilangan asli yang kurang dari 1
a.                                 Berapakah banyak anggota himpunan K?
b.                                 Berapakah banyak anggota himpunan L?
c.                                 Berapakh banyak anggota himpunan M?
d.                                 Tuliskan anggota himpunan N!
e.                                 Tuliskan anggota himpunan O!
1. a.         banyak anggota himpunan K adalah 5
b.         banyak anggota himpunan L adalah 4
c.         banyak anggota himpunan M adalah 7
d.         N = {  }
e.         O = {  }

2.    Diketahui :  A = {1,2,3,4,5,6,7} B = {2,3,5,7,11}
A ∩ B =
A U B =



  A = {1,2,3,4,5,6,7}
B = {2,3,5,7,11}
A ∩ B = {2,3,5}
A U B = { 1,2,3,4,5,6,7,11}
 


2
2



3.    P = {x/x≤5,xϵbilangan prima} Q = {x/3 ≤ x ≤ 9,xϵbilangan ganjil}
a.         Tulislah himpunan P dan himpunan Q dengan mendaftar anggota-anggotanya !
b.     Tentukan P ∩ Q dan P U Q !
c.         Gambarlah diagram Venn untuk P ∩ Q dan P U Q !
a.     P = { 2,3,,5 } Q = { 3,5,7,9}
b.     P ∩ Q = { 3,5 }
P U Q = { 2,3,5,7,9 }
c.
S
















P ∩ Q









P U Q
2 2

2
2

4










4
5.







Dari diagram venn di atas tentukan (P ∩ Q)c.!
(P ∩ Q)c = {b, d, e, g, i} 2
6.
7.

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 , sebagai berikut :


Nilai Akhir =     Perolehan Skor   X  (100) Total Skor Max


Lampiran 4

Penilaian Keterampilan

No N a m a peserta didik Membuat model matematika yang berkaitan dengan PLSV dari kejadian sehari-hari Membuat model matematika yang berkaitan dengan PtLSV dari kejadian sehari-hari Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan PLSV dengan model matematika Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan PtLSV dengan model matematika Total Skor
4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1
1

















2

















3

















      Keterangan Nilai
              Selalu                        = 4
Sering                       = 3
Jarang                       = 2
Tidak Pernah = 1

Kriteria
A = Total Skor 12-16
B  = Total Skor  8-12
C  = Total Skor  4-8
D  = Total Skor  4

No comments:

Post a Comment