Sekolah : SMPN 160 Jakarta
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VII/Ganjil
Materi Pembelajaran : Pencemaran Lingkungan
Alokasi Waktu : 15 JP
- Kompetensi Inti
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
- Kompetensi Dasar
4.8 Membuat tulisan tentang gagasan pemecahan masalah pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan.
- Indikator Pencapaian Kompetensi
- Menjelaskan pengertian pencemaran lingkungan
- Menjelaskan macam-macam pencemaran lingkungan
- Menjelaskan pengertian pencemaran air.
- Menyelidiki pengaruh air jernih dari tercemar terhadap kondisi (pegerakan ikan)
- Membuat gagasan tertulis tentang bagaiamana mengatasi dan mengurangi pencemaran air
- Menjelaskan pengertian pencemaran udara
- Menyebutkan Faktor-faktor penyebab pencemaran udara
- Menjelaskan dampak pencemaran udara
- Menjelaskan pengertian pencemaran tanah
- Menjelaskan dampak pencemaran tanah
- Menbuat gagasan tertulis tentang bagaimana mengurangi dampak pencemaran tanah.
- Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik dapat Menjelaskan definisi pengertian pencemaran lingkungan
- Peserta didikdapatmenjelaskan macam-macam pencemaran lingkungan
- Peserta didikdapat menjelaskan pengertian pencemaran air melalui penyelidikan
- Peserta didikdapatmenyelidiki pengaruh air jernih dan tercemar terhadap kondisi (pergerakan)ikan
- Peserta didik dapat membuat gagasan tentang bagaimana mengatasi dan mengurangi pencemaran air
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian pencemaran udara
- Peserta didik dapat menyebutkan faktor- faktor penyebab pencemaran udara
- Peserta didik dapat menjelaskan dampak pencemaran udara
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian pencemaran tanah
- Peserta didik dapat menjelaskan dampak pencemaran tanah
- Peserta didik dapat membuat gagasan untuk mengurangi dampak pencemaran tanah.
- Materi Pembelajaran
- Pencemaran lingkungan
- Pencemaran air
- Pencemaran udara
- Pencemaran tanah
- Model Pembelajaran
- Discovery
- Media Pembelajaran
Media :
Video Pencemaran air
- Alat :
- Gelas mineral 200 ml : 8 buah
- Label : 8 buah
- Stopwatch : 8 buah
- Bahan :
- Ikan hias : 10 ekor
- Detergen : secukupnya
- Air : secukupnya
Bahan :
Pertemuan pertama
- Sampah organik
- Sampah anorganik
- Air
- Sekam
- Bibit kompos takakura
- Pertemuan kedua
- Air bersih
- Air sungai kotor
- Kerikir
- Pasir
- Arang
- Sabut kelapa
- Pertemuan ketiga
- Kertas manila
- Sumber Pembelajaran
- Buku IPA kelas VII Kemdikbud rev 2016
- Buku IPA relevan lainnya.
- internet
- Langkah – langkah Pembelajaran
- Pertemuan Pertama (2 JP)
- Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
- Guru melakukan apersepsi dan motivasi dengan menunjukkan kepada Peserta Didik beberapa contoh lingkungan yang asri, bersih, dan rapi, serta lingkungan sebaliknya yang kotor dan juga tidak tertata yang ada di sekitar lingkungan sekolah atau di tempat lain yang belum pernah dilihat Peserta Didik.
- Guru menyampaikan kepada Peserta Didik tujuan pembelajaran yang akan dipelajari yaitu definisi pencemaran dan juga macam-macam pencemaran lingkungan.
- Guru menyampaikan kepada Peserta Didik nilai yang diperoleh setelah mempelajari bab ini.
- Kegiatan Inti (60 menit)
- Guru meminta Peserta Didik untuk mengamati foto-foto ataupun video yang ada di power point yang dibuat guru tentang pencemaran yang ada di sekililing kita.
- Peserta Didik mengamati aktivitas manusia ataupun kejadian lain yang menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan.
- Peserta Didik membuat pertanyaan tentang apa yang telah diamati terkait definisi pencemaran dan juga macam-macam pencemaran lingkungan.
- Guru membimbing Peserta Didik untuk membaca buku siswa dan mencari informasi sebanyak mungkin untuk mendapatkan informasi definisi dan pencemaran lingkungan.
- Guru juga memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mencari sumber informasi lain baik melalui buku penunjang lainnya ataupun internet.
- Kegiatan Penutup (10 menit)
- Pertemuan Kedua (3 JP)
- Kegiatan pendahuluan (20 Menit)
- Guru melakukan apersepsi dan motivasi dengan menunjukkan kepada Peserta Didik beberapa contoh air kotor dan berwarna hitam kehijauan.
- Guru menyampaikan kepada Peserta Didik tujuan pembelajaran yang akan dipelajari, yaitu pencemaran air dan dampaknya.
- Guru menyampaikan kepada Peserta Didik nilai yang diperoleh setelah mempelajari bab ini
- Kegiatan Inti (60 menit)
- Guru meminta Peserta Didik untuk mengamati foto-foto ataupun video yang ada di power point yang dibuat guru tentang pencemaran air yang ada di sekililing kita.
- Peserta Didik mengamati aktivitas manusia ataupun kejadian lain yang menyebabkan terjadinya pencemaran air.
- Peserta Didik membuat pertanyaan tentang apa yang telah diamati terkait pencemaran air dan juga dampaknya.
- Melakukan percobaan sesuai buku siswa halaman 56.
- Menganalisis hasil percobaan dan mempresentasikannya.
- Guru membimbing Peserta Didik untuk membaca buku siswa dan mencari informasi sebanyak mungkin untuk mendapatkan informasi tentang pencemaran air serta dampak dan cara penanggulangan.
- Guru juga memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mencari sumber informasi lain baik melalui buku penunjang lainnya ataupun internet.
- Kegiatan Penutup (10 menit)
- Pertemuan Ketiga (2JP)
- Pertemuan Ke empat (3 JP)
- Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
- Guru melakukan apersepsi dan motivasi dengan menunjukkan kepada Peserta Didik beberapa contoh udara yang tercemar.
- Guru menyampaikan kepada Peserta Didik tujuan pembelajaran yang akan dipelajari, yaitu pencemaran udara dan dampaknya.
- Guru menyampaikan kepada Peserta Didik nilai yang diperoleh setelah mempelajari bab ini.
- Kegiatan Inti (90 menit)
- Guru meminta Peserta Didik untuk mengamati foto-foto ataupun video yang ada di power point yang dibuat guru tentang pencemaran udara yang ada di sekeliling kita.
- Peserta Didik mengamati aktivitas manusia ataupun kejadian lain yang menyebabkan terjadinya pencemaran udara.
- Peserta Didik membuat pertanyaan tentang apa yang telah diamati terkait pencemaran udara dan juga dampaknya.
- Guru membimbing Peserta Didik untuk membaca buku siswa dan mencari informasi sebanyak mungkin untuk mendapatkan informasi tentang pencemaran udara serta dampak dan cara penanggulangannya.
- Guru juga memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mencari sumber informasi lain baik melalui buku penunjang lainnya ataupun internet.
- Kegiatan Penutup (10 menit)
- Pertemuan Ke Lima (2JP)
- Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
- Guru melakukan apersepsi dan motivasi dengan menunjukkan kepada Peserta Didik beberapa contoh tanah yang tercemar.
- Guru menyampaikan kepada Peserta Didik tentang tujuan pembelajaran yang akan dipelajari, yaitu pencemaran tanah dan dampaknya.
- Guru menyampaikan kepada Peserta Didik nilai yang diperoleh setelah mempelajari bab ini.
- Kegiatan Inti (80 menit)
- Guru meminta Peserta Didik untuk mengamati foto-foto ataupun video yang ada di power point yang dibuat guru tentang pencemaran tanah yang ada di sekililing kita.
- Peserta Didik mengamati aktivitas manusia ataupun kejadian lain yang menyebabkan terjadinya pencemaran tanah.
- Peserta Didik membuat pertanyaan tentang apa yang telah diamati terkait pencemaran tanah dan juga dampaknya.
- Guru membimbing Peserta Didik untuk membaca buku siswa dan mencari informasi sebanyak mungkin untuk mendapatkan informasi tentang pencemaran tanah serta dampak dan cara penanggulangan.
- Guru juga memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mencari sumber informasi lain baik melalui buku penunjang lainnya ataupun internet.
- Kegiatan Penutup (20 menit)
- Pertemuan ke enam (2 JP)
- Penilaian
- Jenis / tehnik penilaian dan bentuk instrumen
Jenis Penilaian | Teknik Penilaian | Instrumen | Bentuk Instrumen |
Sikap | – | – | Jurnal |
Pengetahuan | Tes tertulis | Lembar tes tulis | Uraian |
Keterampilan | Tes Kinerja | Lembar Pengamatan | Rubrik pengamatan |
- Instrumen penilaian
- Pertemuan Pertama
Bentuk Instrumen : Jurnal
NO | HARI/TANGGAL | NAMA PESERTA DIDIK | CATATAN PERILAKU | BUTIR SIKAP | KET |
1 | |||||
2 | |||||
3 | |||||
4 | |||||
5 |
b). Pengetahuan
Teknik Penilaian : Tes tertulis
Instrumen : Lembar tes tulis
Bentuk Instrumen : Uraian
NO | Kompetensi Dasar | Indikator | Soal | Jumlah soal | |||
1 | Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem. | Menjelaskan pengertian pencemaran lingkungan | Ø Jelaskan pengertian pencemaran lingkungan | 1 | |||
Ø Sebutkan 2 faktor terjadinya pencemaran lingkungan | |||||||
Ø | |||||||
Ø | Uraian | ||||||
No Soal | Kunci Jawaban | Skor | |||||
1 | masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya. | 60 | |||||
2 | Factor alam dan factor manusia | 40 | |||||
Skor Maksimum | 100 | ||||||
Ket :
Nilai =
c). Keterampilan
Teknik Penilaian : Tes Kinerja
Instrumen : Lembar Pengamatan
Bentuk Instrumen : Rubrik Pengamatan
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR | TEKNIK PENILAIAN |
1 | Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem.
|
Pencemaran Lingkungan | Menjelaskan pengertian pencemaran lingkungan | Kinerja |
NO | ASPEK YANG DINILAI | SKOR | ||||
0 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan | √ | ||||
2 | Melakukan eksperimen sesuai dengan prosedur | √ | ||||
3 | Membuat Laporan/kesimpulan | √ | ||||
Jumlah Skor maksimum | 9 (2+4+3) |
Rubrik Penilaian Kinerja
NO | Indikator | Rubrik | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | Menyiapkan Alat dan Bahan yang diperlukan | 2 = menyiapkan seluruh alat dan bahan yang
dipelukan. 1 = Menyiapkan Sebagian alat dan bahan yang Diperlukan. 0 = tidak menyiapkan alat dan bahan |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | Melakukan eksperimen sesuai dengan prosedur | 4 = melakukan empat langkah kerja yang tepat
3 = melakukan tiga langkah kerja dengan tepat 2 = melakukan dua langkah kerja dengan tepat 1 = melakukan satu langkah kerja dengan tepat 0 = tidak melakukan langkah kerja Langkah kerja : 1. Potong kertas saring atau kertas tisu dengan ukuran 4 cm x 12 cm 2. Gambarkan atau beri garis dengan spidol (pena) hitam 2 cm dari ujung kertas saring tersebut 3. Ambil beaker glassatau gelas bekas air mineral, isi dengan air setinggi 1 cm 4. Kemudian, celupkan kertas saring atau kertas tisu kedalam air, dengan posisi garis berada sedikit di atas permukaan air. Amatilah perubahan yang terjadi pada kertas saring atau kertas tisu dan garis hitam. Catat hasil pengamatanmu |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | Membuat Laporan | 3 = memenuhi 3 kriteria
2 = memenuhi 2 kriteria 1 = memenuhi 1 kriteria 0 = tidak memenuhi kriteria Kriteria laporan: 1. Memenuhi sistematika laporan (judul, tujuan, alat dan bahan, prosedur. Data pengamatan, pembahasan, kesimpulan) 2. Data, pembahasan, dan kesimpulan benar 3. Komunikatif Ket : Nilai = x 100
Teknik Penilaian : Observasi Instrumen : Lembar Observasi Bentuk Instrumen : Jurnal
b). Pengetahuan Teknik Penilaian : Tes tertulis Instrumen : Lembar tes tulis Bentuk Instrumen : Uraian
Ket : Nilai = c). Keterampilan Teknik Penilaian : Tes Kinerja Instrumen : Lembar Pengamatan Bentuk Instrumen : Rubrik Pengamatan
Rubrik Penilaian Kerja
Nilai = x 100
Teknik Penilaian : Observasi Instrumen : Lembar Observasi Bentuk Instrumen : Jurnal
b). Pengetahuan – c). Keterampilan Tugas projek penjernihan air
Teknik Penilaian : Observasi Instrumen : Lembar Observasi Bentuk Instrumen : Jurnal
b). Pengetahuan Teknik Penilaian : Tes tertulis Instrumen : Lembar tes tulis Bentuk Instrumen : Uraian
Ket : Nilai = c). Keterampilan –
Teknik Penilaian : Observasi Instrumen : Lembar Observasi Bentuk Instrumen : Jurnal
b). Pengetahuan Teknik Penilaian : Tes tertulis Instrumen : Lembar tes tulis Bentuk Instrumen : Uraian
Ket : Nilai = c). Keterampilan – d). Penilaian Remedial Teknik Penilaian : Penugasan Instrumen : tes tulis e). Penilaian Pengayaan Teknik Penilaian : Tes tulis Instrumen : uraian Bentuk Instrumen : – LAMPIRAN I : LK 1 Kegiatan 3.1 Mengetahui tentang pencemaran lingkungan Alat dan bahan:
Lampiran 2 : LK 2 Kegiatan 3.2 Mengetahui dampak pencemaran air Alat dan bahan :
Cara kerja:
Lampiran 3 : LK 3 AYO PIKIRKAN Pencemaran air sudah sangat memprihatinkan, sehingga membu-tuhkan peran serta semua pihak untuk mengatasi dan mengurangi pencemaran tersebut. Coba pikirkanlah. Bagaimana kamu membantu mengatasi dan mengurangi pencemaran air? |
No comments:
Post a Comment