.mobile .content-outer, .mobile .main-outer , .mobile .post-outer { margin: 0pt auto; }

Monday, June 11, 2018

RPP PAI K13 SMP KELAS 7 Materi: Hidup Tenang dengan Kejujuran, Amanah, dan Istiqamah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
 
Satuan Pendidikan                  : SMPN 160 Jakarta
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                     : VII ( Tujuh ) / Ganjil
Materi Pokok                          : Hidup Tenang dengan Kejujuran, Amanah, dan Istiqamah
Alokasi waktu                         : 3 pertemuan ( 9 x 40 menit )

                                                      
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator
No Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
1 1. 2.
2.1.Menghargai perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Baqarah ayat 42 dan hadis terkait
2 1. 2.
3.
3.5.
3.6.Memahami makna amanah sesuai kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 27 dan hadis terkait
1.      Menjelaskan pengertian amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait. 2.      Menjelaskan makna amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.
3 2.5  Menghargai perilaku amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8: 27 dan hadis terkait
4 3 4
4.5
4.6  Mencontohkan perilaku amanah sesuai kandungan dari surah al-Anf±l/8:27 dan hadis terkait
1.      Menunjukkan contoh perilaku amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait. 2.
5 Memahami makna istiqamah sesuai kandungan surah al- Ahq±f/46:13 dan hadis terkait 1.      Menyebutkan pengertian istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait. 2.      Menjelaskan makna istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait.
6 Menghargai perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahq±f/46:13 dan hadis terkait
7 Mencontohkan perilaku istiqamah sesuai kandungan surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis terkait 1.      Menunjukkan contoh perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait.

  1. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
Melalui pengkajian  tentang Jujur siswa dapat :
  1. Menyebutkan pengertian jujur, sesuai dengan surah al-Baqarah/42 dan hadis yang terkait dengan benar
  2. Menjelaskan makna jujur sesuai dengan surah al-Baqarah/42 dan hadis yang terkait dengan benar
  3. Menunjukkan contoh jujur sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Baqa­rah/2:42 dan hadis yang terkait dengan benar

Pertemuan Kedua :
Melalui pengkajian  tentang Amanah siswa dapat :
  1. Menjelaskan pengertian amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait dengan benar.
  2. Menjelaskan makna amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait dengan benar
  3. Menunjukkan contoh perilaku amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait dengan benar

Pertemuan Ketiga :
  1. Menyebutkan pengertian istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait dengan benar.
  2. Menjelaskan makna istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait dengan benar.
  3. Menunjukkan contoh perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait dengan benar.

  1. MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama :
  1. Pengertian jujur, sesuai dengan surah al-Baqarah/42 dan hadis yang terkait.
  2. Makna jujur sesuai dengan surah al-Baqarah/42 dan hadis yang terkait.
  3. Contoh jujur sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Baqa­rah/2:42 dan hadis yang terkait.

Pertemuan Kedua :
  1. Pengertian amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.
  2. Makna amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.
  3. Contoh perilaku amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.
Pertemuan Ketiga :
  1. Pengertian istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahq±f/46:13 dan hadis yang terkait.
  2. Makna istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahq±f/46:13 dan hadis yang terkait.
  3. Contoh perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahq±f/46:13 dan hadis yang terkait.

  1. METODE PEMBELAJARAN
  2. Pendekatan Scientific
  3. Metode diskusi, drill, dan demontrasi

  1. SUMBER BELAJAR
  2. Al-Qur’an dan Terjemahnya Departemen Agama RI tahun 2006
  3. Buku teks siswa PAI SMP kelas VII
  4. Buku-buku lain yang sesuai

  1. MEDIA PEMBELAJARAN
  2. Media
  3. Video Pembelajaran
  4. CD Pembealajaran tentang Amanah interaktif
  5. Alat
  6. Laptop
  7. LCD Proyektor

  1. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama :
  1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
  2. Guru mengawali pelajaran dengan mengucapkan salam, membaca basmallah, dan berdoa bersama.
  3. Guru mengajaksiswa melakukan tadarus bersama selama 5-10 menit.
  4. Guru Memotivasi siswa dengan Mengajukan pertanyaan tentang manfaat perilaku amanah atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual.
  5. Guru menjelaskan kompetensi inti, Kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
  6. Guru menjelaskan secara singkat kegiatan-kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
  7. Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.
  8. Kegiatan Inti (  100 menit )
  9. Siswa menyimak penjelasan mengenai pengertian, Makna dan contoh perilaku amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.
  10. Siswa membaca materi tentang pengertian, Makna dan contoh perilaku amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.
  11. Siswa mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan Amanah.
  12. Siswa mendiskusikan dan mengelompokkan data dan informasi tentang kesuksesan yang diawali dari sikap Amanah
  13. Siswa memaparkan hubungan antara amanah dalam kehidupan sehari-hari.
  14. Siswa menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan.
  15. Siswa mendemontrasikan/mensosiodramakan contoh perilaku amanah.
  16. Siswa mencari,menemukan dan mengklasifikasikan amanah melalui pemahaman terhadap arti ayat-ayat Al-Qur’an yag disajikan (Q.S. al-Anfal/8: 27 dan hadis terkait).
  17. Kegiatan Akhir ( 20 menit )
  18. Dibawah bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil pembelajaran secara demokratis.
  19. Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  20. Guru member reward kepada kelompok “terbaik”, yakni Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi perilaku amanah
  21. Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampikan tugas mandiri terstruktur.
  22. Besama-sama menutup pelajaran dengan berdo’a.

Pertemuan Kedua :
  1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
  2. Guru mengawali pelajaran dengan mengucapkan salam, membaca basmallah, dan berdoa bersama.
  3. Guru mengajaksiswa melakukan tadarus bersama selama 5-10 menit.
  4. Guru Memotivasi siswa dengan Mengajukan pertanyaan tentang manfaat perilaku amanah atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual.
  5. Guru menjelaskan kompetensi inti, Kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
  6. Guru menjelaskan secara singkat kegiatan-kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
  7. Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.
  8. Kegiatan Inti (  100 menit )
  9. Siswa menyimak penjelasan mengenai pengertian, Makna dan contoh perilaku amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.
  10. Siswa membaca materi tentang pengertian, Makna dan contoh perilaku amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.
  11. Siswa mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan Amanah.
  12. Siswa mendiskusikan dan mengelompokkan data dan informasi tentang kesuksesan yang diawali dari sikap Amanah
  13. Siswa memaparkan hubungan antara amanah dalam kehidupan sehari-hari.
  14. Siswa menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan.
  15. Siswa mendemontrasikan/mensosiodramakan contoh perilaku amanah.
  16. Siswa mencari,menemukan dan mengklasifikasikan amanah melalui pemahaman terhadap arti ayat-ayat Al-Qur’an yag disajikan (Q.S. al-Anfal/8: 27 dan hadis terkait).
  17. Kegiatan Akhir ( 20 menit )
  18. Dibawah bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil pembelajaran secara demokratis.
  19. Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  20. Guru member reward kepada kelompok “terbaik”, yakni Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi perilaku amanah
  21. Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampikan tugas mandiri terstruktur.
  22. Besama-sama menutup pelajaran dengan berdo’a.

Pertemuan Ketiga :
  1. Kegiatan Awal ( Apersepsi )
  2. Guru mengawali pelajaran dengan mengucapkan salam, membaca basmallah, dan berdoa bersama.
  3. Guru mengajak siswa melakukan tadarus bersama selama 5-10 menit.
  4. Guru Memotivasi siswa dengan Mengajukan pertanyaan tentang manfaat perilaku istiqamah atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual.
  5. Guru menjelaskan kompetensi inti, Kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
  6. Guru menjelaskan secara singkat kegiatan-kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
  7. Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.
  8. Kegiatan Inti
  9. Siswa menyimak penjelasan mengenai pengertian, Makna dan contoh perilaku istiqamah sebagai implementasi dari surah Al- Ahqof/46:13 dan hadis terkait.
  10. Siswa membaca materi tentang pengertian, Makna dan contoh perilaku istiqamah sebagai implementasi dari surah Al- Ahqof/46:13 dan hadis yang terkait.
  11. Siswa mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan istiqamah.
  12. Siswa mendiskusikan dan mengelompokkan data dan informasi tentang kesuksesan yang diawali dari sikap istiqamah.
  13. Siswa memaparkan hubungan antara istiqamah dalam kehidupan sehari-hari.
  14. Siswa menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan.
  15. Siswa mendemontrasikan/mensosiodramakan contoh perilaku istiqamah.
  16. Siswa mencari,menemukan dan mengklasifikasikan istiqamah melalui pemahaman terhadap arti ayat-ayat Al-Qur’an yag disajikan (Al- Ahqof/46:13 dan hadis terkait).
  17. Kegiatan Akhir ( Penutup )
  18. Dibawah bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil pembelajaran secara demokratis.
  19. Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  20. Guru member reward kepada kelompok “terbaik”, yakni Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi perilaku istiqamah.
  21. Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampikan tugas mandiri terstruktur.
  22. Besama-sama menutup pelajaran dengan berdo’a.

  1. PENILAIAN
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam:
  1. Pengamatan
    1. diskusi kelompok
    2. Bermain peran

  1. Pengetahuan
  2. Tehnik penialaian : Tertulis
  3. Bentuk instrumen : Lembar penilaian tes tertulis
  4. Bentuk soal : Pilihan ganda dan tertulis
  5. Kisi-kisi :
  6. Penilaian karakter


  1. Tugas Portopolio
Membuat paparan diagram hubungan jujur, amanah dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari.
Skor penilaian sebagai berikut:
1) Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya tepat pada waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 100.
2) Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 90.
3) Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan, nilai 80.

  1. Tugas
Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku jujur, amanah, dan istiqamah di lingkungan tempat tinggal, sebagaimana kolom berikut !


  1. PENGAYAAN
Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh guru berupa pertanyaan-pertanyaan sifat-sifat Nabi Muhammad. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
  1. REMEDIAL
Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi tentang “Pentingnya jujur, amanah dan istiqamah”. Guru akan melakukan penilaian kembali (lihat hal.29) dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
  1. INTERAKSI GURU DENGAN ORANG TUA
Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom tugas pengamatan perilaku jujur, amanah dan istiqamah di lingkungan tempat tinggal diatas kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Cara lainnya dapat juga dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung baik langsung, maupun melalui telepon, tentang perkembangan perilaku anaknya

Jakarta,18 Juli 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                        Guru Pendidikan Agama Islam




…………………..                                                        ……………………………..
NIP. ……………………                                              NIP. ………………………..

No comments:

Post a Comment