.mobile .content-outer, .mobile .main-outer , .mobile .post-outer { margin: 0pt auto; }

Tuesday, June 12, 2018

RPP IPA TERBARU KELAS VII K13 3.7 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 
Sekolah                                   : SMPN 160 Jakarta
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                    : VII/Genap
Materi Pembelajaran            : Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan
Alokasi Waktu                       : 13 JP



  1. Kompetensi Inti
KI 3 :   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 :   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

  1. Kompetensi Dasar
    • Menganalisis interaksi antara mahluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut.
    • Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi.

  1. Indikator Pencapaian Kompetensi
    • Menjelaskan konsep lingkungan dan komponen-komponennya
    • Melakukan pengamatan lingkungan dan mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik
    • Menjelaskan pengertian interaksi
    • Menjabarkan pola-pola interaksi
    • Menjelaskan konsep bentuk saling ketergantungan mahluk hidup
    • Menyebutkan perbedaan antara rantai makanan dengan jaring-jaring makanan, rantai makanan de tritus dengan rantai makanan perumput.


  1. Tujuan Pembelajaran
  2. Peserta didik dapat menjelaskan konsep lingkungan dan komponen-komponennya.
  3. Peserta didik dapat melakukan pengamatan lingkungan dan mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik.
  4. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian interaksi.
  5. Peserta didik dapat menjabarkan pola-pola interaksi.
  6. Peserta didik dapat menjelaskan konsep bentuk saling ketergantungan mahluk hidup.
  7. Peserta didik dapat menyebutkan perbedaan antara rantai makanan dengan jaring-jaring makanan, rantai makanan de tritus dengan rantai makanan perumput.

  1. Materi Pembelajaran
  • Konsep Lingkungan
  • Hal-hal yang ditemukan dalam suatu lingkungan
  • Interaksi dalam Ekosistem Membentuk suatu Pola
  • Pola Interaksi manusia Mempengaruhi Ekosistem

  1. Metode Pembelajaran
  • Student Teams Achievement Divisions (STAD)
  • Role Playing
  • Discovery Learning

  1. Media / alat, Bahan dan Sumber Belajar
  2. Pertemuan Pertama
1). Media
  • Laptop
  • Infokus

2). Alat
  • Botol Plastik bekas air mineral ukuran 2 liter
  • Gunting
  • Pasir
  • Kerikil
  • Penggaris

3). Bahan
  • Air
  • Tumbuhan Elodea dan, Hydrilla
  • Ikan kepala timah/cere’Guppy
  • Makanan ikan

  1. Pertemuan Kedua
1). Alat
  • LKS mengamati Ekosistem

  1. Pertemuan Ketiga
1). Alat
  • Benang Kasur atau tali rafia
  • Kartu-kartu yang berisi komponen ekosistem

  1. Pertemuan Keempat
1). Alat
  • Alat Tulis
  • Kaca Pembesar (bila perlu)

  1. Pertemuan Kelima
1). Alat
  • 4 buah toples kosong
  • Stopwatch

2). Bahan
  • Air bersih
  • Air sabun Mandi
  • Air sabun detergen
  • Obat nyamuk cair

3). Sumber Belajar:
  • Buku IPA kelas VII Kemdikbud rev 2016
  • Buku IPA relevan lainnya.
  • Internet
  • Lingkungan Sekitar

  1. Kegiatan Pembelajaran
  2. Pertemuan Pertama (3 Jp)
  3. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
  4. Guru memberi apersepsi dengan menunjukkan video suatu kawasan, kemudian peserta didik mengungkapkan apa yang mereka lihat dalam video tersebut.
  5. Peserta didik menerima penyampaian tujuan dan manfaat pembelajaran.
  6. Peserta didik menerima penyampaian informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan.

  1. Kegiatan Inti (100 menit)
  2. Secara berkelompok, peserta didik melakukan kegiatan 2.1 pada buku siswa “Mempelajari Lingkungan”, melakukan pengamatan terhadap suatu lingkungan yang direkayasa oleh peserta didik dalam kerja ilmiahnya.

  1. Kegiatan Penutup (10 menit)
  2. Guru beserta peserta didik merefleksikan dan menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran.
  3. Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
  4. Guru memberikan penugasan kepada Peserta Didik.
  5. Guru Menyampaikan materi pertemuan berikutnya.

  1. Pertemuan Kedua (2 Jp)
  2. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
  3. Guru memberi apersepsi dengan mengajak peserta didik untuk melihat sekeliling kelas. Apa yang dilihatnya terkait dengan komponen biotik dan abiotik pada ruang tersebut.
  4. Peserta didik menerima penyampaian tujuan dan manfaat pembelajaran.
  5. Peserta didik menerima penyampaian informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan.


  1. Kegiatan Inti (60 menit)
  2. Guru meminta peserta didik untuk melakukan kegiatan 2.2 pada buku siswa “Mengamati Ekosistem”.

  1. Kegiatan Penutup (10 menit)
  2. Guru beserta peserta didik merefleksikan dan menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran.
  3. Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
  4. Guru memberikan penugasan kepada Peserta Didik.
  5. Guru Menyampaikan materi pertemuan berikutnya.

  1. Pertemuan Ke tiga (3 Jp)
    1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
  2. Guru memberi apersepsi dengan memperlihatkan video interaksi mahluk hidup dan lingkungannya.
  3. Peserta didik menerima penyampaian tujuan dan manfaat pembelajaran.
  4. Peserta didik menerima penyampaian informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan.

  1. Kegiatan Inti (100 menit)
  1. Guru meminta peserta didik secara berkelompok mediskusikan kegiatan 2.3 “Memahami Saling Ketergantungan antara Makhluk Hidup”.

  1. Kegiatan Penutup (10 menit)
  1. Guru beserta peserta didik merefleksikan dan menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran.
  2. Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
  3. Guru memberikan penugasan kepada Peserta Didik.
  4. Guru Menyampaikan materi pertemuan berikutnya.



  1. Pertemuan Keempat (2 Jp)
    1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
  2. Guru memberi apersepsi dengan menunjukkan suatu ekosistem yang terdiri atas berbagai komponen biotik yang memiliki saling keterkaitan melalui tayangan video.
  3. Peserta didik menerima penyampaian tujuan dan manfaat pembelajaran.
  4. Peserta didik menerima penyampaian informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan.

  1. Kegiatan Inti (60 menit)
  1. Guru meminta peserta didik secara berkelompok melakukan kegiatan eksplorasi 2.4 “Mengetahui bentuk saling ketergantungan”.

  1. Kegiatan Penutup (10 menit)
  1. Guru beserta peserta didik merefleksikan dan menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran.
  2. Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
  3. Guru memberikan penugasan kepada Peserta Didik.
  4. Guru Menyampaikan materi pertemuan berikutnya.

  1. Pertemuan Ke lima (2 Jp)
    1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
  2. Guru memberi apersepsi dengan menunjukkan pola interaksi manusia mempengaruhi ekosistem melalui tayangan Video.
  3. Peserta didik menerima penyampaian tujuan dan manfaat pembelajaran.
  4. Peserta didik menerima penyampaian informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan.

  1. Kegiatan Inti (60 menit)
  1. Guru meminta peserta didik secara berkelompok melakukan kegiatan eksplorasi 2.5 “Mengetahui keadaan Ikan pada air bersih dan tercemar”.

  1. Kegiatan Penutup (10 menit)
  2. Guru beserta peserta didik merefleksikan dan menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran.
  3. Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
  4. Guru memberikan penugasan kepada Peserta Didik.
  5. Guru Menyampaikan materi pertemuan berikutnya
  6. Pertemuan Ke enam (1 Jp)
Ulangan Harian (UH)

  1. Lingkungan terdiri atas dua komponen utama, sebut dan jelaskan?
  2. Bagaimana interaksi mahluk hidup dengan mahluk hidup yang lainnya?
  3. Jelaskan macam-macam simbiosis yang kamu ketahui?
  4. Jelaskan apa yang akan terjadi bila berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia?

  1. Penilaian
  2. Jenis / tehnik penilaian dan bentuk instrumen
Jenis Penilaian Teknik Penilaian Instrumen Bentuk Instrumen
Sikap Jurnal
Pengetahuan Tes tertulis Lembar tes tulis Uraian
Keterampilan Tes Kinerja Lembar Pengamatan Rubrik pengamatan

  1. Instrumen penilaian
a). Sikap
Teknik Penilaian             : –
Instrumen            : –
Bentuk Instrumen           : Jurnal
NO HARI/TANGGAL NAMA PESERTA DIDIK CATATAN PERILAKU BUTIR SIKAP KET
1          
2          
3          
4          
5          


b). Pengetahuan
Teknik Penilaian            : Tes tertulis
Instrumen                       : Lembar tes tulis
Bentuk Instrumen          : Uraian
NO Kompetensi Dasar Indikator Soal Jumlah Soal
1 3.7.Menganalisis interaksi antara mahluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut. 3.7.1.      Menjelaskan konsep lingkungan dan komponen-komponennya 3.7.2.      Melakukan pengamatan lingkungan dan mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik
3.7.3.      Menjelaskan pengertian interaksi
3.7.4.      Menjabarkan pola-pola interaksi
3.7.5.      Menjelaskan konsep bentuk saling ketergantungan mahluk hidup
3.7.6.      Menyebutkan perbedaan antara rantai makanan dengan jaring-jaring makanan, rantai makanan de tritus dengan rantai makanan perumput.
Ø  Lingkungan terdiri atas dua komponen utama, sebut dan jelaskan? Ø  Bagaimana interaksi mahluk hidup dengan mahluk hidup yang lainnya?
Ø  Jelaskan macam-macam simbiosis yang kamu ketahui?
Ø  Jelaskan apa yang akan terjadi bila berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia?
4


No Soal Kunci Jawaban Skor
1 Komponen Biotik dan Komponen Abiotik 1.      Komponen biotik, terdiri atas mahluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik.
2.      Komponen abiotik, terdiri atas benda-benda tidak hidup diantaranya air, tanah, udara, dan cahaya.
4
2 Interaksi antara mahluk hidup dengan mahluk hidup yang lain dapat terjadi melalui rangkaian peristiwa makan dan dimakan maupun melalui bentuk hidup bersama. 4
3 Ada tiga macam simbiosis yaitu 1.      Simbiosis mutualisme yaitu suatu hubungan dua jenis individu yang saling memberikan keuntungan satu sama lain.
2.      Simbiosis komensalisme yaitu hubungan interaksi dua jenis individu yang memberikan keuntungan kepada salah satu pihak, tetapi pihak lain tidak mendapatkan kerugian.
3.      Simbiosis Parasitisme yaitu hubungan dua jenis individu yang memberikan keuntungan kepada salah satu pihak dan kerugian pada pihak yang lain.
4
4. Berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia akibatnya lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya. 4
Skor Maksimum 4

Ket :
Nilai =

c). Keterampilan
Teknik Penilaian   : Tes Kinerja
Instrumen              : Lembar Pengamatan
Bentuk Instrumen : Rubrik Pengamatan
NO KOMPETENSI DASAR MATERI INDIKATOR TEKNIK PENILAIAN
1 4.7.Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi mahluk hidup dengan lingkungan sekitarnya Interaksi Mahluk Hidup dengan Lingkungan Kinerja


NO ASPEK YANG DINILAI SKOR
0 1 2 3 4
1 Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan        
2 Melakukan eksperimen sesuai dengan prosedur        
3 Membuat Laporan/kesimpulan        
  Jumlah Skor maksimum 9 (2+4+3)

     
Ket :
Nilai =

No comments:

Post a Comment