.mobile .content-outer, .mobile .main-outer , .mobile .post-outer { margin: 0pt auto; }

Monday, June 11, 2018

RPP K13 MATEMATIKA 1.6 KELAS VII SMP SEMESTER 1 TERBARU 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 
Satuan Pendidikan                :  SMP Negeri 160 Jakarta
Mata Pelajaran                     :  Matematika
Kelas/semester                       :  VII/1
Materi Pokok                         :  Segi Empat dan segitiga
Alokasi Waktu                       :  2 x 5JP (4 pertemuan)


  1. Kompetensi Inti
1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi

1.1   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 1.1.1  Mempertebal keyakinan terhadap kebesaran Tuhan setelah melihat bentuk-bentuk benda segiempat  baik yang teratur maupun  tidak teratur  yang ada di alam sekitar. 1.1.2  Bersyukur atas kebesaran Tuhan dengan adanya keberagaman bentuk yang ada di alam semesta.

2.2   Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri/keberanian, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar. 2.2.1  Memiliki rasa ingin tahu tentang bentuk bangun datar yang teratur dan tidak teratur yang ada disekitar siswa. 2.2.2  Berani memberikan contoh keteraturan dan tidak teraturan  bentuk    benda  yang ada di alam sebagai suatu bagian pola yang dipelajari dalam matematika.

3.6  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas. 3.8 Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsip prinsip geometri 3.6.1 Mengetahui luas daerah segitiga yang dibentuk dari kertas manila berbentuk persegi yang dilipat melalui salah satu diagonalnya. 3.6.2.  Mengukur dengan bantuan penggaris tepi-tepi meja-pojok yang berbentuk segitiga.
3.8.1  Menaksir luas taman halaman sekolah dengan cara mengkavling –kavling taman tersebut   menjadi beberapa bagian berbentuk   segitiga .
4. 4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang,persegi,trapezium,jajar  genjang,belah ketupat dan layang-layang. 3.8.1  Menunjukkan contoh –contoh bidang datar berbentuk  segitiga, seperti pada pengubinan, atap rumah, dan tampak frontal  permukaan pyramid.

  1. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
  1. Melalui kegiatan mandiri, peserta didik dapat menjelaskan apa yang terjadi dengan bahan penutup ampig atap rumah yang tersedia berbentuk segitiga yang dibuat dari tripleks berbentuk persegi. (LK-1 terlampir)
  2. Melalui kegiatan mandiri, peserta didik dapat menuliskan rumus luas dan keliling, dengan cara mengukur dengan penggaris. (LK-2 terlampir)
  3. Melalui kegiatan berpasangan, peserta didik dapat menyimpulkan rumus luas dan keliling dengan cara membuktikannya. (LK-3 terlampir)
  4. Melalui latihan soal yang terdapat pada buku teks Matematika, peserta didik dapat menerapkan penggunaan rumus Luas dan keliling segitiga dalam kehidupan sehari-hari.

Pertemuan Ke-2
  1. Dengan menggunakan prinsip konsep segitiga, peserta didik dapat menyelesaikan soal luas daerah dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Dengan menggunakan prinsip konsep segitiga, peserta didik dapat menyelesaikan soal keliling daerah dalam  kehidupan sehari-hari.
  2. Dengan menggunakan alat dan bahan, peserta didik dapat menyelesaikan soal berkaitan keliling dan luas segitiga sembarang.
  3. Melalui kegiatan diskusi kelompok, peserta didik dapat memprentasikan contoh penggunaan alat dan bahan untuk menggambar macam-macam segitiga sembarang.

Pertemuan Ke-3
1.

Pertemuan ke-9

1.Melalui pengamatan lingkungan di halaman sekolah, peserta didik dapat menyebutkan contoh  bangun datar yang tidak beraturan
.
  • Melalui latihan soal yang terdapat pada buku teks Matematika, peserta didik dapat menaksir dan menghitung luas permukaan bentuk benda tidak beraturan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Materi Pembelajaran
  1. Pertemuan ke-1
    • Sifat –sifat bangun datar segitiga

  1. Pertemuan ke-2
  • Luas dan keliling segitiga

  1. Pertemuan ke-3
  • Sifat-sifat persegi
  • Luas dan keliling persegi

  1. Pertemuan ke-4
    • Sifat-sifat persegi panjang
    • Luas dan keliling persegi panjang

  1. Pertemuan ke-5
    • Sifat-sifat jajar genjang
    • Luas dan Keliling jajar genjang

  1. Pertemuan ke-6
  • Sifat-sifat trapesium
  • Luas dan keliling trapesium

  1. Pertemuan ke-7
  • Sifat-sifat layang-layang
  • Luas dan Keliling Layang-layang

  1. Pertemuan ke-8
  • Sifat-sifat belah ketupat
  • Luas dan Keliling belah ketupat

  1. Pertemuan ke-9
  • Luas dan keliling bangun datar tidak beraturan

  1. Metode Pembelajaran
    1. Metode Ilmiah
    2. Pembelajaran Kontekstual
    3. Pembelajaran Kooperatif

  1. Sumber Belajar
    1. Sinaga, Bornok, dkk. 2013. SMP/MTs Kelas VII. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Politeknik Negeri Media Kreatif.

  1. Media Pembelajaran
  1. Media
  2. Alat dan bahan
1.Papan berpaku
2.karet

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Pertemuan Pertama
Pendahuluan  (10 menit )
  1. Dimulai dengan berdoa, mengecek kehadiran, dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran.
  2. Apersepsi: Menanyakan kepada peserta didik tentang:
* apakah mereka sering melihat barang-barang atau sesuatu yang berbentuk segitiga disekitarnya.
*  apakah mereka membawa sesuatu yang berbentuk segitiga atau benda datar yang bisa dibuat bentuk segitiga.
Motivasi : Materi segitiga banyak manfaatnya dalam kehidupan kita sehari-hari, misalnya: dalam membuat segitiga sudut, membuat layar.
  1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Kegiatan inti (100 menit)
Mengamati
  1. Peserta didik melakukan pengamatan terhadap foto atap rumah bagian ampig yang berbentuk segitiga.

Menanya
  1. Peserta didik termotivasi untuk mempertanyakan apakah berbagai kejadian ketika melakukan pengamatan di sekitar sekolah ada barang-barang yang berbentuk segitiga atau menyerupai segitiga.

Mengumpulkan Data
  1. Peserta didik membuat model matematika dari hasil pengamatan kegiatan di sekitar sekolah.
  2. Peserta didik mengerjakan tugas latihan soal dari buku teks Matematika SMP halaman 233 masalah 4.5.
  3. Peserta didik mengisi LK-1, LK-2 dan LK-3.
  4. Mencatat informasi yang diperoleh ketika mengisi LK maupun dalam mengerjakan soal latihan.

Mengasosiasi
  1. Peserta didik melakukan asosiasi tentang segitiga, dan macam-macam segitiga.

Mengomunikasi
  1. Beberapa peserta didik mempresentasikan hasil yang diperoleh ketika melakukan kegiatan pengamatan di sekitar sekolah, dan praktik melipat dan menggunting kerta manila sedangkan yang lain menanggapi.

Penutup (10 menit)
  1. Dengan bimbingan pendidik, peserta didik diminta membuat rangkuman
  2. Peserta didik dan pendidik melakukan refleksi tentang kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada hari ini.
  3. Pendidik memberikan tugas (PR) dari buku teks Matematika SMP halaman 236 Latihan.
  4. Pendidik menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan yang akan datang akan membahas tentang macam –macam segitiga dan mengintegrasikan dengan kehidupan sehari-hari dan pola bilangan.

Pertemuan Kedua
Pendahuluan  (10 menit )
  1. Dimulai dengan berdoa, mengecek kehadiran, dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran.
  2. Apersepsi:
  • Menanyakan apakah ada materi atau tugas yang belum dipahami.
  • Menanyakan kepada peserta apakah mereka bisa mengelompokkan macam-macam segitiga.
  • Menanyakan kepada peserta didik, apakah pernah mereka melihat segitiga terpola, bisakah peserta didik mengkaitkan materi ini dengan materi pola bilangan.

Motivasi: Materi tentang macam-macam segitiga dalam kehidupan kita sehari-hari, misalnya:
  • Mencermati suatu iklan yang menyusun kartu remi hingga terbentuk bangun segitiga yang tinggi..
  • Mencoba membuat pola segitiga dari batang korek api yang disusun.
  1. 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
  1. Masing-masing peserta didik mengamati halaman koran atau majalah yang di dalamnya terdapat gambar –gambar yang berbentuk atau menyerupai segitiga.
  2. Masing-masing peserta didik mengamati batang korek api yang tersusun berupa tumpukan segitiga yang disusun oleh mereka.
  3. Mengamati “pemandu sorak (cheerleader)” melakukan atraksinya dalam suatu pertandingan
  4. Peserta didik membaca masalah 4.6 halaman 237 dan definisi 4.3 halaman 233 kemudian menuliskan hasil yang diperoleh pada buku latihan.

Menanya
  1. Peserta didik mengajukan pertanyaan beberapa hal yang belum dipahami tentang hubungan segitiga dengan pola bilangan.

Mengumpulkan Data
  1. Peserta didik mengerjakan tugas latihan soal dari buku teks Matematika SMP, Kemendikbud halaman 238.
  2. Peserta didik mengisi LK-4
  3. Mencatat informasi yang diperoleh ketika mengisi LK maupun dalam mengerjakan soal latihan.
* mengerjakan soal latihan yang belum mereka pahami.
Mengomunikasi
  1. Beberapa peserta didik mengkomunikasikan hasil yang diperoleh ketika:
* mengamati halaman koran yang memuat beberapa macam segitiga.
* mengamati pola bilangan segitiga
* mengerjakan soal tugas latihan,
sedangkan yang lain menanggapi.

Penutup (10 menit)
  1. Dengan bimbingan pendidik, peserta didik diminta membuat rangkuman
  2. Peserta didik dan pendidik melakukan refleksi
  3. Pendidik memberi tugas untuk membawa:
* busur derajat, jangka, penggaris segitiga.
* buku berpetak, kertas manila.
  1. Pendidik menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan yang akan datang akan membahas tentang mengukur sudut dan menghitung luas segitiga sembarang.

Pertemuan Ketiga
Pendahuluan  (10 menit )
  1. Dimulai dengan berdoa, mengecek kehadiran, dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran.
  2. Apersepsi:
  • Menanyakan kepada peserta didik apakah mereka membawa busur derajat, jangka, penggaris segitiga, buku berpetak, kertas
  • Menanyakan kepada peserta didik apakah masih ingat cara menggunakan busur derajat dalam mengukur sudut dan membaca sudut dengan benar.
Motivasi: Materi tentang pengukuran sudut dan membuat sudut dengan benar tanpa menggunakan busur tetapi melukis sudut dengan jangka, misalnya: materi ini sangat berguna dalam merencanakan bangunan bagi seorang insinyur.
  1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

Kegiatan inti (100 menit)
Mengamati
  1. Secara berkelompok, peserta didik membaca dan mengamati gambar-gambar yang diberikan, dan mengingat kembali pelajaran matematika di sekolah dasar terkait segitiga. Gambar tersedia pada pada buku teks Matematika Siswa halaman 239.
  2. Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan dengan teman kelompoknya untuk melakukan kegiatan yang diberikan dengan memperhatikan gambar 4.13. membaca kegiatan 4.1 halaman 239, yang terdapat pada buku teks Matematika Siswa, kemudian menuliskan hasil yang diperoleh pada buku latihan.
  3. Secara berkelompok, peserta didik membaca dengan cermat definisi 4.4. hal 239 dan mendiskusikannya.
  4. Secara berkelompok, peserta didik mengamati sebuah segitiga, dan mengukur semua sisi-sisinya dan menyimpulkan serta membuktikan sifat #2 halaman 240.
Menanya
  1. Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang beberapa hal pada contoh 4.4. dan masalah lua segitiga sembarang yang sisiny adalah a, b dan c  yang belum dipahami, maupun hasil dari kegiatan tersebut dan juga mencoba LK 5.
  2. Peserta didik menanyakan bagaimana menggunakan jangka dengan benar dan dapat melukis sebuah sudut pada segitiga.
Mengumpulkan Data
  1. Setiap kelompok mencatat semua informasi yang diperoleh dari hasil mengukur sisi –sisi bermacam-macam segitiga, dan mengelompokkan.
Mengasosiasi
  1. Peserta didik mengerjakan tugas latihan soal dari buku teks Matematika halaman 247 tentang Uji Kompetensi 4.2 nomor 2 hingga nomor 8.
  2. Beberapa peserta didik diminta menyajikan hasil pekerjaan mereka pada uji kompetensi 4.2 nomor 2 hingga nomor 8.
Mengkomunikasi
  1. Setiap kelompok menempelkan hasil diskusi pada papan tulis kelasnya.
  2. Masing-masing anggota kelompok melakukan presentasi sambil mencatat hal-hal penting yang tidak terdapat pada kelompoknya.
 Penutup (10 menit)
  1. Dengan bimbingan pendidik, peserta didik diminta membuat rangkuman
  2. Peserta didik dan pendidik melakukan refleksi tentang kegiatan pembelajaran yang baru saja diselesaikan.
  3. Pendidik memberi tugas agar dirumah peserta didik:
* membuat soal yang berkaitan dengan sudut, sisi, keliling dan luas segitiga sembarang beserta penyelesaiannya sebanyak 3 (lima) soal pada buku latihan.
  1. Pendidik menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan yang akan datang adalah ulangan harian tentang segitiga.

Pendahuluan  (10 menit )
  1. Dimulai dengan berdoa, mengecek kehadiran, dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran.
  2. Apersepsi: Menanyakan kepada peserta didik tentang:contoh-contoh benda dengan bentuk tidak beraturan.
Motivasi : Menghitung luas bentuk bangun datar banyak manfaatnya dalam kehidupan kita sehari-hari, misalnya membagikan warisan tanah dengan bentuk yang tidak beraturan
  1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Kegiatan inti (100 menit)
Mengamati
  1. Peserta didik melakukan pengamatan terhadap kegiatan di sekitar lingkungan sekolah, yang meliputi benda –benda yang bentuknya tidak beraturan
Menanya
  1. Peserta didik termotivasi untuk mempertanyakan bagaimana
Cara menentukan luas bangun datar yang tidak beraturan
Mengumpulkan Data
  1. Peserta didik membuat model matematika dari hasil pengamatan kegiatan di lingkungan sekitar
Mengasosiasi
  1. Peserta didik melakukan asosiasi tentang benda-benda yang bentuknya tidak beraturan
  2. Peserta didik mengisi LK-1
  3. Peserta didik mengerjakan tugas latihan soal dari buku teks Matematika SMP halaman … nomor …
  4. Peserta didik mengisi LK-1 dan LK-2.
  5. Mencatat informasi yang diperoleh ketika mengisi LK maupun dalam mengerjakan soal latihan.
Mengomunikasi
  1. Beberapa peserta didik mempresentasikan hasil yang diperoleh ketika melakukan kegiatan pengamatan di lingkungan sekolah, sedangkan yang lain menanggapi.
Penutup (10 menit)
  1. Dengan bimbingan pendidik, peserta didik diminta membuat rangkuman
  2. Peserta didik dan pendidik melakukan refleksi tentang kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada hari ini.
  3. Pendidik memberikan tugas (PR) dari buku teks Matematika SMP halaman … nomor …
  4. Pendidik menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan yang akan datang akan diadakan uji kompetensi materi segi tiga dan segi empat


  1. Penilaian Pertemuan Ke-9
    1. Sikap spiritual
      1. Teknik Penilaian: Observasi
      2. Bentuk Instrumen: Lembar observasi
      3. Kisi-kisi:

No. Sikap/nilai Butir Instrumen

Mempertebal keyakinan terhadap kebesaran Tuhan setelah melihat keteraturan yang ada di alam sekitar. 1-2

Bersyukur atas kebesaran Tuhan dengan adanya keunikan pola keteraturan di alam semesta 3-4
2.Sikap sosial
  1. Teknik Penilaian: Observasi
  2. Bentuk Instrumen: Lembar observasi
:
No Aspek yang dinilai Teknik Penilaian Waktu Penilaian
1 Rasa ingin tahu Pengamatan Kegiatan inti nomor 1, 2, 6
2 PERCAYA DIRI/KEBERANIAN dalam kelompok Pengamatan Kegiatan inti nomor 3, 4, 5
3 Pengetahuan dan keterampilan matematika Kuis Akhir pertemuan ke-9
Portofolio Hasil Latihan-2 Awal pertemuan ke 10
  1. Pengetahuan

  1. Teknik Penilaian: Kuis
  2. Bentuk Instrumen: Uraian
No. Indikator Butir Instrumen
1. Menentukan luas daerah bangun datar tak beraturan 1,2,3
2. Menentukan luas daerah bangun datar tak beraturan yang ada hubungan dengan kehidupan sehari-hari 4

4.Keterampilan
  1. Teknik Penilaian:Observasi
  2. Bentuk Instrumen: Lembar Observasi
  3. Kisi-kisi:
No. Indikator Butir Instrumen
1. Menggambakan  bentuk bangun datar yang tidak beraturan yang berada di lingkungan sekitar sekolah 1
2. Menentukan luas daerah yang digambar siswa 2
Instrumen: lihat Lampiran 4.


Mengetahui,                                                                            Bakongan,     Juli 2018
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran Matematika

Lampiran 1
Contoh Instrumen Sikap Spiritual

No N a m a peserta didik Mempertebal keyakinan terhadap kebesaran Tuhan setelah melihat keteraturan yang ada di alam sekitar. Menyadari adanya kegunaan  keteraturan dan ketidakteraturan bentuk benda Bersyukur atas kebesaran Tuhan dengan adanya  keteraturan penciptaan alam Bersyukur atas kebesaran Tuhan dengan adanya keunikan penciptaan alam Total Skor
4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1  
1                                    
2                                    
3                                    

      Keterangan Nilai
              Selalu                        = 4
Sering                       = 3
Jarang                       = 2
Tidak Pernah = 1


Kriteria
A = Total Skor 12-16
B  = Total Skor  8-12
C  = Total Skor  4-8
D  = Total Skor  4


LEMBAR PENGAMATAN PERKEMBANGAN SIKAP
Mata Pelajaran         : Matematika
Kelas/Semester          : VII/1
Tahun Pelajaran       : 2014/2015
Waktu Pengamatan  : ………………………………………………………………..
Kompetensi Dasar                :  Nomor  2.2,
Sikap yang dikembangkan dalam proses pembelajaran adalah rasa ingin tahu dan keberanian diri dalam kelompok.
Indikator perkembangan sikap INGIN TAHU
  1. Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya atau acuh tak acuh (tidak mau tahu) dalam proses pembelajaran
  2. Cukup baik jika menunjukan sudah ada usaha untuk menyimak tetapi belum mau bertanya selama proses pembelajaran.
  3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten 
  4. Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator perkembangan sikap PERCAYA DIRI/KEBERANIAN (dalam kelompok)
  1. Kurang baik jika menunjukkan belum sama sekali ambil bagian dalam melaksanakan tugas kelompok
  2. Cukup baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam melaksanakan tugas kelompok tetapi masih bersikap pasif
  3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok tetapi belum ajeg/konsisten
  4. Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten
  5. Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
NO Nama RASA INGIN TAHU PERCAYA DIRI/KEBERANIAN Hasil Akhir
SB B   CB
KB SB B   CB KB  
1                    
2                    
3                    
4                    
Keterangan Nilai:
              Sangat baik               = 4
Baik                          = 3
Cukup baik               = 2
Kurang baik  = 1

Kriteria
A = Total Skor 7 – 8
B  = Total Skor 5 – 6
C  = Total Skor 3 = 4
D  = Total Skor  2



KUIS  (Waktu: maksimal 10 menit)
Petunjuk:
  1. Kerjakan soal berikut secara individu, tidak boleh menyontek dan tidak boleh bekerjasama.
  2. Pilihlah jawaban soal kemudian jawablah pertanyaan/perintah di bawahnya.
Soal
1.perhatikan gambar di bawah ,dapatkah kalian menentukan luas bangun datar di bawah ini

No comments:

Post a Comment