.mobile .content-outer, .mobile .main-outer , .mobile .post-outer { margin: 0pt auto; }

Sunday, June 10, 2018

RPP K13 BAHASA INDONESIA KELAS 8 TEKS BIOGRAFI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan       : SMP Negeri
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              : VIII/2 ( Dua )
Tema                           : Teks Biografi
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit


  1. Kompotensi Inti
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4 Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapain Kompetensi
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
2.2 Memiliki perilaku peduli, cinta tanah air, dan semangat kebangsaan atas karya budaya yang penuh makna
3.1 Memahami teks      cerita  moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan

  1. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran peserta didik dapat :
  1. Mendeskripsikan struktur teks biografi
  2. Menjelaskan isi teks biografi

  1. Materi Pembelajaran
  2. Pengenalan struktur teks biografi
Struktur isi:
  • Judul
  • Pengenalan identitas tokoh
  • Paparan perjuangan/prestasi/hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh
Ciri Bahasa
  • Penggunaan kata sifat Penggunaan kata kerja aksi yang menjelaskan aktivitas tokoh
  1. Pemahaman isi teks biografi

  1. Metode Pembelajaran
Metode                 : Saintifik, PBL ( Problem Based Learning ).

  1. Sumber Belajar.
    1. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
    2. Contoh teks biografi dari internet
    3. Contoh teks biografi dari buku
    4. Buku referensi tentang genre teks

  1. Media Pembelajaran.
  2. Cerita biografi
  3. Presentasi Powerpoint
  4. Alat dan bahan
–       LCD Projektor

  1. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran.
  2. Pendahuluan (15 Menit )
  3. Guru mempersiapkan peserta didik dalam pembelajaran dengan kebersihan kelas, berdoa, absensi.
  4. Guru memotivasi peserta didik dengan menunjukan gambar kemudian menanyakan gambar tersebut kepada peserta didik.
  5. Guru memberi informasi tentang kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
  6. Kegiatan Inti ( 50 )
Mengamati :
  • Peserta didik mengamati dengan menyebutkan tokoh-tokoh yang kisah hidupnya ditulis dalam buku biografi
Menanya
  • Peserta didik menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan teks biografi.
Mengeksplorasikan
  • Membaca teks biografi dengan cermat dan bertanya jawab
  • Peserta didik embaca contoh analisis struktur isi teks biografi.
  • Peserta didik membaca contoh analisis fitur bahasa/ciri bahasa teks biografi.
  • Peserta didik mendiskusikan struktur isi teks biografi
  • Peserta didik mendiskusikan ciri bahasa teks biografi.
  • Peserta didik menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks biografi (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis).
Mengasosiasi :
  • Peserta didik membandingkan ciri teks biografi  antarkelompok dan teman untuk memperkuat pemahaman tentang teks
  • Peserta didik membandingkan kebenaran jawaban terhadap isi teks biografi antarteman atau kelompok untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tenga teks biografi
Mengomunikasikan
  • Peserta didik mempresentasikan hasil simpulan dan diskusi dengan penuh percaya diri dan bahasa yang lugas
  • Peserta didik menanggapi hasil presentasi secara santun.
  • Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  • Peserta didik memberikan umpan balik dengan mengajukan pertanyaan.
  • Guru menyampaikan informasi pembelajaran yang akan datang

  1. Penilaian
    1. Sikap Spiritual
  • Teknik : Penilaian antarteman
  • Bentuk Instrumen :






Pedoman Evaluasi Antar Teman
Nama : ……………………………
Teman yang dinilai : ……………..

Sikap/Nilai Butir Instrumen Rubrik Penilaian
SL SR KD TP
sikap beriman dan bertakwa dalam kehidupan masyarakat. a.    Melaksanakan ibadah tepat waktu b.    Melaksanakan sholat berjamaah dengan tertib
c.    Berdoa sebelum belajar dengan khusyu
d.   Berdoa setelah belajar dengan khusyu
e.    Memperingati hari besar agama

  1. Sikap Sosial
  • Teknik : Observasi
  • Bentuk Instrumen : Pedoman observasi Toleransi
Instrumen Penilaian Observasi
Nama Peserta didik : …………………………
Kelas                        : ………………………..
Materi Pokok           : Toleransi keberagaman
Periode Penilaian     : …………………………………..
No Pernyataan RUBRIK
SL SR KD TP
1 Menghargai teman yang berbeda ras
2 Tidak menghina teman yang berbeda jenis kelamin
3 Dapat menerima kelemahan orang lain
4 Memaafkan kesalahan orang lain
5 Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman ras dan gender
Jumlah

Petunjuk Penskoran :
Keterangan penskoran
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Contoh :
Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Peserta didik memperoleh nilai :


Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  3,20 – 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor  2,80 – 3,19
Cukup             : apabila memperoleh skor  2.40 – 2,79
Kurang            : apabila memperoleh skor kurang  2.40

  1. Pengetahuan
  • Teknik : Test Tulisan
  • Bentuk Instrumen : Uraian
    1. Keterampilan
  1. Teknik penilaian :
  • Penilaian portofolio
  • penilaian kinerja
  1. Bentuk Instrumen : Rubrik penilaian portofolio, rubric penilaian diskusi


RUBRIK PENILAIAN PORTOFOLIO
  1. Indikator Penilaian
    1. Menunjukkan karakteristik ras dalam masyarakat
    2. Menunjukkan karakteristik gender dalam masyarakat
    3. Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang permasalahan tentang keberagaman ras dan gender
    4. Menyusun portofolio tayangan tentang permasalahan keberagaman ras dan gender.
    5. Mempresentasikan tulisan tentang tentang keberagaman ras dan gender

  1. Rubrik penilaian portofolio
No Nama kelompok Aktivitas dalam Pembelajaran Jumlah skor
Penentuan Kelangkapan informasi Bahan tayang Isi laporan Penggunaan bahasa
Skor/nilai



Jumlah skor Konversi Predikat Keterangan
100 90-99
80-89
70-79
60-69
50-59
3,67 – 4,00 3,34 – 3,66
3,01 – 333
2,67 – 3,00
2,34 – 2,66
2,01 – 2,33
A A-
B+
B
B-
C+
SANGAT BAIK SANGAT BAIK
BAIK
BAIK
CUKUP
CUKUP




RUBRIK PENILAIAN DISKUSI DAN PRESENTASI

No Nama Peserta  Didik Aktivitas dalam Pembelajaran Skor Total
Kerjasama Presentasi Menanggapi Bertanya Menanggapi Menghargai Pendapat Inisiatif
Skor/Nilai

Petunjuk Penskoran
Jumlah skor Konversi Predikat Keterangan
100 90-99
80-89
70-79
60-69
50-59
3,67 – 4,00 3,34 – 3,66
3,01 – 333
2,67 – 3,00
2,34 – 2,66
2,01 – 2,33
A A-
B+
B
B-
C+
SANGAT BAIK SANGAT BAIK
BAIK
BAIK
CUKUP
CUKUP


LAMPIRAN MATERI

Pengertian Biografi

Pengertian biografi. Biografi berasal dari bahasa Yunani, bios yang memiliki arti hidup dan graphien yang berarti tulis. Biografi merupakan sebuah tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang. Secara sederhana, biografi dapat di artikan sebagai sebuah kisah riwayat hidup seseorang. Biografi sendiri dapat berbentuk hanya beberapa baris kalimat saja, namun biografi tersebut dapat lebih dari 1 buku.
Biografi singkat hanya menjelaskan tentang fakta-fakta dari kehidupan seseorang serta peran pentingnya. Biografi panjang meliputi informasi-informasi yang bersifat penting namun dikisahkan dengan lebih mendetail serta dituliskan dengan gaya cerita yang baik.
Biografi merupakan sebuah buku yang menceritakan kejadian-kejadian hidup seseorang. Lewat biografi tersebut dapat ditemukan hubungan, keterangan arti dari sebuah tindakan tertentu atau sebuah misteri yang melingkupi hidup seseorang, dan juga merupakan sebuah penjelasan mengenai tindakan atau perilaku dalam hidupnya.
Pengertian biografiBiografi dapat bercerita mengenai kehidupan seorang tokoh penting atau terkenal maupun tidak terkenal. Biografi seringkali bercerita mengenai tokoh sejarah, namun tak jarang juga mengenai orang yang masih hidup. Banyak biografi sekarang ini yang ditulis secara kronologis.
Biografi membutuhkan bahan-bahan utama serta bahan pendukung. Bahan utama dapat berupa benda-benda, misalnya buku harian, surat-surat, kliping koran, dan sebagainya. Bahan pendukung biasanya berupa biografi lain, buku referensi, sejarah yang memaparkan peranan orang dalam biografi tersebut dan sebagainya. Biografi adalah suatu kisah atau keterangan dari perjalanan kehidupan seseorang yang bersumber pada subjek rekaan atau kisah nyata.


Ciri-Ciri Biografi

Ciri-ciri biografi
Berikut ciri-ciri biografi :
  1. Biografi memiliki struktur yang terdiri atas : orientasi, peristiwa atau masalah, serta reorientasi.
  2. Biografi memuat berdasarkan informasi fakta serta disajikan dalam bentuk narasi.
  3. Faktualnya (fakta) berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang diceritakan dalam tokoh biografi tersebut.
4 hal yang harus di cermati dalam teks biografi, yaitu :
  1. Judul biografi
  2. Hal yang menarik serta mengesankan yang ditampilkan dalam kehidupan tokoh yang diceritakan
  3. Hal yang mengagumkan serta mengharukan yang muncul dalam kehidupan tokoh yang diceritakan
  4. Hal yang dapat di contoh atau diteladani dari kehidupan tokoh.

Struktur Teks Biografi

Struktur teks biografi
Berikut struktur teks biografi yang terdiri dari orientasi, peristiwa dan masalah, reorientasi.

  1. Orientasi
  2. Orientasi merupakan bagian dimana menjelaskan tentang pengenalan tokoh, berisi gambaran awal tentang tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut.
  3. Peristiwa dan Masalah
  4. Bagian peristiwa atau kejadian merupakan bagian yang berisi tentang sebuah peristiwa atau kejadian yang pernah dialami, termasuk didalamnya memuat tentang masalah yang pernah dihadapinya dalam mencapai tujuan serta cita-citanya. Hal-hal yang menarik, mengagumkan, mengesankan, dan mengharukan yang pernah dialami tokoh juga diuraikan dalam bagian ini.
  5. Reorientasi
  6. Reorientasi merupakan bagian penutup. Bagian ini berisi tentang pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan tersebut. Reorientasi bersifat opsional, yang artinya pada bagian ini boleh ada atau tidak.

No comments:

Post a Comment