RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
Materi Pokok : Teks Berita
A. KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab
dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis
dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
||
3.1
|
Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
|
3.1.1
3.1.2
|
Menjelaskan pengertian usur-unsur berita
Menemukan unsur-unsur dalam teks berita
|
4.1
|
Menyimpulkan isi berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar
|
4.1.1
4.1.2
4.1.3
|
Menjawab pertanyaan tentang isi berita
Menyimpulkan isi teks berita
Menanggapi isi teks berita
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti pembelajaran tentang teks berita, siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan pengertian unsur-unsur berita
2. menemukan unsur-unsur berita dalam teks berita secara benar .
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti pembelajaran teks berita, siswa diharapkan dapat:
1. menjawab pertanyaan tentang isi teks berita secara benar.
2. menyimpulkan unsur-unsur berita secara benar.
Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti pembelajaran teks berita, siswa diharapkan dapat menanggapi isi teks berita dengan benar
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian teks berita
2. Unsur-unsur teks berita
3. Langkah-langkah menyimpulkan unsur-unsur berita
4. Cara menanggapi isi berita
E. METODE/MODEL PEMBELAJARAN
– Saintifik
F. MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1. Media:
LCD proyektor
2. Bahan :
a. Video berita “Indonesia Raih Enam Medali di Olimpiade Fisika Dunia”
b. Teks berita
3. Sumber belajar:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan. Kelas VIII. Draf. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemdikbud. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia edisi 4. Badan Jakarta: Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
– Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa.(PPK)
– Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
– Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
– Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
– Salah satu siswa membacakan teks berita tentang kecelakaan di depan kelas.
– Siswa menuliskan prediksi isi berita. (Literasi)
– Siswa mengidentifikasi isi berita yang didengar.
– Siswa bertanya jawab tentang isi berita yang didengar.
– Guru menanyakan keterkaitan isi berita dengan materi yang akan diajarkan.
– Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari empat-lima orang.
– Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menemukan unsur-unsur berita yang didengarkan. (4C=Collaboration)
– Siswa bersama kelompok menulis pokok-pokok berita sesuai dengan unsur teks berita yang ditemukan pada saat mendengarkan berita.
– Siswa bersama kelompok menyusun kesimpulan teks berita. (HOTS)
– Siswa mempresentasikan hasil kerja diskusi kelompok di depan kelas. (4C=communication)
– Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan.
|
60’
|
Penutup
|
– Guru memberi penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari.
– Siswa dibantu oleh guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
– Siswa merefleksi proses KBM yang berlangsung.
– Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. (PPK)
|
10’
|
Pertemuan Kedua
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
– Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
– Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
– Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
– Guru memberikan motivasi kepada siswa
– Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
– Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas empat-lima orang.
– Siswa membaca teks berita secara berkelompok (literasi)
– Setiap kelompok mengidentifikasi isi teks berita.
– Siswa menuliskan informasi dari isi teks berita.
– Dengan dipandu guru, siswa membuat pertanyaan tentang isi teks berita yang akan dijawab oleh kelompok lain.
– Siswa menukarkan hasil kerja dengan hasil kerja kelompok lain, kemudian mengembalikan pada yang kelompok yang membuat soal.
– Setiap kelompok memberikan penilaian atas hasil kelompok lain.
– Setiap kelompok menyampaikan hasil penilaiannya, kelompok lain menanggapi.
– Secara perseorangan siswa menyimpulkan isi teks berita.
– Dalam kelompok masing-masing siswa saling menukarkan simpulan isi teks berita dan saling menanggapi simpulan.
|
60’
|
Penutup
|
– Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
– Siswa menerima tugas dari guru,
– Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur ke hadirat Tuhan Yang Mahaesa.
|
10’
|
Pertemuan Ketiga
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
– Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
– Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
– Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
– Guru memberikan motivasi kepada siswa
– Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
– Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas empat-lima orang.
– Siswa membaca teks berita secara berkelompok (literasi)
– Setiap kelompok mengidentifikasi isi teks berita.
– Siswa menuliskan informasi dari isi teks berita.
– Dengan dipandu guru, siswa membuat pertanyaan tentang isi teks berita yang akan dijawab oleh kelompok lain.
– Siswa menukarkan hasil kerja dengan hasil kerja kelompok lain, kemudian mengembalikan pada yang kelompok yang membuat soal.
– Setiap kelompok memberikan penilaian atas hasil kelompok lain.
– Setiap kelompok menyampaikan hasil penilaiannya, kelompok lain menanggapi.
– Secara perseorangan siswa menanggapi isi teks berita.
– Dalam kelompok
masing-masing siswa saling menukarkan tanggapan isi teks berita dan
saling mengomentari tanggapan isi teks berita.
|
60’
|
Penutup
|
– Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
– Siswa menerima tugas dari guru,
– Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Mahaesa.
|
10’
|
H. PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN PENGAYAAN
1. Teknik Penilaian
a. Sikap (spiritual dan sosial)
Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
1) Tes tertulis (Uraian)
2) Penugasan (Lembar Kerja)
3) Tes Lisan
c. Keterampilan :
Praktik (Penilaian Praktik)
2. Pembelajaran Remedial
Tulis kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
• pembelajaran ulang
• bimbingan perorangan
• belajar kelompok
• pemanfaatan tutor sebaya
bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah
mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugasmengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.
LAMPIRAN MATERI BERITA
A. Unsur-unsur Teks Berita
Unsur-unsur pokok dalam berita dapat dirumuskan:
5W + 1H
5W adalah what, who, why, when, dan where, 1H adalah how.
1. What (apa) : Apa yang terjadi?
2. Who (siapa) : Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu?
3. Why (mengapa) : Mengapa hal itu bisa terjadi?
4. When (kapan) : Bilamana atau kapan peristiwa itu terjadi?
5. Where (di mana) : Di mana peristiwa itu terjadi?
6. How (bagaimana) : Bagaimana peristiwa itu bisa terjadi?
LAMPIRAN PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
Petunjuk:
a. Amati perkembangan sikap siswa menggunakan instrumen jurnal pada setiap pertemuan.
b. Isi jurnal dengan menuliskan sikap atau perilaku siswa yang
menonjol, baik yang positif maupun negatif. Untuk siswa yang pernah
memiliki catatan perilaku kurang baik dalam jurnal, apabila telah
menunjukkan perilaku (menuju) yang diharapkan, perilaku tersebut
dituliskan dalam jurnal (meskipun belum menonjol)
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMP
Kelas/Semester : VIII/1
Tahun Pelajaran : 2017/2018
No.
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
2. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
a. Teknik : tes tertulis
b. Bentuk : uraian
c. Indikator soal/Kisi-kisi:
No
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk tes
|
No.Soal
|
1.
|
Teks Berita
|
Disajikan tayangan video, siswa mampu
1. Menuliskan pokok-pokok berita.
2. Menemukan unsur-unsur berita.
|
Uraian
|
1
2
|
d. Butir soal :
Bacalah teks berita berikut!
Rem Blong, Sebuah Mobil Mewah Menabrak Pembatas Jalan
Telah terjadi sebuah kecelakaan hebat kemarin malam
di Jalan Tol Cipali pada tanggal 4 Maret 2015, sebuah Mobil Mewah ini
dikemudikan oleh seorang anak muda yang bernama Agus, ia mengemudikan
mobil dengan kecepatan diatas 120 KM/Jam.
Mobil bernomor polisi B 3641 AH itu menabrak sebuah
pembatas jalan sebab mengalami rem blong pada mobilnya. Mobil Ferarri
berwarna merah itu untungnya tidak membuat kecelakaan hebat karena pada
saat itu Tol Cipali terlihat macet dari arah sebaliknya.
Untungnya dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa,
hanya saja sang pengemudi mengalami luka berat dan kini masih di rawat
di Rumah Sakit terdekat.
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan surat pribadi tersebut!
No
|
Pertanyaan
|
Teks Berita
|
1.
|
Apa pokok-pokok berita di atas?
|
|
2.
|
Temukan unsur-unsur berita diatas?
|
Pedoman penskoran
No.
|
Deskriptor
|
Skor
|
1.
|
Dapat menyebutkan pokok-pokok berita
|
5
|
2.
|
Dapat menjawab unsur-unsur berita
|
5
|
Nilai = (skor perolehan:skor maksimal10) x 100
3. Penilaian Kompetensi Keterampilan
a. Teknik : kinerja/praktik
b. Indikator soal/Kisi-kisi:
No
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk tes
|
No.Soal
|
1.
|
Teks Berita
|
Disajikan teks berita, siswa mampu
1. menentukan pokok-pokok berita
2. menyimpulkan teks berita
|
Uraian
|
1
2
|
c. Butir soal
Cermati teks berita berikut kemudian jawab pertanyaannya!
Rem Blong, Sebuah Mobil Mewah Menabrak Pembatas Jalan
Telah terjadi sebuah kecelakaan hebat kemarin malam
di Jalan Tol Cipali pada tanggal 4 Maret 2015, sebuah Mobil Mewah ini
dikemudikan oleh seorang anak muda yang bernama Agus, ia mengemudikan
mobil dengan kecepatan diatas 120 KM/Jam.
Mobil bernomor polisi B 3641 AH itu menabrak sebuah
pembatas jalan sebab mengalami rem blong pada mobilnya. Mobil Ferarri
berwarna merah itu untungnya tidak membuat kecelakaan hebat karena pada
saat itu Tol Cipali terlihat macet dari arah sebaliknya.
Untungnya dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa,
hanya saja sang pengemudi mengalami luka berat dan kini masih di rawat
di Rumah Sakit terdekat.
|
Setelah membaca teks berita tersebut, jawablah pertanyaan berikut!
1. Carilah pokok-pokok berita tersebut!
2. Simpulkan teks berita tersebut!
Pedoman penskoran
No.
|
Deskriptor
|
Skor
|
1.
|
Dapat menjawab pertanyaan nomor 1 dengan benar
|
5
|
2.
|
Dapat menjawab pertanyaan nomor 2 dengan benar
|
5
|
nama saya Maria Fadhlan dari Ajman di UEA, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya menipu $ 2000 karena saya butuh pinjaman $ 90.000 untuk modal usaha dan hutang. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses yang diterimanya. semua ini terjadi pada bulan Maret 2019, sampai saya bertemu seseorang online minggu lalu yang bersaksi tentang pemberi pinjaman jadi saya mengajukan pertanyaan dan dia memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan $ 90.000 dengan suku bunga rendah di RIKA ANDERSON PERUSAHAAN PINJAMAN. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Anda ibu Rika, semoga Allah terus memberkati Anda Ibu Rika atas kejujuran dan perbuatan baik Anda. jika Anda memerlukan pinjaman dan pinjaman tanpa jaminan cepat hubungi ibu Rika melalui perusahaan, W / S: +19147057484 Anda dapat menghubungi saya juga melalui mariafadhlan@gmail.com
ReplyDelete