( R P P )
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok : Cinta Ilmu Pengetahuan
Alokasi Waktu : 3 pertemuan (9 x 40 menit)
- KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
NO. | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | |
1 | 1.1 | Menghayati Al-Qur’an sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman. | |
2 | 4.3.1 | Membaca surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, dengan tartil | 1. Menjelaskan hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan benar. 2. Mendemontrasikan bacaan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11dengan tartil. |
4.3.2 | Menunjukkan hafalan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan lancar. | 1. Melafalkan hapalan ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan lancar. | |
3 | 3.3 | Memahami isi kandungan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis yang terkait tentang menuntut ilmu. | 1. Menyebutkan arti surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu. 2. Menjelaskan makna isi kandungan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadallah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu. |
4 | 2.7 | Menghargai perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis terkait. | 1. Menampilkan contoh perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait. |
- TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Diberikan kesempatan untuk mengkaji tentang hukum bacaan mad, peserta didik dapat menjelaskan hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan benar.
- Diberikan kesempatan untuk berdiskusi tentang hukum bacaan mad, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan benar
- Diberikan kesempatan berlatih membaca, peserta didik dapat mendemontrasikan bacaan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11dengan tartil.
Pertemuan Kedua:
- Diberikan kesempatan berlatih menghafal surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, peserta didik hafal surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan lancar.
- Diberikan kesempatan berlatih dengan temannya, peserta didik dapat menyebutkan arti surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu dengan benar.
Pertemuan Ketiga:
- Diberikan kesempatan berdiskusi dengan temannya dalam satu kelompok, peserta didik dapat menjelaskan makna isi kandungan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadallah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu dengan benar.
- Diberikan kesempatan mencermati tayangan film, peserta didik dapat menampilkan contoh perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait dengan baik
- MATERI PEMBELAJARAN:
- Hukum Bacaan Mad
- Pengertian Hukum Bacaan Mad
- Macam-Macam Hukum Bacaan Mad
- Identifikasi Hukum Bacaan Mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
- Bacaan Al Quran surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
Pertemuan Kedua:
- Hafalan Al Quran surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
- Arti surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
Pertemuan Ketiga:
- Makna surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
- Makna Hadits tentang menuntut ilmu.
- Contoh perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, serta hadis
- METODE PEMBELAJARAN:
- Pendekatan Scientific
- Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Direct Instruction
- Metode diskusi, drill, dan demontrasi
- SUMBER BELAJAR
- Kitab al-Qur’anul Karim dan terjemahnya, Depag RI
- Buku teks siswa PAI SMP Kelas VII
- Buku lain yang memadai.
- MEDIA PEMBELAJARAN
- Media
- Video Pembelajaran
- CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
- Alat
- Komputer
- LCD Projector
- Kartu berpasangan (matching card) lafadz dan artinya.
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA
- Pendahuluan ( 10 menit )
- Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
- Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/aya tpilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
- Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
- Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan materi pelajaran.
- Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
- Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.
- Kegiatan inti ( 100 menit)
- Mengamati
- Membaca bersama QS Al Mujadilah 11 dan Ali Imron 33
- mengamati LCD Tentang QS Al Mujadilah 11 da Ali Imron 33 dari Imam Masjidil Harom tentang bacaan dan tulisan, sambil mengevaluasi bacaanya
- Mencatat hasil pengamatan terhadap hal- hal penting dari kekurangan bacaanya di bandingkan tayangan LCD
- Menanya
- Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok dan guru tentang hal- hal yang belum jelas dari pengamatan terhadap tayangan LCD
- Explore
- Peserta didik membaca mengulang bacaan QS Al Mujadilah 11 dan Ar Rohman 33 secara bersama kemudian membaca bersama di kelompok kelompok
- Praktek membaca satu persatu yang diamati oleh anggota kelompok dan memberi penilaian, secara bergilir
- Asosiasi
- Anggota yang lain mengamati dan mendiskusikan untuk memberi penilaian
- Memilih diantara anggota kelompok yang paling bagus, fasih dan lancar untuk dijadikan model
- Memilih diantara temannya untuk menjadi Presenter, sekretaris dan pengamat
- Komunikasi.
- Mempresentasikan Bacaan QS Al Mujadilah 11 dan Ar Rahman 33 di depan kelas
- Kelompok lain mengamati dan memberi penilaian hasil presentasi Praktek kelompok
- Sekretaris menginvenaris hasil penilaian masing –masing kelompok
- Selama pembelajaran berlangsung guru mengadakan penilaian proses dengan rubrik observasi dan memberi penguat dari hasil presentasi
- Penutup
- Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
- Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
- Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi hukum bacaan mad.
- Kelompok yang paling baik dalam membaca al-quran.
- Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
- Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
PERTEMUAN KEDUA:
- Pendahuluan ( 10 menit )
- Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
- Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
- Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk pesrta didik.
- Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan materi pelajaran.
- Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
- Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berpasangan (dalam jenis kelamin yang sama).
- Kegiatan inti ( 100 menit)
- Mengamati
- Menyimak tayangan bacaan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11.
- Secara bergantian peserta didik menghafal dan menyimak hafalan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11.
- Menanya
- Dibawah bimbingan guru, peserta didik mengartikan S. Ar-Rahman (55): 33 dan Q.S.Al- Mujadalah (58): 11 dan hadist terkait tentang menuntut ilmu secara per kata dan keseluruhan.
- Eksplore dan asosiasi
- Dengan bimbingan guru, peserta didik mengkondisikan kelas untuk game.
- Guru membagikan secara acak kartu yang telah dipersiapkan yang berisi potongan-potongan ayat S. Ar-Rahman (55):33, atau Q.S.Al- Mujadalah (58):11, atau hadits tentang ilmu pengetahuan dan artidari potongan ayat atau hadits tersebut.
- (Game Pertama) Dengan aba-aba guru, peserta didik diminta untuk mencari pasangan potongan-potongan kertas yang berisi potongan-potongan ayat S. Ar-Rahman (55): 33 dan Q.S.Al- Mujadalah (58): 11dan artinya yang tersebar di antara mereka
- (Game Kedua) Dengan aba-aba guru, peserta didik diminta berkelompok sesuai ayat atau hadits masing-masing, dan membentuk satu ayat secara berurutan.
- (Game Ketiga) Peserta didik diminta melafadzkan potongan ayat / hadits secara berurutan sehingga terbaca satu ayat / hadits yang utuh.
- Dan seterusnya.
- komunikasi
- Secara berpasangan peserta didik mendemontrasikan hafalan dan arti ayat S. Ar-Rahman (55):33, atau Q.S.Al- Mujadalah (58):11, atau hadits tentang ilmu pengetahuan.
- Penutup
- Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran.
- Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Guru memberikan reward kepada “pasangan terbaik” yang hafal ayat dan mampu mengartikan ayatQ.S. Ar-Rahman (55):33, atauQ.S.Al- Mujadalah (58):11, atau hadits tentang ilmu pengetahuan.
- Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
- Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
PERTEMUAN KETIGA:
- Pendahuluan ( 10 menit )
- Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
- Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
- Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk peserta didik.
- Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan materi pelajaran.
- Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
- Guru mengkondisikan peserta didik untuk membentuk kelompok-kelompok kecil (terdiri 4 – 6 siswa)
- Kegiatan inti ( 100 menit)
- Mengamati
- Peserta didik menelaah berbagai sumber belajar , sebagai dasar memahami makna ayatS. Ar-Rahman (55):33, Q.S.Al- Mujadalah (58):11, dan hadits tentang ilmu pengetahuan.
- Peserta didik memperhatikan tayangan film yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.
- Menanya
- Peserta didik dengan dibantu motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang tayangan film yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan
- eksplore
- Secara berkelompok peserta didik berdiskusi dengan tema-tema yang berkaitan dengan pemahaman makna ayat dan tayangan film, misalnya:
- Akhlaq orang yang berilmu pengetahuan.
- Manfaat dan hikmah mempunyai ilmu pengetahuan.
- Syarat-syarat agar memperoleh ilmu yang bermanfaat.
- Nilai-nilai positif yang terdapat pada ayat S. Ar-Rahman (55):33, Q.S.Al- Mujadalah (58):11, dan hadits tentang ilmu pengetahuan .
- Contoh perilaku seseorang yang gigih menuntut ilmu.
- Asosiasi
- Memilih diantara temannya untuk menjadi Presenter, sekretaris dan pengamat
- Mengkomunikasikan
- Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi kelompok lain.
- Penutup
- Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran.
- Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Guru memberikan reward kepada “kelompok terbaik” hasil diskusi dan presentasinya.
- Guru menjelaskanmateri yang akandipelajaripada pertemuan berikutnya.
- Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
- PENILAIAN
- Sikap spiritual
- Teknik Penilaian : Penilaian diri
- Bentuk Instrumen : Lembar penilaian diri
- Kisi-kisi :
No. | Sikap/nilai | Butir Instrumen |
Meyakini bahwa semua ilmu bersumber dari Allah swt. | Terlampir | |
Meyakini bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah swt. | Terlampir | |
Meyakini bahwa umat Islam wajib mempunyai ilmu pengetahuan. | Terlampir | |
Meyakini bahwa setiap ilmu harus diamalkan | Terlampir | |
Meyakini bahwa Allah swt memuliakan terhadap orang yang berilmu | Terlampir |
Instrumen: Terlampir
- Sikap sosial
- Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
- Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
- Kisi-kisi:
No. | Sikap/nilai | Butir Instrumen |
Suka mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya. | Terlampir | |
Segera memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong temannya tentang pelajaran. | Terlampir | |
Tidak pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran. | Terlampir | |
Tidak menyombongkan diri karena ilmu yang ia miliki. | Terlampir | |
Tidak membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian. | Terlampir |
Instrumen: Terlampir
- Pengetahuan
- Teknik Penilaian :Tes Lisan
- Bentuk Instrumen : Lembar penilaian tes lisan
- Kisi-kisi :
No. | Indikator | Butir Instrumen |
Dapat mengartikan Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33 | Artikan Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33 dengan benar! | |
Dapat mengartikan Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11 | Artikan Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11 dengan benar! | |
Dapat mengartikan salah satu hadits yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan | Artikan salah satu hadits yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan! |
Instrumen: Terlampir
- Keterampilan
- Teknik Penilaian : Performance
- Bentuk Instrumen : Praktik
- Kisi-kisi:
No. | Keterampilan | Butir Instrumen |
Dapat membaca Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33 | Bacalah Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33 dengan tartil! | |
Dapat membaca Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11 | Bacalah Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11 dengan tartil ! |
Jakarta, 26 Juni 2013
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan Agama Islam
______________________ ______________________
NIP. … NIP. …
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
Nama Siswa Kelas / Semester | : : | …………………………………… VII / Ganjil | |||||||||
TeknikPenilaian | : | Penilaian diri. | |||||||||
Penilai | : | Lembar penilaian diri | |||||||||
NO. | PERNYATAAN | PILIHAN JAWABAN | SKOR | ||||||||
Sangat Setuju | Setuju | Ragu-Ragu | Tidak Setuju | ||||||||
1 | Bahwa semua ilmu bersumber dari Allah swt. | ||||||||||
2 | Bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah swt. | ||||||||||
3 | Bahwa umat Islam wajib mempunyai ilmu pengetahuan. | ||||||||||
4 | Bahwa setiap ilmu harus diamalkan | ||||||||||
5 | Bahwa Allah swt memuliakan terhadap orang yang berilmu | ||||||||||
JUMLAH SKOR | |||||||||||
KETERANGAN | NILAI | NILAI AKHIR | |||||||||
Sangat Setuju
Setuju Ragu-Ragu Tidak Setuju |
= Skor 4
= Skor 3 = Skor 2 = Skor 1 |
Skor yang diperoleh
————————- X 100 = ——— Skormaksimal |
|||||||||
CATATAN:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… |
|||||||||||
……………………., Tanggal : ……..………
Siswa yang bersangkutan
(……………………………………………….)
:
Lampiran 2 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Siswa yang dinilai Kelas / Semester | : : | …………………………………… VII / Ganjil | |||||||||
TeknikPenilaian | : | Penilaian antar teman . | |||||||||
Petunjuk: a. Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang b. Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain c. Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap Peserta didik |
|||||||||||
NO. | PERNYATAAN | PILIHAN JAWABAN | SKOR | ||||||||
Selalu | Sering | Kadang– kadang | TidakPernah | ||||||||
1 | Suka mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya. | ||||||||||
2 | Segera memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong temannya tentang pelajaran. | ||||||||||
3 | Tidak pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran. | ||||||||||
4 | Tidak menyombongkan diri karena ilmu yang ia miliki. | ||||||||||
5 | Tidak membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian. | ||||||||||
JUMLAH SKOR | |||||||||||
KETERANGAN | NILAI | NILAI AKHIR | |||||||||
Selalu
Sering Kadang-kadang Tidak pernah |
= Skor 4
= Skor 3 = Skor 2 = Skor 1 |
Skor yang diperoleh
————————- X 100 = ——— Skormaksimal |
|||||||||
CATATAN:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… |
|||||||||||
……………………., Tanggal : ……..………
Ketua kelompok
(……………………………………………….)
Lampiran 3 : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Kelas / Semester | : | VII / Ganjil |
KompetensiDasar | : | Memahamiisikandungan surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 sertahadis yang terkaittentangmenuntutilmu. |
Indikator | : | Menyebutkan arti surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu. |
TeknikPenilaian | : | Lisan. |
Penilai | : | Guru |
No. | Indikator | Instrumen |
1. | Mengartikan QS. Al Mujadilah (58): 11
|
Artikan QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini ! |
2. | Mengartikan QS. Ar-Rahman (55): 33
|
Artikan QS. Ar-Rahman (55): 33 berikutini!
|
3. | Mengartikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu | Artikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu di bawahini !
|
No | Jawaban | |
1. | Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamukerjakan. | |
2. | Wahai jama’ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, Maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan. | |
3. | Barangsiapa menghendiki dunia raihlah dengan ilmu, dan barang siapa yang menghendaki akhirat raihlah dengan ilmu dan barang siapa yang menghendaki keduanya raih pula dengan ilmu |
RUBRIK PENILAIAN | |||||||
No. | Nama Surat | Kriteria | Skor | ||||
Sangat Lancar | Lancar | Kurang Lancar | Tidak Lancar | ||||
1 | QS. Al Mujadalah (58): 11 | ||||||
2 | QS. Ar-Rahman (55): 33 | ||||||
3 | Salah Satu Hadits tentang Ilmu Pengetahuan | ||||||
JUMLAH SKOR | |||||||
KETERANGAN | NILAI | NILAI AKHIR | |||||
Sangat Lancar
Lancar Kurang Lancar TidakLancar |
= Skor 4
= Skor 3 = Skor 2 = Skor 1 |
Skor yang diperoleh
————————- X 100 = ——— Skormaksimal |
|||||
Lampiran 4 : Instrumen Penilaian (Aspek Ketrampilan)
NamaPesertadidik | : | ………………………………………………… |
Kelas / Semester | : | VII / Ganjil |
KompetensiDasar | : | Membaca surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, dengantartil |
TeknikPenilaian | : | Performance |
Penilai | : | Guru |
No. | Indikator | Instrumen |
1. | Membaca QS. Al Mujadilah (58): 11
|
Artikan QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini ! |
2. | Membaca QS. Ar-Rahman (55): 33
|
Artikan QS. Ar-Rahman (55): 33 berikutini!
|
RUBRIK PENILAIAN |
NO. | NAMA SURAT | KRITERIA | SKOR | |||||
FASIH | TARTIL | KURANG TARTIL | TIDAK TARTIL | |||||
1 | QS. Al Mujadalah (58): 11 | |||||||
2 | QS. Ar-Rahman (55): 33 | |||||||
JUMLAH SKOR | ||||||||
KETERANGAN | NILAI | NILAI AKHIR | ||||||
Fashih
Tartil Kurang Tartil TidakTartil |
= Skor 4
= Skor 3 = Skor 2 = Skor 1 |
Skor yang diperoleh
————————- X 100 = ——— Skor maksimal |
||||||
CATATAN GURU ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… |
||||||||
Guru Pend. Agama Islam
(……………………………………………….)
No comments:
Post a Comment